Inilah Empat Cara Penulis Freelance Mengembangkan Bisnis

Siapa bilang penulis freelance hanya sebuah pekerjaan sampingan—atau bahkan “pekerjaan sambilan” pengisi waktu luang?

Dengan keterampilan dan kreativitas, dunia freelance writing bahkan bisa jadi profesi yang menjanjikan, lho. Bukan omong kosong, ada banyak bukti kesuksesan individu atau bahkan agensi yang telah “mengandalkan hidup” pada dunia freelance writing. Memang, pada praktiknya, itu hanyalah sebagian kecil contoh. Banyak pula penulis freelance yang belum memiliki keterampilan bisnis dasar mumpuni, terutama soal “menangkap” klien dan membangun rencana bisnis. Artikel ini akan membahas bagaimana seorang penulis freelance bukan hanya mampu menulis, berbagi pengetahuan, dan menghasilkan uang dari situ, melainkan juga menjadikan profesi ini sebagai sebuah lahan bisnis yang kian berkembang.

1. Kursus Menulis

Kursus Menulis

Kursus Menulis / Ruang Freelance / www.philosophicaldisquisitions.blogspot.com

Kursus menulis? Mengapa tidak kursus menjahit, komputer, atau bahasa asing?
Berbeda halnya dengan kursus membuat kue atau menjahit, menulis memang belum dianggap sebagai keterampilan yang bermanfaat (dari segi finansial). Namun, jangan lupa, bahwa dengan menulis—sebuah peradaban bisa tercipta. Dengan kata lain, menulis juga hal penting. Nah, bagi Anda yang berminat untuk mendalami keterampilan ini, Anda bisa mengikuti beragam pelatihan yang kini banyak tersedia.

Belum sempat mengikuti pelatihan offline? Tenang, Anda pun bisa memulainya dengan kursus online. Kelebihannya, tentu saja terletak pada kepraktisan dan keleluasaan dari segi ruang, waktu, tenaga, bahkan budget (beberapa tempat memberikan kursus online secara cuma-cuma). Lembaganya pun beragam. Mulai dari lembaga lokal, maupun internasional.

Biasanya, kursus jenis online melibatkan jaringan internet, sebab mayoritas materi bacaan beserta tugas dikirimkan melalui email. Jangan khawatir proses belajar tak efektif. Pada beberapa lembaga, Anda bahkan difasilitasi satu pembimbing khusus yang nantinya akan fokus dengan tugas dan pembelajaran Anda.

Berikut adalah beberapa jenis kursus online yang bisa Anda coba:

  1. Ayo Menulis – Bisa diakses di www.ayomenulis.com
  2. Small Business Success Course – Bisa diakses di www.smartbiz.com/article/view/1014/3/29
  3. Improve Your Personal Networking Skills – Kursus online gratis dari HP Learning Center. Bisa diakses di www.hp.com
  4. Business Fundamentals – Bisa diakses di www.cnx.org/contents/d6db603c-cd31-4ca4-be19-d29734673b90@4.3.

2. Membuat Rencana Bisnis

Membuat Rencana Bisnis

Membuat Rencana Bisnis / Ruang Freelance / www.yourstory.com

Kesuksesan dunia freelance writing tak selalu bergantung pada kemampuan menulis, melainkan juga soal mengembangkan bisnis. Berikut adalah beberapa sumber yang bisa membantu Anda, untuk belajar dan menggali kemampuan dalam rangka menumbuhkan bisnis freelance writing.

  1. Business Plan Outline – Bisa diakses di www.articles.bplans.com/writing-a-business-plan/A-Standard-Business-Plan-Outline
  2. One Page Marketing Plan Template – Bisa diakses di http://bizammo.com/one-page-marketing-plan-guide/
  3. Sample Marketing Plans – Bisa diakses di http://www.mplans.com/sample-marketing-plans.php

3. Riset Pasar

Riset Pasar

Riset Pasar / Ruang Freelance / www.nwaresearch.co.uk

Kenali kondisi calon klien, tarif terbaru, jenis tulisan seperti apa yang populer, serta beragam hal lain dengan melakukan riset pasar. Untuk mempelajari cara riset pasar agar hasil yang didapatkan benar-benar tepat dan relevan, Anda bisa mengunjungi beberapa laman di bawah ini:

  1. Conduct a Marketing Analysis – Bisa diakses di http://www.kutztownsbdc.org/eLearningCourses/sba-analysis.asp
  2. SWOT Analysis Worksheet – Bisa diakses di http://allindiewriters.com/free-swot-analysis-worksheet-for-freelance-writers/
  3. Advertising and Marketing Psychology – Bisa diakses di http://womeninbusiness.about.com/c/ec/11.htm

4. Mengatur Keuangan

Mengatur Keuangan

Mengatur Keuangan / Ruang Freelance / www.pascoedc.com

Seorang penulis freelance yang sukses, tak hanya pandai mengatur strategi bisnis, melainkan juga keuangan. Tanggal pembayaran honor yang tak tentu, berikut periode waktu “panggilan jasa” menyebabkan Anda, seorang penulis freelance harus cerdas dalam mengatur keuangan (sebab Anda bisa saja tidak mendapatkan “order” dalam periode waktu tertentu). Berikut adalah beberapa laman yang bisa Anda gunakan untuk semakin andal mengatur keuangan.

  1. Accounting I – Bisa diakses di http://www.peoi.org/Courses/Coursesen/ac/fram1.html
  2. Sample Business Balance Sheet – Bisa diakses di http://smallbusiness.findlaw.com/starting-a-business/sample-business-balance-sheet.html
  3. Sample Profit and Loss Statement – Bisa diakses di http://smallbusiness.findlaw.com/starting-a-business/sample-profit-and-loss-statement.html

Itulah empat langkah bagi seorang penulis freelance dalam mengembangkan bisnis. Tak selalu mutlak, sebab Anda, tentu saja diperbolehkan untuk mencoba, bahkan menambahkan cara lain yang lebih relevan dan sesuai. Selamat mencoba!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    mantap mas atas beritanya, bagus dan saya setuju, iya
    peluang usaha macam ini yg diminati akhir-akhir ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *