Tips Meningkatkan Konsentrasi di Tempat Kerja

 

Konsentrasi merupakan kemampuan menggunakan pikiran secara proporsional untuk bisa fokus terhadap suatu sasaran. Kemampuan ini memengaruhi seseorang dalam menangkap informasi atau materi yang dibutuhkan. Di dunia kerja, seorang karyawan yang mampu berkonsentrasi dengan baik cenderung lebih cepat menguasai berbagai jenis pekerjaan/keahlian. Untuk itu penting kiranya untuk selalu bisa menjaga konsentrasi agar kualitas kerja bisa semakin terjaga.

 

Lalu bagaimana caranya agar otak bisa bekerja optimal dan fokus berkonsentrasi? Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan konsentrasi di tempat kerja:

1. Sarapan pagi

Sarapan pagi

Sarapan pagi

Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi baterai energi setelah 8-12 jam tanpa makanan. Glukosa yang diperoleh saat sarapan merupakan sumber energi utama bagi tubuh untuk bisa memompa daya ingat, fokus, kinerja mental, serta mood dalam beraktivitas.

2. Suasana kerja yang nyaman

Suasana kerja yang nyaman

Suasana kerja yang nyaman

Suasana yang nyaman bisa membuat Anda lebih rileks dalam bekerja. Penelitian menunjukkan bahwa dalam kondisi nyaman, gelombang otak bekerja sekitar 8-12 siklus/detik. Hal ini disebut sebagai kondisi “alpha”, ketika otak berada dalam keadaan fokus dan terjaga, dan itu adalah saat yang paling ideal untuk bekerja/belajar.

 

Adapun hal-hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan kenyamanan di tempat kerja adalah dengan menjaga kebersihan dan kerapian meja kerja, membuat agenda kerja yang sistematis, dan jangan lupa untuk mengenakan busana kerja yang pas dan nyaman di tubuh.

3. Fokus pada satu pekerjaan sebelum mengerjakan pekerjaan yang lain.

Fokus pada satu pekerjaan sebelum mengerjakan pekerjaan yang lain.

Fokus pada satu pekerjaan sebelum mengerjakan pekerjaan yang lain.

Sebagai seorang pekerja, Anda mungkin dituntut untuk multitasking. Namun bukan berarti Anda bisa mengerjakan semua hal pada waktu yang bersamaan. Berusahalah untuk mengorganisasi seluruh tugas yang ada secara berurut dan sistematis. Buatlah daftar prioritas pekerjaan dan berikan target waktu atas tugas-tugas tersebut. Fokuslah untuk mengerjakan satu pekerjaan hingga tuntas tanpa menginterupsinya dengan pekerjaan lain. Dengan begitu, Anda bisa lebih berkonsentrasi dan target pekerjaan bisa dicapai secara optimal.

4. Lakukan aktivitas yang bisa memperlancar aliran oksigen ke otak

Lakukan aktivitas yang bisa memperlancar aliran oksigen ke otak

Lakukan aktivitas yang bisa memperlancar aliran oksigen ke otak

Konsentrasi berkaitan dengan aliran oksigen ke otak. Untuk itu, cobalah beristirahat singkat secara berkala ketika aktivitas kerja sedang padat. Manfaatkanlah waktu tersebut untuk melakukan aktivitas yang bisa memperlancar aliran darah, seperti mengubah posisi duduk, melakukan streching atau peregangan ringan, atau berjalan-jalan sebentar di koridor kantor. Metode ini cukup efektif untuk menghilangkan kepenatan dan mengembalikan konsentrasi menjadi lebih baik.

5. Gunakan waktu istirahat siang dengan optimal

Gunakan waktu istirahat siang dengan optimal

Gunakan waktu istirahat siang dengan optimal

Gunakan waktu istirahat Anda seoptimal mungkin. Setelah makan siang dan melaksanakan ibadah, manfaatkanlah sisa waktu istirahat Anda untuk sekadar berbaring, merelaksasi tubuh, bermeditasi, atau bahkan tidur siang sebentar. Berdasarkan penelitian, tidur sebentar pada siang hari mampu meningkatkan kerja otak, meningkatkan fungsi indera dan kreativitas, serta mengembalikan mood menjadi lebih baik. Namun berhati-hatilah, jangan lupa untuk memasang alarm atau meminta bantuan teman untuk membangunkan Anda pada jam tertentu, agar Anda tidak kebablasan.

 

Baca juga:

 

6. Hindari hal-hal yang merusak konsentrasi

Hindari hal-hal yang merusak konsentrasi

Hindari hal-hal yang merusak konsentrasi

Banyak hal yang bisa menggangu konsentrasi di tempat kerja, di antaranya adalah ketidakseimbangan emosi. Berbagai studi mengungkapkan bahwa stres bisa merusak memori (impaired memory) dan menggangu konsentrasi (inability to concentrate). Adapun hal-hal emosional yang bisa memengaruhi konsentrasi saat bekerja adalah:

  • Datang terlambat ke kantor
  • Ada barang penting yang tertinggal (ponsel/dompet, dsb.)
  • Kehilangan data pekerjaan
  • Ada anggota keluarga yang sakit
  • Ada masalah pribadi di luar kantor, atau
  • Konflik dengan rekan sekerja.

 

Selain itu hal lain yang juga menggangu konsentrasi dan harus dihindari ketika bekerja adalah:

  • Dering telefon seluler
  • Sosial media
  • Musik yang terlalu kencang, dan
  • Mengobrol di waktu kerja.

 

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan untuk meningkatkan konsentrasi di tempat kerja. Semoga bermanfaat dan selamat bekerja.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *