Masih Ragu Jadi Ghost Writer? Yuk, Simak Lima Manfaatnya!

Istilah “ghost writer” mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Namun tahukah Anda, bahwa di negara luar, profesi ini rupanya populer dalam dunia tulis-menulis?

Bila didefinisikan, ghost writer berarti seorang “penulis bayangan.” Ia—secara profesional—menulis untuk kepentingan orang lain, dengan catatan: tanpa identitas. Wajar saja, meski mayoritas orang bisa menulis, tidak semua orang mampu membuat tulisan yang baik; juga menarik. Di sinilah jasa ghost writer diperlukan. Apalagi banyak tokoh dan figur publik yang rupanya butuh mendongkrak popularitas dengan cara menuangkan gagasan mereka ke dalam sebuah tulisan. Eits, tetapi bukan seperti jasa penulisan skripsi yang banyak beredar di pasaran, lho. Pasalnya, profesi ini dijamin legal, bahkan bisa Anda temukan di berbagai kumpulan biografi maupun opini yang dijual di pasaran.

Tidak ada identitas, tidak dikenali, bahkan tanpa hak cipta! Lantas apa untungnya, sih, menjadi seorang ghost writer? Berikut adalah lima manfaat yang bisa Anda ketahui.

1. Dibayar Mahal

Dibayar Mahal

Dibayar Mahal

Jangan khawatir, sebab Anda akan mendapatkan bayaran mahal sebagai penggantinya. Tolok ukurnya, bisa diamati dari kisaran gaji rata-rata yang diterima Jonathan Favreau, seorang ghost writer muda yang kini menjabat direktur tim penulis untuk Obama. Tak main-main, pendapatannya bahkan mencapai Rp136 juta per bulan!

Tentu saja, Anda tidak bisa serta-merta langsung menyamakan tarif. Di Indonesia sendiri, tarif cenderung dihitung per kata. Misalnya, Rp500 untuk satu kata. Jika asumsi satu halaman A4 adalah 300 kata, maka Anda bisa mendapatkan Rp150.000 per halaman. Tentu saja, tarif bisa lebih rendah ataupun tinggi—bergantung pada kesepakatan Anda dengan si klien.

Lumayan kan, untuk mengganti ongkos royalti?

2. Kaya Informasi

Kaya Informasi

Kaya Informasi

Saat bekerja, ada beragam alat yang digunakan oleh seorang ghost writer untuk mengelola informasi. Bukan hanya itu, calon klien pun biasanya juga berasal dari beragam latar belakang; tentu saja dengan beragam ranah tulisan yang harus Anda kuasai. Pada akhirnya, Anda pun akan “terpaksa” membaca banyak sumber, seperti buku, artikel, jurnal, penelitian, script film, website, hingga blog. Tak menutup kemungkinan, sebagian dari ghost writer juga difasilitasi akses ke pusat-pusat pencarian data.

Bayangkan betapa banyak informasi—bahkan dari beragam ranah, yang akan memenuhi kepala Anda!

3.Jaringan Luas

Jaringan Luas

Jaringan Luas

Tahukah Anda, mayoritas pengguna jasa ghost writer berasal dari kalangan elite, semisal politisi, pejabat maupun pejabat pemerintahan, dosen, motivator, figur publik, pengusaha, hingga selebriti?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, mayoritas pengguna jasa ghost writer adalah mereka yang ingin mendongkrak popularitas, ataupun sekadar membagikan gagasan atau pengetahuan—yang sayangnya tidak memiliki kemampuan mumpuni dalam menulis. Nah, bukan tak mungkin, berhadapan dengan klien jenis ini akan membawa Anda pada jejaring yang lebih luas lagi, bukan?

 

Baca juga:

 

4. Fleksibel

Fleksibel

Fleksibel

Mayoritas ghost writer memiliki pola kerja yang fleksibel (kecuali bagi mereka yang bekerja di kantor, dsb). Anda tak harus masuk ke kantor untuk bekerja atau mematuhi jam kantor dari pukul sembilan hingga 18. Tak perlu repot-repot, Anda bahkan bisa memilih jam dan tempat kerja sendiri. Entah itu sejak bangun tidur; sambil menonton televisi; bahkan bekerja di tengah taman sepulang riset!

Namun, harus diingat untuk tetap mematuhi deadline dan kesepakatan yang berlaku, ya!

5. Legal

Legal

Legal

Ghost writer adalah profesi yang legal. Di beberapa negara—bahkan ghost writer masuk sebagai sebuah profesi resmi bergengsi, yang setara advokat atau konsultan. Harus dipahami, ghost writer sendiri bekerja serupa kontraktor yang disewa untuk membangun rumah. Tentu saja, ide dan konsepnya dibuat oleh pemilik. Nah, ghost writer di sini bertugas sebagai eksekutor yang bekerja berdasarkan permintaan si pemilik rumah.

Itulah lima manfaat profesi ghost writer yang harus Anda ketahui. Tertarik untuk mencoba?

 

 

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. Umarudin Me says

    artikel ini sangat membantu pengayaan referensi untuk skripsi saya. terima kasih pak Andi. terus berkarya dan sukses selalu. jika pak Andi berkenan saya ingin berdiskusi mengenai freelancer online untuk skripsi saya. salain itu, saya juga memohon kepada bapak meluangkan waktu untuk mengisi kuesioner penelitian saya pada link bit.ly/umarudinresearch.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *