7 Strategi Cerdas Menjaring Klien bagi Penulis Freelance

Sebagai seorang penulis freelance, memiliki kemampuan menulis yang mumpuni saja belum cukup memberikan jaminan bahwa Anda akan selalu mendapatkan pekerjaan secara kontinyu dan berkelanjutan, terlebih jika hanya mengandalkan proyek dari satu atau dua klien saja. Berbeda halnya dengan bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki tim pemasaran yang siap berjibaku mencarikan proyek untuk Anda kerjakan, pekerja freelance harus berjuang sendiri membangun jaringan dan personal branding untuk memasarkan kemampuannya.

Mencari klien bukanlah hal yang mudah, namun jika kita mengetahui strategi yang tepat, maka tidak mustahil juga klien akan datang dengan sendirinya. Untuk itu, pelajarilah 7 strategi cerdas menjaring klien bagi penulis freelance berikut ini:

1. Buatlah Penawaran Resmi secara lebih Personal

Buatlah Penawaran Resmi secara lebih Personal

Buatlah Penawaran Resmi secara lebih Personal / Ruang Freelance / www.actionco.fr

Membuat penawaran kerja sama melalui surat atau email merupakan cara pemasaran klasik yang mulai banyak ditinggalkan karena dinilai kurang efektif. Pada kenyataannya, penawaran yang dilakukan tanpa pendekatan dan tujuan yang spesifik hanya akan membawa proposal Anda masuk ke tempat sampah atau kotak spam.

Namun yang demikian tidak akan terjadi jika sebelumnya Anda melakukan riset mendalam dan menyampaikannya langsung ke pemegang kebijakan yang membutuhkan jasa Anda. Cobalah masuk ke perusahaan-perusahaan kecil atau startup yang sedang berkembang. Lakukan secara elegan, lengkapi dengan penguasaan product knowledge dan tunjukkan bahwa Anda dibutuhkan untuk membantu mengembangkan usaha mereka.

2. Terkoneksilah dengan Freelancer lainnya

Terkoneksilah dengan Freelancer lainnya

Terkoneksilah dengan Freelancer lainnya / Ruang Freelance / www.freshbooks.com

Apakah Anda memiliki kenalan seorang project manager, web developer, atau graphic designer? Proyek-proyek yang mereka kerjakan biasanya memiliki keterkaitan yang cukup tinggi dengan kemampuan menulis, yang artinya peluang Anda untuk bisa bekerja sama dengan mereka terbuka luas. Bergabunglah juga dengan komunitas penulis freelance lainnya, tidak tertutup kemungkin salah satu dari mereka memiliki proyek berlebih dan menawarkannya kepada Anda.

3. Promosikan Jasa Layanan Anda secara Cuma-Cuma ke Beberapa Organisasi Sosial dan Nirlaba

Promosikan Jasa Layanan Anda secara Cuma-Cuma ke Beberapa Organisasi Sosial dan Nirlaba

Promosikan Jasa Layanan Anda secara Cuma-Cuma ke Beberapa Organisasi Sosial dan Nirlaba / Ruang Freelance / www.amfastech.com

Bekerja secara sukarela memang tidak akan mendatangkan penghasilan buat Anda, namun memperkenalkan layanan Anda ke beberapa komunitas bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk memperluas jaringan sambil mempromosikan kemampuan Anda dalam mengerjakan proyek-proyek berskala tertentu.

4. Jalinlah Hubungan yang Baik dengan Klien-Klien Anda Terdahulu

Jalinlah Hubungan yang Baik dengan Klien-Klien Anda Terdahulu

Jalinlah Hubungan yang Baik dengan Klien-Klien Anda Terdahulu / Ruang Freelance / www.cssinfotech.in

Walaupun tidak terikat kontrak dalam jangka waktu yang lama, bukan berarti pekerjaan Anda hanya bersifat transaksional, yang mana setelah pekerjaan selesai, hubungan Anda dengan rekan kerja terputus begitu saja. Berusahalah untuk selalu membina hubungan dengan klien-klien Anda terdahulu, terlebih jika mereka merasa puas dengan hasil pekerjaan Anda. Tidak tertutup kemungkinan, mereka akan menggunakan kembali jasa Anda dan bahkan merekomendasikannya ke rekan-rekan mereka yang lain.

5. Carilah Peluang Pemasaran melalui Media Sosial

Carilah Peluang Pemasaran melalui Media Sosial

Carilah Peluang Pemasaran melalui Media Sosial / Ruang Freelance / www.news.okezone.com

Di era media sosial yang begitu happening, Anda bisa memanfaatkan produk teknologi informasi tersebut sebagai alat pemasaran yang efektif. Masuklah, terkoneksi, dan promosikan secara cantik jasa layanan Anda ke berbagai jaringan pertemanan dunia maya, komunitas-komunitas khusus, atau bahkan situs-situs job freelance lainnya.

6. Suarakan Kemampuan dan Layanan Anda

Suarakan Kemampuan dan Layanan Anda

Suarakan Kemampuan dan Layanan Anda / Ruang Freelance / www.oneclickms.co.uk

Klien tidak akan datang dengan sendirinya jika mereka tidak mengetahui keberadaan, kemampuan, serta layanan apa saja yang Anda tawarkan. Pertajam kemampuan dan personal branding Anda, aktiflah berkecimpung di berbagai forum, seminar ataupun workshop-workshop yang banyak melibatkan calon-calon klien potensial yang mungkin membutuhkan jasa menulis Anda.

7. Berkecimpunglah dalam Dunia Pemasaran dan Periklanan

Berkecimpunglah dalam Dunia Pemasaran dan Periklanan

Berkecimpunglah dalam Dunia Pemasaran dan Periklanan / Ruang Freelance / www.therainbowpalette.com

Perusahaan-perusahaan periklanan dan pemasaran memiliki kebutuhan yang konstan akan konten atau material-material pendukung promosi. Banyak perusahaan yang memangkas pengeluaran operasionalnya dengan mengeliminasi staf pemasarannya dan menggantikannya dengan jasa layanan freelance. Untuk itu, berusahalah untuk bisa masuk ke dalam celah tersebut.

Untuk bisa terhubung dengan komunitas-komunitas advertising, Anda harus memiliki beberapa kenalan potensial, dengan begitu Anda mungkin berkesempatan untuk ikut mengelola salah satu konten atau produk usaha tertentu yang sedang mereka tangani.

Sekarang cepatlah bangun dari kursi Anda dan mulailah menjalankan strategi-strategi di atas, dan biarkan klien datang dengan sendirinya kepada Anda.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *