5 Tips Cara Cepat Menang Kontes 99designs

Bagi Anda yang ingin menang kontes 99designs, berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk diterapkan. Tips ini berdasarkan pengalaman dari berbagai sumber, yaitu dari mereka yang sudah memenangkan kontes dengan target minimal ribuan dolar Amerika per bulan. Beberapa dari Anda akan terkejut dengan target tersebut. Perlu Anda ketahui, bahwa hal ini hanya sebagai penyemangat dan motivasi bagi Anda. Biasanya, masing-masing kontes pasti memiliki nilai dan hadiahnya masing-masing. Dimulai dari $200 sampai lebih dari $1.000. Semua ada tahapannya. Orang yang sungguh-sungguh berusaha akan mendapatkan hasil yang dia harapkan. Contohnya, Anda ingin mencapai target ribuan dolar untuk kontes 99designs. Selama Anda masih mengakui diri Anda sebagai manusia, Anda bisa mengejar target tersebut. Karena, Jika orang lain bisa mencapainya, kenapa Anda yang sama-sama manusia tidak?  Simaklah lima tips dari beberapa sumber yang berpengalaman berikut ini:

99designs indonesia fanpage cover by Najzil layin

99designs indonesia fanpage cover by Najzil layin

1. Pilihlah kategori yang cocok dengan keahlian Anda

Keahlian adalah jalan utama Anda. Anda jangan berganti keahlian hanya karena tertarik dengan kategori lain. Terlebih lagi, apabila kategori tersebut membutuhkan keahlian yang tidak sama dengan kemampuan Anda. Sebagai contoh, Anda suka mendesain dengan kategori “logo.” Jangan sampai terpikir untuk mengikuti kontes dengan kategori “web design.” Adam Ariesna dari www.adamariesna.com menyatakan, “Awalnya dulu saya suka mendesain flyer, banner web, dan jenis advertising yang lain, kemudian setelah saya mulai mencoba mengikuti kontes kategori logo. Yang saya dapat hanya kegagalan yang berulang.” Sebenarnya bukan hal yang dilarang untuk mencoba beralih ke kategori lain dan menguji keahlian Anda, itu berati Anda ingin mencoba meningkatkan keahlian dan bakat desain Anda ke sesuatu hal yang lebih baru. Hal ini tentu patut dicoba. Tetapi, kalau Anda ingin mengikuti kontes-kontes seperti 99designs dan sejenisnya, tetaplah fokus dengan keahlian Anda. Kembangkanlah keahlian Anda agar menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Untuk memenangkan kontes ini, dan kedepannya Anda dituntut untuk mengasah kemampuan yang Anda miliki saat ini.

Baca juga:

2. Utamakan Non Guarantee Contest

Apa yang dimaksud dengan kontes guarantee dan Kontes non guarantee? Guarantee contest, artinya kontes yang akan menggaransikan hadiahnya untuk desainer. Sedangkan non guarantee contest merupakan kontes yang tidak menggaransikan hadiah, jika pada saat itu kondisi kontes tidak memungkinkan.

Lalu, kenapa diutamakan non guarantee kontes, padahal kontes guarantee menggaransikan hadiah untuk desainer? Dimulai tahun 2014 kemarin, berbagai peraturan dari 99designs yang baru muncul secara tiba-tiba. Dulu kontes guarantee bisa kita laporkan apabila terjadi kelalaian/kesalahan dari sang contest holder-nya. Maka kontes tersebut akan terkena “penalty.” Pada akhirnya hadiah kontes akan segera dikontribusikanke semua peserta kontes. Sekarang, Kontes guarantee tidak lagi akan memastikan kontes tersebut akan benar benar bergaransi dan mendistribusikan hadiahnya. Pernah ada satu kasus di mana sampai saat ini, kontes yang sudah lebih dari enam bulan diselenggarakan itu statusnya masih belum diketahui. Banyak orang yang sudah mencoba untuk melaporkan ke pusat tentang kontes ini, tetapi balasan terjawab dengan alasan yang tidak logis. Sampai sekarang, masih banyak desainer yang tidak pernah dibalas oleh staf 99designs ketika ingin melaporkan kontes-kontes yang bermasalah. Kesimpulannya, guarantee contest di sini tidak menjamin 100% garansi. Hal ini termasuk di dalam peraturan 99designs terbaru.

Akan lebih baik apabila Anda memilih non guarantee contest., karena pemenang kontes akan selalu dibayar. Hal lain yang perlu Anda pahami yaitu, saat ini minat yang peserta kontes ini akan lebih sedikit daripada kontes guarantee Artinya, semakin sedikit peserta kontes yang ikut, semakin besar kesempatan Anda untuk memenangkan kontes tersebut! Dari pengalaman berbagai sumber, 75% kontes yang mereka menangkan adalah kontes non guarantee.

5 Tips Cara Cepat Menang Kontes 99designs

5 Tips Cara Cepat Menang Kontes 99designs – Ruang Freelance / Shutterstock

3. Pilihlah kontes yang baru saja dimulai

Tidak sedikit orang yang berfikir untuk mengajukan desain mereka sehari sebelum kontes berakhir. Sebenarnya, hal ini diperbolehkan juga biasa terjadi di kontes “No Hidden,” terutama untuk kategori “Logo.” Mereka akan melihat desain yang telah diajukan untuk dikembangkan lagi, sehingga mereka dapat mencoba entri-entri desain yang ada menjelang akhir kontes, dengan harapan akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan menjadi pilihan terbaik

Jika Anda berpikir hal yang sama seperti di atas, justru tips ini menyarankan Anda untuk melakukan hal yang sebaliknya. Yaitu mencari kontes yang baru dibuka, meskipun waktunya masih panjang dan pesertanya juga masih sedikit. Ini kesempatan baik untuk kontribusi Anda di kontes tersebut. Karena, contest holder secara langsung akan menghargai Anda sebagai entri pertama yang masuk. Anda akan menjadi yang pertama untuk diberikan komentar. Komentar akan diberikan selama desain Anda memiliki nilai di mata contest holder.

4. Pilih kontes yang masih sedikit entri dan rate bintangnya

Tips ini merupakan pengembangan dari tips nomor satu. Pilahlah kontes yang kira kira Anda minati. Lihat kembali kontes tersebut. Jika beberapa hari sudah berlalu namun kondisi kontes yang Anda minati kurang kompetitif, Anda patut mencoba kontes tersebut. Kemungkinan besar, desain Anda yang akan menjadi andalan sang contest holder.

5. Gunakan Gaya Anda sendiri

Ini merupakan tips terpenting dari tips sebelumnya. Setiap orang pasti memiliki gaya yang berbeda-beda dalam membuat desain. Buatlah desain dengan gaya Anda sendiri. Dan usahakan untuk selalu konsisten dengan gaya tersebut. Contohnya, Anda mempunyai desain dengan tema sederhana, jelas, klasik, dll. Namun Anda tertarik untuk mengikuti lomba dengan tema, katakanlah, “Night Life” dan Anda mencoba gaya yang di luar gaya biasa Anda. Anda mencoba membuat desain itu lebih modern dan tidak sederhana, sesuatu yang biasanya merupakan gaya Anda. Hal seperti ini akan membuat hasil Anda ditolak mentah-mentah. Intinya, memenangkan kontes hanya perlu menggunakan “sifat alami.” Anda dalam berkarya. Dengan begitu karya Anda akan lebih mudah diterima.

Anda bisa sukses dengan 99designs. Karena semua pekerjaan dimulai dari niat, semoga Anda sudah mendapatkan cukup niat untuk memulai pekerjaan. Selamat Mencoba!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *