6 Cara menghilangkan gangguan saat bekerja

cara menghilangkan gangguan bekerja - photo by Tyla'75

cara menghilangkan gangguan bekerja - photo by Tyla

Merasa 24 jam tidak cukup? Sama, kadang saya juga suka merasa seperti itu. Tapi karena kita tidak bisa memanipulasi jumlah jam dalam satu hari, kita harus bisa memanfaatkan waktu yang terbatas itu seoptimal mungkin, betul? Sekarang coba pikir baik-baik, saat Anda mengatakan Anda bekerja 8 jam sehari, apakah bener kita bekerja selama 8 jam? Coba kurangi 8 jam itu dengan waktu mengecek facebook, twitter, plurk, begitu juga dengan chatting dengan teman kita, membalas email mailing list teman-teman kuliah kalian atau apa yang saya suka sebut “riset” (baca: menjelajah internet secara tidak jelas). Bener 8 jam?

Ok, memang dalam jam kerja kalian banyak sekali gangguan yang akan kalian terima. Berikut adalah cara saya menghilangkan gangguan-gangguan tersebut agar bisa bekerja lebih efektif.

1. Matikan Instant Messenger

Chatting adalah suatu kegiatan kecil yang sangat menyita waktu, kadang kita tidak enak juga bila tidak membalas teman kita yang sedang menyapa. Bahkan ketika kita memasang status busy sekalipun, teman-teman kita suka tidak memperhatikan. Jadi bagaimana caranya agar kita bisa menghindari gangguan ini? Matikan saja Instant Messenger kalian! Setidaknya set status kalian menjadi INVISIBLE.

Bagaimana bila Anda harus bisa dihubungi selama bekerja? Ya selama kalian invisible pun kalian tetap bisa dihubungi toh? Beritahukan saja kepada orang-orang yang harus menghubungi Anda bahwa Anda sedang invisible agar mereka tetap bisa menghubungi kalian.

Hayo.. alasan apa lagi untuk tidak mematikan Instant Messenger kalian?

2. Cek email cukup 2x sehari

Saat saya ingin benar-benar meningkatkan produktifitas, saya mematikan aplikasi Mail saya dan juga menjauhkan Blackberry saya untuk menghindari email yang masuk. Bukan berarti saya tidak akan membalas email-email yang sudah masuk. Saya membuat komitmen pada diri sendiri untuk hanya mengecek e-mail 2x dalam 8 jam bekerja. Semisal saya bekerja dari jam 8 – 5, saya akan mengecek email pada jam 10 dan 3. Dengan begitu kalian tidak akan terganggu dengan email yang masuk secara berkala.

Jangan lupa beritahu kolega/klien kalian bila sedang melakukan hal ini agar mereka bisa memaklumi balasan email Anda yang sedikit terlambat.

3. Hindari mengecek social site network di jam kerja (facebook, twitter, plurk)

Siapa yang lagi ngecek facebook? Atau menulis hal yang tidak penting di plurk atau twitter? Saya yakin kalian punya waktu banyak untuk mengecek semua situs social network kalian di luar jam kerja. Ayo ayo tutup semuanya! 😀

4. Putuskan koneksi internet!

Lagi buka wikipedia untuk riset dan berakhir di youtube? Wah ada yang salah tu. Sudahlah, bila Anda tidak bisa menahan godaan untuk browsing secara liar, sebaiknya cabut saja internet kalian. Jangan banyak alasan bahwa butuh internet untuk riset bila yang kalian lakukan hanyalah menjelajah dunia maya tanpa arah. CABUT!

5. Berisik? pasang headphone!

Kadang suasana tempat kerja Anda cukup berisik, terutama bagi Anda yang bekerja di kafe atau tempat umum lainnya. Saya selalu menyiapkan earphone dan juga playlist standar saya untuk bekerja. Dengan begitu semua gangguan dalam bentuk suara bisa dihilangkan.

Untuk jenis musiknya sendiri cukup bervariasi pada setiap orang. Teman saya biasa mendengarkan lagu instrumental, dan musik klasik untuk meningkatkan konsentrasi. Ada juga yang biasa mendengarkan lagu-lagu pop yang mudah didengar. Saya sendiri biasa mendengarkan lagu keras dan ber-BPM tinggi saat mendesain (seperti Foo Fighters, Lar’c en ciel) dan lagu yang tenang (Jazz, Slow Rock) saat melakukan pemrograman.

Temukan musik yang cocok untuk Anda dan jauhi gangguan suara.

6. Istirahat saat jam istirahat

Kemungkinan besar alasan Anda ingin bermain-main saat bekerja adalah karena Anda merasa Anda kurang beristirahat atau kurang bermain-main. Maka puaskanlah keinginan Anda untuk istirahat saat waktu istirahat dan main-mainlah sepuasnya saat waktu bermain. Waktu yang saya maksud bukanlah jam istirahat makan siang, ya itu salah satu waktunya tapi buatlah waktu-waktu istirahat Anda yang singkat.

Saya biasanya tiap 2 jam saya dedikasikan waktu 10-15 menit untuk “istirahat”. Cek facebook, balas email teman dan plurking atau memejamkan mata sejenak untuk melepas stress dan kembali bekerja ketika waktu itu sudah habis. Jangan sampai kebablasan! Pasang alarm dan disiplinlah terhadap pengaturan waktu Anda.

Ok, ada lagi yang ingin kalian tambahkan? Saya tantang Anda semua untuk mencoba tips diatas dan tuliskan bagaimana hasilnya dengan berkomentar dibawah.

Share pengalaman Anda dan Update ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Wah, kalau aku ada satu lagi gangguan. Hewan peliharaan. Jauhkan mereka ketika sedang kerja. Kalau perlu masukan ke kandang, trus pasang headphone supaya rengekannya tidak terdengar.

    Kekejaman yang diperlukan.

  2. says

    Kalau pekerjaanya tidak berhubungan langsung dengan internet sangat mungkin untuk melakukan hal2 tersebut. Tapi kalau berhubungan dg net ini yang agak sulit, karena selalu saja ada godaan! *berharap tiba2 mati koneksi kalau lagi deadline* 😛

    Baiklah akan saya laksanakan tips2 ini!
    btw mampir ke artikel ini karena dapet link dari twitternya ICL :D, *ups* kesalahan pertama ngetwitt 😛 (doh)

  3. says

    Yang #1 sih bener banget tuh! harus tega sama teman2.

    Yang #4 sih sebenarnya benar-benar mantab, yang paling mantab dari seluruh tips diatas. Namun saya hanya “melaksanakannya” bila ISP memang sedang mati/bermasalah beneran 😀

  4. says

    Lah, kok idem yah kita?? hahaha. Saya masih toleran ama email, email client tetap on. Kalau urgent bisa segera di balas.

  5. says

    another great aticle mas, ini memang godaan paling gtede riset gadungan he3x….,
    #1 sering banget dilakukan, another reasons,…sometimes,ngindarin klien yang punya dateline telat :D.(dulu sering banget)
    #4 akhir2 ini sering banget, hasilnya okeh…
    tips tambahan,
    – take a good shirt, yah walaupun freelancer, gue always gunain baju yang aga rapih saat “jam kerja” even di rumah, some how itu sangat ngaruh, buat gue khususnya..

  6. says

    Wah kayanya aga2 oot, saran gue di comment, ha3x lupa kalo topicnya menghilangkan gangguan, yah gpp lah yang penting tujuannya sama meningkatkan produktifitas, he3x.. *ngeles

  7. says

    agh betul juga……
    terkadang hal-hal kecil sering ganggu egh kerjaan jadi terlantar lama 🙂

    intinya harus disiplin!!!!! yeah!!!

  8. says

    poin 1-3 intinya adalah poin #4 Matikan Internet! kerjapun jadi lebih cepet, tapi kalau kerja remote nggak boleh tuh, harus online terus 😀

    poin #5 kalau sering-sering awas jadi autis, mending cari tempat lain yang lebih comfort, kuping lama2 yah gerah kalau pakai headphone

    btw, ini juga ngapain baca2 blog dan nulis2 komen saat jam kerja :p *&#%#$%@! RISET!

  9. says

    @Jauhari : yoi… terus kerja freelance dari balik jeruji besi wkwkwk….

    hindari gangguan kerja? buat jadwal yang jelas, kalau perlu tulis di note, deskjob skrg apa aja… nah tempel di atas komputer hahaha…

  10. says

    Wuahahahaha, bener-bener tips mujarab ni kayaknya, koq ya ngerti juga klo ‘riset’ sering kebablasan ya, trims gan, mencoba melaksanakan ‘sesuai kebutuhan’.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *