Jenis-jenis Pekerjaan Online dan Situs Penyedia Lowongannya

Kerja online selalu berkaitan erat dengan situs-situs lowongan kerja online. Saat ini, situs lowongan kerja online banyak dicari karena pekerjaan online merupakan jenis pekerjaan yang menjadi pilihan alternatif mayoritas bagi para pekerja part-time. Beberapa situs pembuka lowongan kerja online terbukti mampu menjadi solusi yang cocok bagi para pekerja part-time, atau yang saat ini lebih sering disebut sebagai freelancer. Dengan situs-situs ini, para pekerja online dapat menghasilkan fee tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Syarat Umum Kerja Online

Syarat Umum Kerja Online

Syarat Umum Kerja Online / Ruang Freelance / www.writeawriting.com

Pada lowongan kerja online, terdapat beberapa kriteria khusus yang perlu dipenuhi oleh calon pekerja online. Anda diharuskan untuk senantiasa terhubung dengan situs penyedia jasa kerja tersebut. Kontuinitas kerja yang terbentuk dalam kedisiplinan untuk selalu mematuhi deadline yang ketat pun menjadi keharusan tersendiri yang perlu dipenuhi. Anda dituntut untuk menjadi pribadi yang profesional dan cakap dalam mengamati perubahan yang terjadi di dalam lingkungan kerja Anda, yang kesemuanya dilakukan dalam konteks dunia maya.

Menjadi pekerja online tentunya juga memiliki keistimewaan tersendiri bagi Anda yang menjalaninya. Anda akan dihadapkan dengan persoalan tata kelola hubungan antarmanusia yang unik tanpa harus bertemu muka dengan relasi kerja Anda. Anda dibebaskan untuk memilih jenis pekerjaan dan dapat menyelesaikan pekerjaan Anda di mana pun dan kapan pun, selama hal tersebut tidak melewati deadline yang telah disepakati. Beberapa situs penyedia jasa kerja online ini tentunya akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Jenis-Jenis Pekerjaan Online

Jenis-Jenis Pekerjaan Online

Jenis-Jenis Pekerjaan Online / Ruang Freelance / www.onlinelearninginsights.wordpress.com

Ada berbagai jenis pekerjaan online yang bisa Anda lakukan sesuai dengan keahlian Anda. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Web designer (desainer web)
  • Web developer (pengembang web)
  • Desainer grafis
  • Blogger profesional
  • Penerjemah buku
  • Penerjemah dokumen
  • Penulis artikel untuk konten web
  • Editor online
  • Copywriter
  • Transcriber/transcriptionist (penulis transkripsi)
  • Pekerjaan online ad clicking
  • Survei online
  • Data entry (pekerjaan memasukkan data)
  • Menjual foto secara online
  • Search engine evaluator (pengevaluasi mesin pencari)
  • Tutor online
  • Kontributor untuk media online
  • Penulis untuk majalah.

Pekerjaan-pekerjaan online seperti di atas bisa Anda temukan di sejumlah situs penyedia lowongan kerja online seperti yang akan dibahas di bawah ini.

Situs-Situs Penyedia Lowongan Kerja Online dan Jenis-Jenis Pekerjaan Onlinenya

Situs-Situs Penyedia Lowongan Kerja Online dan Jenis-Jenis Pekerjaan Onlinenya

Situs-Situs Penyedia Lowongan Kerja Online dan Jenis-Jenis Pekerjaan Onlinenya / Ruang Freelance / www.seenbest-web-design.com

Untuk mendapatkan pekerjaan online, beberapa situs penyedia jasa lowongan kerja online ini direkomendasikan secara khusus bagi Anda:

Fiverr (www.fiverr.com)
Merupakan situs penyedia lowongan kerja online gratis yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Fiverr menawarkan layanan kerja online yang memungkinkan Anda untuk membuat daftar pekerjaan berupa jasa simpel yang Anda tawarkan. Jasa tersebut dalam bentuk tawaran berupa GIG yang Anda promosikan secara pribadi. Konsumen nantinya akan membeli GIG Anda dengan harga $5, dan secara otomatis situs ini akan memberikan fee kepada Anda seharga $4 sebagai bayaran yang didapatkan dari pekerjaan yang telah Anda promosikan.

Sesuai namanya, Fiverr menyediakan basis penawaran jasa apapun yang dibayar dengan harga $5. Jasa yang dipromosikan biasa disebut sebagai GIG, yang merupakan jasa tawaran berupa pembuatan logo, pembuatan artikel, peningkatan trafik website menyangkut jasa like dan comment di media sosial dan sebagainya. Anda dapat menawarkan GIG Anda lewat promosi yang dilakukan melalui forum luar ataupun Google grup yang Anda miliki. Promosi yang Anda tawarkan harus disesuaikan dengan kesanggupan Anda untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Fiverr menggunakan layanan pembayaran melalui PayPal. Hal ini tentunya perlu Anda maklumi, mengingat Fiverr merupakan situs global yang memungkinkan Anda untuk bertemu dengan konsumen dari negara yang berbeda. Anda diharuskan untuk memahami script penjualan menggunakan PayPal sebelum menjalankan transaksi. Dengan memahami script penggunaan PayPal, Anda tidak akan repot-repot lagi untuk berkomunikasi dengan pembeli.

Elance (www.elance.com)
Elance merupakan salah satu situs kerja online yang sangat populer di taraf internasional. Berbeda dengan Fiverr, Elance adalah situs penyedia pekerjaan dan jasa kerja online berbayar. Anda dikenakan tarif untuk dapat bergabung dan menjadi anggota tetap di situs ini. Sistem pekerjaan yang ditawarkan mencakup hal luas yang dapat dilakukan oleh Anda selama masih terhubung dengan bantuan internet.

Dalam situs Elance, terdapat dua posisi, yaitu client yang memberikan lowongan dan membayar pekerjaan, dan contractor yang melakukan pekerjaan yang diberikan oleh client dan mendapatkan bayaran. Sistem kerja dalam situs ini mengharuskan contractor untuk dapat mengajukan proposal tentang kualifikasi diri dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Contractor diharuskan untuk mengambil tes yang meliputi cara mengolah data beberapa software, seperti Microsoft, Adobe, dan lainnya. Client nantinya akan memilih proposal yang dirasa merupakan proposal terbaik dari beberapa contractor untuk dapat melakukan pekerjaan yang dia inginkan.

Setiap pekerjaan yang ditawarkan dalam situs Elance memiliki bayaran yang berbeda. Sistem yang diterapkan client dalam situs ini biasanya meliputi batasan pencantuman harga pekerjaan dengan menggunakan kalimat ‘less than $500’. Pekerjaan yang ditawarkan dalam situs Elance terdiri dari penawaran harga tinggi, rata-rata, dan rendah. Penggunaan PayPal sebagai alat untuk melangsungkan transaksi, tentunya berlaku dalam situs ini.

 

Baca juga:

 

Microworkers (www.microworkers.com)
Bagi Anda yang ingin mendapatkan fee dari pekerjaan yang cuma-cuma, Microworkers adalah tempatnya. Situs kerja online gratis ini menyediakan layanan bagi yang membutuhkan jasa ataupun bayaran dari hal sekecil apapun yang bisa dilakukan dalam konteks dunia maya. Microworkers menghimpun lowongan pekerjaan dari seluruh dunia dengan fee dalam bentuk dolar. Hal ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang dan tetap ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Sama seperti situs-situs sebelumnya, Anda diharuskan untuk memiliki kecakapan dalam berbahasa inggris. Namun, Anda dapat memanfaatkan layanan mesin penerjemah gratis seperti Google Translate ataupun Bing selama berada di dalam situs ini. Sistem kerja yang diterapkan dalam Microworkers meliputi berbagai hal, seperti membuat bookmark website ke Yahoo Buzz, Digg dan lainnya, follow Twitter, blog dan media sosial lain, juga memasang tautan terkait sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan. Beberapa pekerjaan yang ditawarkan memiliki harga berkisar $0,1 sampai $2 dan akan dibayarkan setelah pekerjaan tersebut diselesaikan. Pembayaran dilakukan melalui PayPal ataupun cek. Hal ini mengharuskan Anda untuk mengisi nama dan alamat tinggal yang sebenarnya saat  bergabung ke situs ini untuk mendapatkan nomor PIN saat menerima pembayaran.

Mechanical Turk (mturk.com)
Merupakan situs kerja online yang berafiliasi dengan Amazon.com dan telah beroperasi sejak tahun 2005. Mirip seperti Microworkers, situs ini merupakan situs yang menyediakan tawaran jasa bagi para freelancer yang meliputi hal sekecil apapun yang dapat dilakukan di dunia maya. Hasil yang ditawarkan dari pekerjaan yang telah dilakukan dapat berupa bayaran senilai $0,04 ataupun sertifikat yang diberikan oleh Amazon. Anda dapat dengan mudah dan bebas melakukan registrasi, karena situs ini merupakan situs kerja online yang tidak berbayar.

Mechanical Turk atau yang biasa disebut dengan MTurk menyediakan jenis pekerjaan semacam kuisioner ringan yang hanya mengharuskan Anda untuk mengeklik option yang Anda terima. Pekerjaan yang Anda kerjakan tersebut terangkum dalam HIT (Human Intelligent Task) yang membebaskan Anda untuk memilih dan menyelesaikannya dalam waktu sepersekian menit. Setiap HIT yang ditawarkan memiliki harga yang berbeda tergantung dari persentase kesukaran pengerjaannya. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan PayPal atas HIT yang telah diselesaikan.

oDesk (www.upwork.com)
oDesk merupakan situs penyedia jasa kerja online yang sangat populer. Beberapa ebook mengenai cara mempelajari basis sistem kerja di oDesk bahkan telah diterbitkan untuk beberapa freelancer pemula yang ingin bekerja dalam situs ini. oDesk merupakan situs internasional yang tidak membatasi sistem pemberian fee dari klien untuk freelancer. oDesk berperan sebagai situs yang menjadi fasilitator untuk menjembatani pertemuan antara klien dan freelancer dari berbagai negara.

Situs ini memungkinkan Anda untuk memilih berbagai jenis pekerjaan, meliputi web development, software development, networking & information systems, design & multimedia, writing & translation, administrative support, customer service, sales & marketing, dan business service. Untuk mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan, Anda harus melakukan registrasi dan membuat cover letter, atau yang biasa disebut dengan surat lamaran pekerjaan. Klien nantinya akan menghubungi Anda untuk melakukan interview jika mereka merasa tertarik dengan cover letter yang Anda berikan.

Dalam oDesk, terdapat dua jenis pekerjaan yang dapat diambil, yakni fixed-price project dan hourly project. Fixed-price project memungkinkan klien untuk mampu memberikan pekerjaan borongan dengan fee yang telah ditentukan di awal tanpa melihat batas waktu. Sedangkan hourly project memungkinkan freelancer untuk mendapatkan fee atas pekerjaan yang dia lakukan dalam kurun waktu tertentu.

Situs ini pun memungkinkan freelancer untuk mendapatkan kesempatan menjalin kontrak jangka panjang dengan klien yang ditemukannya. Pembayaran yang dapat dilakukan yakni melalui PayPal, ACH, Payoneer dan Wire Transfer.

Freelancer.com (www.freelancer.com)
Jika Anda memiliki pertanyaan tentang situs kerja online dengan jaringan terbesar di dunia, maka Freelancer.com adalah jawabannya. Freelancer.com memuat berbagai macam pekerjaan yang diinput oleh para employer dari berbagai negara yang meliputi situs-situs pendahulu seperti GetAFreelance, Scriptlance, dan Vworker. Freelancer.com merupakan situs internasional yang juga merupakan induk dari bagian situs-situs Freelancer di beberapa negara. Freelancer.co.id sendiri merupakan situs regional untuk negara Indonesia.

Di dalam situs ini, employer dan freelancer akan dipertemukan sesuai dengan kualifikasi yang ditawarkan oleh kedua belah pihak. Employer dan freelancer dapat dengan bebas berkomunikasi dan mendiskusikan penawaran harga dan deadline di ruang percakapan berupa chat option yang disediakan. Pekerjaan yang dilakukan kurang lebih mirip dengan situs-situs sebelumnya dan memiliki bayaran yang disesuaikan dengan bobot pekerjaan itu sendiri. Sistem pekerjaan yang diselesaikan akan dibayar melalui PayPal ataupun Skrill.

Cloudcrowd (www.crowdsource.com)
Cloudcrowd merupakan sebuah situs kerja online yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan fee dari pekerjaan-pekerjaan simpel. Situs ini merupakan situs penyedia layanan kerja online gratis yang mampu memberikan Anda bayaran dengan kisaran harga $3 sampai beberapa dolar. Sistem yang dijalankan di situs Cloudcrowd pun memungkinkan freelancer untuk memiliki kredibilitas dari hasil tes yang dilaksanakan saat awal pendaftaran. Pekerjaan yang bisa diambil oleh freelancer merupakan pekerjaan yang disesuaikan dengan bobot kredibilitas untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kepuasan klien.

 

Projects (https://projects.co.id)
Situs ini merupakan situs dalam negeri yang dirilis pada bulan November 2014. Dalam menjalankan sistemnya, Projects menyediakan program Affiliate Refferal yang mengharuskan freelancer untuk mempromosikan Projects melalui URL, dan hal ini nantinya dapat menjadi penghasilan tambahan bagi freelancer. Selain menjadi jembatan bagi klien dan freelancer, Projects juga menjadi situs yang menyediakan platform layanan jual beli secara online. Keistimewaan yang dimilikinya inilah yang membuat Projects menjadi situs penyedia layanan kerja online baru yang telah memiliki banyak peminat.

Gobann (www.gobann.com)
Gobann merupakan situs penyedia layanan kerja online yang memiliki sistem pembayaran mirip dengan sistem kerja yang dimiliki oleh situs Fiverr. Tanpa melihat jenisnya, semua jenis layanan jasa yang dilakukan dalam situs ini harus dibayar dengan besaran Rp50.000,00. Situs ini merupakan situs asli Indonesia dan menyediakan berbagai penawaran jasa yang unik dan beragam. Metode pembayaran yang dilakukan yakni dapat menggunakan transfer antarbank nasional, PayPal, T-Cash maupun Kaspay.

Sistem pekerjaan yang diterapkan dalam situs Gobann berfokus pada dua, peran yakni Kangtao dan Demand. Kangtao merupakan jenis penawaran jasa yang dibuat oleh freelancer, dan Demand adalah jenis permintaan yang bersumber dari klien. Situs ini merupakan situs penyedia layanan kerja online gratis yang memungkinkan Anda untuk segera mendaftarkan diri dengan cara yang mudah.

Serba50ribu (www.seba50ribu.com)
Terbilang sebagai situs yang mirip dengan Gobann, Serba50ribu memungkinkan freelancer untuk memberikan jasa apapun dengan bayaran Rp50.000,00. Situs ini merupakan situs yang tidak memungut biaya pendaftaran dan merupakan situs asli Indonesia. Perbedaan mencolok yang terlihat yakni, situs Serba50ribu tidak menyediakan platform seperti Kangtao dan Demand, juga tidak memiliki tampilan situs semenarik Gobann. Pembayaran jasa pada situs ini dilakukan melalui media transfer bank dan PayPal.

SribuLancer (www.sribulancer.com)
Situs ini merupakan situs penyedia jasa online dengan cakupan tautan yang luas. Sribulancer merupakan situs yang dirilis pada September 2014 dan telah memiliki belasan ribu freelancer dan ratusan proyek yang telah diselesaikan dengan baik. Situs ini mirip dengan situs Freelancer.co.id, hanya saja situs ini terkenal lebih cocok digunakan oleh warga lokal dikarenakan basis kerja yang ditawarkan mayoritas merupakan pekerjaan online yang sesuai dengan rutinitas masyarakat Indonesia. Pembayaran yang dilakukan pun masih menggunakan media transfer bank lewat ATM bersama.

iWriter (www.iwriter.com)
Masih merupakan situs penyedia layanan kerja online internasional yang bergerak dalam bidang kepenulisan, iWriter menawarkan fasilitas yang menarik bagi para freelance writer dari seluruh dunia. iWriter mengharuskan freelancer untuk dapat di-approve terlebih dahulu sebelum bekerja. Keistimewaan yang dimiliki oleh situs ini adalah iWriter menyediakan platform yang dapat memudahkan freelancer untuk mempromosikan kemampuan menulisanya sesuai dengan kriteria yang dimiliki. Tulisan yang dibuat oleh freelancer nantinya akan dipromosikan kepada klien di dalam situs ini.

Kontenesia (www.kontenesia.com)
Berdiri semenjak tahun 2015 dan telah menghasilkan ribuan artikel, Kontenesia menuntut profesionalisme kepenulisan dari para freelancer yang dimilikinya. Kontenesia merupakan situs asli Indonesia yang diproyeksikan untuk menjadi marketplace bagi penulis Indonesia dengan tujuan dapat menyediakan ruang bagi para penulis lepas dan penerjemah dalam negeri. Kontenesia membuka lowongan untuk penulis Inggris dan Indonesia. Dalam situs ini, para penulis diharuskan untuk mengikuti tes terlebih dahulu untuk bisa menjadi bagian di dalamnya.

Demikianlah artikel jenis-jenis pekerjaan online yang bisa Anda lakukan berikut situs-situs penyedia lowongannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Saya sering mengajar privat cara bikin blog gratisan dan cara menulis artikel untuk memenuhi kebutuhan online. Saya pnya grup berbayar dengan jumlah member sampai 500 orang. Kalau mau ekspansi, kira-kira lebih cocok ditawarkan ke situs mana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *