6 Fakta tentang Bill Gates yang Belum Kalian Ketahui

Jika Anda pengguna setia Microsoft, sosok Bill Gates pasti tidaklah asing. Kisah Bill Gates memang menarik untuk disimak. Dia terkenal sebagai salah satu pengusaha yang merevolusi komputer rumah menjadi perangkat yang ramah bagi semua orang. Sistem operasi Windows dan produk lain seperti Microsoft Office memang sangat familiar. Namun, ada kisah lain tentang dirinya yang menarik disimak.

1. Peranti lunak pertama buatan Bill Gates adalah sebuah game

Peranti lunak pertama buatan Bill Gates adalah sebuah game

Peranti lunak pertama buatan Bill Gates adalah sebuah game

Tidak banyak yang tahu bahwa peranti lunak pertama yang Bill Gates ciptakan adalah game tic-tac-toe. Game ini dia buat saat masih berusia 13 tahun di sekolahnya, Lakeside Prep School. Bill Gates membuatnya di waktu senggang. Keahlian dia membuat namanya populer. Pihak sekolah pun memintanya membuat sebuah program untuk menjadwalkan mata pelajaran di tiap kelas.

2. Bill Gates tidak lagi aktif di Microsoft

Bill Gates tidak lagi aktif di Microsoft

Bill Gates tidak lagi aktif di Microsoft

Identik dengan Microsoft, Bill Gates sebenarnya sudah tidak lagi berada di posisi strategis di perusahaan buatannya. Dia mengundurkan diri dari kursi CEO pada tahun 2000. Sejak saat itu, Bill Gates lebih banyak aktif di kegiatan sosial. Bersama istrinya, Bill Gates mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation di tahun 2000. Yayasan ini dibangun untuk mendukung berbagai kegiatan amal dan penggalangan dana bagi riset-riset penting untuk kemanusiaan.

3. Kegiatan filantropi adalah kegiatan utama Bill Gates sekarang

Kegiatan filantropi adalah kegiatan utama Bill Gates sekarang

Kegiatan filantropi adalah kegiatan utama Bill Gates sekarang

Bill Gates memang rajin terlibat dalam kegiatan amal. Posisinya di Microsoft sebagai Penasihat Teknis membuatnya lebih leluasa untuk melakukan hal di luar perusahaan buatannya. Kekayaan yang dia bagikan pun bernilai fantastis. Berdasarkan data tahun 2007, Bill dan Melinda sendiri sudah menyumbangkan USD 28 Milyar ke berbagai kegiatan amal. Mereka juga telah berkomitmen untuk menyerahkan 95% kekayaannya untuk kegiatan amal.

 

Baca juga:

 

4. Yayasan milik Bill Gates merupakan yang terbesar di dunia

Yayasan milik Bill Gates merupakan yang terbesar di dunia

Yayasan milik Bill Gates merupakan yang terbesar di dunia

Bill & Melinda Gates Foundation adalah yayasan yang luar biasa. Pada tahun 2013, yayasan ini disebut sebagai yayasan amal terkaya di dunia, dengan aset lebih dari USD 34 Milyar. Yayasan ini juga terbuka. Donatur diperbolehkan untuk melihat bagaimana uang sumbangan mereka digunakan oleh yayasan ini. Yayasan ini memiliki empat program: Divisi Pengembang Global, Divisi Kesehatan Dunia, Divisi Amerika Serikat, dan Divisi Kebijakan dan Advokasi Dunia.

5. Bill Gates mengajak pengusaha-pengusaha besar lain untuk banyak beramal

Bill Gates mengajak pengusaha-pengusaha besar lain untuk banyak beramal

Bill Gates mengajak pengusaha-pengusaha besar lain untuk banyak beramal

Bill & Melinda Gates

Foundation merupakan bentukan Bill Gates untuk bisa membangun dunia yang lebih baik. Bill Gates memang punya mimpi besar, settiap pengusaha seharusnya terlibat lebih banyak di dalam kegiatan amal dan riset kemanusiaan. Keinginan ini pun mendapat sambutan. Pada tahun 2006, Warren Buffet salah satu taipan mega triliuner bergabung ke dalam yayasan ini. Warren Buffet menyuntikkan dana USD 30 milyar ke yayasan ini.

6. Bill Gates bersahabat baik dengan Steve Jobs

Bill Gates bersahabat baik dengan Steve Jobs

Bill Gates bersahabat baik dengan Steve Jobs

Bill Gates dan Steve Jobs memang sejatinya adalah rival bisnis. Di depan publik bahkan sering terlihat persaingan mereka. Di masa mudanya, Steve pernah menyebut Bill sebagai tidak punya imajinasi dan hobi mencuri ide orang lain. Namun, di luar itu mereka adalah sahabat. Bill dan Melinda sering mengunjungi Steve yang terbaring sakit menjelang kematiannya. Bill sempat menulis surat yang mengharukan kepada Steve. Isinya, “Kami tidak perlu berdamai. (karena) Kami tidak pernah berperang. Kami membuat produk hebat, dan kompetisi adalah hal yang positif. Tidak ada alasan untuk saling memaafkan.”

Di balik sosok Bill Gates yang lebih dikenal sebagai technopreneur, dia juga memiliki kisah lain. Dengan kontribusi luar biasanya untuk dunia, kisah Bill Gates memang patut diamati untuk ditiru sisi-sisi baiknya.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *