Inilah Ide Peluang Usaha di Bidang Digital yang akan Membuat Anda Kaya Raya

Teknologi digital memang tidak akan habis dibahas dalam satu artikel ini saja. Teknologi digital ini sangat luas cakupannya dan sangat bermanfaat dalam berbagai bidang kehidupan manusia, untuk membantu pekerjaan supaya menjadi lebih ringkas. Termasuk dalam bidang bisnis.

Teknologi digital erat kaitannya dengan internet dan pemanfaatannya yang luas. Bagi Anda yang memiliki jiwa enterpreneur, banyak celah bisnis yang menjanjikan dalam bidang digital. Sudah pasti, jika Anda jeli mencari ide peluang usaha dan bekerja cukup keras, Anda akan mendapatkan penghasilan yang banyak. Wow!

Bisnis di bidang ini diprediksi akan semakin tumbuh dan berkembang lebih besar lagi. Jadi jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Sudah ribuan orang yang meraih kesuksesan dalam bisnis digital. Mark Zuckerberg misalnya, yang sukses dengan raksasa media sosial Facebook miliknya. Facebook yang berawal dari ide sederhana namun kini jutaan orang di dunia menggunakannya untuk berbagai kepentingan. Sedangkan contoh dalam negeri yang sedang ramai saat ini adalah Go-Jek, misalnya. Aplikasi digital berbasis delivery service ini bahkan membuat sopir Go-Jeknya saja meraup untung 4-6 juta/bulan. Itu karena para pendirinya menuangkan ide peluang usaha menjadi karya yang luar biasa.

Jenis Bisnis Digital

Jenis Bisnis Digital

Jenis Bisnis Digital / Ruang Freelance / www.420intel.com

Nah, sebelumnya kita harus memahami jenis-jenis bisnis digital. Masih banyak pengusaha startup yang belum memahami perbedaan jenisnya. Secara umum, bisnis digital terbagi menjadi empat bagian. Bisnis digital murni, versi digital dari bisnis nondigital, fasilitator digital dari bisnis nondigital, dan hybrid. Mari kita bahas satu per satu.

Digital murni adalah bisnis yang menawarkan produk dengan komponen “bits and bytes”, seperti pembuatan software secara luas. Misalnya software pendidikan, software khusus bisnis, dan lain-lain.

  • Versi digital dari bisnis nondigital adalah bisnis yang menawarkan versi digital dari barang/jasa yang biasanya dijual dalam bentuk fisik, seperti menjual e-book, e-journal, dan e-comic.
  • Fasilitator digital dari bisnis nondigital adalah bisnis yang memfasilitasi bisnis barang dan jasa menggunakan teknologi digital, seperti online shop.
  • Hybrid merupakan kombinasi penggunaan berbagai jenis bisnis digital untuk memaksimalkan pendapatan.

Mengetahui dan memahami jenis-jenis bisnis digital ini sangat penting, karena setiap jenisnya memiliki cara pemasaran dan target pasar yang berbeda, sehingga diperlukan strategi yang sesuai. Bisnis digital juga memiliki basic service yang berbeda, seperti media sosial (social media), pencarian dan analisis (search and analytics), pengaturan konten web (web content management), digital content provider, distribusi dan pengiriman (distribution and delivery), aplikasi hiburan, dan lainnya.

Contoh Sukses Perusahaan dalam Bidang Digital

Contoh Sukses Perusahaan dalam Bidang Digital

Contoh Sukses Perusahaan dalam Bidang Digital / Ruang Freelance / www.sameerdhanrajani.wordpress.com

Sebelum menyimak berbagai ide menarik di bidang digital ini, inilah beberapa perusahaan yang sukses dan mendapatkan penghargaan Top 100 tingkat dunia dari situs EContent. Semoga saja ini bisa menjadi motivasi untuk Anda agar segera memulai bisnis di era digital yang sesuai dengan passion yang Anda miliki.

Perusahaan Access Innovations, yang kantor pertamanya adalah ruangan dapur di rumah mereka 35 tahun lalu, kini telah sukses luar biasa. Bergerak di bidang search and analytics, perusahaan ini terus berinovasi dalam setiap layanan dengan mengombinasikan database, intranet, sistem manajemen, dan kini telah memiliki Harmony Software Suite. Lebih dari ribuan hubungan bisnis telah sukses dilakukan dengan banyak perusahaan bergengsi.

Perangkat lunak data Harmony Suite menyediakan solusi manajemen pengetahuan untuk mengatur sumber daya informasi, berdasarkan pada tesaurus yang well-built dan diterapkan secara sistematis pada perusahaan. Perangkat lunak Data Harmony memungkinkan pembangunan kerangka logis dari sebuah topik, mencerminkan kosakata bisnis atau subjek daerah dan kemudian menerapkan istilah topik ini secara tepat dan konsisten. Software Data Harmony terintegrasi dengan berbagai sistem manajemen konten, file dalam XML dan 13 format file lainnya, menangani di hampir semua kelas bahasa dan set karakter, dan menggunakan konsep kategorisasi untuk penandaan (tagging) yang tepat dan pencarian cerdas.

Acquire Media adalah perusahan yang telah 13 tahun bergerak di bidang distribution and delivery. Dengan membangun kepercayaan bahwa setiap produk teknologi digitalnya seimbang, memiliki ketersediaan yang tinggi, volume yang banyak dan memiliki tingkat kegagalan yang rendah, perusahaan ini menyediakan server berita yang telah teruji. Perusahaan media terkemuka telah mengenali keunggulan Acquire Media dengan baik. Itulah sebabnya perangkat lunak pengiriman berita ini dikirimkan ke banyak penerbitan digital terkemuka, termasuk The Financial Times, McClatchy, Tribune, Advance, Fairfax, Inggris Bisnis Media, The Press Association (UK), Washington Post/Bloomberg News Service, dan lain-lain.

Ephox adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang kreasi konten web sejak tahun 1999. Perusahaan ini berawal dari posisi pekerjaan yang biasa-biasa saja, yaitu sebagai pengembang web muda dalam “Racing Carnival.” Pada saat itu mereka masih disibukkan dengan pekerjaan mengupdate lebih dari ratusan peristiwa dan berita setiap hari sepanjang musim dingin yang memperbaharui webnya secara manual. Dari sinilah berawal ide untuk memperbaharui web secara otomatis, namun tetap terstruktur dengan baik. Lalu, lahirlah EditLive! Yang lisensinya telah terjual ribuan kali dan menjadi visual editor yang terlaris di dunia. Ephox kini berada di garis depan dalam inovasi teknologi pengeditan web dan akan segera meluncurkan produk baru, yaitu Textbox.io.

Swets adalah pemimpin pada pasar global, dalam bidang pengelolaan konten informasi perdagangan secara profesional. Sebagai satu-satunya perusahaan yang bersertifikat ISO 9001:2008, jasa penerbit Swets selaras dengan kepuasan pelanggan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan, lebih memahami kinerja penjualan dari portofolio, dan mendukung proses back-end yang diperlukan untuk menjaga alur kerja yang konsisten. Swets menyediakan penerbit dengan tambahan jaringan ke pasaran yang lebih besar, membantu klien untuk mengidentifikasi kesenjangan dan peluang di wilayah baru dan yang sudah ada, memasok perusahaan klien dengan kekayaan wawasan, dan layanan data yang transparan. Dengan layanan ini, sudah ribuan pelanggan dari 160 negara yang menggunakan Swets. Kini Swets telah memiliki 27 kantor cabang yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Wow, Amazing! Itu baru 4 perusahaan dari 100 perusahaan dunia yang sukses berkecimpung dalam bidang digital. Tentunya kisah pemilik, Facebook, Google, dan perusahaan terkenal lainnya sudah terlalu sering kita dengar. Lihatlah, perusahan di atas besar dalam waktu yang tidak sebentar, jadi bersabarlah untuk menjalani proses menjadi besar sambil ditempa. Nah, untuk lebih detailnya, inilah daftar ide peluang usaha di bidang digital yang bisa Anda coba dan pastinya akan menambah pundi-pundi penghasilan. Dicatat, ya.

Peluang Usaha di Bidang Digital

Peluang Usaha di Bidang Digital

Peluang Usaha di Bidang Digital / Ruang Freelance / www.itone.lu

1. Web Development

Jasa pembuatan website ini harus bermodalkan keahlian di bidang IT, membeli domain, hosting, dan tentunya jaringan internet. Ini merupakan pekerjaan yang tidak akan pernah sepi pembeli. Mengingat efektivitas internet yang hampir digunakan di semua bidang, menjadi web designer adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan. Memang tersedia layanan pembuatan web gratis, tapi website berbayar memiliki lebih banyak keunggulan.

Selain dari tampilan yang lebih baik, web berbayar juga memiliki fitur yang lebih lengkap, sehingga promosi produk akan lebih menarik dan efektif. Keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa mencapai 80% dengan prospek yang sangat menjanjikan. Belum punya keahlian? Tenang saja, Anda bisa mempelajarinya secara otodidak. Banyak sumber yang bisa Anda jadikan sebagai guru. Oh ya, bahkan menjual nama domain unik pun merupakan peluang usaha di dunia digital ini.

2. Membuat Startup

Startup adalah istilah atau sebutan bagi pengusaha yang tengan merintis bisnis di bidang digital. Ada banyak jasa yang ditawarkan, seperti pembuatan website, software, aplikasi mobile, dan yang lainnya. Bisnis startup mengutamakan konten yang menarik dan kreatif agar diminati oleh masyarakat. Lalu, dari manakah pemasukannya? Dari iklan yang ditampilkan dan fitur-fitur berbayar yang ditawarkan saat membuka web atau aplikasi. Dalam memulai bisnis digital memang harus memiliki kemampuan di bidang IT, atau setidaknya ada tim yang kompeten di bidang IT, penjualan, dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan startup yang dijalankan. OLX (Toko Bagus), Blibli, dan BukaLapak adalah beberapa contoh startup yang terkenal di Indonesia.

3. Membuat blog yang menarik dan menghasilkan

Ini adalah hobi yang bisa menghasilkan uang. Hanya dari menulis mengenai hobi dan kisah hidup yang bermanfaat bagi orang lain, atau tulisan dengan tema tertentu, Anda bisa menambah penghasilan bulanan. Ada banyak cara supaya blog yang dibuat bisa menghasilkan, di antaranya komisi dari afiliasi dengan pihak atau produsen lain saat menjual produk. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan iklan di dalam blog Anda. Tapi untuk hal yang satu ini, tentu diperlukan traffic yang tinggi agar orang mau memasang iklan pada blog Anda.

Menulis review tentang produk lain yang akan dibayar oleh si empunya produk. Atau bisa juga Anda membuat blog khusus untuk produk yang Anda jual. Satu lagi, menggunakan sistem Pay Per Click (PPC) di mana Anda akan dibayar per klik. Blog yang baik adalah memiliki konten SEO dan menyajikan sesuatu yang menarik dan informatif.

4. Membuat dan menjual produk informasi digital

Apa itu? Misalnya e-book dengan materi yang bermanfaat, e-comic juga sebagai salah satu tampilan baru komik masa depan. Dengan strategi penjualan yang provokatif, dijamin akan terjual dengan baik. Sesuaikan kontennya dengan topik yang sedang hot dan bermanfaat sesuai dengan target pasar yang akan dituju. Cukup mudah, bukan? Ini beberapa rekomendasi tempat untuk menjual produk informasi, yaitu Clickbank, Jualio, Guides.co

5. Menyediakan jasa desain grafis

Jasa pembuatan desain grafis memiliki prospek yang sangat besar. Permintaannya tinggi disebabkan oleh promosi produk yang membutuhkan tampilan menarik dan ditunjang dengan tools computer yang semakin canggih. Untuk mendapatkan klien, Anda bisa mulai memasarkannya di beberapa marketplace, seperti Sribulancer, 99designs, dan Fiverr. Anda bisa mendapatkan pelanggan dari dalam dan luar negeri. Semakin sering Anda membuat portofolio, maka Anda akan semakin mahir dan hasilnya berkualitas. Silakan dicoba bagi Anda yang hobi menggambar atau mendesain sesuatu. Jadikan gambar Anda bukan sekadar gambar.

6. Menjual plugin dan template WordPress

Salah satu mesin blog yang ramai dipakai adalah WordPress. Hal ini dikarenakan maintenance dan modifikasinya yang tidak begitu sulit. Seiring meningkatnya penggunaan WordPress, maka permintaan terhadap template dan plugin juga meningkat. Ini merupakan ide peluang usaha yang bisa dimanfaatkan. Selain niat dan kerja keras, tentunya juga dibutuhkan keahlian untuk membuat web, seperti HTML/CSS/JS, PHP, dan lain-lain. Bagi Anda yang baru menekuni bidang ini, disarankan untuk melakukan tes di beberapa marketplace, seperti Mojo Themes, dan Themeforest, agar Anda bisa mendapatkan review dari pihak lain. Penghasilan yang didapatkan sesuai dengan tempat penjualan: ekslusif, nonekslusif, dan on site di web milik pribadi, jika jam terbang Anda telah banyak.

7. Menjadi penulis konten/artikel SEO (Search Engine Optimization)

Bagi Anda yang suka menulis, tidak ada salahnya mencoba berkarya di dunia digital. Dari beberapa lini ide peluang usaha yang telah dibahas sebelumnya, telah dihighlight bahwa konten menarik dengan SEO akan lebih menaikkan traffic dan semakin direkomendasikan oleh mesin pencari, seperti Google, di halaman pertama mereka. Anda bisa menjadi penulis konten dengan bergabung ke dalam perusahaan penulis konten. Atau Anda juga bisa menjadi penulis langganan bagi suatu web dan portal berita yang sudah mapan.

8. Membangun agensi pembuatan artikel dan konten

Nah, kalau Anda memiliki modal yang cukup dan tim penyuntingan agar naskah lebih baik lagi, Anda boleh mencoba bisnis yang satu ini. Anda hanya perlu memasang iklan untuk mencari dan menyeleksi orang yang berkompeten dalam penulisan konten SEO yang baik. Beberapa editor diperlukan agar menjaga kualitas tulisan dan memerlukan pemasaran yang baik supaya diketahui oleh banyak orang. Kini, banyak startup yang berbisnis di bidang penulisan konten, misalnya jasa penulis artikel Kontenesia.

9. Membuat Aplikasi mobile

Sudah pernah mendengar kisah inspiratif kuli panggul yang berhasil membuat aplikasi permainan dan mendapatkan penghasilan yang besarnya jauh berkali lipat dari hasil kuli panggulnya dulu? Dengan semakin seringnya orang menggunakan teknologi mobile, maka selama itu pula bisnis aplikasi mobile masih akan prospektif. Google telah memberikan dukungan untuk pemanfaatan fitur aplikasi Android, hanya tinggal belajar dengan sungguh-sungguh saja. Akan ada profit sharing dari pemasangan iklan yang didapatkan dari Google Admob. Contoh aplikasi yang berhasil adalah Go-Jek dan aplikasi game anak.

10. Membuat software

Software adalah perangkat lunak berisi bahasa pemrograman yang memiliki kesatuan dan memiliki nilai dan tujuan tertentu. Berdasarkan distribusinya, software terbagi menjadi dua jenis, yaitu software berbayar dan software gratis. Saat ini sudah terdapat berbagai jenis software, di antaranya adalah Adware, Beerware, Freeware, Shareware, Spyware, dan Open Source. Jika Anda bisa membuat software dan memiliki keahlian menyusun coding, silakan dicoba.

11. Menyediakan jasa internet marketing

Paket usaha yang satu ini tengah booming di masyarakat. Jasa internet marketing adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis digital. Meski Anda sudah memiliki akun website dan media sosial, belum tentu itu akan meningkatkan penjualan. Dan mengingat persaingan bisnis yang juga sangat ketat, maka internet marketing adalah cara promosi produk barang/jasa dengan mengoptimalkan media sosial dan akses internet lainnya.

12. Media Sosial

Semakin hari, media sosial semakin berkembang. Dulu hanya Friendster, sekarang ada Facebook, Instagram, Path, Line, dan masih banyak lagi. Anda bisa mempelajari bagaimana mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk berbisnis, internet marketing atau bahkan menciptakan media sosial sendiri khusus di sebuah daerah, seperti Weibo di Tiongkok misalnya.

13. Be a YouTuber

Suka mengupload video dan membaginya di YouTube? Anda bisa mencoba ide bisnis yang satu ini dengan lebih serius. Buatlah video yang viral. Semakin banyak yang melihat video Anda, maka semakin besar pendapatan yang Anda dapatkan. Selain itu, ada fitur subscriber. Uang yang kita dapatkan berasal dari iklan yang otomatis tayang dalam video dan iklan yang akan muncul jika penonton menekan tombol klik. Saat membuat video, Anda bisa menggunakan teknologi IT, supaya hasil video lebih jernih dan lebih indah. Beberapa video populer dan banyak dikunjungi adalah video tutorial, video kocak, dan rekaman karya pribadi.

Sebenarnya masih banyak lagi ide peluang usaha jika dibahas lebih rinci. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi Anda yang masih bingung mau berbisnis apa. Segera bulatkan niat dan tekad, survei target pasar yang sesuai dengan passion Anda, persiapkan yang berhubungan dengannya. Jika sudah menyiapkan semua hal tersebut, maka langkah selanjutnya adalah aksi nyata.

Sumber:
http://sahabatpr.com/peluang-usaha-aplikasi-android-gratis-dan-download-android-2015/
http://dessymarantika7.blogspot.co.id/2013/04/software-komputer-dan-aplikasi-bisnis.html
https://diyantoimam.wordpress.com/2012/08/31/memahami-jenis-jenis-digital-business/
http://panduanim.com/peluang-usaha/
http://www.econtentmag.com/Articles/Editorial/Feature/The-Top-100-Companies-in-the-Digital-Content-Industry-The-2013-2014-EContent-100-92637.htm

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    wah ternyata banyak ya peluang usaha yang bisa dijalani, dan kebanyakan terkait dengan dunia internet. terimakasih sharingnya yg sangat bermanfaat

  2. says

    Serasa ingin menguasai seluruh bidang yang ada. Dan yang jelas, di masa sekarang ini membuat aplikasi mobile sepertinya adalah yang paling menjajikan mengingat pengguna mobile yang semakin banyak.

  3. says

    Ternyata banyak sekali ya peluang ide dalam dunia digital ini 🙂
    Namun sayangnya masih sedikit masyarakat yang mengetahui akan hal ini, banyak dari mereka menganggap “pengangguran” bagi orang-orang yang bekerja dibidang ini 😀

  4. jasa desain rumah says

    Peluang di bidang internet cukup banyak, dan semakin berkembangnya teknologi mungkin akan semakin bnyak peluangnya, tidak kalah dg usaha konvensional. Tips yang sangat membantu gan, terima kasih sudah berbagi

  5. says

    Banyak sekali ide peluang usaha yang ada di tulisan ini, tinggal butuh action dan fokus menjadi satu ide yang cocok dengan kita.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *