10 Rahasia Sukses Berkarier sebagai Freelancer

Menjadi freelancer atau pekerja lepas tidak selamanya mudah dan santai seperti apa yang sering dibayangkan oleh banyak orang. Nyatanya, persaingan di dunia freelance pun tak kalah sengit dengan profesi kantoran. Agar seseorang dapat sukses berkarier sebagai freelancer, ia harus sanggup bersaing dengan berjuta-juta orang di luar sana yang memiliki bakat dan passion di bidang yang sama. Ada banyak rahasia sukses berkarier sebagai freelancer yang patut Anda catat sebelum mulai berpetualang di dunia freelance. Apa saja? Kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Yakinlah dengan Passion dan Kemampuan Anda

Yakinlah dengan Passion dan Kemampuan Anda

Yakinlah dengan Passion dan Kemampuan Anda / Ruang Freelance / Shutterstock

Setiap orang tentunya memiliki minat dan bakat yang unik dan berbeda. Namun, tidak semua orang menyadari akan bakat yang ia miliki. Banyak orang perlu melalui beberapa pengalaman dan jalan yang tak terduga sebelum akhirnya menyadari bakat yang ia miliki. Hal ini jugalah yang menjadi kunci kesuksesan Anda dalam berkarier, khususnya di bidang freelance. Dengan menyadari passion yang Anda miliki, pekerjaan yang Anda lakukan pun tidak akan terasa membebani.
Lantas, bagaimana caranya mengidentifikasi kemampuan dan passion yang Anda miliki?
Pikirkan kegiatan apa saja yang membuat Anda bersemangat dan tidak mengeluh ketika mengerjakannya.
Ingatlah akan hal-hal yang menarik minat Anda untuk belajar.
Catatlah pekerjaan apa saja yang membuat Anda paling bersemangat.

Berani Menerima dan Mengatasi Kekurangan Anda

Berani Menerima dan Mengatasi Kekurangan Anda

Berani Menerima dan Mengatasi Kekurangan Anda / Ruang Freelance / Shutterstock

Menjadi sukses tidak hanya ditentukan oleh banyaknya kemampuan atau kelebihan yang Anda miliki. Seseorang baru bisa dikatakan sukses jika ia mau menerima segala kekurangan dan kelebihannya dengan rendah hati serta tidak terpuruk akan kekurangan yang ia miliki. Bagaimanapun, menyembunyikan kekurangan bukanlah solusi terbaik untuk merengkuh puncak kesuksesan. Mengetahui titik lemah dan mencari cara untuk mengatasinya mungkin merupakan sebuah langkah bijak yang harus mulai Anda lakukan. Ada beberapa poin yang harus selalu Anda ingat agar untuk mengatasi kekurangan:
Renungkanlah hal-hal yang sering menjadi penghalang Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.
Kenali titik lemah Anda, dan lawan dengan segala kelebihan yang Anda miliki.
Jangan ulangi kesalahan yang pernah Anda buat.

Tingkatkan Kepercayaan Diri Anda

Tingkatkan Kepercayaan Diri Anda

Tingkatkan Kepercayaan Diri Anda / Ruang Freelance / Shutterstock

Salah satu kunci utama rahasia sukses berkarier sebagai freelancer adalah tingginya rasa percaya diri. Rasa percaya diri yang tinggi akan membuat Anda mampu melawan berbagai tantangan dalam usaha meraih kesuksesan. Beberapa tips berikut ini bisa Anda coba untuk meningkatkan rasa percaya diri:
Apresiasi segala pencapaian Anda.
Tantang diri Anda dengan kegiatan-kegiatan yang belum pernah Anda coba.
Cobalah untuk keluar dari zona nyaman Anda.

Kenali Permintaan Klien

Kenali Permintaan Klien

Kenali Permintaan Klien / Ruang Freelance / Shutterstock

Bagi freelancer, wajib hukumnya untuk selalu up-to-date terhadap perkembangan pasar dan permintaan dari para klien. Mengetahui topik-topik serta tren terhangat masa kini dapat membantu Anda untuk menemukan ide-ide baru yang bisa Anda aplikasikan pada pekerjaan. Hal-hal berikut akan membantu Anda menganali permintaan klien dengan lebih baik lagi:
Ketahui apa yang diinginkan klien dengan cara meminta saran tentang bagaimana seharusnya pekerjaan tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan permintaannya.
Penuhi segala kebutuhan klien dalam pekerjaan yang ia berikan kepada Anda.
Beri tahu klien hal-hal apa saja yang dapat menjadi tantangan Anda dalam menyelesaikan proyek.

Mintalah Saran, Kritik, dan Testimonial dari Klien

Mintalah Saran, Kritik, dan Testimonial dari Klien

Mintalah Saran, Kritik, dan Testimonial dari Klien / Ruang Freelance / Shutterstock

Jika ada satu hal yang dapat meningkatkan kinerja Anda sebagai seorang freelancer, hal itu adalah pujian dari klien akan kualitas pekerjaan yang Anda tunjukkan. Namun, jangan sampai pujian membuat Anda mabuk kepayang hingga lupa untuk terus meningkatkan kualitas yang Anda miliki.

Berikan Respon Positif terhadap Kritik

Berikan Respon Positif terhadap Kritik

Berikan Respon Positif terhadap Kritik / Ruang Freelance / Shutterstock

Kritik merupakan bagian dari masukan yang bisa memberikan Anda gambaran mengenai aspek apa saja yang harus Anda perbaiki untuk pekerjaan selanjutnya. Sikap diri dalam menerima segala kritik yang diberikan merupakan bagian dari penilaian para klien atau partner kita tentang siapa diri kita yang sebenarnya. Menanggapai kritikan dengan cara yang positif sama halnya seperti menerima dan mengatasi kelemahan yang Anda miliki.

Belajar dari Kesalahan

Belajar dari Kesalahan

Belajar dari Kesalahan / Ruang Freelance / Shutterstock

Kebanyakan orang merasa percaya dirinya langsung turun ketika dihadapkan pada kegagalan atau kesalahan dalam proses pengerjaan suatu proyek. Kesalahan bukanlah sebuah masalah, kecuali jika kesalahan tersebut sering terulang, sebab itu artinya Anda belum sepenuhnya mampu untuk belajar dari kesalahan terdahulu. Jika Anda ingin memperbaiki kualitas pekerjaan yang Anda miliki, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut:
Bersiap-siap untuk yang terburuk tapi selalu berikan yang terbaik.
Jangan pernah patah semangat ketika gagal.
Belajar dari kesalahan dan jangan pernah mengulanginya lagi.
Sekali lagi, kenali apa saja yang menjadi titik kelemahan Anda.

Kenali Hal Apa Saja yang Sedang Menjadi Tren

Kenali Hal Apa Saja yang Sedang Menjadi Tren

Kenali Hal Apa Saja yang Sedang Menjadi Tren / Ruang Freelance / Shutterstock

Tren selalu berubah dalam sekejap mata. Agar dapat bertahan di dunia freelance, sudah seharusnya Anda memerhatikan setiap perubahan yang tengah terjadi di masyarakat. Hal inilah yang membedakan Anda dengan para pekerja kantoran yang sering kali tidak diwajibkan untuk selalu up-to-date terhadap fenomena yang terjadi di masnyarakat.

Jangan Takut untuk Menerima Tantangan

Jangan Takut untuk Menerima Tantangan

Jangan Takut untuk Menerima Tantangan / Ruang Freelance / Shutterstock

Kesuksesan tidak dapat diraih dengan menghindari tantangan. Sebaliknya, menerima segala tantangan yang ada dalam pekerjaan merupakan salah satu jalan bagi kita untuk mendapatkan pengalaman dalam memperbaiki kualitas diri kita. Jika tantangan yang dulu saja bisa kita lewati, tantangan yang sedang kita hadapi juga pasti akan berhasil dilalui.

Jangan Abaikan Pesaing Anda

Jangan Abaikan Pesaing Anda

Jangan Abaikan Pesaing Anda / Ruang Freelance / Shutterstock

Arahkan selalu perhatian Anda pada setiap hal yang terjadi di sekeliling Anda, terutama pesaing-pesaing Anda. Agar dapat memenangkan pertandingan, Anda harus mengetahui segala potensi dan kelemahan yang dimiliki lawan. Jadikan pesaing Anda sebagai alat untuk belajar menjadi lebih baik lagi.
Nah, itulah 10 rahasia sukses berkarier sebagai freelancer yang bisa menjadi informasi bagi Anda mengenai hal apa saja yang harus Anda lakukan agar dapat sukses di dunia freelance. Tetap semangat dan yakinlah akan potensi yang Anda miliki!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    wah, saya punya passion tapi belum memperdalam skill. Dan sudah nekat terjun jadi freelancer 😀
    susah – susah gampang ya. Btw, nice info ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *