Penulis Freelance, Yuk, Lengkapi Riset Anda di Sini!

Menulis bukan hanya perkara menyusun kata-kata. Lebih dari itu, menulis adalah sebuah proses berpikir; di mana dalam prosesnya, penulis harus berhadapan dengan pengetahuan-pengetahuan yang ia punya, lalu membaginya dengan cara yang mudah dipahami. Dengan kata lain, untuk menulis satu hal, seorang penulis harus memiliki pengetahuan. Dan hal itu, tidak bisa didapatkan secara instan dan mudah.

Sering kali, masalah utama penulis terletak pada ketiadaan sumber yang bisa dipercaya. Dalam banyak kasus, penulis juga tak mampu menemukan sumber ahli untuk wawancara. Nah, bagi Anda seorang penulis freelance, berikut adalah beberapa alat penelitian, sekaligus sumber tepercaya yang bisa Anda cari.

1. The Free Library

The Free Library

The Free Library / Ruang Freelance

Di sini, Anda bisa menemukan beragam teks lengkap karya sastra maupun tulisan jenis lain dari ratusan penulis terkenal dunia. Tak hanya itu, Anda juga bisa membaca biografi, mencari gambar, berikut kutipan dari penulis terkenal. Baru-baru ini, The Free Library bahkan juga dilengkapi koleksi besar majalah maupun koran—dengan cakupan bidang yagn lebih luas seperti komunikasi, hiburan, kesehatan, humaniora, hukum, pemerintahan, ilmu sosial, dan lain sebagainya.

Caranya sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke website (bisa diakses di tautan ini: http://www.thefreelibrary.com/), lalu masukkan kata kunci dalam kolom pencarian. Sebagai informasi, The Free Library juga memungkinkan Anda untuk membuat laman pribadi.

2. Google Scholar

Google Scholar

Google Scholar / Ruang Freelance

Diakses melalui tautan https://scholar.google.co.id/, Google Scholar memuat beragam jurnal ilmiah, tabel, laporan penelitian, serta segala hal yang umum dibutuhkan para akademisi, jurnalis, pelajar, dan peneliti.

3. HARO

HARO

HARO / Ruang Freelancer

Help a Reporter Out (HARO) menyediakan database yang diperlukan para jurnalis maupun penulis—dengan cara menjadi penghubung mereka, pada sumber-sumber ahli yang relevan. Diharapkan, hal ini akan membantu para jurnalis untuk menghabiskan lebih banyak waktu menulis, ketimbang mencari sumber. Kini, HARO sudah memuat lebih dari 475 sumber, dan diakses oleh lebih dari 35.000 wartawan. HARO sendiri berdiri atas inisiatif Cision—sebuah perusahaan media intelijen terkemuka di dunia, yang berkantor pusat di Chicago. Anda bisa mengakses HARO di tautan ini: http://www.helpareporter.com/

4. ProfNet

Profnet

Profnet / Ruang Freelancer

ProfNet merupakan layanan yang membantu menghubungkan penulis maupun jurnalis dengan sumber ahli. Di sini, Anda hanya perlu merinci spesifikasi pakar yang dibutuhkan—sembari menyertakan batas waktu pencarian. Permintaan ini lantas didistribusikan ke pelanggan ProfNet, melalui jaringan email. Nah, jika ada salah satu pelanggan merupakan pakar yang dicari—atau setidaknya bisa membantu penulis/jurnalis, maka ia akan langsung membalas permintaan itu, dan menjawab informasi/pertanyaan yang dibutuhkan untuk penulisan sebuah artikel.

Adapun layanan dalam ProfNet dibagi menjadi dua, yakni “ProfNet for Experts” dan “ProfNet for Journalist”. Selain membantu menyediakan sumber kredibel dan relevan bagi jurnalis maupun penulis, ProfNet for Experts bisa membantu para ahli, atau setidaknya orang yang memiliki kemampuan di satu bidang tertentu untuk secara tak langsung mendapatkan publikasi melalui media.

Sistem kerja ProfNet for Experts sendiri terbagi dalam empat langkah mudah:

  • Berlangganan
  • Mengatur preferensi, spesifikasi, minat, dan keahlian
  • Membuat profil
  • Menunggu permintaan dari media yang relevan, sesuai dengan preferensi.
  • Sementara itu, ProfNet for Journalist, terdiri dari dua langkah, yakni:
  • Mendaftarkan diri (Bisa diakses melalui tombol “Sign Up”)
  • Menuliskan permintaan, atau mencari langsung lewat database pakar yang tersedia.

*ProfNet bisa diakses di laman ini: http://www.prnewswire.com/profnet/

Itulah pemaparan tentang empat perangkat online yang bisa membantu proses riset Anda menjadi lebih mudah. Dengan proses yang sederhana, mudah, dan tentunya gratis, segera jadikan konten Anda lebih berkualitas dengan mengunjungi laman-laman yang tersedia!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *