Sepuluh Jenis Kerja Online dari Rumah, Pilih yang Mana?

Sejauh ini, perkembangan internet sukses menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru. Beberapa di antaranya ialah jenis kerja online dari rumah yang sifatnya sangat fleksibel. Dengan kata lain, siapa pun kini bisa bekerja sesuai keinginan dan keahlian. Nah, bila Anda salah satu yang tertarik menghasilkan uang dari rumah lewat internet, simak ulasan di bawah ini. Ada 10 jenis pekerjaan yang populer di Indonesia, seperti:

1. Freelance (Pekerja Lepas)

Freelance (Pekerja Lepas)

Freelance (Pekerja Lepas)

Pilihan pertama untuk menghasilkan uang dari internet ialah menjadi seorang freelancer. Profesi ini kini makin banyak diminati dan terbukti memberikan banyak keuntungan. Modal utama yang dibutuhkan adalah keterampilan atau keahlian khusus yang bisa dijual.

Bagi sebagian orang, freelance dipandang sebagai pekerjaan yang ideal di era modern ini. Sejumlah marketplace yang mempertemukan freelancer dan klien pun makin banyak dan beragam. Contohnya Freelancer, Sribulancer, Elance, Fiverr, dan lain-lain.

2. Writer

Writer

Writer

Bila Anda jago menulis, Anda bisa mencoba menjadi content writer, copywriter, hingga editor. Dunia tulis-menulis sangat dibutuhkan di dunia maya. Setiap web butuh konten berkualitas untuk meningkatkan traffic. Lowongannya juga banyak dan mudah ditemukan, baik lewat marketplace seperti Kontenesia, jejaring sosial, dan media online lainnya.

3. Fotografer

Fotografer

Fotografer

Bila hobi memotret dan memiliki kamera bagus, cobalah menawarkan jasa fotografer online. Pekerjaan ini layaknya hobi dan sifatnya sangat fleksibel. Anda bisa bekerja secara online atau offline tergantung pesanan klien. Sementara rumah, bisa dijadikan studio atau kantor pribadi. Anda pun bisa memamerkan hasil foto dan menjualnya secara online. Misalnya, menjualnya lewat PhotoBucket, iStock, dan sebagainya.

4. Affiliate

Affiliate

Affiliate

Simplenya, jenis kerja online dari rumah satu ini ialah melakukan penjualan produk milik orang lain. Anda membantu menjual produk-produk dari situs-situs populer dan dibayar ketika berhasil. Contohnya Amazon, Flipkart, eBay, dan lain-lain. Anda akan mendapatkan komisi beberapa persen dari produk yang berhasil terjual, karena promosi Anda.

 

Baca juga:

Resources : 21 Situs Pencari Kerja Online
Jenis-jenis Pekerjaan Online dan Situs Penyedia Lowongannya

 

5. Buka Toko Online

Buka Toko Online

Buka Toko Online

Bisnis satu ini adalah salah satu yang paling populer di Indonesia. Pemiliknya mayoritas ialah pelajar hingga ibu rumah tangga. Mereka membuat toko online lewat website, marketplace, atau sekadar jejaring sosial. Produk yang dijual pun bisa menggunakan sistem reseller atau dropship. Jenis pekerjaan online yang menjanjikan, baik untuk fulltime atau sekadar mengisi waktu luang.

6. Blogging

Blogging

Blogging

Blogging merupakan pekerjaan sederhana di internet yang bisa menghasilkan uang. Modalnya ialah memposting hal-hal menarik yang bisa menaikkan traffic pengunjung. Bila berhasil, Anda bisa menerima iklan dan mendapatkan bayaran.

7. Software Designer

Software Designer

Software Designer

Untuk yang jago IT dan hobi otak-atik perangkat lunak bisa mencoba jenis kerja online dari rumah satu ini. Profesi ini berkembang pesat dan bergaji tinggi. Para software designer menciptakan sesuatu dari program komputer untuk bisa diaplikasikan pada mobile atau peralatan gadget lainnya.

8. Web Designer

Web Designer

Web Designer

Tugasnya ialah menciptakan dan memelihara web. Mereka menangani coding dan back-end website, agar berjalan lancar tanpa kendala. Mereka yang bisa menekuni profesi ini umumnya harus memiliki latar belakang kuat, seperti sarjana atau punya banyak pengalaman.

9. Virtual Assistant

Virtual Assistant

Virtual Assistant

Pekerjaan ini belum terlalu booming di Indonesia, tapi sangat menjanjikan di masa mendatang. Tugas virtual assistant ialah di ranah administratif. Mereka yang memperkejakan vistual assistent, umumnya untuk menangani tugas rutin yang memakan banyak waktu.

10. Guru Online

Guru Online

Guru Online

Keberadaannya mulai banyak dibutuhkan dan diminati. Anda bisa memberikan kursus sesuai keahlian. Mulai dari kursus untuk sekolah hingga keterampilan tertentu. Mulai dari promosi hingga pelajaran diberikan secara online. Syaratnya, tentu Anda harus jadi ahli dalam satu bidang tertentu, sebelum mengajar.

Dari sepuluh jenis kerja online dari rumah di atas, mana yang Anda pilih? Pemilihan tersebut, sebaiknya disesuaikan dengan keahlian dan kesukaan. Alasannya, pekerjaan online lebih menuntut pada keahlian, keuletan, kesabaran, dan kerja keras.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *