Apa Itu Penulis Freelance? Dan Apa Saja Jenisnya?

Pernahkah Anda mendengar istilah tentang freelance writing (menulis lepas)? Jika iya, sudahkah Anda paham tentang konsep pekerjaan yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja ini? Lalu, sudahkah Anda tahu, jenis-jenis freelance writing yang mampu membayar kita dengan jumlah yang lumayan? Well, daripada Anda terus bingung dan bertanya-tanya, mari kita bahas satu per satu perihal freelance writing!

Sebenarnya Apa sih Penulis Freelance Itu?

Sebenarnya Apa sih Penulis Freelance Itu?

Sebenarnya Apa sih Penulis Freelance Itu? – RuangFreelance / Shutterstock

Sebelum kita membahas secara mendalam apa itu freelance writing, mari kita sejenak mengenal apa itu freelance. Sedikit info saja buat Anda, kata freelance berasal dari istilah yang tenar di abad pertengahan. Saat itu beberapa kesatria memilih bekerja tidak hanya pada satu raja saja. Tapi mereka bekerja pada siapa saja yang bersedia membayar mereka. Mereka akan loyal dan berjuang mati-matian jika pundi-pundi uangnya diisi.

Istilah untuk menyebut pekerjaan kesatria ini disebut dengan “free lance” atau freelance untuk istilah yang lebih modern. Di Jepang, istilah freelance dikenal dengan baito, di beberapa negara Barat dikenal juga dengan part-time job, atau pekerjaan paruh waktu.

Jadi, secara sederhana kita bisa mengartikan freelance writing sebagai bentuk pekerjaan menulis lepas, yaitu yang tidak terikat pada satu klien saja. Kita dibayar oleh klien untuk menuliskan sesuatu yang dia tentukan. Jika pekerjaan itu selesai, kita bisa mendapatkan uang sesuai dengan kesepakatan, lalu bisa mencari klien lain yang membutuhkan.

Penulis Freelance Infographic

Penulis Freelance Infographic – Ruang Freelance / Found on blog.hubspot.com

 

Seperti Apa Konsep Penulis Freelance?

Seperti Apa Konsep Penulis Freelance?

Seperti Apa Konsep Penulis Freelance?

Penulis Freelance adalah pekerjaan menulis profesional yang bisa dilakukan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Kita tidak terikat kontrak dengan perusahaan atau klien tertentu. Berbeda dengan pekerjaan normal lain yang mewajibkan kita ngantor. Pekerjaan ini bisa kita kerjakan meski sudah memiliki pekerjaan tetap lainnya. Beberapa orang menganggapnya sebagai ceperan atau tambahan uang.

Klien yang akan memberikan pekerjaan juga sangat beragam. Jika kita sudah selesai mengerjakan satu pekerjaan, maka kita bisa beralih ke klien yang lain. Begitu seterusnya, hingga secara tidak langsung kita bisa membangun kepercayaan. Semakin sering melakukan freelance writing, maka semakin banyak pula pekerjaan yang datang. Tapi dengan satu catatan, pekerjaannya Anda lakukan dengan baik.

Itulah mengapa pekerjaan ini tetap harus dikerjakan secara profesional. Meski kita tidak ada kontrak dengan perusahaan, tapi pekerjaan ini mulai menjanjikan. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa mereka mendapatkan fee yang lebih baik dari pekerjaan ini daripada dari gaji kantor. Bukan tidak mungkin dengan freelance writing kita bisa menggandakan pemasukan bulanan di era yang serba mahal ini.

Jenis-Jenis Penulis Freelance yang Menghasilkan

Jenis-Jenis Penulis Freelance yang Menghasilkan

Jenis-Jenis Penulis Freelance yang Menghasilkan

Kita telah memasuki era digital saat segala hal mulai dilakukan di internet. Mulai dari promosi barang, branding diri atau pekerjaan, hingga melakukan interaksi sosial. Beberapa peluang pekerjaan akhirnya tercipta dan membutuhkan penulis freelance untuk melakukan penulis freelance. Jika Anda ingin memulai karier di dunia ini, coba perhatian spot mana saja yang bisa Anda ambil dalam dunia penulis freelance:

  • Menulis artikel di koran, blog (SEO), atau majalah digital. Jika kemampuan bahasa Inggris Anda mumpuni, coba bekerja di web luar negeri. Bayarannya sekitar $50-100 per posting.
  • Menerjemahkan buku atau dokumen.
  • Menulis buku permintaan perusahaan atau organisasi nonprofit.
  • Mereview buku, produk, tempat wisata, hingga hotel.
  • Branding produk atau perusahaan.

 

Jenis-Jenis Tulisan dan Pasar bagi Penulis Freelance, dan Hasilkan Banyak Uang!

Penulis freelance bisa menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan jika ditekuni. Beruntung bagi kamu yang berniat mendalami bidang ini, pilihan yang ada begitu luas. Secara garis besar, berikut adalah jenis-jenis tulisan dan pasar yang bisa kamu jajaki sebagai penulis freelance:

Jurnalistik

jurnalistik - jenis tulisan penulis freelance

jurnalistik – jenis tulisan penulis freelance – Ruang Freelance / Shutterstock

Jenis ini meliputi tulisan-tulisan mengenai peristiwa, yang dibuat dengan tujuan agar banyak orang yang tahu, baik dengan atau tanpa pendapat pribadi penulis. Diperlukan ketepatan informasi, keterangan dari orang-orang terkait, dan kecepatan dalam membuat berita agar berita masih ‘hangat’ ketika diterima oleh pembaca.

Tulisan seperti ini cocok untuk kamu yang memiliki ketertarikan pada lingkungan sosial, memiliki pergaulan yang luas, serta rasa ingin tahu yang tinggi. Kamu bisa menjadi wartawan freelance bagi media berita online maupun offline, bekerja untuk program acara berita pada stasiun televisi sebagai kontributor berita, atau penulis skrip dari berita yang dikumpulkan oleh wartawan. Bidangnya sangat luas dan bisa disesuaikan dengan minatmu. Misalnya politik, ekonomi, olahraga, selebriti, dan lain sebagainya.

Review

review - jenis tulisan penulis freelance

review – jenis tulisan penulis freelance – Ruang Freelance / Shutterstock

Definisinya adalah tulisan yang berisi ulasan atau pengalaman penulis mengenai sesuatu, baik itu perusahaan, produk, tempat, atau pelayanan. Isi tulisan harus jujur dan detail. Sesuai untuk kamu yang gemar membuat tulisan mengenai hobi dan hal-hal yang kamu sukai.

Contohnya, jika kamu punya minat pada dunia kecantikan, kamu bisa menulis mengenai produk-produk kosmetik. Kalau kamu suka teknologi, kamu bisa mengulas tentang gadgetgadget terbaru. Jika kamu hobi jalan-jalan, kamu dapat menuliskan kesan-kesanmu mengenai tempat yang pernah kamu kunjungi.

Tulisan jenis ini bisa dimasukkan ke media cetak atau elektronik dengan tema yang sesuai, serta blog pribadi yang dipasangi iklan. Beberapa perusahaan biasanya meminta Anda melakukan review terhadap produk mereka. Bisa berupa produk fashion, makanan, hingga hotel. Biasanya Anda akan diberi sample produk dan diminta menuliskannya di blog. Tentu dengan bayaran yang sesuai. Biasanya bayaran akan ditransfer setelah tulisan yang Anda buat tayang.

Anda juga bisa diajak kerja sama dengan perusahaan penerbitan. Mereka akan meminta Anda melakukan review terhadap buku dan menjadi host giveaway. Biasanya ada bayaran khusus bagi Anda setelah melakukan pekerjaan ini. Mendalami hobi, menambah pengalaman, berbagi informasi bermanfaat pada orang lain, sekaligus mendapat uang. Menyenangkan sekali, bukan?

Copywriting

copywriting - jenis tulisan penulis freelance

copywriting – jenis tulisan penulis freelance – Ruang Freelance / Shutterstock

Yaitu tulisan yang bertujuan sebagai iklan atau mempromosikan sesuatu, bisa secara eksplisit maupun implisit. Berbeda dengan jenis review yang hanya berisi penjelasan, tulisan jenis ini harus menarik perhatian, membuat pembaca tertarik pada sesuatu yang dipasarkan sehingga melakukan tidakan. Tidak hanya menulis mengenai sebuah produk saja, tetapi dapat berupa servis, tokoh, ide, dan lain-lain.

Tulisan jenis ini cukup banyak dilakukan oleh penulis freelance. Umpamanya membuat naskah iklan offline atau online, membuat tulisan pada brosur atau selebaran, mengisi artikel pada website perusahaan, dan lain-lain.

Creative writing

creative writing - jenis tulisan penulis freelance

creative writing – jenis tulisan penulis freelance – Ruang Freelance / Shutterstock

Jenis tulisan ini adalah tulisan yang memerlukan imajinasi dan kreativitas tinggi. Isinya untuk bercerita pada orang lain. Bisa berupa fiksi atau nonfiksi. Contohnya puisi, cerita pendek, biografi, naskah film, tulisan pada kartu ucapan, dan novel. Aliran tulisan ini begitu beragam. Misalnya komedi, drama, sejarah, fantasi, dongeng, dan misteri.

Kalau kamu aktif menulis tulisan seperti ini, kamu dapat bekerja freelance pada majalah, koran, perusahaan marketing, penerbit, stasiun televisi, dan lain-lain. Berkutat dengan karya jenis ini akan meningkatkan keahlianmu berfantasi dan memainkan kata-kata.

Academic writing

academic writing - jenis tulisan penulis freelance

academic writing – jenis tulisan penulis freelance / Ruang Freelance / Shutterstock

Jenis tulisan ini membutuhkan pemahaman dalam bidang tertentu, baik tulisan untuk menyelesaikan pendidikan jenjang tertentu atau bukan. Jenis ini sesuai untuk kamu yang memiliki keahlian dalam bidang ilmu yang spesifik.

Saat ini, banyak pelajar yang minta dibuatkan tugas oleh penulis freelance dengan bayaran tertentu. Memang mendapatkan uang dari pekerjaan seperti itu bukanlah hal yang ilegal, namun menyalahi etika. Masih banyak pekerjaan di jenis tulisan ini yang tidak menyalahi norma. Contohnya membuat esai, tutorial, panduan, materi pelajaran, dan soal-soal kuis. Pasarnya adalah penerbit, majalah edukasi, media pendidikan, dan lain sebagainya.

Jika Anda jeli membaca peluang, sebenarnya pekerjaan yang bisa dilakukan oleh penulis freelance sangat banyak. Bahkan beberapa jenis mampu menghasilkan uang lebih banyak dan cepat. Sayangnya kita hanya berpatok bahwa pekerjaan ini hanya berkaitan dengan blog atau media digital lainnya. Padahal banyak sekali pekerjaan freelance untuk penulis yang mampu Anda dapatkan. Seperti beberapa macam yang akan Anda baca di bawah ini:

Penerjemah Bahasa Asing

Jika Anda sangat pandai dengan bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang, cobalah buka jasa menerjemahkan. Banyak sekali orang yang membutuhkan jasa ini. Sebut saja calon klien yang merupakan perusahaan besar. Biasanya mereka membutuhkan jasa kita untuk menerjemahkan dokumen dengan cepat dan kadang banyak. Dengan mengerjakan pekerjaan ini, Anda akan cepat menghasilkan pundi-pundi uang.

Kedua adalah mahasiswa yang kebingungan dengan bahan saduran. Tidak semuanya bisa berbahasa asing. Artinya Anda bisa mengambil celah ini untuk menerjemahkan kebutuhan mereka. Sedikit demi sedikit Anda akan mulai dikenal hingga klien datang sendiri meski Anda tidak mencarinya.

Menulis Artikel di Blog

Pekerjaan ini sangat mudah dicari. Di era yang serba digital ini, banyak orang membutuhkan jasa menulis untuk blog, majalah digital, hingga koran. Anda bisa menulis sesuai dengan pesanan klien. Biasanya mereka akan memberikan kata kunci atau keyword dan menyuruh kita untuk mengembangkannya.

Jika Anda sudah sangat berpengalaman dalam bidang ini, calon klien biasanya akan datang sendiri. Membawa proyek yang banyak untuk diselesaikan dalam tenggat waktu tertentu. Biasanya seminggu atau sebulan sesuai dengan pesanan. Anda harus menjaga kualitas tulisan meski hanya sebuah artikel di blog.

Menulis Buku Sesuai Pesanan

Istilah kerennya adalah ghost writer. Anda akan diberi tema atau bahkan kerangka buku yang diinginkan klien. Tugas Anda adalah mengembangkan buku ini hingga menjadi kesatuan yang utuh. Jika buku ini jadi, Anda baru dibayar sesuai dengan kesepakatan. Perkerjaan seperti ini mulai banyak bermunculan di Indonesia jika Anda jeli.

Buku yang Anda tulis nantinya akan menggunakan nama orang lain. Meski demikian, terkadang Anda juga tetap mendapatkan komisi jika bukunya laris. Lebih baik membuat kesepakatan-kesepakatan sebelum Anda menulis buku.

Melakukan Branding Startup

Perusahaan baru biasanya membutuhkan jasa branding yang baik. Mereka akan mencari penulis yang mampu membuatkan branding bagi mereka. Bisa berupa artikel-artikel hingga produk yang mereka buat. Perusahaan baru atau startup ini akan membayar Anda dengan harga yang cukup lumayan.

Pekerjaan branding biasanya dilakukan berkelompok. Kumpulan orang ini akan berusaha menuliskan segala hal secara rinci terkait perusahaan agar dikenal masyarakat luas. Pekerjaan ini cukup menyita waktu meski hasilnya lumayan untuk ukuran freelancer.

Sebagai penulis tentunya tidak harus bisa menguasai semua jenis tulisan dan pasar penulis freelance. Namun, menulis pada jenis yang sesuai dengan pribadi dan bidang yang dikuasai akan meningkatkan kualitas tulisanmu. Selamat mengasah kemampuan dan melebarkan sayap, baik dari segi jenis maupun pasar!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *