Menyelamatkan Deadline Project

deadline NOW!

deadline NOW!

Semua pekerjaan pasti memiliki sebuah deadline dan client ingin deadline tersebut tercapai. Banyak faktor yang terkadang membuat deadline tidak terpenuhi dari masalah sistem yang baru dikenal dan butuh pengenalan lebih, client yang rewel dan selalu berubah, banyaknya pekerjaan yang masuk dan tidak bisa terhandle, team yang masih baru dan banyak faktor lain yang mendukung telat deadline.

Deadline yang tak terpenuhi membuat kita harus bergadang dan membuat tekanan yang cukup memicu stress. Tapi sebenarnya bukan masalah stress yang terpenting tapi bagaimana cara supaya pekerjaan tetap bisa kita handle dan klien tetap memberikan kepercayaan kepada kita agar projectnya kita selesaikan.

Mungkin beberapa hal berikut bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman freelance untuk dapat tetap survive di saat deadline.

Bercerita

Selama berkutat sebagai freelancer saya banyak menghadapi berbagai macam tipe client dan juga beberapa freelancer. Dan kebanyakan freelancer enggan untuk menceritakan masalah yang dihadapi, sedangkan client menunggu apa yang terjadi dengan project yang sedang berjalan. Selama ini client akan lebih senang bila kita terbuka dengan masalah project, ini baik dari sisi implementasi ataupun dari faktor lain. Jadi ceritakan masalah yang ada dan mintalah pendapat client.

Progress Report

Sekarang posisi project sedang dimana, itulah yang client ingin ketahui. Jadi tetap laporkan progress yang terjadi. Dengan pemberitahuan tentang apa saja yang kita selesaikan client dapat memutuskan apakah project ini masih layak kita tangani atau di hentikan sampai di sini saja. Bila kita sama sekali miskin progress report jangan berharap client memberikan kesempatan lain.

Buat alasan yang masuk akal

Kembali alasan menjadi sangat penting, buat sebuah alasan yang memang benar-benar masuk akal, dan jangan berikan alasan yang sama untuk satu client. Client biasanya akan menerima 1-3 kali alasan, tapi kalau sudah lebih dari itu mungkin kita kurang beruntung.

Selesaikan bagian terpenting

Setiap project (website development) pasti memiliki sebuah core penting, jadi dahulukan bagian tersebut agar client yakin kita mampu menyelesaikan project tersebut,  dan bila kita terhimpit oleh waktu tawarkan ke client untuk membagi kerjaan kedalam phase-phase tertentu.

Buat timeline terbaru dan pastikan terpenuhi

Pastikan kita membuat sebuah timeline project terbaru dan yakinkan client kita mampu untuk menyelesaikannya.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Persis banget, sama masalah yang lagi gw alamin sekarang… Hati-hati kalau terima client yang bukan kita yang pegang hosting nya… Tau-tau secara sepihak dia reset hosting password, dan tiba-tiba susah di hubungi…

  2. says

    Btw sebagai tambahan, kalau mau bekerja sebagai freelancer harus bisa mengendalikan emosi, pekerjaannya memang bikin stress, tapi jangan sampe stress kita luapin ke client, salah satu kasus saya yang pernah kejadian haha… Mudah2an bisa jadi bahan renungan buat teman-teman lainnya….

  3. dian ara says

    nggak tau nyambung atau nggak dengan topik artikel, tapi disambung-sambungin aja yak.
    please. help. SOS. gw mulai disoriented neh. jam biologis mulai kacau. karena jam kerja yang juga gila-gilaan kacaunya.

    kalo gw baca-baca dari job desc yang ada di freelance marketplace, deadline developer situs ato desainer grafis dalam hitungan hari/minggu kan yah. nah selama ini gw nulis, lebih banyak job yang deadline-nya dalam hitungan jam.

    50 artikel dalam 30 jam, mulai jam 3 pagi. atau 32 artikel dalam 24 jam, mulai jam 11 malem. awalnya seru banget, adrenaline rush-nya terasa. begitu kelar, emang kecapekan (dan langsung pules) seh, tapi puas!

    cuma belakangan ini, baru terasa dampaknya ke badan. ya itu tadi, disoriented.

    gw dah coba outsourcing. cari mahasiswa sastra inggris, jadinya kacau. tulisan jelek, grammar error mulu. yang ada gw ngabisin waktu lebih banyak buat edit tulisannya.

    any other idea, bang?

  4. dian ara says

    @ yofie: *jlebbb* gw sering tuh, bang… kalo setres, gw luapin ke bang agus -.- tragis lah pokoknya hidup dia sejak kenal gw -.-

  5. says

    @dian ara: sebenernya pinter2 aja nyari client, dan untuk nyari orang yang bisa bantuin itu nggak mudah sih, yang pastinya terus mencari aja pasti ntar ketemu kok.

    @yopie: iya itu emang nasib gw sebagai bos yang baik wakakakakakakaka… dah pernah jadi freelancer dan menikmatin itu 😀 yopie di tunggu tulisan buat ruangfreelance yah 😀 biar makin exist :p

  6. says

    mas, berguna banget ni..
    saya seorang web developer juga seperti anda..
    bisa IM Chat nggak mas buat share pengalaman..
    saya baru di dunia freelance, tawaran proyek sering ditolak.
    padahal sama tim aku diandalin banget buat cari proyek nya..
    mohon bantuan nya mas…

  7. says

    @rizky : coba add saya di facebook aja mungkin kita bisa ngobrol-ngobrol lewat facebook tapi kalo mau lewat ym bisa add di agoes82

    thx

  8. says

    Lam kenal saudara2 sekalian,
    Saya programmer delphi + php dan biasa men-develop hardware yang teritegrasi dengan aplikasi, saya ingin memperkenalkan tim saya berikut aplikasi-aplikasi kami,
    Bagi rekan-rekan yang membutuhkan bantuan untuk men-develop harware, silahkan hubungi saya.
    terima-kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *