Panduan Komplet Mengenai Kontes 99designs

99designs adalah sebuah sebuah perusahaan yang mengelola marketplace online, yakni tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi di internet, namun khusus di bidang desain grafis. 99designs berkantor pusat di San Fransisco, Amerika Serikat, dan juga memiliki kantor cabang di Melbourne, Berlin, Paris, London, dan Rio de Jeneiro.

Berkenalan dengan 99designs

Perusahaan ini menciptakan produk mereka secara crowdsourcing, yakni satu proyek ditawarkan kepada banyak orang dan pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan mendapat masukan dari beberapa orang. Melalui perusahaan ini, pelanggan dapat meminta para desainer untuk menyerahkan desain mereka dalam sebuah kontes untuk membuat produk desain seperti website, T-shirt, atau logo. Dari beberapa desain yang diajukan, pelanggan akan memilih desain terbaik. Desainer yang terpilih akan memenangkan uang tunai. Selain model lelang kontes seperti ini, pelanggan juga dapat bekerja dengan desainer individu dengan membeli rancangan desain dari toko logo Readymade 99designs.

99designs

99designs Logo

Ide pendirian perusahaan 99designs berasal dari SitePoint.com. Pada tahun 2006, beberapa desainer dalam komunitas SitePoint mulai melakukan kompetisi Photoshop. Dasarnya datang dari proyek-proyek fiktif dan mereka bersaing untuk melihat siapa yang dapat menciptakan desain terbaik. Mereka melakukan itu hanya untuk melatih kemampuan desain mereka. Kemudian kompetisi ini berkembang dan mulai menawarkan penghargaan berupa uang tunai kepada pemenang, karena mereka mulai bekerja pada proyek-proyek nyata seperti desain logo dan desain tema untuk WordPress. Popularitas kontes desain kian melambung dan mulai berdatangan permintaan dari klien-klien yang cukup ternama, padahal tidak ada pemasaran sama sekali dari komunitras ini. Hal ini yang menjadi pemicu bagi pendiri Mark Harbottle dan Matt Mickiewicz untuk memisahkan diri dan membuat perusahaan sendiri.

Perusahaan 99designs didirikan pada tahun 2008 oleh Mark Harbottle dan Matt Mickiewicz di Melbourne, Australia. Matt Mickiewicz sendiri telah memiliki pengalaman bisnis sejak usianya 14 tahun di bidang pengembangan web. Semua berawal dari hobi. Menurut Mickiewicz, terdapat 3 tantangan bagi dirinya untuk menciptakan dan membangun sebuah start-up bisnis 99designs ini:

Tantangan pertama yakni memercayai naluri untuk menciptakan merek baru dan perusahaan baru di bidan desain grafis. Walaupun usaha sebelumnya di SitePoint telah berkembang, namun Mickiewicz menyadari bahwa komunitas ini memiliki keterbatasan. SitePoint merupakan situs komunitas yang terbentuk untuk mendukung program pendidikan bukan berbasis komersial. Untuk itu ia berani memisahkan diri dari SitePoint dan mendirikan perusahaan sendiri yang menghubungkan bisnis dengan desain grafis. Untuk membangun bisnis kita harus memiliki sebuah merek yang dapat kita letakkan namanya di semua produk yang kita hasilkan. Untuk pemasarannya, 99designs berkembang dengan teknik mouth to mouth, yakni dari testimonial dan persuasi orang per orang.

Tantangan kedua adalah membangun infrastruktur dengan skala besar dan cepat tanpa investasi besar di awal. Bisnis kontes desain grafis seperti ini ke depannya akan membutuhkan bandwidth dan penyimpanan data yang besar. Biaya yang diperlukan untuk membangun infrastruktur ini tentunya akan sangat besar. Pada tahun 2007 Mickiewicz menemukan Amazon Web Services, koleksi layanan komputasi berbasis internet dari Amazon.com. Layanan ini memungkinkan kita mendapatkan akses ke server, storage, dan bandwidth tanpa harus mengeluarkan biaya sewa server.

Tantangan ketiga adalah menentukan fitur dan saran dan pengguna. Itu adalah pekerjaan yang penting. 99designs adalah perusahaan yang terlibat dengan banyak desainer. Mereka biasanya akan memberikan umpan balik untuk perusahaan. Maka perusahaan membutuhkan cara untuk mengelola permintaan yang masuk dan memutuskan mana yang harus diprioritaskan. Solusinya adalah 99designs dari awal memasang versi gratis dari UserVoice yang memungkinkan pengguna memberikan saran dan ide-ide mereka.

Dengan rencana dan persiapan infrastruktur yang matang, 99designs semakin berkembang dari tahun ke tahun. Perusahaan ini kemudian membuka kantor di Amerika Serikat pada tahun 2010. Pada tahun 2011, perusahaan ini mendapat pendanaan dari Aceel Partners dan investor lain dengan jaminan sebesar $35 juta. Pada tahun 2012, 99designs mengakuisisi marketplace jasa kreatif Eropa bernama 12 designer, sehingga pada tahun berikutnya 99designs mendirikan kantor cabang mereka di Berlin dan menerbitkan layanan mereka versi lokal di Jerman, Perancis, Spanyol, Belanda, dan Italia. Di tahun yang sama perusahaan ini juga mengakuisisi pasar desain Brasil yakni LogoChef.

Pada tahun 2015 ini perusahaan ini berhasil mengumpulkan dana $10 juta dari mitra strategis. Dana ini digunakan untuk memperluas pasar mereka ke Jepang. Mereka tertarik dengan Jepang karena pertumbuhan pasar tenaga kerja dan ekonominya yang cukup tinggi. Setelah berkembang di Amerika, Australia, dan Eropa 99designs juga ingin mengembangkan bisnisnya di wilayah Asia.

Mencari Desain Unik dan Menarik dengan Membuat Kontes di 99designs

“Everything is designed. Few things are designed well.”__Brian Reed

Ya, segala hal di dunia ini membutuhkan sesuatu yang disebut desain. Dari hal kecil sampai hal besar, pasti butuh untuk didesain. Tapi, tidak banyak desain yang bagus dan menarik. Beda dengan yang satu ini, 99designs menawarkan desain-desain yang unik dan menarik.

Anda bisa memesan berbagai desain yang Anda butuhkan dengan membuat kontes via 99 designs. Ada banyak kategori yang ditawarkan di 99designs, yaitu:

Logo dan Tanda Pengenal

99designs Logo dan Tanda Pengenal

99designs Logo dan Tanda Pengenal / Ruang Freelance

Buatlah logo dan tanda pengenal Anda mudah untuk diingat. Anda bisa memesan logo dan hosted website, tanda pengenal barang, desain logo, logo dan kartu bisnis, dan kertas surat.

Web dan App Desain

99designs Web dan App Desain

99designs Web dan App Desain / Ruang Freelance

Jika Anda memiliki website, sudah seharusnya website Anda dibuat semenarik mungkin untuk memikat audiens. 99design juga menawarkan pembuatan desain untuk web dan app desain. Dari mulai desain halaman web, desain tema WordPress, landing page design, ikon dan tombol, app desain, cover Facebook, halaman media sosial, banner, dan masih banyak lagi.

Bisnis dan Iklan

99designs Bisnis dan Iklan

99designs Bisnis dan Iklan / Ruang Freelance

Tanpa desain, iklan pun tidak akan menarik. Promosikan apa yang Anda jual dengan desain-desain menarik yang bisa dipesan di 99designs. Anda bisa memesan brosur, poster, infografik, menu, template power point, dan desain lainnya.

Baju dan Barang Dagangan

99designs Baju dan Barang Dagangan

99designs Baju dan Barang Dagangan / Ruang Frelance

Buatlah pelanggan Anda makin cinta dengan produk yang Anda buat. Salah satu caranya adalah dengan memperindah desain barang dagangan dan baju. Di 99designs ada desain untuk kaos, baju dan pakaian, barang dagangan, cangkir atau mug, stiker, dan lain-lain.

Seni dan Ilustrasi

99designs Seni dan Ilustrasi

99designs Seni dan Ilustrasi / Ruang Freelance

Dalam seni, Anda dituntut untuk unik dan spesial. Maka dari itu, 99designs menyediakan desain ilustrasi yang Anda perlukan. Ada ilustrasi dan grafik, kartu undangan, karakter atau maskot, tato, desain digital dan model, dan ilustrasi lainnya. 

Pengemasan (packaging) dan Label

99designs Pengemasan (packaging) dan Label

99designs Pengemasan (packaging) dan Label / RuangFreelance

Pastinya, produk yang Anda buat ingin terlihat cantik, kan? Desain di 99designs bisa mempercantik pengemasan produk dan label Anda. Jangan sepelekan desain produk Anda, karena orang menilai dari luar terlebih dahulu.

Buku dan Majalah

99designs Buku dan Majalah

99designs Buku dan Majalah / Ruang Freelance

Desain buku dan majalah sangat berpengaruh terhadap pembaca. Hanya desain yang menarik yang akan menyedot banyak pembaca. 99designs menawarkan desain yang menarik untuk cover buku dan majalah.

Lainnya

Anda juga bisa mendesain apa pun yang Anda mau.

 

Bagaimana sih caranya membuat kontes via 99designs?

1. Memberikan penjelasan singkat tentang desain yang Anda inginkan

Pertama, berilah penjelasan kepada calon peserta lomba tentang apa yang ingin Anda desain. Dan jawablah pertanyaan mereka mengenai detail desain yang ingin Anda buat.

2. Pilih pengemasan desain

Pilih package, lakukan pembayaran, kemudian 99design akan meluncurkan kontes Anda di pasar mereka. Package yang bisa Anda pilih yaitu bronze, silver, gold, dan platinum.

3. Luncurkan kontes Anda

99design akan meluncurkan kontes desain Anda di pasar mereka dan akan dilihat oleh komunitas desainer yang berjumlah lebih dari 1.105.000. Dari Bombay sampai Berlin, mereka akan melihatnya.

4. Menerima desain-desain

Silakan log in ke akun 99designs Anda. Biarkan komunitas desainer ini melihat karya Anda.

5. Memberikan umpan balik

Gunakanlah rating, komentar, dan pesan pribadi untuk membantu desainer.

6. Pengumuman pemenang

Setelah 7 hari, pemenang akan diumumkan. 99design akan mentransfer hadiah untuk desainer yang menang.

7. Langsung bekerja dengan segera.

Kontes ini akan membuat Anda bertemu dengan desainer-desainer yang Anda suka. Selanjutnya Anda akan bekerja sama dengan mereka dan membuat 1 sampai 10 proyek.

Bagaimana sih caranya membuat kontes via 99designs

Bagaimana sih caranya membuat kontes via 99designs / Ruang Freelance

 

Apa Kata Desainer Tentang 99designs?

Desainer punya cara sendiri untuk berkarya, terutama di 99designs. Apa sih yang mereka kerjakan di sana? Dan apa pula yang membuat desain mereka begitu hebat?

Salah satu desainer yang sering berkarya di 99design adalah Dave Elmert. Ayo kita baca sedikit kisah Dave Elmert tentang desainnya ini.

Klien pasti akan sangat gembira menemukan orang seperti Dave Elmert yang bisa meniupkan kehidupan baru ke dalam desain Power Point sebagai suatu seni. Desainer yang berlokasi di Jakarta, Indonesia, ini mempunyai alasan mengapa dia tertarik dengan Power Point.

Profil dave elmert di 99designs

Profil dave elmert di 99designs / Ruang Freelance

 

Apa yang membuat Dave tertarik pada desain Power Point?

Ini dimulai beberapa tahun yang lalu, ketika Bibi Dave Elmert mengundangnya untuk menghadiri seminar yang diselenggarakan perusahaan bibinya. Dalam seminar, ada seseorang yang menampilkan Power Point dan mendapatkan respons yang biasa-biasa saja. Dari sana, Dave mulai berpikir untuk membuat desain Power Point yang berbeda dan ingin membuat orang-orang takjub melihat karyanya. Ketika 99designs meluncurkan kategori kontes, Dave sangat senang.

Setelah memutuskan untuk merancang Power Point, bagaimana Dave bisa memperoleh keterampilan?

 Desain Power Point memiliki prinsip-prinsip dasar yang sama, yaitu tata letak yang baik dan tipografi yang baik. Dave Elmert banyak mencari inspirasi-inspirasi yang tidak hanya tentang desain Power Point. Melihat website tentang desain juga bisa membantu memperoleh inspirasi dan keterampilan.

Metode apa yang digunakan Dave Elmert dalam desain?

Dave memegang 5 prinsip dalam desainnya, yaitu:

  1. Pastikan Anda tahu apa keinginan klien
  2. Tetap sederhana
  3. Konsisten dengan satu gaya
  4. Gunakan jenis huruf, ukuran, dan warna yang tepat
  5. Menggunakan animasi
hasil karya dave elmert di 99designs

hasil karya dave elmert di 99designs / Ruang Freelance

 

Bagaimana pesan Dave kepada calon desainer Power Point?

Bepikirlah hal-hal di luar layar monitor, seperti berpikir tentang desain yang melekat pada televisi, kalender, dam lain-lain. Semua hal tadi bisa menginspirasi tata letak Power Point Anda. Desain Power Point adalah kategori yang terbilang unik. Tidak ada yang mengharuskan Anda untuk baku terhadap aturan-aturan Power Point. Bebaskanlah diri Anda untuk berkarya.

Bagaimana Dave Elmert bisa masuk ke bidang desain?

Dave mulai melepas pekerjaan lamanya pada akhir tahun 2011. Sebelumnya Dave bekerja sebagai kapten bar dengan pelatihan dalam manajemen hotel. Ayah Dave yang seorang sutradara animasi dan film bercerita tentang 99designs. Ketika ayah Dave meninggal, dia ingin seperti ayahnya.

Apa rencana Dave di masa depan?

Tujuan Dave di 99designs adalah memenangkan 20 sampai 30 kontes dan mulai belajar tentang Cinema 4D.

 

Bagaimana dengan Desainer 99designs lainnya?

Profil dan Vencatachellum di 99designs

Profil dan Vencatachellum di 99designs / Ruang Freelance

Desainer 99designs yang hebat lainnya adalah Dan Ventatachellum atau Dan. Dan berlokasi di Mauritius. Dia membuat desain grafis dengan estetika vintage.

Bagaimana Dan bisa masuk dalam bidang desain grafis?

Pada saat itu Dan tidak begitu tertarik lagi di bidangnya, yaitu menjadi insinyur sipil. Mulai saat itu juga Dan belajar tentang desain grafis yang sekarang memberinya kepuasan dan kebebasan untuk menikmatinya. Kemudian Dan menemukan 99designs, dan Dan mulai berkontribusi sampai sekarang menjadi desainer yang jauh lebih baik.

Apa yang membuat Dan memilih gaya vintage?

Gairah ini timbul atas rasa hormat Dan pada para perajin pabrik. Kembali ke hal-hal di tahun 80 dan 90-an adalah hal yang manusiawi. Desain klasik memiliki arti bangga pada benda-benda zaman dahulu.

Apa tempat yang menjadi inspirasi Dan?

Untuk mendapatkan inspirasi, Dan sering mengunjungi pulau, pantai, taman alam dengan membawa buku sketsa.

hasil karya Dan di 99designs

hasil karya Dan di 99designs / Ruang Freelance

 

Bagaimana Dan bisa bergabung dengan 99designs?

Awanya Dan mengikuti kontes dengan meluncurkan tema vintage maupun modern. Dan menjadi peringkat tertinggi dan mendapatkan umpan balik yang balik di 99designs.

Masih kurangkah cerita – cerita para desainer 99designs nya?
Berikut cerita para designer lainnya dari penjuru dunia yang sudah ikutan 99designs via video.

Berbagai Tips Menarik dan Pembelajaran untuk Berkompetisi di 99designs

Awalnya memang susah untuk memberanikan diri mengikuti kompetisi 99designs, tapi mencoba adalah suatu keharusan. Bagaimana sih tips untuk memulai menjadi desainer dan berkompetisi di 99designs?

Berbagai Tips Menarik dan Pembelajaran untuk Berkompetisi di 99designs

Tips Menarik dan Pembelajaran untuk Berkompetisi di 99designs / Ruang Freelance / idesainesia.com

Tips untuk memulai menjadi desainer

  1. Tetapkan pilihan Anda dalam suatu program

Pilihlah software desain yang cocok dengan keahlian Anda, tidak perlu software yang mahal.

  1. Buatlah desain yang menarik

Orang-orang yang bertahan dalam desain grafis bukanlah orang yang memiliki fasilitas yang bagus. Mereka adalah orang-orang yang menemukan jiwanya untuk menghasilkan desain grafis yang sangat baik.

Tips untuk memulai menjadi desainer yang sebenarnya adalah menggali, mencoba, dan melihat apakah desain Anda bisa menonjolatau tidak. Cobalah mencari inspirasi dari pengalaman desainer-desainer yang telah lama terjun di 99designs. Karya terbaik Anda seharusnya menonjol dan menarik perhatian.

  1. Cobalah membuat gaya yang berbeda

Salah satu jalur belajar yang tepat adalah memetakan desain terbaik milik orang lain pada desain Anda sendiri. Hal tersebut akan melatih keterampilan Anda. Dari efek-efek latihan tersebut, Anda akan menghasilkan sesuatu yang baru. Semakin sering latihan, Anda akan semakin mudah menemukan ide desain yang unik dan berbeda.

  1. Ikuti kontes sebanyak mungkin

Jika Anda memulai dari nol, sebaiknya ikutilah kontes sebanyak mungkin. Hal tersebut dapat membantu melatih keterampilan Anda, dan klien bisa memilih dari beberapa desain yang Anda buat.

  1. Manfaatkan kritikan

Umpan balik awal dari klien kepada desainer biasanya berupa kritikan pedas yang mungkin menghancurkan. Justru dengan umpan balik seperti ini, Anda akan terampil berkomunikasi dengan klien.

Adakah pembelajaran yang bisa diambil dari kompetisi 99designs ini?

Sebagai pihak penyelenggara kompetisi:

  1. Tentukan anggaran pertama Anda

99designs memiliki 4 jenis kompetisi dengan pembayaran yang berbeda pula. 99designs akan mengembalikan uang Anda 100% jika Anda tidak senang dengan cara pengajuannya.

Adakah pembelajaran yang bisa diambil dari kompetisi 99designs ini?

Adakah pembelajaran yang bisa diambil dari kompetisi 99designs ini? / Ruang Freelance / techspawn.com

  1. Berikan masukan

Jika Anda adalah pihak yang menyelenggarakan kompetisi, berikanlah umpan balik kepada setiap desainer yang mengikuti kompetisi. Berilah komentar dengan singkat.

  1. Jangan memilih pemenang sebelum hari deadline

Janganlah memilih pemenang sebelum kompetisis ditutup.

  1. Jalankan polling

Anda bisa membagikannya di Google+, penerbit, atau yang lainnya.

Jika Anda adalah desainer yang mengikuti kompetisi

  1. Menulis rencana desain secara ringkas

Ketika Anda ikut serta dalam kompetisi 99designs, diharapkan Anda menuliskan secara singkat tentang desain Anda.

  1. Menyalin terlebih dahulu

Sebelum menyelesaikan suatu desain, hendaknya Anda menulis salinan dan mengetahui apa saja yang akan dibuat. Diharapkan proses menyalin tersebut tidak memperlambat proses pembuatan desain.

Jika Anda adalah Desainer yang Mengikuti Kompetisi

Jika Anda adalah Desainer yang Mengikuti Kompetisi / Ruang Freelance / www.careeraddict.com

  1. Lakukan riset

Meneliti terlebih dahulu suatu objek akan lebih menghemat waktu seorang desainer.

  1. Hitung waktu Anda

Kompetisi akan berjalan selama 7 hari. Misalnya Anda akan menghabiskan 30 menit setiap hari selama 3 hari untuk berbagai pengajuan dan Anda juga akan menghabiskan waktu 1 jam per hari untuk menunggu umpan balik. Ya, berbicara dengan pengguna lain di 99designs membutuhkan waktu yang banyak agar hasil bisa maksimal.

  1. Pelajari 99designs UI

Anda harus mempelajari bagaimana cara mengirimkan komentar, penjelasan, dan proses pengiriman karya.

  1. Desain diharapkan memenuhi standar

Tidak sedikit desainer yang mengirimkan desainnya yang sangat baik, dan tidak sedikit pula desain yang buruk. Oleh karena itu, desain yang diikutkan kontes haruslah yang memenuhi standar.

  1. Berikan peringkat rendah terlebih dahulu

Strategi ini terjadi pada banyak orang, awalnya hanya menerima satu bintang, kemudian dua, kemudian empat, dan akhirnya lima.

  1. Dapatkan bantuan
  2. Bersiaplah menerima tanggapan negatif
  3. Babak final adalah hal penting
  4. 99designs akan menghubungi finalis melalui Skype.

 

Tips untuk Pengalaman Luar Biasa di 99designs

99designs adalah pasar besar untuk desain grafis. Di 99designs desainer akan mendapatkan kesempatan yang luar biasa dengan mendapatkan uang sekaligus mengembangkan keterampilan desain. Berikut adalah hal-hal penting yang harus Anda pertimbangkan untuk meningkatkan penghasilan dan menurunkan rasa frustrasi:

Tips untuk Pengalaman Luar Biasa di 99designs

Tips untuk Pengalaman Luar Biasa di 99designs / Ruang Freelance / www.ndesign-studio.com

1.Perkenalkan diri Anda

Ketika Anda mengajukan proposal desain untuk klien, tulislah sebuah paragraf singkat tentang diri Anda. Sebutkan nama Anda, usia, dan dari mana Anda berasal. Berikut contohnya, “Hai, nama saya Jonathan, umur saya 22 tahun. Saya berasal dari Jakarta, Indonesia. Saya menggunakan zona Waktu Indonesia Barat. Saya akan bekerja penuh di sini. Salam kenal.” Memberitahukan zona waktu adalah bagian yang penting, karena 99designs adalah pasar global. Perbedaan waktu antara Anda dan klien akan memengaruhi proses komunikasi. Oleh karena itu, memberi penjelasan tentang diri Anda membantu proses komunikasi menjadi lebih baik.

2.Menghadirkan desain

Jelaskanlah bahwa desain yang Anda buat merupakan desain yang baik dan berpotensi untuk dilirik klien. Jelaskan secara detail tentang desain Anda, misalnya font costum yang digunakan dan gambar besar yang dipilih yang memiliki biaya tertentu. Hal ini mungkin terlihat tidak penting untuk pengguna 99designs, tapi lain halnya dengan klien. Jangan berpikir bahwa klien Anda memiliki pikiran yang sama dengan Anda. Tugas seorang desainer adalah membimbing klien agar mendapatkan desain terbaik dan membuatnya merasa nyaman bekerja sama dengan Anda.

3.Jangan terburu-buru

Setelah bekerja sekitar 2 sampai 3 jam, mungkin Anda lelah untuk menunggu umpan balik. Atau mungkin saja Anda mengalami penurunan mood ketika peringkat turun. Jika ini terjadi, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk beristirahat dan kembali membuat desain setelah istirahat. Luangkanlah waktu untuk meninjau kembali desain yang Anda buat. Hal tersebut akan memungkinkan Anda menilai karya secara objektif, dan kemungkinan kesalahan pada desain akan lebih kecil.

4.Fokus pada kualitas

Jika Anda termasuk desainer yang diabaikan oleh klien, jangan menyerah. Jangan sesekali menulis pesan marah kepada klien. Alih-alih marah, lebih baik memperbaiki kualitas desain. Walaupun desain Anda tidak dilirik sama sekali oleh klien, bukan berarti Anda harus berhenti berkarya. Justru dari pengabaian tersebut, Anda bisa lebih baik lagi. Jangan memaksa klien untuk mengakui bahwa desain Anda bagus. Hal ini justru akan membuat klien lebih mengabaikan Anda.

5.Katakan “tidak”

Dalam beberapa kasus, Anda akan mendapatkan klien yang kurang komunikatif. Klien akan memaksimalkan pilihannya dengan cara membuat desainer bekerja lebih ekstra. Berhati-hatilah dengan situasi ini, mereka hanya ingin melihat beberapa pilihan, bukan berarti akan menjatuhkan pilihan kepada Anda.

Jika Anda menemukan situasi yang seperti ini dan klien belum memberikan indikasi bahwa dia menyukai desain Anda, beranilah untuk mengatakan “tidak.” Ada saatnya Anda harus lebih menghargai waktu dan pekerjaan Anda, daripada terpesona dengan hadiah. Pastikanlah Anda benar-benar mengenali situasi ini sebelum memutuskan untuk meninggalkan kontes. Kenalilah klien Anda dengan baik!

6.Jadilah desainer yang baik untuk desainer lain

99designs memiliki komunitas yang sangat besar dengan berbagai macam desainer. Anda tidak perlu merasa malu untuk mengakui bahwa desain teman Anda lebih bagus. Rekomendasi dari teman komunitas sangat memengaruhi keputusan klien. Anggota komunitas memang terlibat dalam kompetisi, tetapi itu bukan berarti saling menjatuhkan. Banyak desainer muda yang belajar dari desainer 99designs yang sudah lama. Kadang, mereka mengajukan beberapa pertanyaan agar desainnya lebih baik lagi.

Tips Memenangkan Kontes di 99designs

Kontes desain yang diadakan oleh 99designs adalah kontes yang paling populer dan memberikan bayaran tertinggi untuk para freelancer pemenang kontes. Hal ini dilakukan untuk membantu perusahaan mendapatkan hasil desain dengan kualitas terbaik. Dalam kontes ini freelancer di seluruh dunia mengirimkan hasil pekerjaan mereka dengan kualitas terbaik kepada 99designs.

Pemenang kontes untuk kategori perunggu bisa mendapatkan hadiah uang tunai sebesar $299, untuk perak sebesar $499, dan $1200 untuk kategori platinum untuk kompetisi logo. Jika Anda bisa memenangkan beberapa kontes desain, maka Anda akan menjadi desainer profesional dan mendapat pengalaman untuk memenangkan pekerjaan dari platform lain.

99designs

99designs / Ruang Freelance

 

Memenangkan kontes dari 99designs akan memberikan peluang besar untuk karir desain Anda. Untuk itu Anda harus mempelajari beberapa tips memenangkan kontes 99designs berikut ini:

1.Persiapkan diri untuk menang

Jika Anda seorang desainer, Anda harus memiliki portofolio minimal 30 kreasi sebelum Anda berharap bisa memenangkan kontes. Dengan sering berusaha menghasilkan karya, maka Anda akan terbiasa menghasilkan karya yang baik. Untuk memenangkan kontes, Anda harus menghasilkan desain yang unik dan profesional.

2.Memilih kontes yang tepat

Bagian yang paling penting adalah memilih kontes yang tepat untuk Anda. Jika Anda beruntung, Anda akan menemuikan kontes yang hanya diikuti oleh sedikit desainer. Dalam memilih kontes pun harus hati-hati, jangan memilih kontes yang terdapat keterangan “jaminan uang kembali 100%”. Terdapat dua jenis kontes di 99designs:

  • Kontes terjamin, dalam kontes ini klien harus memilih pemenang dan uang akan dibagi di antara semua desainer yang telah memasuki kontes.
  • Klien memiliki sejarah kontes yang sukses yaitu dia telah mengadakan kontes sebelumnya dan sudah memilih pemenang.

Cara terbaik untuk memilih kontes adalah dengan memilih kategori desain yang kita inginkan (logo atau web) kemudian gunakan filter pencarian dan pilih kontes yang tertutup dan terjamin.

3.Baca keterangan

Penting bagi Anda untuk membaca deskripsi pekerjaan apapun di 99designs sebelum memulai. Hal ini akan membantu Anda menghemat waktu dan hanya bekerja dengan gaya yang diinginkan klien. Jika Anda tidak membaca deskripsi, besar kemungkinan karya Anda akan ditolak oleh klien.

4.Memantau hasil karya yang telah dikirim

Jika kontes yang diadakan bersifat terbuka, Anda dapat memeriksa hasil yang dikirimkan oleh desainer lain dan melihat rating yang mereka dapatkan dari klien. Hal ini dapat menjadi bahan evaluasi agar Anda bisa mengirimkan desain yang paling relevan. Jika kontesnya tertutup, maka Anda harus berpatokan pada deskripsi yang diberikan klien dan memberikan hasil karya terbaik yang relevan.

5.Meminta masukan

Anda harus selalu meminta klien untuk memberikan umpan balik mereka untuk desain yang Anda kirim. Jika Anda mendapat balasan, maka kesempatan menang akan lebih tinggi.

6.Menyerahkan beberapa pilihan

Sangat disarankan bagi Anda untuk mengirimkan lebih dari 1 pilihan kepada klien karena hal ini akan meningkatkan persentase kemenangan Anda. Hal ini juga akan memberi kesan kepada klien bahwa Anda berusaha lebih dan tertarik untuk memberikan desain yang tepat. Klien lebih memilih untuk memberikan umpan balik kepada beberapan kiriman dari satu orang.

7.Memilih waktu yang tepat untuk menyerahkan hasil karya

Jika kontes yang Anda ikuti bersifat tertutup, maka Anda harus memasukkan karya sesegera mungkin, sehingga klien akan memiliki banyak kesempatan untuk memberikan umpan balik dan Anda akan memiliki banyak waktu untuk melakukan revisi. Jika kontes bersifat terbuka, maka waktu terbaik untuk menyerahkan hasil karya adalah 2 hari sebelum deadline. Dengan cara ini, orang lain tidak akan memiliki waktu untuk menyalin ide Anda.

8.Presentasi mockup

Menyajikan logo atau grafis lainnya pada market PSD menjadi tren saat ini. Hal ini juga dapat membantu desainer untuk mendapatkan perhatian pembeli dengan cepat. Pembeli kadang-kadang lebih bersemangat melihat mockup Anda dan tidak benar-benar melihat banyak desainnya. Anda dapat membeli mockup template premium dari ThemeForest atau mengunduh gratis berkas market PSDS menggunakan graphicburger.com atau situs lain yang sejenis.

9.Cepat lakukan revisi

Selalu waspada dan periksa email Anda sesering mungkin. Jika Anda mendapatkan balasan dari klien untuk memodifikasi desain, Anda harus bertindak tanpa membuang-buang waktu. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan klien terhadap komitmen Anda.

10.Menangani penolakan

Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas namun gagal dalam kontes, maka Anda tidak boleh kehilangan harapan dan harus tetap memonitor kontes lain yang sedang berlangsung. Cobalah untuk memahami kualitas karya pemenang kontes supaya Anda dapat belajar untuk kontes berikutnya.

 

Serunya Bergabung dengan Komunitas 99designs Indonesia

Di Indonesia ternyata banyak desainer yang ikut berpartisipasi dalam kontes desain yang diadakan oleh 99designs. Oleh karena itu, beberapa orang Indonesia berkumpul dan membahas tentang 99designs dan membentuk semacam komunitas. Komunitas ini memudahkan para desainer Indonesia berbagi informasi, pengalaman, dan kini juga melakukan beberapa pelatihan. Karena besarnya antusias dari para desainer Indonesia, 99designs membuat acara di Indonesia dengan mengirimkan stafnya.

99designs Indonesia Cafe Final Illustration

99designs Indonesia Cafe Final Illustration / Ruang Freelance

 

Pada awal Juni 2014 staf 99 designs, Sasha dan Caroline, datang ke Indonesia untuk membantu mewujudkan acara ini di Jakarta dan Surabaya. Acara yang digelar dinamakan 99designs Cafe. 99designs Cafe adalah serangkaian kegiatan bulanan yang diadakan di kedai kopi di berbagai kota di seluruh Indonesia. Tujuan dari proyek ini adalah memberikan ruang tempat para desainer Indonesia bisa bertemu, mengerjakan proyek-proyek tertentu, berbagi ide, dan belajar lebih banyak tentang desain. Selain itu, acara ini juga memberikan kesempatan untuk desainer yang baru belajar di platform 99designs.

Acara di Jakarta

99designs Indonesia Cafe in Jakarta

99designs Indonesia Cafe in Jakarta / Ruang Freelance

99designs Cafe pertama ini diadakan di Tanamera Coffe, sebuah roaster kopi rakyat yang terletak di jantung Ibu Kota. Acara resmi dimulai pada pukul 18.00 WIB, namun para desainer mulai berbondong-bondong datang ke tempat acara pukul 17.00 WIB. Acara ini menghadirkan pembicara desainer profesional yakni Arif PSA, Hastjarjo Wibowo, dan Hagung Sihag. Semuanya adalah anggota aktif di Asosiasi Desain Grafis Nasional Indonesia (FDGI) dan anggota fakultas desain dari kampus Bina Nusantara. Pembicara berbagi pengetahuan dan pengalaman mendalam mereka.

Acara di Surabaya

99designs Indonesia Cafe in Surabaya

99designs Indonesia Cafe in Surabaya / Ruang Freelance

Setelah Jakarta, 99designs Cafe diadakan di Surabaya. Acara ini berlangsung di Folks! Kopi dan Tea House yang terletak di pusat kota. Lebih dari 40 orang datang ke acara tersebut untuk mendengarkan materi yang dibawakan oleh pembicara, yakni Arwino dan Debrina Tedja dari Waft-Lab. 99designs pun mengadakan kontes untuk logo 99designs Cafe, dan dimenangkan oleh Fattah Setiawan dan Bramanto Setyaki yang menggabungkan motif tradisional Indonesia untuk logo tersebut. Saat ini acara 99designs Cafe di Surabaya diadakan 2 bulan sekali. Acara ini sudah diadakan untuk ke-3 kalinya di Surabaya sedangkan di Jakarta hanya sekali saat pembukaan saja. Acara ini pun tetap berlangsung meski tidak dihadiri oleh staf 99designs.
Untuk yang ingin bergabung dengan komunitas ini, Anda bisa bergabung di fanpagenya yakni 99designs Indonesia Community Facebook Group . Komunitas ini tidak hanya terbatas pada 99designs freelancer, tapi terbuka bagi siapa saja, yang senior, pemula, atau yang ingin tahu tentang 99designs. Sebelum bergabung, Anda harus memiliki akun di 99design.com dahulu. Komunitas ini tidak hanya membahas tentang desain, tetapi juga membahas cara mendapatkan dolar dari 99designs, contest holder, PayPal, Withdraw ke Bank, dan lain-lain. Komunitas ini dikelola oleh admin 99 designs Indonesian Community dan bukan bagian dari 99designs.com.

99design Indonesia Community Facebook Fanpage

99designs indonesia fanpage cover by Najzil layin

99designs indonesia fanpage cover by Najzil layin

99design Indonesia Facebook Grup

komunitas Facebook Grup 99designs Indonesia

komunitas 99designs Indonesia / Ruang Freelance

Dengan semakin banyaknya anggota komunitas 99designs Indonesia ini, acara 99designs Cafe kini juga didakan di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Informasi tentang acara-acara ini akan diperbarui di fanpage Facebook dan Twitter.

 

Bisnis Kontes Desain Terbaik: Apakah 99designs, DesignCrowd, atau Logo Garden?

Kontes membuat desain bukan hanya di 99designs, tapi masih banyak. Mengetahui yang terbaik dari yang terbaik itu penting. Lalu, apakah 99designs merupakan tempat desain terbaik? Layanan terbaik 99designs

Ada beberapa alasan mengapa kami merokendasikan 99designs sebagai marketplace yang terbaik. Pertama, dari beberapa kompetisi logo, 99designs-lah yang selalu mempunyai pengalaman baik. Kedua, mereka mempunyai wadah yang besar untuk desainer-desainer yang berkualitas. Ketiga, 99designs memiliki pilihan template yang murah, bahkan tidak berbayar.

99designs: desain terbaik untuk keseluruhan logo

99designs

99designs / Ruang Freelance / www.99designs.com/

Situs 99designs memiliki lebih dari 1.020.000 desainer, yang jelas lebih dari 2 kali jumlah desainer DesignCrowd atau situs serupa lainnya. Kualitas desainer 99designs tinggi dan memiliki rating 4. Fitsmallbusiness.com telah menggunakan 99designs untuk beberapa kompetisi, dan mereka merasa sangat senang dengan pengalaman di 99designs.

Lalu, bagaimana dengan DesignCrowd?

DesignCrowd

DesignCrowd / Ruang Freelance / www.designcrowd.co.id/

Secara fungsi, DesignCrowd dan 99designs adalah situs yang mirip. Ya, DesignsCrowd adalah situs tempat kompetisi crowdsourcing yang menawarkan pekerjaan bisnis desain. Tapi, berbeda dengan 99designs, DesignCrowd memungkin Anda untuk mengatur anggaran sendiri. DesignsCrowd memiliki desainer yang solid dan berjumlah 450.000 desainer. Meskipun DesignCrowd tidak sekokoh 99design, kebanyakan klien mengungkapkan rasa puasnya kepada DesignCrowd.

Bagaimana dengan Logo Garden?

LogoGarden

LogoGarden / Ruang Freelance / www.logogarden.com/

LogoGarden ini agak berbeda dengan 99designs dan DesignCrowd. Alih-alih menjalankan suatu kontes, di Logo Garden, desainer bisa membuat logo sendiri. Desain dasar di Logo Garden memang tidak terlalu asli. Tetapi, desainnya bisa menjadi sempurna untuk sebuah bisnis yang membutuhkan logo dasar murah. Selain itu, Logo Garden menjadi pilihan yang baik untuk keperluan logo sekali pakai, seperti keperluan acara, kampanye, non-profit, atau pemasaran.

Layanan bisnis desain dari segi harga

Anda pasti mendapatkan harga yang berbeda-beda untuk setiap situs. Logo Garden terbilang cukup murah, lain halnya dengan 99designs dan DesignCrowd yang terbilang mahal. Di 99designs, mereka menawarkan 4 jenis harga, dari yang termurah sampai yang termahal, yaitu perunggu, perak, emas, dan platinum. Sementara di DesignCrowd, mereka menetapkan harga yang lebih murah dari 99designs dengan aturan yang berbeda pula. Pembuatan logo di Logo Garden terbilang bebas. Namun, jika Anda ingin menyimpan logo dengan resolusi tinggi, Anda harus membayar sekitar $20 sampai $50, tergantung pada ukuran dan format logo.

Bagaiman logo diciptakan?

Pembuatan logo di 99designs dan DesignsCrowd terbilang mirip. Secara singkatnya meliputi nama perusahaan dan slogan yang diinginkan, sebuah deskripsi grafis atau gambar, penjelasan tentang gaya logo, dan beberapa contoh logo yang memiliki kualitas mirip dengan keinginan. Berbeda pada Logo Garden, Anda memilih suatu grafis kemudian dibawa ke editor logo. Setelah diedit, Anda bisa menyimpan atau mengunduh logo dengan membayarnya.

Kualitas keseluruhan dan ukuran jaringan desainer

99designs memiliki jaringan yang besar dengan banyak anggota komunitas. Ini berarti, banyak juga desainer yang memiliki pekerjaan untuk mendesain. Pengguna 99designs menunjukan bahwa desainer di 99designs adalah profesional, berbakat, dan kompeten. Sementara di jaringan DesignCrowd, mereka hanya memiliki setengah anggota dari 99designs. Walaupun begitu, mereka juga memiliki pengalaman yang baik dengan klien.

Kategori yang ditawarkan

99designs memiliki penawaran kategori yang baik. Anda bisa mendapatkan desain alat tulis, website, aplikasi, kartu pos, ilustrasi, undangan, brosur, sampul buku, kaos, dan banyak lagi. Pada DesignCrowd, kategori yang ditawarkan kurang lengkap jika dibandingkan dengan 99designs. DesignCrowd tidak menawarkan desain kaos dan maskot. Sementara di Logo Garden, mereka hanya menawarkan jasa desain untuk t-shirt, kartu nama, kartu ponsel, website.

Jika Anda menginginkan logo berkualitas asli dan tinggi, pilihlah 99designs walaupun harganya lebih mahal. Jika Anda ingin pilihan yang lebih murah, maka DesignCrowd dan Logo Garden bisa menjadi pilihan.

Situs Kontes Desain Alternatif untuk 99designs

Terdapat 10 alternatif situs web yang memiliki kemiripan dengan 99designs dan bisa menjadi alternatif pilihan untuk para desainer dan klien. Perusahaan dan komunitas alternatif berikut ini bergerak di bidang desain dan beberapa di antaranya juga mengadakan kontes desain. Berikut daftarnya:

LogoTournament.com

logotournament

logotournament / Ruang Freelance

Anda dapat menggunakan kuesioner ini untuk meluncurkan kontes yang Anda inginkan. LogoTournament.com adalah sebuah divisi dari Quinn Ventures inc. LogoTournament.com telah memiliki klien sebanyak 39.465. Selain melayani logo, perusahaan ini juga melayani desain web dan grafis. Klien dapat memilih lebih dari 50 pilihan logo yang disediakan oleh freelancer LogoTournament.com. Perusahaan ini didirikan oleh Tyler Quinn yang merupakan profesional dalam bidang web development.

LogoMyWay.com

LogoMyWay

LogoMyWay / Ruang Freelance

Website ini lebih fokus menyediakan jasa desain logo dan mengadakan kontes desain logo. Sudah ada sekitar 295 testimonial klien yang puas dengan logo yang dihasilakn oleh LogoMyWay.com. LogoMyWay.com juga memberikan kemudahan akses bagi klien untuk membuat sendiri kontes desain logo yang diinginkan. Kontes ini dapat langsung disubmit di website.

Designoutpost.com

DesignOutPost

DesignOutPost / Ruang Freelance

Situs ini memberi kesempatan bagi para desainer grafis di seluruh dunia untuk menyerahkan desain logo, template, dan desain lainnya yang diminta oleh klien. Situs ini tidak mengadakan kontes desain. Para desainer mendaftar sebagai freelance di situs ini kemudian disatukan dalam sebuah forum tertutup untuk pembagian proyeknya.

Thelogocompany.net

TheLogoCompany

TheLogoCompany / Ruang Freelance

Thelogocompany.net (TLC) adalah perusahaan yang menyediakan jasa desain grafis secara online. Perusahaan yang bertempat di New York, Amerika Serikat ini didirikan oleh Simon McArdle. Perusahaan ini memiliki tim yang terdiri dari beberapa desainer untuk mengerjakan order dari klien.

Hatchwise.com

HatchWise

HatchWise / Ruang Freelance

Hatchwise.com adalah sebuah komunitas kreatif yang menyediakan karya kreatif yang dibuat sesuai permintaan klien. Sejak tahun 2008, komunitas ini telah mendapat puluhan ribu jenis hasil kreatif dari seluruh dunia berupa logo, website, poster dan slogan. Tidak hanya desainer grafis namun juga penulis (copywriter) bergabung dan berkompetisi di komunitas ini untuk mengikuti kontes yang hasilnya akan dipilih oleh klien.

Logoworks.com

LogoWorks

LogoWorks / Ruang Freelance

Logoworks.com adalah agensi desain grafis online yang memiliki spesialisasi desain logo, website dan branding bisnis. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2001 dan didirikan oleh Morgan Lynch. Sebagai perusahaan, rekrutmen pegawai dilakukan secara tertutup dan mereka bekerja secara tim sehingga tidak memiliki pekerja lepas waktu (freelancer).

Crowdspiring.com

CrowdSpiring

CrowdSpiring / Ruang Freelance

Crowdspiring.com adalah sebuah online marketplace yang memiliki spesialisasi pada desain grafis. Jenis desain yang dihasilkan meliputi desain logo, ilustrasi, T-shirt, dan desain cetak. Crowdspiring adalah perusahaan kecil yang bertempat di Chicago dan didirikan oleh Ross Kimbarovsky dan Mike Samson. Perusahaan ini dimulai untuk membantu orang-orang dari seluruh dunia untuk mengakses bakat-bakat kreatif dan untuk membantu praktisi kreatif dari seluruh dunia menemukan pelanggannya. Klien perusahaan ini akan memilih rata-rata 110 desain yang ditawarkan dengan mendapat jaminan 100% uang kembali.

Pixellogo.com

PixelLogo

PixelLogo / Ruang Freelance

Pixellogo.com adalah perusahaan desain grafis yang mengkhususkan diri pada desain logo perusahaan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 di Montreal, Kanada. Di website ini ditampilkan katalog logo hasil karya desainer pixellogo.com dan dapat dipilih oleh klien, caranya sama seperti belanja di website online shop, yakni dengan keranjang belanja.

Logobee.com

LogoBee

LogoBee / Ruang Freelance

Logobee.com didirikan pada tahun 2000 dan merupakan perusahaan yang menyediakan layanan desain logo secara profesional. Logobee.com memiliki pelanggan dan reseller dari seluruh dunia. Logobee.com juga mengadakan kontes desain tahunan untuk amal dan untuk mendukung komunitas nonprofit di seluruh dunia. Setiap tahun, LogoBee menyumbangkan jasa desain logo kustom gratis ke organisasi pemenang. LogoBee juga menyediakan beberapa tutorial grafis yang bisa diakses secara gratis.

Goodlogo.com

GoodLogo

GoodLogo / Ruang Freelance

Goodlogo.com adalah website komunitas desain grafis yang menjadi tempat para desainer mendapatkan ilmu dan informasi seputar desain grafis. Website ini bersifat nonprofit diperuntukkan untuk siapa saja yang tertarik pada bidang desain grafis di seluruh dunia. Di website ini desainer bisa menyerahkan logo buatannya kemudian pengguna yang lain bisa memberikan rating. Logo tersebut juga akan dikoreksi oleh admin dan diberikan masukan untuk perbaikannya. Website ini juga menyediakan beberapa logo yang dapat diunduh secara gratis.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. wei says

    hati2 jika anda telah bergabung menjadi designer 99designs.. pastikan computer Anda memiliki antivirus yg berkuatlitas krn ketika kita mendonlot arsip pada brief tak jarang akan terisisipi oleh script virus berbahaya. Ini pengalaman pribadi sy sbg designer 99designs dan teregistrasi sejak 2009. Virus ini sprtinya mulai menyusup bbrp tahun belakangan ini. Beberapa designer dari indonesia sudah mengadukannya di forum. Coba sesekali perhatikan jika Anda mengikuti kontes dn di situ sudah ada karya yg masuk, perhatikanlah profile designer yg masuk terutama di bagian “log in mereka tau terakhir kali si designer log in’… kadang ada kejanggalan. Kadang terlihat waktu terakhir log in berbeda dengan ketika karyanya terkirim pada hari itu juga. Timbul tanda tanya siapa yg memasukkan karyanya????

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *