Memahami Manfaat, Mitos, Risiko, dan Cara Mencari Uang dari Internet 

Mencari uang dari internet? Seberapa besar bisa menghasilkan, sih?

Apakah bisa dijadikan profesi sungguhan? Apakah bisa dijadikan sumber penghasilan utama?

Berapa lama prosesnya? Berapa besar risiko kegagalannya?

Bila diuraikan, ada saja ragam pertanyaan menyangkut profesi yang satu ini. Maklum saja, meski peminat maupun praktisinya selalu bertambah seiring waktu, konsep mencari uang dari internet, masih terasa tak lazim bagi orang awam. Padahal, bila jeli—internet menawarkan banyak manfaat, bukan hanya tempat mengakses informasi dan hiburan, melainkan lahan basah memperoleh income—yang besarannya pun tak terbatas. Anda tak percaya?

Pertama, harus diingat, ada peningkatan pesat pada jumlah pengguna internet dunia—bahkan Indonesia. Seiring berjalannya perkembangan teknologi, kita mengenal online shop; blogger; youtuber; internet marketer—dan segala macam jenis profesi baru yang bergantung penuh pada dunia internet. Ragu soal kesuksesan mereka? Melalui mesin pencari, Anda bahkan bisa mencari tahu sendiri berapa kesuksesan—dalam hal ini tolak ukurnya: penghasilan—yang sudah mereka capai. Tak main-main, jumlahnya bahkan berpuluh kali lipat dari gaji orang kantoran!

Lantas bagaimana caranya? Adapun untuk menjawabnya, Anda harus lebih dulu memahami bahwa cara mencari uang dari internet sendiri bergantung penuh pada pelakonnya; bagaimana karakter si pelaku—maupun tujuan yang ingin mereka capai. Tak selalu mudah—tapi bila dikerjakan dengan kerja keras dan kreativitas, menghasilkan uang dari internet juga tak terlampau sulit. Untuk memahami profesi ini lebih jauh, berikut adalah sepuluh cara mencari uang dari internet yang bisa Anda jadikan inspirasi.

PTC (Paid To Click)

PTC (Paid To Click)

PTC (Paid To Click) / Ruang Freelance / www.indoincome.com

Dianggap sebagai jalan paling mudah, untuk menghasilkan uang—tentu saja dengan cara gratis—dari internet. Dari namanya, kita tahu: pembayaran akan dihitung dari setiap iklan yang sudah Anda klik. Pada beberapa program—Anda juga akan dibayar untuk setiap tugas yang sudah Anda selesaikan, maupun lewat pengisian survei. Sebagai langkah awal, Anda bisa mengikuti program PTC seperti Clixsense, Neobux, Zapbux, Probux, Fusebux, Instabux, Easyhits, dan lain sebagainya. Bergabung dalam beberapa program sekaligus, tentu akan mempermudah Anda menghasilkan uang yang lebih besar.

Memang, tak diingkari, bisnis ini sering kali diremehkan—karena pendapatan yang dihasilkan sangatlah kecil. Beberapa orang bahkan menganggap hal ini cuma buang-buang waktu. Namun, bukan berarti pekerjaan Anda akan sia-sia, lho.

  • Tips:
    Jangan terlalu banyak mengikuti program PTC. Selain akan merasa jenuh, pada waktu tertentu, Anda juga akan merasa kerepotan karena harus mengeklik iklan setiap harinya. Hal ini tentu berbahaya, sebab bisa memungkinkan Anda berhenti di tengah jalan. Disarankan untuk fokus pada PTC tertentu, lalu sebisa mungkin mencari referral untuk memaksimalkan pendapatan.
  • Jangan mudah tergoda dengan nilai klik tinggi. Tidak jarang, PTC yang memberikan nilai klik tinggi berujung pada tindakan scam—yang bisa merugikan Anda saat PTC yang gratis biasanya memberikan nilai klik kecil.
  • Modal utama dalam menjalankan program PTC adalah kesabaran dan konsistensi. Jangan pernah berhenti di tengah jalan hanya karena Anda merasa jenuh, atau kesal karena poin klik tidak mencapai nilai.

Mengisi Survei

Mengisi Survei

Mengisi Survei / Ruang Freelance / www.pocketnow.com

Anda bisa menjadi responden survei yang diadakan oleh beberapa lembaga survei online. Biasanya, akan ada poin yang diberikan pada Anda setelah pengisian selesai. Nantinya, setelah mencapai jumlah tertentu, poin tersebut bisa ditukar/dicairkan dengan uang, atau ragam voucher lainnya.

Pada umumnya, sebelum menciptakan sebuah produk atau justru menilai produk mereka laku/disukai di pasaran, perusahaan-perusahaan besar akan memerlukan data akurat dari masyarakat mengenai pendapat, maupun minat mereka. Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, perusahaan akan menggunakan jasa lembaga survei online—dengan bantuan ratusan/ribuan member yang tersedia.

Permintaan berikutnya, pertanyaan survei akan dikirim melalui e-mail. Biasanya, sebelum menjadi member, Anda akan diminta untuk mengisi sejumlah keterangan atau laman profil, terkait hobi, gaya hidup, minat, dan lain sebagainya yang nantinya akan digunakan untuk memudahkan pengkategorian jenis survei. Beberapa situs/lembaga survei online yang bisa Anda coba antara lain Yougov, Nusaresearch, IPanelOnline, Viewfruit, dan lain sebagainya.

  • Tips:
    Jangan asal mengisi survei. Sembarang mengisi akan membuat survei tidak sah; poin tidak diterima utuh; bahkan berujung pada pemblokiran akun Anda.
  • Jangan tergiur imbalan tinggi survei. Biasanya, untuk mengisi satu survei, Anda akan diberi imbalan sebesar Rp5.000,00 – Rp20.000,00; tergantung tingkat kesulitan dan lama waktu pengisian. Waspada scam jika jumlah yang ditawarkan terlalu tinggi, atau nilai payout terlalu rendah.

Afiliasi

Afiliasi

Afiliasi / Ruang Freelance / www.lintasdiklat.id

Secara sederhana, yaitu afiliasi yang berarti cara mencari uang di internet dengan memasarkan produk orang lain. Hal ini dilakukan, terutama jika Anda belum memiliki produk sendiri untuk dijual. Biasanya, setelah mendaftarkan diri, Anda akan diberikan dtautan khusus sebagai media promosi. Komisi baru akan diberikan apabila seseorang membeli produk tersebut melalui tautan afiliasi Anda. Jadi secara tidak langsung, sistem ini memaksa Anda untuk giat menyebar promosi melalui link maupun banner—yang bisa Anda pasang dalam blog, media sosial, website, dan lain sebagainya.

Adapun komisi tiap program berbeda-beda. Ada yang hanya sebesar 5% dari harga penjualan—namun ada juga yang mencapai 70% dari harga produk.

  • Tips:
    Pilih situs afiliasi tepercaya. Sebagai langkah awal, Anda bisa mencoba Amazon dan Lazada.
    Harus diingat, sistem ini gampang-gampang susah. Ada kalanya, dalam rentang waktu lama, Anda tidak juga mendapatkan Di sinilah kreativitas Anda diuji. Teruslah ciptakan blog dengan konten-konten berkualitas, agar mampu meningkatkan traffic.
  • Perhatikan etika. Jangan terus-menerus berbagi link, karena percaya atau tidak—banyak orang/follower di media sosial justru akan terganggu dengan hal itu. Bahkan, jika berlebihan, situs media sosial seperti Facebook tak segan-segan memblokir sebuah link.

Toko Online

Toko Online

Toko Online / Ruang Freelance / www.herisetiabudi.com

Toko online merupakan cara yang lazim digunakan untuk meraup keuntungan dari internet. Konsepnya serupa dengan toko offline. Hanya saja di sini, segala aktivitas berkaitan dengan transaksi jual-beli dilakukan secara online. Ada banyak keuntungan; selain tak perlu membayar biaya toko, aktivitas yang ada pun lebih efektif—sebab Anda bisa menggunakan media apa saja, seperti blog, website, maupun media sosial (Twitter, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya).

  • Tips:
    Konsep “toko online” ini berpegang penuh pada asas saling percaya. Anda tidak tahu siapa pembeli Anda, begitu pun sebaliknya. Terus berhati-hatilah agar kerugian tak terjadi.
  • Media pemasar seperti website sangat disarankan bagi Anda yang ingin bisnis toko onlinenya tetap bertahan. Selain mampu meningkatkan traffic, adanya website bisa membuat calon pembeli merasa yakin dan percaya pada kualitas toko Anda.

 

Baca juga:

Inilah Ide Peluang Usaha di Bidang Digital yang akan Membuat Anda Kaya Raya
Benarkah Bekerja Sebagai Penulis Freelance Bisa Menghasilkan Uang yang Banyak?

 

Dropship/Reseller

Dropship/Reseller

Dropship/Reseller / Ruang Freelance / www.startupbisnis.com

Tidak memiliki produk? Jangan khawatir, sebab Anda pun bisa menjual produk orang lain melalui program dropship/reseller. Sistemnya pun jauh lebih praktis. Anda tidak perlu memikirkan produksi, stok barang, pengiriman produk, dan sebagainya—yang sudah ditangani oleh pemilik toko penyedia program ini.

Adapun yang harus kita lakukan hanyalah membuat ulasan; berikut spesifikasi produk yang ingin dijual. Komisi akan diberikan dihitung dari setiap produk yang terjual—dengan besaran, tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

Tips:

  • Tetaplah waspada, sebab Anda tidak bisa mengontrol kualitas produk.
  • Untuk mengantisipasinya, Anda bisa terlebih dulu menguji kualitas produk sebelum memutuskan bekerja sama.

Membuat Blog/Website

Membuat Blog/Website

Membuat Blog/Website / Ruang Freelance / www.gurujenius.blogspot.com

Anda bisa membuat, dan mengelola blog—berdasarkan topik maupun kesukaan Anda, dan menghasilkan uang dari situ. Adapun dalam aktivitas ngeblog, ada dua jenis pendapatan yang bisa masuk ke kantong Anda, yakni: pendapatan aktif (penjualan produk, reseller, hingga afiliasi) dan pendapatan pasif (publikasi iklan). Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan saat sudah memiliki blog?

Menawarkan/publikasi jasa maupun produk
Melalui blog, Anda bisa memasarkan jasa maupun produk Anda sendiri—melalui konten tertulis. Tak hanya itu, Anda pun bisa melakukan pemasaran dengan video maupun gambar.

Jika Anda memiliki keahlian tertentu, tawarkan hal tersebut. Semisal dengan melakukan jasa konsultasi online, menjadi programmer, desainer, penerjemah, copywriter, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat e-book atau justru buku dalam bentuk fisik—yang bisa dijual dan ditawarkan melalui blog/website Anda.

PPC (Paid per Click)
Merupakan program periklanan—di mana Anda akan dibayar untuk setiap klik iklan yang terpasang dalam blog/website. Adapun besaran komisinya bervariasi, tergantung pada kebijakan PPC tersebut. Sebagai langkah awal, Anda bisa mencoba PPC seperti Google Adsense.

CPA (Cost Per Action)
Berbeda dengan PPC, di sini Anda akan dibayar apabila pengunjung blog/website telah melakukan interaksi setelah dia mengunjungi link yang ada dalam blog. Interaksi tersebut misalnya, dengan menjadi anggota, mengisi data, melakukan pembelian produk, dan lain sebagainya. Biasanya, keuntungan dari program CPA lebih besar daripada komisi dari PPC.

Tips:

  • Tingkatkan traffic pengunjung dengan mengisi konten blog/website dengan informasi yang menarik, berguna, dan relevan. Cari tahu apa keunikan blog/website Anda—yang mampu membuat pengunjung setia mampir.
  • Perbarui konten dan jadilah konsisten. Anda harus memperbarui blog/website secara teratur, jika Anda ingin orang datang kembali dan membaca postingan Anda juga bisa mempelajari teknik SEO untuk mendatangkan banyak pengunjung.
  • Bila ingin menggunakan blog untuk berjualan, disarankan untuk tidak menggunakan domain Anda bisa membeli domain TLD (.com, .net, dan lain sebagainya), agar pengunjung semakin percaya pada produk yang Anda tawarkan.

Penulis Artikel Online

Penulis Artikel Online

Penulis Artikel Online / Ruang Freelance / www.tulisbaca.com

Semakin maraknya website maupun situs-situs baru mendatangkan kebutuhan baru akan penulis konten/artikel. Untuk tetap mempertahankan dan memaksimalkan jumlah pengunjung, biasanya website maupun situs populer lain membutuhkan kehadiran penulis maupun kontributor. Rentang honor yang diberikan pun beragam. Pada situs-situs berbahasa Inggris misalnya, besaran bayaran yang diberikan bahkan mencapai US$500 per artikel!

Anda bisa mencoba situs-situs luar serta sejumlah perusahaan e-commerce yang juga membutuhkan jasa penulisan artikel, maupun review terkait produk mereka. Dalam skala lokal, Anda juga bisa mencoba banyak situs yang membutuhkan kontributor—tentunya dengan bayaran yang beragam.

Adapun selain menjadi penulis, Anda bisa menjadi seorang penerjemah dokumen, copywriter, ghostwriter, dan lain sebagainya.


Forum Poster

Forum Poster

Forum Poster / Ruang Freelance / www.studebtsjob.blogspot.com

Ada banyak pemilik forum online yang membutuhkan tenaga lepas—khususnya untuk melakukan posting dalam forum. Tujuannya, tak lain adalah untuk membuat forum terkesan ramai dan populer. Anda bisa mencoba menjadi seorang forum poster untuk mendapatkan pendapatan lewat internet.

Social Media Specialist

Social Media Specialist

Social Media Specialist / Ruang Freelance / www.hrreview.co.uk

Bagi Anda yang gemar “bermain” atau pun berselancar di media sosial, Anda bisa mencoba peluang yang satu ini—sebagai jenis pendapatan yang meyakinkan.

Di sini, media sosial berperan sebagai media pemasaran online. Tugas Anda sendiri berkisar dari membangun kesadaran merek, membuat maupun membagikan konten, berinteraksi dengan followers, juga meningkatkan traffic pengunjung ke website, melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+, dan lain sebagainya.

Online Trader

Online Trader

Online Trader / Ruang Freelance / www.online-forex-strategy.com

Seorang online trader haruslah paham tentang dunia online trading. Hal ini berarti ia harus paham betul terkait aktivitas jual-beli mata uang asing/forex (foreign exchange), melakukan transaksi jual-beli saham, dan lain sebagainya. Nah, bagi Anda yang gemar ataupun sudah berkecimpung dalam dunia online trading, Anda tentu bisa menjajal peluang ini.

  • Tips:
    Harus diingat, profesi ini tidaklah gratis dan mudah. Selain membutuhkan modal, Anda juga membutuhkan keahlian dalam membaca pergerakan mata uang di dunia, berikut perkembangan ekonomi dan segala risikonya.
  • Jangan sembarang mengikuti. Mengingat betapa berisikonya pekerjaan ini, harus diingat untuk tetap berhati-hati. Jika perlu, Anda bahkan bisa belajar dari berbagai sumber, ahli, maupun orang-orang yang sudah terlebih dulu sukses di bidang ini.

Lima Anjuran “Mencari Uang dari Internet”

Lima Anjuran “Mencari Uang dari Internet”

Lima Anjuran “Mencari Uang dari Internet” / Ruang Freelance / www.devetol.com

Bila dilakoni, mencari uang dari internet memang gampang-gampang susah. Berikut adalah empat anjuran yang bisa Anda pahami, sebelum benar-benar terjun untuk mencari uang lewat internet.

Tidak perlu langsung mengeluarkan banyak uang, sebab yang pertama kali Anda butuhkan hanyalah laptop/PC, smartphone, dan koneksi internet. Jadi, untuk memulai bisnis di internet, Anda tidak harus menghabiskan banyak modal.

Bukan hal instan.
Ada banyak cerita kesuksesan orang-orang yang telah berhasil mendatangkan sejumlah uang dari internet. Namun, harus diingat, hal ini memerlukan proses panjang. Seiring waktu, Anda akan dihadapkan pada risiko, proses belajar, bahkan kegagalan yang tentu saja: tidak sebentar. Dalam beberapa kasus, bahkan memakan waktu tahunan.

Tetap waspada dan berhati-hati
, terutama dalam bertindak atau memutuskan sesuatu. Pada satu sisi, dunia internet memang bisa mendatangkan banyak manfaat. Namun, di sisi lain, bisa juga sangat berbahaya. Ada beragam tindak kriminalitas maupun penipuan yang tidak bisa dicegah. Itulah sebabnya Anda harus tetap berhati-hati.

Jangan mudah tergiur kesuksesan orang lain
dan berpikir bahwa mencari uang di internet hanyalah persoalan mudah. Anda harus tahu, dalam beberapa cerita sukses seseorang, tersembunyi di dalamnya kerja keras, upaya, waktu, bahkan tenaga yang kadang kala justru berbuntut kerugian. Jangan mudah tergiur pada cerita sukses orang lain—melainkan jadikan itu sebagai pemacu. Bagaimanapun juga, mereka tetaplah orang-orang gigih, pekerja keras, tidak mudah menyerah, dan tentunya konsisten.

Fokuslah terlebih dulu terhadap satu hal
. Kerjakan hal tersebut dengan serius dan konsisten; belajar dan belajarlah terus sehingga bisa sukses. Setelahnya, barulah Anda bisa beralih ke bidang lainnya.

Menghasilkan uang dari internet merupakan investasi jangka panjang yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan, sekaligus masa depan yang lebih baik. Meski begitu, harus diingat, cara mencari uang di internet ini tidaklah mudah dan instan. Namun, jika dibarengi dengan kerja keras, ketekunan, kesabaran, konsistensi, sekaligus kreativitas yang terus diasah—bukan tidak mungkin, rangkaian proses Anda akan menjadi cerita kesuksesan baru yang bisa dijadikan inspirasi oleh banyak orang. Selamat mencoba!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *