Inilah Lima Inspirasi Tempat Kerja A la Freelancer

Tak bisa ditampik, semakin canggihnya teknologi mengakibatkan dunia freelancing kian populer sebagai sumber penghasilan. Pasalnya, freelancing sendiri memungkinkan Anda untuk melakukan efisiensi waktu dan tenaga, dengan kemudahan bekerja di mana saja dan kapan saja.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, tempat dan cara Anda bekerja pada praktiknya turut memengaruhi kualitas hasil. Karenanya, meski tak lagi memiliki kantor tetap, penting bagi seorang freelancer untuk menemukan ruang kerja nyaman yang mampu menjamin produktivitasnya. Nah, sebagai inspirasi, berikut adalah lima tempat kerja yang bisa Anda gunakan sebagai freelancer.

1. Yuk, Sewa Kantor!

Yuk, Sewa Kantor!

Yuk, Sewa Kantor!

Cara kerja setiap orang tentu berbeda-beda. Ada orang yang hanya bisa produktif bila bekerja di ruang terbuka dan sebaliknya: produktif bila bekerja di kantor. Bagi sebagian orang, suasana kantor sendiri dianggap mampu memotivasi produktivitas dan kedisiplinan bekerja, serta meminimalkan gangguan.

Bagi Anda, freelancer yang sudah memiliki pekerjaan tetap, menyewa sebuah kantor bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, harus dipahami, menyewa kantor bukanlah keputusan yang “murah”. Anda harus membayar sewa, tagihan (listrik, internet, dsb), bahkan membeli perlengkapan kantor (lemari, meja, kursi, printer, dsb). Karenanya, jika perlu, Anda bahkan bisa meminta teman freelancer untuk bersama-sama menyewa kantor. Selain meringankan beban, memiliki teman di sekitar Anda juga memberikan diri kesempatan untuk bersosialisasi.

2. Bekerja di Rumah

Bekerja di Rumah

Bekerja di Rumah

Bekerja di rumah merupakan pilihan yang sering kali diambil oleh para freelancer. Bukan hanya murah, menyelesaikan pekerjaan di rumah juga nyaman, bahkan bisa menghindari Anda dari kebosanan.

Ada banyak tempat di rumah yang bisa dijadikan “ruang kerja”. Tentu saja dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamar tidur misalnya, selain menjadi “ruang privat”, menyelesaikan tugas di sini juga cenderung mudah, sebab alat-alat yang Anda butuhkan seperti printer, alat tulis, dsb. Hal yang sama berlaku pada lokasi-lokasi lain di dalam rumah, seperti ruang makan, ruang tamu, atau taman belakang.

 

Baca juga:

 

3. Perpustakaan Umum

Perpustakaan Umum

Perpustakaan Umum

Sebagian besar dari Anda tentu sepakat, kondisi perpustakaan yang tenang bisa memicu produktivitas bekerja. Tak hanya itu, perpustakaan juga menyediakan referensi gratis, jika sewaktu-waktu Anda butuh sumber buku atau akses data. Sayangnya, ketika bekerja di dalam perpustakaan, penting bagi Anda untuk tetap memperhatikan beberapa aturan yang berlaku, seperti tidak membuat kegaduhan, tidak membawa makanan dan minuman, serta senantiasa menjaga kebersihan.

4. Kafe atau Kedai Kopi

Kafe atau Kedai Kopi

Kafe atau Kedai Kopi

Bekerja di kafe setidaknya dua kali selama sebulan dapat memberikan suasana yang berbeda, terutama jika Anda adalah pecinta kopi. Bukan hanya itu, besar kemungkinan Anda juga dapat bersosialisasi dengan orang lain, atau justru bertemu dengan freelancer lain. Adapun pertemuan dengan orang-orang yang berbeda; juga ruangan kafe yang (biasanya) didesain secara artistik bisa memberikan Anda inspirasi. Sayangnya, bekerja di kedai kopi bisa jadi membutuhkan biaya yang besar, belum lagi risiko matinya koneksi internet, hingga kondisi kafe yang bisa jadi (pada waktu-waktu tertentu) sangat ramai.

5. Coworking Space

Coworking Space

Coworking Space

Istilah coworking space digunakan untuk menyebut sebuah tempat yang dipakai oleh seseorang untuk bekerja bersama-sama orang lain. Nah, karena memang disediakan untuk bekerja, coworking space biasanya dilengkapi dengan berbagai keperluan kerja, mulai dari koneksi internet, listrik yang memadai, hingga ruang rapat. Nah, selain mendapatkan fasilitas tersebut, Anda bahkan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, sehingga dapat memperluas jaringan.

Itulah lima inspirasi tempat kerja untuk freelancer. Sudahkah Anda menemukan tempat yang sesuai?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *