Tools Pengembangan Website untuk Penulis Freelance

WordPress

WordPress / Ruang Freelance

Reputasi online adalah hal yang harus dijaga oleh seorang penulis freelance. Selain aktif memperbarui profil media sosial, mempunyai website pribadi adalah ide yang bagus untuk melakukannya. Jangan cemas dulu, untuk membuat website pribadi, tidak harus punya kemampuan khusus pemrograman. Sekarang sudah banyak layanan website gratis maupun berbayar yang menawarkan kemudahan membangun website pribadi dalam beberapa kali klik saja.

WordPress adalah salah satu pilihan tools pengembangan website yang patut dicoba di antara layanan lainnya.
Wordpress menyediakan layanan untuk upgrade dari blog gratisnya menjadi akun premium yang memungkinkan kamu untuk memilih nama domain yang kamu inginkan dengan membayar jumlah tertentu. Fasilitas yang ditawarkan WordPress pun sudah lengkap dan mudah digunakan.

Elegant Themes

Elegant Themes / Ruang Freelance

Selain menggunakan fitur bawaan WordPress, dalam mengelola dan menjalankan website ada banyak tools pendukung lain yang bisa digunakan. Seperti untuk mengganti tampilan website, ElegantThemes menyediakan banyak pilihan sesuai dengan preferensi dan tema websitemu. Meskipun WordPress sendiri sudah menyediakan beberapa tema gratis di WordPress Theme Repository, tidak ada salahnya berkunjung dan menemukan inspirasi tampilan. Sama seperti ElegantThemes, ThemeForest juga menyediakan berbagai tema dan tampilan dari berbagai desainer seluruh dunia.

Dalam memilih tema dan tampilan website, kamu tidak hanya mempertimbangkan masalah estetika saja. Poin penting yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih suatu tampilan adalah kemudahan menggunakan antarmuka dan navigasinya. Jika pengunjung merasa antarmuka websitemu terlalu rumit untuk digunakan, tentunya mereka tidak akan betah berlama-lama mengeksplorasinya. Tujuanmu untuk menyebarkan informasi mengenai jasa yang kamu tawarkan bisa tidak tercapai. Oleh karena itu, utamakan kemudahan dulu sebelum keindahan.

Meski terdengar remeh, masalah pemilihan warna juga tidak boleh sembarangan. Kamu tentu tidak ingin klienmu merasa kamu tidak profesional jika website yang kamu gunakan memakai warna-warna yang cenderung terlihat kekanak-kanakan. Kamu akan terlihat tidak serius dalam menawarkan jasamu, apalagi jika jasa menulis yang kamu tawarkan adalah artikel-artikel serius seperti artikel dunia kesehatan. Bijaklah memilih warna yang sesuai dengan kesan yang ingin kamu tampilkan.

Google Analytics

Google Analytics / Ruang Freelance

Tidak hanya masalah tampilan, dalam mengembangkan website pribadi, kamu juga harus memantau performanya. Google Analytics dan Google Search Console (dulunya Google Webmaster Tools) adalah alat yang bisa kamu gunakan. Kedua alat ini adalah layanan berbasis web milik Google.

Google Analytics memiliki fitur-fitur yang berkaitan dengan pengelolaan data pengunjung website. Melalui tool yang satu ini, kamu bisa menganalisis bagaimana perilaku pengunjung dan menggunakannya untuk memperbaiki performa websitemu. Google Analytics akan membantumu menganalisis konten apa yang paling banyak mendapatkan pengunjung, dan bahkan promosi seperti apa yang lebih diminati.

Dalam hal pengelolaan dan konfigurasi website, Google Search Console (GSC) adalah salah satu jagoannya. Fitur-fitur GSC akan memudahkan kamu dalam mengontrol data-data mengenai website milikmu. GSC menyediakan dasbor yang menampilkan ranking dari keyword yang kamu gunakan, pengaruhnya terhadap web traffic, error atau deadlink yang mungkin kamu punya, dan bahkan jumlah website lain yang menyertakan link menuju websitemu.

Google Search Console

Google Search Console / Ruang Freelance

Google Search Console juga menyediakan fitur tempat kamu dapat mengatur bagaimana interaksi antara website milikmu dengan mesin pencari, seperti membatasi sejauh mana mesin pencari bisa memeriksa data internal website. Jika website pribadimu memiliki data-data personal pengunjung yang login, tentunya kamu tidak ingin data ini tersebar. Layanan yang tidak berbayar ini juga menyediakan fitur untuk mengatur domain yang ingin kamu gunakan. Juga terdapat banyak report yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas website milikmu disini.

Hampir semua tools pengembangan website di atas menawarkan kemudahan dan akses gratis, jadi tunggu apa lagi?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *