Kesalahan Yang Sering Dilakukan Freelance Writer Pemula

Profesi freelance writer merupakan salah satu profesi idola anak muda jaman sekarang, terutama para fresh graduate yang tidak ingin bekerja keluar rumah. Freelance writer memang sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Dengan mengandalkan kemampuan menulis kita bisa menghasilkan uang. Meski demikian, banyak freelancer writer pemula yang berguguran karena kesalahan yang mereka lakukan sendiri. Entah sadar atau tidak, mereka telah melakukan beberapa kesalahan berikut ini:

1. Tidak cukup mengasah kemampuan menulis.

Kemampuan menulis tidak datang dengan sendirinya. Kita membutuhkan latihan yang berulang-ulang untuk memperbaikinya. Mungkin terlalu muluk-muluk kalau kita ingin menjadi sempurna dalam menulis. Tapi minimal kita bisa mendekati 95 persen konten artikel yang bagus. Bagaimana cara mengasah kemampuan menulis? Tidak ada cara terbaik selain menulis setiap hari. Untuk membiasakannya, Anda bisa menulis dalam blog pribadi sehingga akan mendapat bonus feedback dari pembaca mengenai kelebihan dan kekurangan tulisan Anda.

2. Tidak mempublikasikan tulisannya.

Kemampuan yang andal tidak akan memiliki banyak manfaat bagi pemiliknya jika tidak diketahui oleh orang lain. Bila selama ini tulisan Anda cukup berdiam di dalam folder My Document komputer, maka segeralah dipublikasikan di internet, khususnya blog pribadi. Topiknya bisa bermacam-macam asal sesuai dengan karakter dan brand yang sedang Anda bangun. Cara ini dapat digunakan oleh freelance writer untuk membangun kepercayaan masyarakat pengguna internet. Manfaatnya bukan hanya untuk Anda pribadi, tetapi juga bagi pembaca dan reputasi yang sedang Anda bangun.

3. Tidak mempromosikan kemampuan menulis.

Poin nomor tiga ini masih ada kaitannya dengan poin nomor 2. Mempromosikan tulisan bisa dilakukan melalui situs-situs besar yang dianggap memiliki kredibilitas tinggi. Misalkan melalui Kompasiana, Vivanews, Ruang Freelance, EzineArticles dan beberapa situs populer lainnya. Sesekali ikuti juga kontes menulis seperti yang saat ini sedang marak berlangsung. Kontes menulis adalah cara yang bagus untuk memaksa Anda belajar lebih banyak lagi dalam mengasah ilmu content writing yang bersahabat dengan mesin pencari.

Dari tiga poin di atas dapat kita simpulkan bahwa aktifitas ngeblog memegang peranan penting dalam membangun kemampuan seorang ghost writer. Manfaat sesungguhnya kegiatan blogging bisa lebih dari itu karena monetasi blog saat ini telah berkembang sedemikian banyak jenisnya. Semoga artikel ini bisa berguna untuk kawan-kawan freelancer writer pemula.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Kemampuan menulis juga dapat di tentukan dari mengetik pada keyboard.. Bayangkan jika penulis tangan professional tapi jika ia menulis di keyboard lama dalam mengetik.. Bisa bisa idenya hilang karena kelamaan ngetik..
    Jadi, belajar mengetik 10 jari juga harus di asah sedini mungkin agar inspirasi langsung terketik tanpa melihat keyboard..

  2. goldilockzone says

    Bukan hanya pengetahuan dan kemampuan menulis, melainkan juga pengetahuan tentang apa yang kita tulis juga merupakan hal yang penting. Kita juga harus semakin mendalami bidang keahlian dimana kita sering menulis artikel tentang bidang itu.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *