Klien Anda Tidak Puas?

Kreativitas seorang freelancer dalam mengerjakan suatu proyek dapat menentukan hasil yang memuaskan atau tidak bagi klien. Keterangan yang berisi informasi mengenai klien dan daftar kebutuhan klien menjadi hal yang mendasari kreativitas tersebut. Hal ini membantu freelancer dalam menghilangkan ambiguitas mengenai proyek yang akan dijalankan. Agar klien Anda puas, dibutuhkan informasi yang lebih mendetail. Berikut ini beberapa saran untuk memperoleh informasi tersebut.

sumber gambar dari sini

Informasi tentang Perusahaan Klien

Hal yang paling mendasar yang perlu Anda ketahui adalah seluk beluk perusahaan klien. Anda perlu mengajukan pertanyaan kepada klien seperti produk/jasa perusahaan, visi dan misi, latar belakang sejarah, prestasi dan social movement, dll. Termasuk mengenai iklan dan desain yang pernah klien gunakan sebelumnya agar Anda dapat mengetahui apa yang mereka harapkan lebih dari Anda. Hal ini berguna untuk klien baru. Jika memang klien lama, informasi ini tidak diperlukan.

Info tentang Proyek

Hal kedua yang perlu disertakan dalam memperoleh informasi adalah proyek. Proyek-proyek ini dapat berkisar dari peluncuran produk/jasa atau re-launching, iklan umum, kampanye membangun citra atau hanya sebuah proyek Corporate Social Responsibility. Tidak peduli apa jenis kampanye itu, semakin Anda tahu tentang hal itu, semakin baik hasilnya. Agar Anda mendapatkan informasi yang lebih mendalam, beberapa sub point yang Anda harus memasukkan dalam perolehan informasi tersebut:

1. Target Pasar Proyek

Tanpa target pasar, tidak ada gunanya sebuah proyek. Jika Anda tidak tahu apa targetnya, informasi yang hendak disampaikan klien melalui proyek tersebut tidak akan ada tujuan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui target pasar karena komunikasi antara Anda dan klien juga klien Anda dengan target pasarnya akan lebih terfokus.

2. Media Penyampaian

Mengetahui mengenai media penyampaian yang akan digunakan klien dapat menghemat banyak waktu dan sumber daya. Tanyakan klien Anda apakah proyek yang dikerjakan akan dipublikasikan melalui website, pamflet, brosur, spanduk, toko, dll. Ini akan membantu Anda fokus pada media yang diperlukan saja. Jangan lupa juga menanyakan ukuran dimensi media tersebut. Misalnya untuk produk desain berguna untuk penyesuaian desain.

3. Hasil yang Diharapkan

Anda hanya akan dapat merancang hasil terbaik ketika Anda mengetahui apa yang diinginkan klien untuk dapat mencapainya. Meminta klien menjelaskan hasil yang diharapkan akan merampingkan konsep dan strategi komunikasi. Hal ini juga berguna untuk detail hasil yang diekspektasi. Coba bayangkan apa yang membedakan: Hasil penjualan meningkat vs Hasil penjualan meningkat sebesar 30%? Anda jadi mempunyai gambaran hasil yang harus dikejar dengan cepat jika informasi tersebut detail.

4. Anggaran

Tanyakan klien Anda tentang anggarannya dalam proyek ini. Hal ini akan memudahkan pekerjaan Anda dan memberi Anda parameter dalam pengerjaan. Jika Anda mengabaikan anggaran, apa yang mungkin terjadi adalah Anda telah merancang desain yang terlalu mahal untuk dijalankan, dan Anda harus kembali memodifikasi desain, atau memulainya lagi dari awal.

5. Deadline

Hal terakhir, yang mungkin menjadi hal yang paling penting untuk meminta dari klien adalah batas waktu yang diharapkan dari pelaksanaan proyek. Sebuah jangka waktu tertentu baik untuk efisiensi dan efektivitas waktu. Minta klien untuk tidak hanya menentukan batas akhir pelaksanaan proyek tapi untuk memecah rentang waktu tersebut menjadi tonggak kecil dan memberikan tenggat waktu bagi mereka tonggak juga misalnya batas waktu untuk menyampaikan dll draft pertama ini akan memungkinkan
kelancaran arus proyek.

Cara kreatif dalam manajemen klien diperlukan dalam suatu proyek. Tidak peduli berapa banyak klien yang sedang Anda tangani, seharusnya bisa Anda selesaikan dengan baik dan memuaskan klien. Selalu ingat bahwa hal kecil mengenai proyek dapat membantu mempermudah pekerjaan Anda. Selamat bekerja 😉

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *