Tips dan Trik

7 Tips Berkompetisi dan Mendapatkan Klien di 99designs

Sebagai freelancer baru di bidang grafis, saya akan berbagi sedikit. Kita seringkali sulit mendapatkan proyek hanya karena minim pengalaman, portfolio yang belum terbangun, dan yang lebih fatal jaringan pertemanan yang masih sedikit. Namun jangan pesimis dulu jika disebut newbie. Karena yang terpenting itu adalah kemampuan kita dalam menangani dan menyelesaikan projek.

Waktunya mencari pekerjaan! Nah, apakah teman-teman web developer  akrab dengan link GetAFreelancerElance,Scriptlance, atau RentACoder? Lalu bagaimana dengan desainer yang kerjanya benar-benar hanya bisa mendesain? Untuk masalah ini, pilihan saya jatuh ke 99designs. Kenapa? karena proyek yang dibuka biasanya hanya sampai tahap mock up dalam bentuk layered PSD atau desain logo dalam bentuk Adobe Illustrator. Sempurna bagi desainer seperti saya! (walaupun akhir-akhir ini saya ingin mempelajari css juga untuk desain situs).

Menang Kontes Logo Design Web Design 99designs

Bagaimana cara mendapatkan dollar dari 99designs si situs baik hati ini? Pada dasarnya 99designs bisa di bilang situs Free Pitching. Upss! Jangan kaget dulu! Tidak sejelek istilahnya kok. Penjelasannya akan seperti ini, 99designs adalah, sebuah situs dengan sistem permainannya seperti kompetisi, klien membuka proyek dan desainer yang tertarik bisa mengirimkan desainnya, lalu klien akan memilih desain mana yang paling pas dengan proyeknya tersebut. Pemenangnya memang satu desainer saja dan berpuluh atau bahkan beratus entri desain yang masuk akan terbuang sia-sia (well, menurut saya tidak akan terbuang sia-sia kalau kamu mengerjakannya dengan kesungguhan hati). Karena mungkin desain tersebut bisa menjadi portfolio kamu di kemudian hari. Toh, secara tidak langsung kamu bisa belajar banyak tentang desain di sini.

Berapa lama pembayaran 99designs dikirim ke PayPal desainer? Siapa yang punya pengalaman mendapat bayaran dari 99designs? Harap dicatat, sistem pembayaran di 99designs terbilang aman. Karena untuk listing proyek saja klien membayar $39, dan hadiahnya sudah dibayarkan ke 99designs. Jadi, ketika kita menang kontes, yang membayar kita adalah 99designs.

Ok, cukup pengenalan awal mengenai 99designs. Sekarang saya akan memberikan tips yang bisa membantu kamu bisa bergabung dan ikut kontes di 99designs. Bahkan kamu bisa menemukan calon klien tetap dari sana.

Berikut ini adalah cara mengikuti kontes di 99designs :

1. Memahami Proyek

Jangan tergiur dengan besarnya hadiah yang bisa dimenangkan. Pelajari dulu brief proyek tersebut, lalu pahami dan resapi (membayangkan hasil desain akhir dan lakukan sketsa awal). Pikirkan apakah kamu akan menikmati proyek tersebut atau tidak. Masih banyak proyek lain yang bisa kamu pilih yang sesuai dengan kelebihan dan kesukaan kamu, dibanding kamu tidak enjoy mengerjakannya dan mungkin pada akhirnya tidak memenangkan kompetisi tersebut.

2. Tinjau Kualitas & Kuantitas Kompetisi

Lihat entri lain (jika memang sudah ada yang mengirimkan), lalu bandingkan dengan konsep kamu sendiri, apakah desain kamu lebih baik (lebih cocok dengan brief klien, lebih rapih, lebih detail)?. Anggap saja ini tahap mengukur kemampuan diri kamu sendiri sebelum benar-benar mendesain untuk kompetisi tersebut. Lihat juga sudah ada berapa banyak desain yang dikirimkan. Apakah sudah ada 10, 20, 100 entri? Sudah ada berapa desainer yang mengikuti kompetisi ini?

Saran saya, jika sudah ada 20+ desainer dan 30+ desain yang sedang ‘bertarung’ lebih baik kamu mencari proyek yang lain. Ingat, waktu adalah uang! jangan buang waktu dengan mengirimkan desain yang mungkin sudah pernah dibuat oleh desainer lain. Pertama, kamu akan dianggap menyontek (bad karma) dan kedua, kamu akan dianggap tidak kreatif oleh klien. Tapi silakan lupakan saran ini jika memang konsep dan desain kamu benar-benar berbeda.

Baca juga:

3. Pelajari Gerak Gerik Klien

Ada salah satu cara belajar dari 99designs, yaitu dengan melihat habit si klien. Apakah klien ini cepat dan sering memberikan umpan balik yang berguna untuk desain-desain yang sudah dikirimkan? Apakah klien ini merupakan tipe yang menghargai kreativitas (mencari desain yang beda dari yang lain)? Atau merupakan tipe klien yang pasif (hanya memberikan rating tanpa umpan balik dan tidak terlalu peduli dengan orisinalitas konsep)?

Jangan lupa tinjau juga latar belakang klien ini. Sudah berapa kompetisi yang dia buka di 99designs? Jika masih baru, cari tahu juga apakah klien ini mungkin individual atau perusahaan yang mengalihdayakan proyek desainnya? Yang terakhir itu bisa dijadikan titik cerah dalam menemukan klien tetap.

Tips Sukses Belajar 99designs

4. Jangan Jadi yang Pertama

Maksudnya adalah, jangan menjadi yang pertama kali mengirimkan entri desain, ditambah jika ide dan desain kamu memang sangat pas dengan brief proyek tersebut. Karena semua member 99designs (desainer & klien) bisa melihat semua desain yang dikirimkan terutama apabila mengikuti 99designs logo kontes, maka tidak heran kalau banyak terjadi plagiat konsep. Bahkan sering ditemukan tata letak dan gaya desain yang sama. (terlebih jika klien tampaknya menyukai salah satu entri desain).

Lebih baik pakai cara “Wait & See”. Tunggu sampai ada 2-5 entri lalu bandingkan dengan desain kamu. Jika memang desain kamu lebih baik dan belum ada yang mirip di antara entri desain yang lain tersebut, then you’re good to go. Selain itu kamu juga bisa mempelajari gerak gerik klien.

5. Berikan Konsep & Alasan Khusus

Jangan pernah sekali-kali mengirimkan entri desain dengan catatan atau komentar seperti ini : “Hi! this is my entry”, “Hi! hope you like it” atau yang paling parah, tidak memberikan notes sama sekali.

Jadilah yang berbeda dari yang lain, percayalah contoh buruk di atas banyak sekali terjadi (saya juga pernah melakukannya saat pertama kali ikut 99designs, hanya karena malas bercerita sedikit mengenai desain saya), sehingga kalau kita memberikan effort sedikit saja untuk menjelaskan konsep desain kita dengan baik melalui notes maka setidaknya sudah plus di mata klien jika dibandingkan dengan desainer yang lain.

cara bergabung dan syarat 99designs via YouTube

6. Berkomunikasi dengan Lancar

Balas komentar klien dengan cepat dan baik, perbarui entri desain kamu sesuai sarannya (tenang saja, klien di 99designs kebanyakan mempunyai selera yang lumayan) dan mungkin berikan saran atau masukan untuk klien, diiringi dengan alasan/konsep khusus di balik saran kamu.

Jika kamu sudah melanjutkan proyek melalui surel ( di luar 99designs, hey selamat! 😀 ), komunikasi yang lancar dan cepat merupakan hal mutlak, kalau memang belum sempat membalas/memperbarui, berikan janji kapan kamu akan membalas pesan klien tersebut.

langkah langkah untuk ikut kontes 99designs

7. Berikan yang Terbaik!

Selalu! Jangan pernah setengah hati dalam mengerjakan proyek/kompetisi yang kamu ikuti. Ingat, selain hadiah uang, kita juga membangun portfolio. Berikan ide, desain, detail dan komunikasi terbaik yang kamu bisa.

Pengalaman saya mendapatkan klien tetap adalah dia melihat portfolio saya (desain yang tidak menang) di 99designs, dan langsung mengontak melalui surel untuk sebuah projek, yang berlanjut sampai sekarang. Jadi, itulah mengapa saya mengatakan di awal bahwa 99designs tidak terlalu buruk kok, if you do it 110%!

So, apakah di antara kamu ada juga yang mempunyai pengalaman berkompetisi di 99designs? Dan apakah kamu ingin menambahkan trik mencari proyek di 99designs? Tips agar klien suka dengan desainmu yang ada di 99designs? atau mau berbagi cara belajar 99designs ala kamu? Mungkin kamu mempunyai pengalaman di website lain yang sejenis?  Ayo silakan berkomentar! 😀

Act Now! go to 99designs atau Crowdspring (mempunyai sistem yang sama seperti 99designs).

Tambahan, untuk belajar 99designs dan ingin menang kontes 99designs bisa gabung di grup berikut

Tags

Related Articles

232 Comments

  1. saya sudah lumayan lama niih gak maen lagi di 99 & CS, gara2 nya karena sudah mendapat client tetap jadinya gak focus lagi maen di 99 & CS.

    kl trik saya dapetin client di 99 biasanya seperti ini:
    apabila client sudah suka dengan desain saya biasanya di akhir contest 1 hari sebelum contest berakhir saya selalu menawarkan jasa convert psd to xhtml kepada mereka.
    supaya kl kita kalah kita masih dapet kerjaan html/css nya.

    dengan trik itu juga sampe akhirnya saya dapet client tetap 😀

      1. gpp gak bisa coding juga.. yang penting sih sering menang, trus tawarin xhtml/css nya ke clientnya.
        kl emang dapet sama xhtmlnya tinggal lempar aja kerjaan xhtmlnya ke tmen2 yg bisa.

        jgn lupa nego harga lg sm tmennya

        kan lumayan bisa jadi dapet tambahan 😀

    1. Wah mas bro, ane juga pengen bisa.
      btw gak pengen dibagi nih ilmunya? 😀
      mungkin source tutorial atau buku yang kudu dipelajari.

      regards 😀

    2. mas , ak pemula ikut di 99. ndesain web aja ak masih kesulitan soalnya ak bru belajar.. kalo boleh ak mau dong di bagi referensi web desainnya yg buat pemula. ak kepengen bisa bkin desain web kek di portofoliomu..

    3. gimana cara memasukkan data yang sudah kita desain
      supaya masuk ke contes 99design?
      tolong dijawab, tq…

  2. wah boleh juga tuh tipsnya mas irawan .. :), thanks banget mas … eh btw trus kontak kontaknya gimana ya, kan gak boleh nyantumin email / website ?

    1. caranya kirim private message aja jangan di Discussion… udah itu kasih deh data kontak kita ke clientnya.

      saya sih biasanya seperti ini

      1. kasih kata-kata penawarannya
      2. kasih harga nya berapa
      3. cantumin contoh portofolio xhtml/css yg pernah di buat (berupa url supaya client tinggal klik dan lihat)
      4. kontak detail kita.. email, messanger dan website

      (kan gak boleh nyantumin email / website ?) kl gak salah di profile kita sendiri juga kita bisa nyantumin 2 data itu deeh 😀

  3. Wah saya nggak pernah jadi nih kalo ngerjain pitching buat 99D. pasti ada aja yang ngedistract – entah kerjaan beneran or tugas kuliah. haha.. kurang fokus kali ya 😛

  4. Wah thanks for sharing nih, just like what i need… Tapi denger2 banyak penipuan jg di 99? Bener gak tuh? Liat porto2 disana mantabs2, bakalan jadi persaingan yang ketat, dan tentunya dengan bayaran yang pantas…

    1. hmm gue sih blom pernah denger penipuan, soalnya sekarang pembayaran lewat 99designs.. mungkin dulu kali yah, waktu itu setelah menang 99designs ga menengahi transaksi..

      sekarang ada proses design handover, jadi jelas semua nya..

      1. Gw udah pernah ditipu bbrp kali di 99. Ada org canada bayar pake dollar canada. Pas gw liat2 knp kok kurang ternyata dia bayar pake CAD bukan USD. pengalaman tuh musti jeli kita. Yang lain lagi pas ok dan winner trus buatin halaman yg lain. Abis sampe posisi code dia diem2 aja dia alias menghilang. dia toh punya JPGnya. Saran gw sih klo mau main 99 pilih yg guaranteed aja ato nggak reputasi CH udah sering award ke designers.

      2. @ henry _ wah bisa gitu ya? btw sekarang ada proses design handover kan? apa masih begitu juga?

        dan mata uang udah jadi satu semua kan, pake USD

        nah yg sampe proses code yg bingung, kok udah nge-code aja? hehehe klo gue sih desain bayar dulu baru code (nyari coder)

        yup lebih enak yg guaranteed atau prepaid, btw sekarang udah prepaid semua kok.. jadi hadiah udah di bayar contet holder ke 99designs.. nah klo guaranteed, itu artinya contest holder pasti milih pemenang..

  5. Saya juga main di 99design.

    Biasanya yang ratingnya tinggi belum tentu menang, dan yang menang belum tentu desainya bagus (menurut saya?)

    kadang kliennya adalah individu yang gak mau aneh2, mintanya desain yang cenderung kuno 🙂

    tapi ada juga yang mintanya naudzubillah ribetnya.

    BTW sekarang lagi ada desain cover book pastor bernilai 3.000 USD

    gimana ? siap lembur saat lebaran ? 🙂

    1. iya kadang2 suka aneh seleranya, that’s why di tinjau dulu hehehe jadi ga gondok sendiri nantinya..

      iya tuh $3000, mending ga ikutan deh, entri nya udah 500 lebih! hahaha dari sisi psikologis klien juga udah ga objektif lagi itu milih nya, kebanyakan pilihan dan cape juga harus ‘nyaring’ sebanyak itu..

      1. hihihi…udah naik jd $5000 itu om hadiah nya, hehehe tp ya itu ..yg ikut bejibun….btw, saya mau tanya…itu di 99designs cara liat pemenang nya gmn ya ? apa yg dpt rating tinggi itu udah pasti jadi pemenang ? atau pemenang nya langsung di hubungin sama contest holder nya ?
        thx b4, salam dari freelancer pemula 🙂

      2. @ Andre _ kan ada tandanya klo menang, bisa diliat di kontes nya sendiri dan klo menang di kirimin email untuk masuk proses design handover, jadi semua proses ini di pantau sama 99designs.. setelah kita upload file, kita nunggu CH untuk donload, setelah download dari 99designs, baru kita di bayar (which is duitnya udah di 99designs dari pertama)

        rating tinggi bukan jaminan kok, ada juga CH (contest holder) yang suka bagi2 bintang banyak 😛

    2. wah bener tuh.. banyak CH yang minta design kuno.. awalnya dia bilang “wow. you did an amazing job” . wedew udah seneng”, udah kasih feedback bejibun. eh sehari sebelum slesai. ada design jadul masuk. aneh dah.. eh malah menang.. nyesek banget dah.. ckckck

  6. As a sesama ex dekave sama nih card, hahaha.. gw specialnya di design. Months ago baru ambil kursus css tp masih aja membingungkan. Klo ga bisa css coba aja beli software pengubah PSD to html kayak side grinder gt2.(gw blm pernah coba sih)
    Gw udah lama ga main 99. Capek kadang geregetan soalnya ditiru sama org2 atau dituduh meniru konsep yang awal2. Sedang klo terlalu lama kita udah ketinggalan biasanya. Jadi paling tepat musti kita tau timmingnya ngliat dari feedback2.

    1. oit 😀 hmm pernah liat tuh yg site grinder, masih ga sreg yah hahaha yah ga ada yg instan sih, dimana2 buatan tangan tuh emang paling bagus 😛

      yup masalah rip2 gitu sih tahan2 aja, pernah juga kok di rip konsep nya, dia yg menang lagi XD gondok setengah mati, itu karena gue submit pertama, dan contest holder nya udah suka banget, jadi deh gue tumbal dan standard yg di contek2

  7. mas, sory mau tanya. kl kita bikin desain pake program ga asli gimana? ada bedanya ga sih file pake program asli sama file pake program bajakan. misalnya file desain dengan illustrator tapi program illustratornya bajakan bisa keliatan ga kalo itu dibikin pake program yang ga asli? trimakasih untuk jawabanya.

      1. anjir ngakak gw bacanya, sumpah ngocol pake paranormal segala hahahahha. kga ktawan kali bang kita pake palsu ato asli. woles aja ..

  8. @Richard iya sekarang udah mendingan. aku barusan coba mulai lagi saat2 liburan gini ternyata image2 udah musti detail. jadi ambil dari mana dan gratis ato beli musti dijelasin pake fitur mereka. not bad lah. dia terus berkembang.
    klo crowdspring udah ada yang nyoba blm nih.. kliatannya nilainya lbh gede ya. cuman gw liat klo ga 25 entries, clients berhak tarik uangnya 100% bok.. haha

    1. yep dah lebih baik tuh, klo Crowdspring itu lebih highclass ya kliatan nya hehehe hadiahnya juga gede2, blom lagi sblm submit CH bisa review portfolio kita terdahulu baru bisa submit, harus request gitu sama CH baru bisa ikutan..

      dan klo ga salah, CH bisa setting untuk hide smua entri, jadi ga ada tuh yg jiplak2an, kecuali CH nya yg mau..

      overall sebenernya Crowdspring lebih ok, tapi saingan nya juga lebih berat lagi.. gue blom pernah nyoba sih

  9. Paling gak enak itu kalo nemu owner projek yg minta2 “bisa gak bagian ini niru desain itu?, bagian itu ambil desain ini?”.

    Lebih gak enak lagi kalo ternyata elemen desain kita yg ditiru sama desainer yg lain.. eh udah gitu desainer lain yg menang pulak…. zzzz

  10. pernah coba crowdsourcing seperti gitu … tp skrg dah gak. sampe rontok nih rambut nyari konsep, sampe buat layoutnya, malam gk bisa tidur mikiran hasil postingan design. pokoknya hidup kyk sengsara bangeeett. 🙂
    tapi lumayan juga buat nambah2 desain portfolio buat kita,

  11. men,aku mo nanya… aku mo ngambil prize dr 99designs. tp pake western union.gimana caranya sih..klik request payout yah?passwordnya itu maksudnyah apa?
    kata org bank tgl mt no.MCTN doank?aku lg bingung nih….

  12. hlo bro lam kenal semuanya, saya dah ngikut 99 desain skitar 5 bulanan tapi sya masi bingung nih tuk menghasilkan desain yang sempurna n bersih hasil kerjanya, tuk selama ini aku cuman make corel doang langsung export ke jpg tuk aplod ke D99. yang saya mau nanya langkah2 apa saja yang harus dilakukan dari pembuatan logo sampe dijadikan format jpg yang sempurna? atas jawabannya makasih banyak

  13. Nice article fang 😉

    gw juga pernah maen di 99Design, tapi belom pernah menang, hehehe.. ada juga tuh di Logo Tournament, gw lagi rajin2nya ngekhususin diri disana, yaah walaupun belom pernah dapet piala emas.. ^o^ (baru perak). Tapi tiap bikin logo, gw ngerasain bahwa kualitas ngedesain gw makin sering bikin makin keasah. And benar kata orang bahwa “Practice Make Perfect”.

  14. Salam kenal semuanya,, 99design emang oke, hadiahnya
    gede2,, ikut beberapa kontes menang satu aja udah dpt 135. dollar,,

  15. hmmm 99designs baru aku tahu akhir-akhir ini, asyik juga bisa berjumpalitan disitu 🙂 meski belum berhasil tapi daripada manyun di depan komputer saat gak ada kesibukan mending, ikutan kompetisi dech

  16. Salam kenal semuanya!

    Gw juga pemain di 99designs dari Juli 2009, alhamdulillah dah menang kontes logo 3 kali dan 2 diantaranya dah jadi klien tetap sekaligus ngasih referensi ttg gw ke tmn2nya yg lain. Awal2 sih asik2 aja sampe akhirnya ketemu desainer2 luar yang ngerasa udah ‘senior’ dan ngejelekin desainer lain dgn cara cari2 kesalahan lwt kata2 ‘plagiat’, pernah gw dapet bintang 4 berdua ama desainer dr amrik, gw dituduh nyontek, gw ngalah, trus gw kasih yg baru, trus dia gak puas masih PM gw sambil nyela2, udah balas2an lewat pm eh kontesnya dibatalin stlh ampir sebulan nunggunya…bete abis!!!!
    Overall desainer Indonesia oke2 banget ya di 99, walaupun sedikit ‘gondok’ kalo kalahnya ama desainer dari bangsa sendiri… 🙂
    Btw, skrg di 99 dah ada fitur blind-contest dan setiap comment di masing2 desainer dah gak bisa lagi di liat oleh desainer lain, jadi makin aman.

    1. boleh dong bang bagi ilmunya saya juga pengen mulai jadi freelancer desain grafis di 99desain.

  17. bro aku mau nanya nih mengenai berkomunikasi nya nih, soalnya aku nggak nguasai bahasa inggrisnya n aku menggunakan translate apakah dalam bahasaya yang tidak begitu jelas di mata klien bisa mempengaruhi desain kita nggak mas? atas jawabannya makasih banyak

    1. hmm baiknya sih belajar bahasa inggris sehari2, gampang kok sering2 aja nonton dvd hehehe

      soalnya klo dari translator pasti kaku jadinya, dan secara ga langsung jadi keliatan aneh di mata klien (walupun mereka ngerti maksudnya)

    2. bang richard fang bisa minta emailnya ngga ya. saya tertarik ikutan jadi freelancer desain grafis di 99design juga. tapi masih bingung dengan pengaturan akun soalnya bahasa inggris saya jelek

  18. makin rame lagi nih 99designs….btw skrg kan lagi jamannya logo 3d, web 2.0,yg glossy kinclong2 gtulah..bagi2 tutorial nya dong…coz yg sering gw liat,yg menang bnyk yg pke gtu2an

  19. nice info,
    I have tried several times to put my design into 99designs, but the results are disappointing.
    Whether there tips or tricks that I can use to win the contest in 99design ?? Please tell me. .
    Thanks very much before.

  20. tolong bantuannya nih, waktu mo upload gambar, kan ada komennya, itu diisi gimana? kalo misale penjelasan tentang karya yang dijlaskan apanya?/ trims

    1. tulis aja yang pengen di tulis 😀
      gak perlu dibatasin, misalnya pake desain warna hijau, bilang aja kenapa pake warna itu
      I’m using green because green are healthy when see it, tuh kan bisa, biar bahasa inggrisnya bleketek yang penting isi kepala nyampe buat yang baca

  21. Thanks bro buat saran dan tipsnya,
    Selama ini saya sering ikutan kompetisi logo di http:\\www.hatchwise.com , sama juga kaya 99designs tapi hadiahnya paling sering lebih kecil, soalnya saya ngerasa desainnya masih cupu 😛
    pernah menang sekali dapet 400 dolar, lumayan. anehnya bukan logo yang menang, pas iseng ikut kontes web design malah goal!!!
    design web lebih rumit, dan mendetail serta proses pengerjaannya lebih ruwet dibandingkan logo, tapi persaingannya sedikit.
    sebagai perbandingan aja, buat kontes logo pesertanya bisa lebih dari 100 dan jika di kontes web 20 peserta masuk dah mewah, tapi….menurut pengalaman saya lebih enak dan seru di logo aja deh, kerjanya lebih cepat, 1 logo termasuk perancangannya paling lama 1 hari, web paling cepet 3 hari ditambah ngos-ngosan cari data klien :).
    Ngerasa banget ni berguna setelah mebaca artikel ini, sampai saya tweet 2 x, gud job bro
    thanks

    1. saat mendesain web, terkadang mesti menggunakan gambar2 yg di dapatkan dari sumber lain.
      bagaimana jika kita menggunakan gambar dari sumber lain ??
      adakah aturan2 tertentu dalam menggunakan gambar dari sumber lain ??

      1. image biasanya didapet dari stockphoto / icon.
        kaya istockphoto.com dan iconfinder.com
        saat design kita bisa pake yg free /watermarked

        klo uda jadi ya si ch (contest holder) yg beli licese image itu sendiri.

  22. Mau tanya nih…
    kalau mendesing web itu, apakah hanya cukup homepagenya saja?? atau nanti setelah terpilih baru diteruskan ke halaman lainnya atau kita harus mendesign beberapa halaman dulu ya??

    Thanks buat tipsnya, masukan banget bagi yang berminat jadi freelance 🙂

    1. Itu sih tergantung yg punya kontes apakah dia tuh perlunya homepage doank ato sama innerpage nya… biasanya di brief nya di jelasin.

      1. Ooh begitu.. kalau ga ada penjelasan mungkin cuma perlu mendesign homepage dulu kali ya.. thanks infonya!

  23. wah..wah…ruangfreelance emang hebat ya. nice info
    aq juga lagi belajar untuk bertanding di 99designs pake adobe illustrator cs4 mohon bantuannyan, dukungannya, dan do’anya ya semuanya. salam kenal Designers Indonesia, semoga sukses pantang menyrah. MAJU TERUS DESIGNERS INDONESIA

  24. Hai pejuang desain semuanya… 😀
    eh, setelah beberapa bulan saya perang di 99designs pake bambu runcing dan do’a (dan tentu saja kreatipitas)… terlihat banget kalo desainer Indonesia bnyak yang aktip disana and ga kalah jago sama bule2.
    So, saya serius banget pengen bikin forum desainer 99D khusus indonesia. Malaysia aja uda punya lo… ga sengaja kapan itu ngeliad 🙂
    gmana nih?
    kita bs share info dan tutor di forum itu… semuanya… 😀

    Ok, Gud lak buat semua ya!
    keep winning!

  25. seandainya kita jadi pemenang kontes cara mereka membayar kita gimana apa perlu pake kartu kredit lagi , tlg yg punya info di share ya

  26. numpang bantu lg,

    payment 99designs via electronic funds
    – paypal
    – moneybookers
    – westernunion
    – alertpay

    btw ga langsung dtransfer, klo menang ntar creditnya masuk ke account di 99designs dulu, (jadi bisa disimpen) trus minta pembayaran dari 99designs skalian (terserah kita kapan)..

  27. Bagus nih post !!! ku jg bru gbung di 99designs. n baru satu project yang menang…
    Project yg tidak guaranteed apakah bgus untuk diikuti atau tdk???

    1. Bagus guaranteed atau tidak tergantung kliennya enak apa enggak. Kadang yang tidak guaranteed juga enak kok kliennya. Seperti tips di atas, berikan yang terbaik. Toh nanti klien yang projectnya tidak guaranteed kalo nemuin desain yang bener-bener cocok kebanyakan bakal dibayar kok. Meskipun ada juga yang kabur.:D
      Yang guaranteed ada juga yang nyebelin, sejak 20 Juli 2010 jam 1:42:04 sampai sekarang belum dipilih pemenangnya. Padahal salah satu logo udah dipake sama CH di websitenya. cekibrot: https://99designs.com/logo-design/contests/be-designer-killer-logo-atlanta-company-46149

  28. ohh.. gitu ya caranaya tapi seandainya kita gk punya account paypal gimana?? klo bikin account pypal caranya gimana? sama bank yang paling support banget sama paypal apa ya? ma’lum masih newbie
    info di share tolong thanks..

  29. Halo Boss,,

    Mau sedikit curhat dan minta sarran nih.

    Saya sering ikut desain contest di 99designs, sesekali saya coba website lain (crowdspring, 48hourslogo, hatchwise, dll).
    Nah, kebetulan pas di hatchwise sy menang $1500, tapi, waktu jadwal pembayaran mereka (1 bulan 2 kali), prize ga di creditin ke accountku, terus saya tanya ke mereka, jawabannya sungguh luar biasa. Mereka kasih 2 opsi ke saya:
    1. Saya disuruh nunggu 180 hari (s.d januari 2011)
    2. Duitnya dikembalikan ke contest holder setelah dipotong 10% untuk komisi mereka, dan sy disuruh nagih ke contest holder.

    Alasan mereka ga mau langsung bayar :
    1. Prize yang terlalu besar
    2. Saya hanya masukin 2 entry.

    Saya udah bicara ke contest holder, dan dia mau ngomong ke hatcwisenya, tp udh 2 bulan kg ada hasil. Saya juga blm kasih jawaban ke hatcwisenya (mengenai 2 opsi tadi).

    Gimana nih boss??ada saran??
    thanks

    Regards,
    Rio

  30. https://99designs.com/people/edwardpurba >>ini page aku di 99designs. Maap aku gak gaul dgn pesbuk jd gak bisa gabung. Kalo aku sih yang namanya kontes itu menang maupun kalah adlaah wajar.
    Pengalamanku selama di 99designs itu, rajin2 baca client brief aja. Kalo dah mengerti maksudnya si klien barulah mulai dikerjain. Tapi perhatikan juga perjalanan disain orang lain yang lebih dahulu masuk, Berhubung aku hanya nguasain Photoshop aja terpaksa aku hanya berkutat di Print Design Contest, kadang2 di Web Banner “Static” Berhubung aku juga sudah kepala 3 alias umur 30-an, aku kudu selektif milih lawan tandingnya..wkwkwkwkw

    1. Bro, klo kita seandainya menang, bagaimana proses uangnya hingga bisa di rupiah kan ya?
      info dong kawan 🙂

  31. Good Day RuangFreelance

    Saya ingin bertanya pada mas Richard Fang dan mas Anggi Krisna. Dalam dunia freelance desain grafis internasional, apakah lisensi software grafis yang kita gunakan akan di pertanyakan? Apakah penggunaan font bajakan (di dapat dari cd bajakan) akan di persoalkan nantinya?

    Best Regards,
    Frandy Nurman Wiyoso

    1. Saat ini gak ada pertanyaan seperti itu sih
      so find2 aja :), tp kedepan kita harus berusaha untuk membeli yg bukan bajakan seiring kemampuan kita
      so keep the fight 😀

  32. mas kalo yang di indonesia ada gak ya….?????
    maklum wong ndeso kurang lancar bahasa global….!!! hheee..

    1. hehe jangan takut mas, kalo kontes sepertinya bahasa inggris pas pasan juga gapapa. Atau kalau benar benar bingung bisa pakai tools google translate udah bagus terjemahannya, beneran :).

  33. salam kenal mas?saya mau daftar kompetisi 99 tp kok g bisa2 ya?mohon d kasih tahu caranya?atas bantuannya terimakasih banyak

    1. Yang dimaksud gak bisa itu apanya? Daftar aja dengan klik as a designer..isi semua form yang diwajibkan setelah itu ‘browse project’ carilah kontes yang bisa dikerjakan..gampank toh? 😀

  34. wah…baru liat artikel ini, dan saya sedang membutuhkan tips dan trik membaca situasi dari para masta-masta disini. Hhhmm..gini, kontes di 99designs ini apa sudah aman sistemnya dari unsur ‘tepu-tepu’? maksudku, Contest Holder yang berlaku curang dengan tidak memenangkan siapapun, mundur teratur dan akhirnya nggk ada kabar dan se-enggaknya dia dapet gambar bentuk dan warna yang bagus.
    Lalu menghindari klien yang semacem ini gmn y? Apa fitur ‘Guaranteed’ sudah cukup menjamin bagi desainer?
    Oya satu lagi, minta tips bermain di lapak Blind, Private, Fast track..dooouung 🙂

  35. ini bagus juga seh..cuma kalo mo dapet klien indo jadi kurang nonjok..balik lagi musti tau kudu eksis dimana..dimana ada pasar disitu kita jualan..

  36. Saya sendiri juga masih belajar di 99designs, baru ikutan beberapa project.. tapi belum ada yang menang..
    masih menunggu semoga saja bisa menangin satu..

    bdw nice tips 🙂

  37. Boleh bagi2 panduan dan ebooknya ngga mas ke mana saya harus belajar tolong kirimin ke email tentang 99designs

    1. Menurutku ini adalah situs kontes jadi gak mungkin ada e-booknya..Ente kudu bisa disain dan memahami isi brief yang diuraikan oleh si klien..aku pikir yang sudah diulas diatas dapat menjadi pegangan.

  38. wah, mantap artikelnya, hahaha
    baru tahu kalo notes jangan “Hi! this is my entry”, “Hi! hope you like it” saya baru ikutan kurang dari 2 hari nih dan setiap notes saya isi seperti itu, terimakasih artikelnya mantap!!!

  39. Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih yg sebesar2nya buat Ruangfreelance terutama mas Richard atas dimuatnya artikel ini.

    Saya pertama kali membaca artikel ini sekitar sebulan kemarin dan terus terang setelah membaca artikel ini saya seperti mendapat pencerahan 🙂 . Dan meskipun dengan skill photoshop yg pas2an dan modal banyak2 Bismillah 🙂 saya langsung mencoba peruntungan di 99D. Alhamdulillah dalam 1 bln ini ada 2 client yang mau berbaik hati memilih desain saya buat jdi pemenang kontes. Beginner’s luck sepertinya :). Bukannya mau nyombong lho ya.. hanya sekedar berbagi pengalaman. Siapa tau yg lain ada yg jauh lebih baik treknya dibanding saya.
    Dan apa yg ditulis oleh mas Richard itu benar adanya terutama 2 point terakhir – Berkomunikasi yg lncar dan Selalu berikan yg terbaik – dimana menurut saya ini 2 point yg paling penting.

    Oh iya karena saya ga bsa illustrator and i suck at logo design 🙂 jdi saya konsen di web desain, ngikutin jejaknya mas Richard :). I wanna be like Richard 😉
    So sekali lagi saya ucapkan terima kasih yg sebesar2nya buat Ruangfrelance dan mas Richard. Semoga desainer2 indonesia mampu unjuk gigi di dunia internasional. Salam.

    1. @D-One: Mas aku mau tanya ni kl menang di 99D hadiahnya ditransfer ato kirim pake paket ya? Aku sih newbie di 99D, itupun karena baca artikel ini. kl pake transfer bisa pake kartu atm biasa ga? ato harus thx pake kartu kredit. Thx atas pencerahannya

  40. mas saya mau tanya, maaf kalau saya masih baru, saya masih beberapa hari mengikuti 99designs, saya waktu itu mengirimkan dalam format psd tapi hal tersebut tidak bisa, tapi hanya dalam bentuk jpeg. lalu bagaimana yang benar ?

  41. @syam jika masih dalam tahap kontes blum slsai, anda dapat mengrimkan entry anda dlm format jpg,dan png…

  42. iya 99designers.com sangat recomennded.

    3 bulan di sana sudah memberikan hasil 3 kali lipat lebih besar dari gaji/perbulannya.

    akhirnya bulan ini nekat resign untuk serius di 99design dan crowspring.

    1. wah, benar mas hartanta, karena reward yang diberikan contest holder cukup lumayan besar

      mungkin yang awalnya 99d ini hanya kegiatan sampingan belaka, nanti bisa menjadi kegiatan yang harus dipertimbangkan, apalagi kalo ditekuni, bisa dapat fee yang lumayan 🙂

      regards

  43. baru2 ini saya daftar freelancer di Crowdspring. ketika ikut kompetisi setiap memasukkan desain kok selalu ada tulisan not scored yet dibawah desain. maklum baru newbie baru ikut gabung dengan para desain freelance. mohon pencerahannya gan.

    1. kompetisi memang begitu 😀 pasti ada kalah ada menang, apalagi saingannya desainer seluruh dunia

      kalau saran saya: tekunin aja dan coba ikuti kompetisi yang kita anggap brief’nya paling dikuasai, walaupun belum pernah menangpun tetapi kalau ada orang yang melihat desain kita menarik dimatanya, bukan mustahil mereka akan mengkontak kita 🙂 saya juga begitu, dan saya juga belum pernah menang

      regards

  44. wah aku kepengen banget jadi disigner grafis. tapi aku mau tanya kalo seandainya kita menang, dan kontesnya sudah berakhir, apakah kita masih terikat dengan si pemegang kontes, misalkan dikemudian hari setelah kontes berakhir saat dia menginginkan design yang kita buat di cetak, biasanya kan akan ada perubahan warna antara hasil cetak dengan yang tampil di layar, apakah itu masih tugas kita sebagai si pembuat design untuk menangani hal ini? atau masalah resize gambar dan masalah lainnya yang berhubungan dengan design yang kita buat, apakah itu tetap kewajiban si pemenang untuk mengatasinya ataukah semuanya berakhir pada saat kita keluar sebagai pemenang dan masalah selanjutnya ditanggung oleh si pemegang kontes sepenuhnya? mohon pencerahannya ya…terimakasih banyak.

  45. Yippiee.. para master freelancer ngumpul disini.. ikutan nimbrung ah.. Saya setuju dengan point 7 nya mas.. Mengerjakan sesuatu dengan setulus hati dan meberikan yang terbaik adalah kepuasan tersendiri. Kalopun menang, ya syukur.. itu jackpot atas ketulusan hati kita atas apa yang kita kerjakan. Salam kenal semuanya.. 🙂

  46. nice info gan 🙂
    ane ru menang kmrn gan. Wkt mw upload file kmrn smpt bgung nyari tmbol upload smp tny kesna kmari. Eh, trnyata cm gra2 flash player lum diupdate (mklm pk kmptr wrnet. Browserny out of date. Teknsiny tidur kali :D)
    ane kirm desainny dlm file corel. Nah, kok smp skrg ballance-ny msh kosg ya? Pa CHny kabur? Help me gan. Thanks

  47. wah asik jg artikelnya,salam kenal deh buat semua yg udh komen
    saya baru di 99 tapi sudah menjanjikan…..saya mau tanya gan , kalau kita membuat logo untuk individu or perusahaan apa ada trik2 khusus biar kita terpilih sbgai pemenang..? apa itu dari segi bentuk logo,warna,atw yg lainnya….?

    regards

  48. wah asik jg artikelnya,salam kenal deh buat semua yg udh komen
    saya baru di 99 tapi sudah menjanjikan…..saya mau tanya gan , kalau kita membuat logo untuk individu or perusahaan apa ada trik2 khusus biar kita terpilih sbgai pemenang..? apa itu dari segi bentuk logo,warna,atw yg lainnya….?

    regards

  49. Iya, tapi tolong sesama Indonesia saling menghormati, jangan Design kita ratingnya tinggi dijiplak mentah-mentah, Untuk Alisya TM. yang ada di 99 design: berpikirlah sendiri dan jadilah kreatif, jangan modal njiplak.

  50. pengalaman sy di 99design mending ikut yang “blind” saja.
    ga saling intip,plagiat jg bisa dihindari.,orisinalitas bisa terjaga.
    asal bener-bener aja baca brief nya,harus bener mengerti,paham.
    gondok juga kalo konsep udah oke,udah nyambung ama CH, dapet bintang,
    trus konsepnya “dipake” orang lain trus orang lain itu yang menang.
    tapi diatas itu semua “TERUS SEMANGAT BERKARYA”
    jangan hanya memikirkan hadiah,sebagai motivasi oke,tetapi lebih mengasah ilmu,sebagai pembanding kemampuan/benchmark,karena juara hanya lahir dari kompetisi dan koreksi dilanjut dengan evaluasi serta solusi.
    Desainer indonesia ga kalah ma bangsa lain….hidup Indonesia…

      1. bang anggi saya nubi d 99design pls mohon bantuannya.. setelah proses handover pihak ch menghubungi saya untuk mengerjakan seluruh site nya.. saya bingung hrs gimana.. apa bisa prosesnya d jalankan dgn mengikutsertakan 99design sebagai pihak k3.. ataukah nego2 sendiri gt bang.. ch sendiri bingung prosesnya bagaimana.. pengalaman bang anggi gimana

      2. bang bagai mana sih cara liat projeknya di situs nya lagi bingung nig tapi pengen coba ikutan

      3. @nopita : in case, kalo si CH ngontak kk via 99d (Pivate Message) berarti scara gak langsung 99d juga sbagai pihak k3… CMIIW
        nah kalo si CH ngontak kk direct email so dengan leluasa nego2 ndiri aja kk.. moga membantu 😀

    1. Ya, belum ada yg membahas. Saya udah buka akun dan ikutan satu kontes, tapi g’tau kenapa sy merasa sribu.com belum senyaman 99D.

      Mungkin karena masih baru dan kedepannya akan lebih baik dalam fitur dan rules. Satu hal yg kurang asik dari sribu; semua pihak komen di public page, tdk ada ruang pribadi antara CH-designer. Semua teriak minta feedback. Pusing‼

      Positifnya, tidak akan ada kasus “locked”, “held”, atau refund kaya’ di 99D, karena apabila CH tdk nentuin winner maka sribu yg tentukan.
      Pernah jg ikutan ajangdesain.com, tp setelah kontes logo buat situsnya g’ada lagi proyek baru ampe sekarang.

      Kl http://www.brandninjas.com/ , ada yg pernah coba? Let’s share!

  51. boleh ikut 99design klo udah punya passive income…biar nggak rontok rambutny atau nggak ditinggal pergi ma istri dan anak…jangan egois ya!!!

  52. eh mau tanya nih maaf masih newbie
    kalo kita gunakan gambar yang bukan dari stock photo bisa ga ya?
    misalnya nyari gambar di google biasa gitu
    thanks.

  53. Halo, mau berbagi juga nih, saya jg penggemar 99design tapi saya hanya bermain di print design saja sebetulnya ingin bermain di web tapi saya hanya mengerti melayout halaman saja. Yang mau saya tanyakan sejauh mana sih kita harus menyelesaikan project desain web di 99design apabila menang?apakah hanya layout halaman saja atau lebih dari itu? Terima kasih buat yang mau berbagi….

  54. @ezzy sebaiknya kita mengambil image dari image bank dan semacamnya saja karena jelas untuk masalah lisensinya, untuk pembayaran image kita minta client di 99desin yang membayar dan mengirimkannya kepada kita. Biasanya saya seperti itu dengan client2 saya dan meraka tidak masalah sama sekali.

  55. 99designs sangat menguntungkan sekali, karena saya sudah mengalaminya. Dalam 4 bulan saya bisa mendapatkan hasil yang lumayan dari 99designs dan juga saya mendapatkan beberapa clients tetap yang memberikan kerjaan terus menerus dan membayar langsung melalui account paypal saya. Buat para freelance, ini sangat menguntungkan sekali…Ayo Coba!!

  56. saya mau nanyak ne sama teman2 designer semua, saya baru mulai bermain di 99design, terus saya ikuti langkahnya, yang saya penasaran dan yang ingin saya tanyakan, kenapa setiap hasil desain saya yang sudah dikirim selalu ada kata “withdraw” dan ada lambang seperti dilarang masuk, maksudnya apa dan apakah saya belum memenuhi syarat di 99design untuk brgabung? Mohon penjelasannya bagi teman2 designer semuanya

    1. berhubung kk ini tanya di akhir 2011 dan saya baru jawab di maret 2012, mungkin skarang kk udah tau sndiri jawabanya, y kan? hehehe.. just f joke bro..

      itu cuman tombol bro, jadi kalo kita pikir desain itu kurang sesuai “menurut kita” bisa di withdraw (tarik) dengan link itu. dan di 99d gak ada persyaratan khusus untuk designer manapun. smoga itu menjawab ya,,, dan kalo butuh keterangan lebih lengkap coba cari di FAQ nya,

  57. top kak, makasih banget sarannya. sampe saya tulis neh di buku biar ga kelupaan. kalo cuma copas mah pasti ga kebuka n ga nyantol di otak. hehe 😀 thanks thanks

  58. mau nanya kalo cara nge add web desain homepage sama innerpage nya gmn??
    waktu add design kan cm satu file. soalnya saya biasanya cm memasukan homepage nya doang. maklum newbie

  59. saya juga ikutan 99designs, belum pernah menang sih:), dan baru mulai belajar, mau nanya nih mas:
    -bila tereliminasi dari kontes dan kita pengen withdrawn karya logo kita itu berpengaruh negatif nggak di mata CH atau pihak 99designs?
    -menurut mas, apa kelebihan dan kekurangan masing2 situs ini:99designs,logotournament, dan crowdspring?
    -untuk pencairan uang, apakah paypal atau westernunion yang lebih mudah,atau ada yg lain?
    mohon jawabannya ya mas,makashi banyak

    1. 1.Ter-eliminasi? Sangat bijaksana bila karya kita di tarik saja alias di withdrawn. Tindakan ini tidak mempengaruhi kredibilitas kita kok. Di eliminasi berarti karya kita tidak sesuai dengan apa yang klien (CH: Contest Holder) cari.

      2. 99designs. Kekurangannya hanya di masalah shortlisting dan final round stage yang sekarang diberlakukan. Selain itu hadiahnya kadang terlampau kecil untuk bbrp kontes. Kelebihannya: star ratings terpampang dengan jelas sehingga kita bisa tahu apa yang diinginkan oleh CH. kita punya halaman sendiri sehingga feedback yang diberikan oleh CH tidak diketahui orang lain. Kalo di mycroburst, designcrowd, hatchwise, dll. CH hanya bisa memberikan feedback di general board dan semua designer bisa baca.
      Crowdspring. Kekurangannya: Star Ratings tidak tampak jadi kita kudu muter otak buat ekstra kerja lebih keras lagi buat menang. Kelebihan:Hadiahnya gede2 dan sangat masuk akal:)
      Logotournament: aku gak ngerti karena aku gak ‘ahli’ di kategori logo alias merasa bodoh aja buang waktu mikir disain logo yang sangat luas. Aku butuh uang dan bisanya cuma disen brosur, flyer, rack card, print Ad for magz dan newspaper serta web ‘static’ banner aja.
      3. Kalo gak mau ribet pake WesternUnion aja tp siap2 aja gigit jari karena potongannya (Fee) besar. Saya punya pengalaman…. awal (Januari 2010) ketika telah bbrp kali menang di 99designs. Uang yang sdh terkumpul sebesar $950. Karena Paypal aku belum “ter-verifikasi” makanya aku gak mungkin narik duit sebesar itu ke PayPal. Ada limit yang diberlakukan oleh Pihak PayPal bila akun kita belum diverifikasi. Akhirnya aku coba pakai WesternUnion. Eh pas sampai di Kantor Pos aku kaget karena ternyata aku cuma nerima $855 saja. Usut punya usut ternyata ada fee yang harus kita bayarkan kepada pihak 99designs sebesar $25 dan pihak WesternUnion Australia sebesar $70 (Kalo sekarang sptnya naik jadi $84)

      Semoga menjawab yak

  60. saya newby baru satu bulan ikut di 99 designs.com, setelah membaca pengalaman-pengalaman yang pernah diikuti oleh para senior, masalah yang selama ini saya pertanyakan mengenai pembayaran, up load file apabila menang, tipa-tipu CH, tips-tips memenangkan di 99 designs sedikit terjawab lewat forum ini, buat mas Richard makasih banget telah buka forum ini, sy punya saran enakknya forum ini dijadikan komunitas frelancer designer indonesia, yang di sana berisi tips-tips dan segala permasalahan2 dan keluhan yang dihadapi oleh para frelancer Indonesia di 99design. syukur-syukur ada tutorialnya juga. thx..

  61. saya sudah hampir lulus kuliah dan mulai memikirkan karir ke depan. tampaknya yang berkaitan dengan industri kreatif dan bersistem freelance seperti ini yg sesuai dengan diri saya. tapi kemampuan desain saya masih minim sekali. walau demikian, ada semangat belajar yg tinggi dalam diri saya. bagi kawan2 yg mau berbaik hati, seandainya memiliki file2 e-book tutorial untuk photoshop, corel, dan illustrator, mungkin bisa dikirimkan ke email saya. saya akan sangat berterima kasih.

    artikel ini benar2 makin membuat saya bersemangat. trims

  62. mas nanyak dong aq nih masih baru ikutan 99design bidang design kaos dan logo. aq bingung nih kenpa kok desgn ku th sering di eleminasi n jarang dpt reting pdhl mnurt q lawn design ku mah biasa aja , apa aku salh uplotnya apa gmnaya???,, mas mohon bimbingannya gmna caranya sih supaya wincontes..
    terimakasih

    1. kontes itu sifatnya subyektif, jadi harus tau siapa contest holder kita dan sukanya apa.. jadi harus aprroach lebih
      gak menang itu wajar, pengalaman yg harus diambil.. yuk kerja keras lagi 🙂

    2. bener kata pak anggi krisna “gak menang itu wajar”. yang penting kita udah berusaha semaksimal mungkin, diluar itu tinggal serahkan sepenuhnya sama si CH, tapi jangan menyrah gitu aja Follow Up trus tiap kontest (komen, feedback, dll) yang kita ikuti..

  63. sory ketinggalan zaman, saya mau tanya kalo mendisain pake huruf pa sih? saya hanya menang sekali tapi sampe sekarang saya gak tau knapa bisa menang, saya belajar hanya nebak nebak aja di softwarenya -inkscape terus di capture- melalui logo yang terdapat di sono, saya mau belajar banayak , kira kira web apa saja yang bagus tuk belajar?
    mohon feedback

    1. Maap, kenapa harus ngisi PayPal? Pertanyaan yang aneh.
      PayPal itu khan Payment Processor toh… jadi mending digunakan buat menerima uang dari hasil kerja online dgn klien luar negeri atau dari bbrp crowdsource yang ada spt 99designs, crowdspring, designcrowd, dll.

      Coba sampeyan tanya mbah gugel ajalah…ato coba cari info di forum2 yang sanga famous untuk kita rakyat Indonesia:)

  64. wah wah dapet duit nih nanti gan..
    q baru pengen mainan desain dan mendapatkan uang nih..
    OOk mkasih ya gan infonya…>!

  65. maaf mau tanya ..
    masih nubie soalnya 😀 ehhhe…
    .
    klo kita men design logo menggunakan software AAA logo apakah bisa menang ?????
    soalnya saya sering masuk final tapi belum pernah juara…
    apakah bisa di convert png ke ventor ???

    1. G’masalah sih mau make software apa, yg jelas kalau anda menang harus berurusan dengan halaman “copyrighted and handover project” dimana anda kudu transfer hak atas logo dan karya asli berupa vector (ai/cdr/eps, dll).

      Namun ada juga yg cuman minta psd,png,jpg.

      Saran saya sih mending pakai aplikasi yang emang mumpuni di vector (corel atau ai). Kl AAA blm pernah coba sih tp itu kayak instant drawing logo gt, minim fitur gan.

  66. Thanks infonya….
    pantesan pernah ikut kontes berkali2 truz di-refund gara2 ikut kontes yg g guaranted.
    Tips supaya menang di kontes logo gimana ya?

  67. ia bner juga sih gan minim fiture…
    makasih atas saran nya 🙂
    saya skrng lagi mencoba belajar di ai ….
    salam sukses untuk design-design indonesia …

  68. salam kenal,sorry aq mo nanya gimana cara mengirim desain logo ke 99design soalnya aq pemula,thanks

    1. Tinggal Tekan aja tommbol submit dan jawab tiga pertanyaan pendahulunya (yes,yes,no), trus browse your entry dan centang Ketentuannya, upload dah…

  69. hebat sekali nih ulasannya.. sangat membantu…
    btw, mas richard… bisa kasih tau kah.. gimana proses kalo kita ikutan desain web??
    yg kita lampirkan apakah sama dengan desain logo.. [pic display doang?]
    ato kita harus memberikan link sample webdesign yg kita buat???

    maklum.. baru mau mulai ikutan di webdesainnya..

    terima kasih..
    salam

  70. mau tanya nih mas…. maksudnya status contest “held” atau “locked” itu apa ya??? maksih

    1. HELD itu maksudnya kontes itu lagi ditahan sementara soalnya si CH tidak login melebihi batas waktu yg ditetapkan, ini agar si desainer g’submit terus2an sebelum ada kepastian/keseriusan dari CH.

      LOCKED itu ada level parahnya, dimana si CH udah g’pernah login lagi untuk memberikan feedback-rating-selecting finalist-selecting winner-atau refund.

      REFUND itu, si CH tidak mendapatkan desain yg “pas” dengan seleranya, so dia narik dananya [sebagian atau full prize].

      CMIIW

  71. kakak2 kok g da yang blz sih….gmana ya cara mendaftarkan paypal di 99 design?mohon infonya dong…karena saya g punya kartu kredit soalnya

    1. withdrawn = design ente tarik / undo / delete sendiri, dgn alasan yg ente tahu sendiri.

      Eliminated = Design ente tidak sesuai dgn kriteria atau apalah alasan dari si client atau contest holder sebutannya …

      Semoga membantu

  72. Hi, semuanya. salam kenal, ini juga bisa dijadikan sebagai PEKERJAAN TETAP Creative person. Jangan terpentok dengan local comfort zone (rubah pola fikir untuk kerja kantoran, celana bahan, kemeja and bla….bla….bla…..), but please test your skill in the world. NEVER think like common people, think out of the box, basicly standart Creative person. ni postingan bagus saya suka saling berbagi. Intinya tunjukin kalo kita mampu. jangan selalu ambil negatifnya. bla….bla…bla……salam & sukses untuk semuanya. 🙂

    little note : lihat seberapa tertarik dan cepat klien kasih feedback, if they said they busy…so we are…. time it’s creativem and creative it’s not free… just think again how long you can handeled this project and how long your chance….

  73. numpang tanya bang… bener g sih klo ambil uang via western union potongannya smp 900rb??? waktu pemrosesannya berapa hari???

    makasih…

    1. Yang bener adalah potongannya sampai 8% dari total penarikan. kalau kamu total taruk sampai $1000 yah sampe 900rb :), waktu proses perdetik itu langsung sampai.. saat kamu ke bank or kantor pos. jadi penarikan WU paling cepat sedunia ketimbang yg lainnya.

      1. oo… thanks bang infonya..
        soalnya ada yg bilang klo potongannya tuh smp $90-an.. karena biaya antar negara….

  74. Wuahhhh..nice inpho Gan..
    Ane baru join kemaren di 99, lebih sering maen di Sribu.com sama ContestDesign (meskipun belon pernah menangin sekalipun) he3

  75. numpang tanya gan, kalau ambil uang lwat paypal, proses uang smpe ke tangan berapa hari?? makasih

  76. mau nanya nih abang-abang, sy kan masih baru di99d terus ada karya sy yg dieleminated tp difeedback juga, bagaimana ini bang? sy nggak ngerti
    klo feedback itu apa sih bang?

    1. kalo feedback itu timbal balik…beda lho sama rating,kalo rating itu biasanya disebut “poin”…kalo misalnya desain kamu di feedback terus kena eliminasi,berarti desain kamu kalah….setahu ane sih gitu gan hehe

  77. halo gan
    salam kenal
    saya juga sudah lama ikut berbagai kontes di 99designs dan Puji Tuhan kemaren saya menang untuk yang pertama kalinya.
    saya sudah kirim copyright + file dengan format yg diinginkan CH.
    tetapi sampai saat ini (sudah hari ke 2 setelah saya upload files) CH tidak merespon apapun (saldo belum masuk account) . Dan juga pada history download files masih 0 (file yang saya upload blm didownload sama CH). Apakah pihak CH blm menekan button Accept atau gimana ya? kok kayaknya si CH agak ga serius gt hehee, trus saldonya akan masuk account saya atau tidak?
    Mohon share pengalaman agan
    Maju terus desainer indonesia harumkan nama di kancah internasional
    salam 45

  78. halo gan
    salam kenal
    saya juga sudah lama ikut
    berbagai kontes di 99designs
    dan Puji Tuhan kemaren saya
    menang untuk yang pertama
    kalinya.
    saya sudah kirim copyright +
    file dengan format yg diinginkan
    CH.
    tetapi sampai saat ini (sudah
    hari ke 2 setelah saya upload
    files) CH tidak merespon
    apapun (saldo belum masuk
    account) . Dan juga pada
    history download files masih 0
    (file yang saya upload blm
    didownload sama CH). Apakah
    pihak CH blm menekan button
    Accept atau gimana ya? kok
    kayaknya si CH agak ga serius
    gt hehee, trus saldonya akan
    masuk account saya atau
    tidak?
    Mohon share pengalaman agan
    Maju terus desainer indonesia
    harumkan nama di kancah
    internasional

    1. @arinda .
      saya juga ngalamin waktu transfer file ampe 1 bln bln beres hanover .
      tapi akhirnya s CH nongol akhir bln .

  79. Permisi mas Bro,
    baru sekarang ini saya mampir ke web ini, wah ternyata banyak competisi yang menarik. Sebenarnya cukup lama saya belajar desain, malah sempat ngasih privat desain grafis segala, tapi belum pernah perhatian sama yang namanya contest of logos design. Dan, di web bagus http://www.ruangfreelance.com ini saya bisa lebih ngeh tentang kontes desain.
    Btw, mohon ijin ikut copas untuk bahan bacaan,
    Tambah sukses untuk Bro Richard Fang, The Author…

    Salam,
    Emmun; the-egd.blogspot.com

  80. wah ikut nimbrung dong gan …
    saya sudah cukup lama menjadi seorang designers dan memang pekerjaan saya sekarang freelance .
    bagaimana gan cara dapet client dari web ini ?
    \thanks

  81. Rejeki gak pernah ke tuker, buat portfolio tidak perlu harus nunggu dari klien
    dgn ikutan 99D or CS bisa menghasilkan portfolio keren, lebih2 kalau menang awardnya
    tp jg jgn di ratapi kalau tidak menang 🙂 towh sudah nambah banyak pengalaman dan portfolio 😀
    kalau mau jual aja hasilnya dgn harga retail, misal $1 per logo karena retail jd bisa duplikasi dan bisa dpt pendapatan baru dari passive income ini. coba deh 🙂

      1. bisa jual sendiri kok, gak perlu make jasa marketplace orang lain
        coba buat domain sendiri lalu masukan semua logo2 kamu disana. ada yg gratisan dan yg premium, pastinya bisa jadi uang walau $1. towh itunes store jual game hanya $1 kan.. coba bayangkan yg beli 1 juta orang? hasilnya $1jt bukan? so kapan lagi.. yah sekarang coba aja

      2. bisa jual sendiri kok, gak perlu make jasa marketplace orang lain
        coba buat domain sendiri lalu masukan semua logo2 kamu disana. ada yg gratisan dan yg premium, pastinya bisa jadi uang walau $1. towh itunes store jual game hanya $1 kan.. coba bayangkan yg beli 1 juta orang? hasilnya $1jt bukan? so kapan lagi.. yah sekarang coba aja

  82. nah itu mas yang sering saya alamin jg..gak memberi diskripsi entries pada contest tertentu..tp ada jg temen yg cmn setiap entriesnya dikasih comment dengan 1, 2, .3 dst eh gt tau2 menang dan menang lagi dan lagi..oke sih desingnya jg porto dan list winn udah banyak..saya cb deh tips ini hehe..

    1. gak selalu sih, beberapa client juga sering risih klo ada designer yg banyak omong.. udah ngomong panjang lebar di feedback “not my taste”, “its too much” dll.

  83. assalamualaikum

    permisi mau tanya, gimana caranya mengirim hasil desain kita di 99design? sudah nyoba mencari email orang yg buat contest tapi blum ktmu juga. Mohon bantuannya. Dan juga kalau baca komentar di bawah desainnya harus ada deskripsinya ya? trmksi

  84. Saya sudah 2 tahun ikutan 99d. Memang membutuhkah perjuangan yg panjang… alhamdulillah skr saya sudah punya klen tetap hasil dri kontes… yang penting jangan patah semangat…

  85. kenapa ya seringkali saya upload hasil disainan tapi sering juga ter-eliminasi…. mohon pencerahan…ma’lum masih pemula…

  86. gimana caranya tarik payout tapi gak punya paypal & WU currently out of service di 99design kak? tolong bantuannya..
    bingung nih,,newbie baru menang

  87. maaf agan2 mw numpang nanya, maklum masih baru bgt.,,,kalo mw Submit design kok gk bisa y??
    itu knp yah mohon pencerahan’a., thanks 🙂

    1. Pertama banget kudu konfirmasi email dulu. Kalo belom jadi Gold Designer gak bisa masukin desain ke gold contest. selagi kontest masih masa ” 1. QUALIFYING ROUND ente bisa ikutan kontes nya. trus klo kepilih ama si klien ente bisa ikut ke babak selanjutnya. (FINAL ROUND).

  88. kalau kontes kita di report terus kita dapat skors ,,biasa nya berapa lama gan skors nya ??? Mohon dibantu

  89. sedikit tips dari pengalaman saya di 99 designs,
    intinya di 99 designs itu tidak ada desain yang bagus dan jelek, semua tergantung selera dan keinginan CH

    1. Jangan buang-buang waktu/tenaga di 1 kontes
    jangan terlalu serius di 1 kontes, buat desain banyak2 hanya untuk 1 kontes, cukup baca briefnya sampe dimengerti, post 1 desain di satu kontes, misal untuk satu desain makan waktu 1 jam, jadi kalo 8 jam dalam sehari daripada buat 8 desain di 1 kontes lebih baik buat 1 desain untuk masuk di 8 kontes, itung2an matematikanya kamu jadi punya 8 kesempatan menang,

    2. Kesan pertama CH jadi penentu
    nah lanjutan dari tips pertama, kalau saya lanjutin kontes kalo CH ngasi minimal rating 3, kalo dikasih rating cuma 1 atau 2 saran saya lepas kontesnya / cuekin / tinggalin, move on ke kontes selanjutnya.

    3. Blind vs Reveal contes
    inget kalo kita lagi cari duit di 99 designs, jangan terlalu idealis, ambil apa yang bisa diambil, tiru apa yang bisa ditiru, tapi tetep di koridor aturan yang berlaku, jangan sampe ngelanggar, jadi untuk kasus ini saya lebih saranin di reveal kontes, liat rating tertinggi, ikutin gaya, warna, tema, dll. (rata2 CH gak peduli / menghargai sama originalitas ide, mereka milih apa yang menurut mereka bagus karena mereka udah ngeluarin uang dan pastinya pengen dapet yang terbaik)

    4. Finished soon contest
    kalo kita pengen cepet ngehasilin duit, dan tanpa proses yang buang2 waktu, pilih kontes yang minimal sehari lagi berakhir, keuntungannya CH udah dapet arah yang dia mau, dan kita bisa langsung intip dari rating tertinggi (contoh kasus: saya ikut di kontes yang masih fresh 3 hari, sialnya CH masih bingung sama apa yang dia mau, alhasil dalam sehari dia bisa ganti brief sampe 3x, sia2 desain yang saya buat sebelumnya!)

    5. Berstrategi
    cari cara supaya saingan kita berkurang, contoh: ada saingan yang copycat desain kita, dan kita yakin dia bakal kena ban kalo kita report, saran saya, jangan langsung di report! tunggu sampe batas round beres baru kita lapor, keuntungannya dia gak bisa berkutik, gak bisa modifikasi untuk post desain baru, cuma bisa pasrah atau withdraw desainnya yang bermasalah.

    sekian tips tambahan dari saya, semoga bermanfaat 🙂

  90. mas mau nanya nih kalau nanti menang bakalan diminta file masternya format apa ya?
    kalau format PSD bisa ga?

    1. tergantung desain apa dulu ? kalo desain logo , brosur , banner diusahakan vector (AI,CDR) , kalo desain kaos , ilustrasi bisa bitmap (PSD)

  91. saya ikut mencoba ikut di 99designs tp di tahu bgmn cara untuk bs entry design. hanya bs melihat design2 lain yg sdh masuk. mohon bantuannya

  92. baru aja signup ni,cari teman dong bro,ane pgen belajar,ada gk yg sudi membimbing newbie,,hehehe…

  93. gan maaf numpana nanya…?
    cara mendownload font untuk bisa di gunakan di AI CS5 gmana caranya…?
    thank’s

  94. kemaren saya ikut dalam contest tp ada pesan seperti ini di email saya apa ya maksudnya…maaf baru soalnya…
    “Sorry, but you did not make it through to the final round in the contest Create an orignal logo for an excutive car service company.”
    trus bagi pemula apa sih langkah yang harus di kerjakan….terima kasih….

  95. kawan2 sekalian, ada yg bisa bantu ga bwt handover winning contest di 99designs
    soalnya file2nya minta original Ai, Psd, indd, sedangkan gw sendiri masih pake adobe cc bajakan (kecuali photoshop)

    kl ada yg bisa bantu bisa
    whatsapp 08877011427

    trims yah kawan2, ASAP

  96. mau tanya nie gan,,aku baru coba 99designs,tapi saya bingung cara upload y gmn,mohon bantuan y.terima kasih

    1. iya gan nasib ane jg sama, baru di 99design blom bisa submit. ga tau gimana caranya? ada yg bilang harus pernah menang kontes dulu. trus gimana caranya menang kalo ga bisa ikut submit?

  97. Mas mau tanya.. kirimnya karya desain bagaimana caranya?
    tolong bimbingannya saya masih awam

    apa di kata “Submit Design”..?
    tapi ndak bisa mas…

    dan langkah-langkahnya bagaimana mas…

    saya tunggu jawabannya mas..
    Terima kasih

  98. menciptakan sebuah desain bkn sj menguasai software tetapi harus tau sasasran desain tsb,example : pemilihan karakter huruf terkait dg head line,.warna jg berperan penting sbg penanda dinamika misalnya spt itu..prinsip visual art,estetika menjadi dasar pemikiran..yach sekilas spt itu

  99. Makasih gan saran nya sangat bermanfaat bagi saya yang pemula hihii
    maklum gan baru kenal interner hehe
    sekali lagi makasih

  100. gan mau tanya, kok ane sudh gabung d 99design kok dua kali, pertama pake KTP ane kedua pake KTP adik ane tapi selang beberapa kali selalu dpt e-mail kay gini ya
    .
    Your account has been put on hold for the following reason:

    Hello, Thanks for your interest in 99designs. Unfortunately the current quality of your work does not fit our site standards. As a result, we have put your account on hold. We encourage you to improve your design skills. You can find design tutorials and inspirational work here: http://99designs.com/designer-blog/category/design-tips-and-resources/ After you have spent 3 months on your designs, please send a portfolio of 4 to 5 of your new designs in vector pdf file format to: designersupport@99designs.com with the subject line “Portfolio review: (Your 99designs username)”. When submitting your portfolio, please zip the files and include the link to each contest from which the designs were created in the body of your email. We will review your submissions and determine if your account will be reactivated. If you have any questions or concerns, please do not hesitate to ask.
    .
    ane translate katenye di tahan dulu sampe 3 bulan itu memang kay gt peraturanya ap emang kualitas design ane kurang mumpuni y,, padahal tmn2 ane tiap lihat hasil krj ane bilang kualitas tinggi .. sumpeh.. ane juga klaim sendiri karya ane cukup berkelas, (kalo kagak percaya ya monggo), kira2 apanya yang kurang gan?, mohon pencerahannya, ,atur nuwun

  101. pas gabung pertama pake KTP ane udah 6 kontes koleksi 23 bintang
    gabung kedua pake KTPadik ane udah 16 kontes 2 diantaranya 5 bintang paling sedikit 3 bintang rata2 4 bintang, dpt folback bagus juga, 1 calon clien yang minta ke kontak s*ype ane tapi belum sampai semalam, kejadian itu terjadi juga, akun ane di tahan,, kira kira standarisasinya kudu bijimane ya gan ? mohon pencerahannya

  102. bang minta saran donk!!
    akun saya gak bisa di bukak
    dan cara bikin logo yang bagus itu gimana??
    pakek corel atau photoshop?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close