Bagaimana Cara Mendapatkan Dolar dari 99designs

99designs adalah situs untuk kontes desain yang bertujuan menghubungkan para desainer dengan pencari jasa desain atau disebut dengan contest holder. 99designs adalah salah satu situs yang akan membayar desain Anda lebih dari satu juta, tapi semua tergantung dari contest holdernya. 99desain boleh dibilang sebagai situs kontes desain yang cukup populer di kalangan para desainer muda maupun desainer senior. Bisa jadi situs yang berdasarkan crowdsourcing ini adalah salah satu situs cara mendapatkan dolar dari internet. 99designs akan menjadi sumber mata pencaharian alternatif maupun utama bagi para desainer. Situs ini juga merupakan media untuk memicu daya cipta dan menyalurkan ide-ide cemerlang tanpa membuang harapan untuk menjadi pemenang kontes. Bagi Anda yang ingin menang kontes 99designs, berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk diterapkan. Tips ini berdasarkan pengalaman dari berbagai sumber, yaitu dari mereka yang sudah memenangkan kontes dengan target minimal ribuan dolar Amerika per bulan. Beberapa dari Anda akan terkejut dengan target tersebut. Perlu Anda ketahui, bahwa hal ini hanya sebagai penyemangat dan motivasi bagi Anda. Masing-masing kontes memiliki nilai dan hadiahnya masing-masing. Dimulai dari $200 sampai lebih dari $1.000. Orang yang sungguh-sungguh berusaha akan mendapatkan hasil yang dia harapkan. Contohnya, Anda ingin mencapai target ribuan dolar untuk kontes 99designs, jika Anda berusaha cukup keras, Anda bisa saja mendapatkannya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Dolar dari 99designs - Ruang Freelance

Bagaimana Cara Mendapatkan Dolar dari 99designs – Ruang Freelance / Shutterstock

Pilihalah kontes yang baru dibuka

Dengan memilih kontes yang baru dimulai, Anda dapat menghemat waktuselagi membuat desain baru untuk kontes yang lain. Hanya beberapa orang yang berpikir untuk mengajukan desain mereka sehari sebelum kontes berakhir. Tips ini menyarankan Anda untuk mencari kontes yang baru dibuka meskipun tenggat waktunya masih panjang serta partisipannya masih sedikit. Ini kesempatan baik untuk kontribusi Anda di kontes tersebut. Karena, contest holder secara langsung akan menghargai Anda sebagai entri pertama yang masuk. Anda akan menjadi yang pertama untuk diberikan komentar. Komentar akan diberikan selama desain Anda memiliki nilai di mata contest holder.

Carilah kontes yang menarik minat Anda

Tinjaulah kembali kontes tersebut. Jika beberapa hari sudah berlalu namun kondisi kontes yang Anda minati kurang kompetitif, Anda patut mencoba kontes tersebut. Kemungkinan besar, desain Anda yang akan menjadi andalan sang contest holder. Semakin sedikit entri yang masuk, maka semakin besar peluang desain Anda untuk melawati tahap-tahap selanjutnya.

Baca juga:

Bersangkutan dengan gaya desain Anda.

Setiap desainer memiliki gaya yang khas dalam membuat suatu desain. Di dalam kontes 99designs, kekhasan Anda justru menjadi nilai jual untuk desain Anda. Maka dari itu, usahakan untuk selalu konsisten dengan gaya tersebut. Contohnya, Anda mempunyai desain dengan tema sederhana, jelas, klasik, dll. Anda jangan mencoba membuat desain itu lebih modern dan tidak sesederhana yang seharusnya menjadi gaya Anda. Hal seperti ini akan membuat hasil Anda ditolak mentah-mentah. Intinya, memenangkan kontes hanya perlu menggunakan “sifat alami.” Anda dalam berkarya. Dengan begitu karya Anda akan lebih mudah diterima.

Sesuaikanlah kategori Anda. Ciri khas Anda merupakan identitas dari desain Anda.

Adam Ariesna dari menyatakan, “Awalnya dulu saya suka mendesain flyer, banner web, dan jenis advertising yang lain, kemudian setelah saya mulai mencoba mengikuti kontes kategori logo. Yang saya dapat hanya kegagalan yang berulang.” Sebenarnya Anda tidak dilarang untuk mencoba beralih ke kategori lain, karena itu berarti Anda ingin mencoba meningkatkan keahlian dan bakat desain Anda ke sesuatu yang lebih baru. Hal ini tentu patut dicoba. Tetapi, kalau Anda ingin mengikuti kontes-kontes seperti 99designs dan sejenisnya, tetaplah fokus pada keahlian Anda. Kembangkanlah keahlian Anda agar menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Untuk memenangkan kontes ini, dan ke depannya, Anda dituntut untuk mengasah kemampuan yang Anda miliki saat ini.

Prioritaskan non guarantee contest.

Mulai tahun 2014 kemarin, 99designs mengeluarkan peraturan baru. Dulu, kontes guarantee bisa kita laporkan apabila terjadi kelalaian/kesalahan dari sang contest holdernya. Maka kontes tersebut akan terkena “penalty.” Pada akhirnya hadiah kontes akan segera dikontribusikan ke semua peserta kontes. Sekarang, kontes guarantee tidak lagi memastikan bahwa kontes tersebut akan benar-benar bergaransi dan mendistribusikan hadiahnya. Pernah ada satu kasus di mana sampai saat ini, kontes yang sudah lebih dari enam bulan diselenggarakan statusnya masih belum diketahui. Guarantee contest di sini tidak menjamin 100% garansi. Hal ini termasuk di dalam peraturan 99designs terbaru. Akan lebih baik apabila Anda memilih non guarantee contest, karena pemenang kontes akan selalu dibayar. Hal lain yang perlu Anda pahami yaitu, saat ini minat yang peserta kontes ini akan lebih sedikit daripada kontes guarantee. Artinya, semakin sedikit peserta kontes yang ikut, semakin besar kesempatan Anda untuk memenangkan kontes tersebut! Dari pengalaman berbagai sumber, 75% kontes yang mereka menangkan adalah kontesnon guarantee.

Semoga dengan tips di atas Anda dapat memenangkan kontes lomba 99designs, dan mendapatkan dolar sebagai upah Anda! Semoga Beruntung!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *