Inilah Empat Perangkat Online yang Dibutuhkan Seorang Penulis Freelance

Meski terkesan sebagai “pekerjaan sampingan”, sesungguhnya ada banyak peluang yang menjadikan “status” penulis freelance sebagai profesi yang menjanjikan. Dalam praktiknya, kesuksesan seorang penulis freelance tak bisa terlepas dari seperangkat alat yang membantunya. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk terjun dan mengembangkan bisnis ini, berikut adalah empat perangkat online yang bisa ada gunakan, tentunya secara gratis.

1. Freelance Hourly Rate Calculator

Freelance Hourly Rate Calculator

Freelance Hourly Rate Calculator / Ruang Freelance / www.blog.creativelive.com

Perangkat online ini dirancang untuk membantu Anda memperhitungkan tarif minimum sebagai seorang penulis freelance. Ada dua cara dasar yang bisa dipakai, yakni cara sederhana seperti menentukan tarif minimum sesuai target, atau perhitungan tarif per jam—yang lebih kompleks—untuk memperhitungkan faktor-faktor lainnya, seperti investasi, menabung, atau biaya hidup. Jangan lupa, untuk senantiasa mengupgrade tarif Anda seiring dengan bertambahnya pengalaman, keterampilan, potensi calon klien, dan hal lainnya.

Cara penggunaannya terbilang mudah. Cukup masukkan target gaji tahunan pada kolom, dan alat ini akan langsung menghitung, berapa sesungguhnya tarif (dalam hitungan jam) yang Anda butuhkan untuk mencapai target tersebut. Dalam perjalanannya, jika Anda tertarik untuk mengetahui berapa tarif minimal untuk menutupi biaya lainnya, Anda cukup mengeklik tautan “Advanced Freelance Rate Calculator” di bagian atas formulir, lalu masukkan biaya dan informasi tagihan lainnya. Sebagai catatan, jangan masukkan tanda “koma”, sebab akan mengganggu proses perhitungan.

2. Keyword Density Analyzer

Keyword Density Analyzer

Keyword Density Analyzer / Ruang Freelance / www.pearltrees.com

Dirancang khusus untuk menentukan SEO, dan menerjemahkan “kata kunci” tanpa harus merusak struktur tulisan. Biasanya, alat ini umum digunakan oleh para blogger atau penulis freelance yang harus menciptakan konten web seefektif mungkin.

Inti dari konsep SEO sendiri adalah dengan penggunaan kata kunci. Nah, alat ini bisa sangat membantu Anda yang mungkin belum akrab dengan struktur SEO, dengan cara menunjukkan seberapa sering kata kunci atau rasa tertentu muncul dalam teks. Biasanya, sebagian besar klien cenderung akan meminta kata kunci tertentu yang harus dimunculkan beberapa kali dalam sebuah artikel.

Fitur lainnya, biasa digunakan bagi para penulis profesional yang khawatir bila penggunaan sistem kata kunci akan merusak struktur kata. Saat Anda mengeklik tombol “Show Text” di bagian bawah form, Anda bisa mendapatkan “preview” teks secara keseluruhan—dengan setiap frasa kata kunci yang diberi warna berbeda. “Preview” ini sendiri membantu memberikan Anda gambaran, di mana saja letak kata kunci tersebut. Pada akhirnya, hal ini akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan penempatan kata kunci dalam artikel, agar bisa terbaca dengan lebih baik.

3. One Page Project Plan Template

One Page Project Plan Template

One Page Project Plan Template / Ruang Freelance / www.slideshare.net

Rinci dan rancang ulang rencana proyek Anda dalam rentang waktu tertentu. Anda bisa melakukannya dengan bantuan formulir yang sudah tersedia, yang bisa langsung diunduh gratis di sini. (beri tautan: http://allindiewriters.com/downloads/projectplanner.pdf)

4. Monthly Marketing Calendar

Monthly Marketing Calendar

Monthly Marketing Calendar / Ruang Freelance / www.prospects.denichidesigns.com

Merupakan alat pemasaran sederhana yang bisa Anda gunakan untuk memetakan rencana pemasaran Anda selama satu bulan. Tersedia dalam dua format, yakni PDF dan Word (disediakan bagi Anda yang ingin langsung “mengisi” tanpa harus mencetaknya). Formulirnya bisa diunduh di sini.

PDF (http://allindiewriters.com/downloads/Marketing-Calendar.pdf)
Word (http://allindiewriters.com/free-monthly-marketing-calendar-for-freelance-writers/)

Itulah empat perangkat online yang bisa Anda gunakan untuk mendukung bisnis penulisan freelance Anda. Meski begitu, jangan lupakan pula beberapa faktor lain yang saling memengaruhi. Menentukan tarif dasar misalnya, yang sepenuhnya bergantung pada “gaya hidup” seperti apa yang ingin Anda pilih. Di sini, penting untuk tetap berpikir adil dan seimbang. Dengan perencanaan yang matang, bukan tak mungkin bisnis penulisan freelance Anda akan berjalan semakin sukses. Selamat mencoba!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    maaf, kenapa ya saya masih bingung, namun saya sudah mendaftar freelancer/woordpres/linkdlin/dan ada blog yang kesemuanya belum saya sempurnakan konsepnya kemana dan mau saya apakan. saya seadng mengganggur kebetulan.namun saya ingin serius ingin berusaha didunia frelancer dan semacamnya. tolong saya gan arahannya semoga mendapat kebaikan untuk semua ini terima kasih. salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *