Peluang freelance Online

Peluang dan kesempatan selalu saja ada, hanya saja kita belum jeli melihat kesempatan/peluang tersebut secara baik dan menjadi nilai positif. Freelance secara online menawarkan banyak kesempatan bagi pekerja freelance seperti kita, misalnya 1 freelance market menawarkan 100 proyek setiap harinya, jadi dalam waktu 1 bulan sekitar 3000-an proyek. Kalau Anda mengikuti minimal 3 freelance market, setiap bulannya dipastikan mendapatkan 9000-an proyek yang siap Anda ambil.

Gak yakin?
Masa, dari 9000-an proyek.. Anda tidak memenangkan proyek tersebut 1 pun 😀 .
Ayo, mana semangat freelance Anda, contohnya sudah banyak lowh!

mau tau lebih banyak peluang mengenai apa saja yang ada di freelance market? simak beberapa artikel berikut

Peluang di freelance market sangat luas dan berbagai bidang, jadi bukan IT aja yah 🙂

Situs Freelance Online Bagi Calon Freelancer

Anda ingin menjadi seorang freelancer online, dan ingin mencoba terlebih dahulu dan memahami karakteristik freelance market. Hal tersebut sering kali muncul dalam benak calon freelancer dan akan secara otomatis bertanya-tanya, dimana dan bagaimana para freelancer online mendapatkan sebuah projek dan bagaimanakah untuk memulai sebuah projek itu.

freelance-market

Freelance Market Baru, Minim Saingan

Cari kerja freelance di internet memang sekarang ini susah-susah gampang. Mulai permintaan klien yang minta nya aneh-aneh sampai saingan yang sudah nggak kehitung lagi. Apalagi kita juga belum punya portfolio yang sangat dibutuhkan klien untuk mengetahui hasil kerja yang pernah kita kerjakan. Kebanyakan dari kita waktu memulai kerja freelance dari awal pasti pernah mikir seperti ini, “Kapan yah aku dapat kerjaan ?”, jujur aja deh.

Beragam peluang di Online Freelancing, untuk beragam kemampuan

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat pertanyaan dari teman saya : “Istriku punya keahlian administrasi (akuntan), bisa gak jadi freelancer?” . Saya jawab : “Bisa!”

Job board dan berbagai macam agent selalu membuka peluang, penulis dan fotografer tidak ketinggalan kok

authentic-jobs1

Resources : 21 Situs Pencari Kerja Online

Situs pencari kerja online saat ini sangat memudahkan kita dalam menemukan pekerjaan yang kita impikan, dari fulltime, partime, hingga freelance akan kita dapatkan di situs-situs tersebut. Mencari pekerjaan untuk para freelancer salah satunya dapat menggunakan situs pencari kerja (job board).

Resources : Freelancer Penulis

Resources untuk fotografi sudah diberikan sebelumnya, dan jangan khawatir sekarang giliran freelancer penulis untuk terseyum lebar. Peluang semua freelancer dalam berbagai bidang masih terbuka lebar dan kami usahakan untuk memberikannya satu persatu kepada Anda semua. Memang Saya sendiri belum mencobanya hanya saja sudah rekomendasi dari berbagai orang, Saya hanya ahli dibidang web design dan development.

Resource : Freelancer Fotografi

Untuk para fotografi, peluang untuk menjadi freelancer saat ini sudah terbuka luas. Peluang itu datang bukan hanya dari dalam negeri yang biasanya menjadi kontributor foto untuk koran atau majalah, tapi juga di dunia maya melalui internet sangat menjanjikan 🙂 Dollar akan segera ditangan Anda apabila sudah mencoba menjual foto Anda.

Freelance and Fulltime Job Listings

Susah gak yah mencari kerja jaman sekarang? MUDAH kalau anda tau caranya 🙂 . Dunia saat ini sudah didukung oleh teknologi internet yang cakupannya tanpa batas, jadi kita seharusnya menggunakan teknologi ini untuk memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya mencari pekerjaan

Setelah Anda mengetahui freelance market, lalu tahap selanjutnya bagaimana yah?

workflow

Workflow Standar di Freelance Market

Sekedar pengingat, Freelancer Marketplace ( kita singkat Freelance Market ) adalah tempat bertemunya klien (yang mempunyai proyek dan membutuhkan jasa ) dan freelancer ( sang penyedia jasa dan membutuhkan bayaran 😛 ). Beberapa saat yang lalu saya pernah menulis tentang freelancer marketplace.

dan harus bisa menjual diri lewat surat pengatar/proposal ke calon klien

2371612274_16f6b89b3b_r1_c1

Membuat Surat Pengantar Yang Baik

Setelah kita sudah memahami situs freelance market online dan mengetahui cara kerjanya, maka tahap berikutnya membuat surat pengantar untuk klien. Surat pengantar adalah selembar surat (elektronik) yang biasanya kita kirimkan bersama dengan resume atau portofolio ke calon klien saat kita menawarkan jasa kita atau lebih sering disebut bidding. Seringkali, cara kita menuliskan surat pengantar kita menentukan apakah hujan (proyek) tetap tercurah atau tidak. Berikut adalah sedikit pengalaman yang saya dapatkan dari mencangkul di RAC dan Odesk.

Cara Hebat dan Cepat Mendapatkan Respon Client

Setelah berjalannya waktu, alhamdulillah dalam satu waktu sempat mendapatkan ranking #140-an (dari 2000 lebih vendor) di SL. Tentu saja saat itu sudah nggak cuma berdua, namun dengan tim dibelakang membawa nama DheZign

lalu bagaimana caranya untuk update info terbaru di freelance market

361664198_f34ea6fc151

Cara mengupdate info terbaru untuk freelancer?

Bagaimana Anda mengetahui info-info terbaru mengenai teknologi saat ini? lalu apakah Anda sebagai freelancer langsung terjun saja untuk mencari pekerjaan tanpa mengetahui seluk beluk yang diminta calon klien? intinya sih kita gak boleh kalah sama calon klien, kita sebagai solusi buat mereka. Jadi kita harus “dipaksa” pintar untuk mengetahui apa yang klien mau

Fasilitas apa saja yang diperlukan untuk menghadle klien yang sudah kita dapat.

422849302_73d62e8cd3

Fasilitas pendukung kerja di Freelance Market

Salah satu alasan utama saya nyaman bekerja freelance melalui jasa Freelance Marketplace adalah “kepastian dibayar”. Oleh karena itu pertama kali mendaftar jasa suatu situs Freelance Market saya akan mengecek bagaimana metode billing dan invoice mereka dan juga metoda pembayaran (bagaimana mereka mentransfer dana ke saya sebagai freelancer/provider) yang mereka pakai. Untungnya sekarang ini paypal sudah bisa menggunakan rekening bank-bank di Indonesia. Jadi paypal merupakan pilihan pertama saya.

Salah duanya adalah fasilitas-fasilitas yang ditawarkan untuk mendukung kerja saya. Berikut ini paparan beberapa fasilitas dasar yang dapat anda harapkan ada di freelance market (contoh kasus: odesk ).

Sudah sampai sini saja? benar? ayo berfikir kreatif…kreatif…kreatif..kreatif… peluang masih ada di depan Anda

Passive income: Kontes desain kaos ala Indonesia

Saat ini konten lokal semakin semarak di Indonesia, baik dari blog, marketplace hingga web audio video. Artikel kali ini membahas situs marketplace yang dibuat oleh teman-teman Indonesia untuk para desainer grafis Indonesia khususnya desainer grafis kaos. Marketplace yang kita bahas saat ini adalah gantibaju.com dan Mentridesainindonesia.

Hidup dari Menulis

Pada pertemuan FreSh 3.0 yang lalu saya ditanya sama mas Donny B.U. dari Detik. Seorang penulis harus nulis berapa buku dulu untuk bisa menjadi penulis profesional alias hanya hidup dari menulis? Ini memang benar-benar pertanyaan yang agak sulit dijawab karena saya sendiri belum melakukannya hehe. Tapi kalau pertanyaannya bisakah seseorang hidup dari menulis saja? Maka jawabannya bisa! Tau Andrea Hirata dong? Royaltinya dari Laskar Pelangi sudah 2 milyar lebih kira-kira. Siapa yang nggak ngiler?

99designs

Baca juga:

Sebagai freelancer baru (dalam hal ini saya akan membahas khusus desainer grafis), kita seringkali sulit mendapatkan projek dikarenakan minim pengalaman, portfolio yang belum terbangun, dan yang lebih fatal jaringan pertemanan yang masih sedikit. Namun jangan pesimis dulu, newbie itu hanya status, yang terpenting itu adalah kemampuan kita dalam menangani dan menyelesaikan projek.

Pastinya, dengan berfikir kreatif dan postif akan menghasilkan sesuatu yang menakjubkan.

Hobi + Kreatif = Sumber Pendapatan

Bila Anda memiliki suatu hobi, dan bisa menulis, apa salahnya mengubah hobi itu menjadi sumber pendapatan? Dibayar untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan, bukankah itu surga dunia?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Wah saya senang sekali melihat ruangfreelance. Ternyata yang senasib seperti saya banyak juga. Perkenalkan saya seorang freelance copywriter.

    Tulisan-tulisan di sini banyak membangun untuk saya mendapat dan mencari peluang. Mudah-mudahan peluang lain pun bisa saya dapatkan di sini.

    Terima kasih banyak atas ruang yang diberikan. Mudah-mudahan freelance-freelance dapat lebih bisa mengembangkan dirinya.

    Salam

    Ikhwan Aryandi
    http://ikhwanaryandi.blogspot.com/

  2. says

    anggiew! *sok akrap* masiy ingat eikeu gag, si anak kucing luthu *lirik kiri kanan, atut ada Agoes gag* *siul2*
    berhubung eikeu sedang belajar elmu niaga ke Imperialis Sedjati *merujuk sabda rasul* maka, eikeu bertekat: JUAL semua yang bisa dijual *syaratnya: gag dikejer pulisi*
    ahahay! *baru sadar ini artikel jaman 2009 booo*

  3. raadits says

    Sangat inspiratif dan semakin membuat saya semangat di dunia freelance yang banyak sebagian orang freelance dianggap sebelah mata saja.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *