Rahasia Sukses dari “Anak Singkong” Menjadi Miliarder Ternama Terungkap!

~Siapa Bilang Anak Singkong Tak Bisa Sukses?~

 

Siapa yang tidak ingin sukses? Semua orang memimpikannya. Namun, apa sih yang menyebabkan seseorang itu bisa sukses sementara yang lain tidak? Kita akan mengungkap rahasia di balik kisah orang sukses, “anak singkong” yang menjadi pengusaha ternama Indonesia.

1. Sosok Chairul Tanjung

 Sosok Chairul Tanjung

Sosok Chairul Tanjung

Siapa yang tidak mengenal Chairul Tanjung, pengusaha sukses Indonesia yang pernah menjadi Menko Perekonomian pada tahun 2014? Sebagai pemimpin di CT Corp, namanya masuk ke dalam daftar 1.000 orang terkaya di dunia, dan berada di urutan ke-937 versi majalah Forbes. Pada tahun 2014, kekayaannya telah mencapai US$4 milyar. Jumlah yang cukup fantastis!

2. Jatuh Bangunnya

Jatuh Bangunnya

Jatuh Bangunnya

Tak ada yang menyangka, si Anak Singkong, begitu dia dipanggil sewaktu kecil sebagai anak kampung, telah menjelma menjadi seorang miliarder. Sebagai seorang pebisnis, kesuksesannya tidak diperoleh secara instan. Dengan modal dari uang saku sendiri, perjuangan berat, serta sifat dia yang tahan banting, telah membuatnya sukses.

 

Dia memulai usaha fotokopi serta berjualan peralatan kedokteran saat masih kuliah di Universitas Indonesia. Usahanya mengalami jatuh bangun serta akhinya bangkrut total. Setelah lulus kuliah, dia lalu memulai kariernya dengan mendirikan perusahaan sepatu anak-anak bersama rekan-rekannya. Saat itu, dia beruntung karena mendapatkan order dari Italia sebanyak 150 ribu pasang sepatu.

 

Oleh perbedaan visi, dia memutuskan keluar dan mendirikan perusahaan sendiri, sekaligus mereposisikan diri di bidang keuangan, properti, serta multimedia. Inilah cikal bakal dirinya menduduki peringkat ke-11 orang terkaya di Indonesia. Trans TV, Trans7, dan Trans Studio merupakan beberapa nama terkenal di bawah bendera CT Corp, yang bergerak di bidang multimedia dan kepenyiaran miliknya.

 

Baca juga:

 

3. Rahasia Berbisnis Chairul Tanjung Terungkap

Rahasia Berbisnis Chairul Tanjung Terungkap

Rahasia Berbisnis Chairul Tanjung Terungkap

Inilah 10 rahasia kesuksesannya yang saya beri catatan khusus di setiap nomor, untuk mengungkap kisah orang sukses ini:

 

  1. Dalam membangun bisnis, yang terpenting ialah jaringan. Kenapa? Persaingan sebenarnya bukanlah persaingan antar perusahaan, namun persaingan antar jaringan. [Siapa yang memiliki jaringan yang paling unggul dialah pemenangnya].
  2. Dalam hal investasi, kita harus mampu berpartner dengan perusahaan multinasional dari luar negeri. Hal ini dibuktikan oleh Chairul Tanjung salah satunya dengan memiliki saham Carrefour milik Prancis sebesar 40%. [Ini menunjukkan adanya keberanian, pemikiran global, dan fleksibilitas tinggi].
  3. Dalam membangun bisnis, diperlukan kesabaran sebagai kunci utama untuk mengambil hati pasar. [Inilah bukti bahwa emotional intelligent lebih berperan daripada IQ].
  4. Kemauan dan kerja keras menjadi hal utama bila seseorang ingin sukses. [Satu lagi bukti dari pribadi yang kuat].
  5. Bekerja lebih: lebih keras, lebih lama, lebih efektif, dan lebih cerdas. Tanpa bekerja lebih, tidak akan ada hasil luar biasa dan tidak akan membuat kita berbeda dari yang lain (biasa-biasa saja). [Catat, ini benar-benar sebuah kunci sukses bagi Anda!]
  6. Bersahabat dengan kegagalan. Kegagalan telah menjadi makanan sehari-hari dan menjadi bagian dari hidupnya. “Kalau tak pernah gagal, orang takkan pernah mau mencoba lagi.” [Pemikiran dari seorang yang pantang menyerah, bukan?]
  7. Berprestasi baik dalam bisnis, akademis, dan organisasi. Saat kuliah, mulailah belajar berbisnis dan berorganisasi. Dari sini, Anda akan mendapatkan pelatihan dan pengalaman dalam kepemimpinan dan manajemen yang kelak berguna di dunia kerja. [Jadilah aktivis, karena aktivis itu keren.]
  8. Jangan alergi dengan persaingan. Persaingan di dunia bisnis adalah hal yang mutlak dan akan membuat bisnis jadi lebih maju dan berkembang. [Alergilah terhadap sesuatu yang buruk saja.]
  9. Uang bukan modal utama pengusaha. Yang menjadi modal utama, adalah kepercayaan dan kejujuran, yang wajib dimiliki pengusaha. Karena modal terpenting saat ini adalah nama baik, jadi jagalah kepercayaan klien dan nama baik Anda dengan sungguh-sungguh. [Goodwill di atas segalanya.]
  • Miliki motivasi yang kuat. Motivasi menjadi dorongan seseorang untuk sukses, misalnya membantu keluarga dan orang tua. Jadikan ini sebagai cambuk kesuksesan Anda. [Motivasi tak boleh cengeng dan berakar dalam pikiran]

 

 

Nah, bagaimana menurut Anda, setelah menguak kisah orang sukses yang satu ini? Dari 10 rahasia kesuksesan sang miliarder ini, intinya pelajaran yang bisa dipetik adalah jangan pernah menyerah pada keadaan. Teruslah mencoba, hingga kegagalanlah yang bosan menghampiri Anda. Semoga fenomena anak singkong ini bisa menginspirasi.

 

 

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. Haba Santai says

    wah, perjuangan yang sangat menginspirasi. ingin sukses juga seperti beliau, semoga terwujud

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *