Cara Meningkatkan Tarif Jasa Freelance Anda

Ketika masih newbie di dunia freelance, umumnya kita tak terlalu memusingkan harga jasa yang ditawarkan. Freelancer biasanya hanya mengikuti harga pasaran yang Ada dan fokus bagaimana cara mendapatkan klien?

Setelah berjalan beberapa bulan dan memiliki sejumlah klien, bahkan langganan, freelancer mulai memikirkan tentang tarif ini. Kita sama-sama tahu bahwa biaya hidup tidak stabil. Untuk menjaga keuangan bulanan, tentu tarif jasa freelance harus dinaikkan.

Masalahnya, tidak semua freelancer percaya diri menaikkan tarif jasa. Ada rasa takut kehilangan klien, takut kemahalan, dan sebagainya. Tapi tahukah Anda? Ketakutan tersebut hanya akan menyiksa diri sendiri dan menurunkan produktivitas. Jika jasa freelance Anda memang layak dibayar lebih, kenapa tidak? Langkah yang perlu Anda ambil ialah mengetahui cara menaikkan tarif tersebut. Beberapa di antaranya seperti:

Naikkan Tarif untuk Klien Baru

Naikkan Tarif untuk Klien Baru

Naikkan Tarif untuk Klien Baru

Cara termudah menaikkan tarif jasa freelance ialah ketika Anda bernegosiasi dengan klien baru. Modal Anda ialah pengalaman lebih banyak dan tawarkan beberapa keuntungan untuk klien. Tidak salah bila Anda jual mahal ke klien. Lebih baik Anda memberikan tawaran harga tinggi di awal, ketimbang bernegosiasi harga lagi ketika sudah saling mengenal.

Menghadapi Klien Lama

Menghadapi Klien Lama

Menghadapi Klien Lama

Lalu bagaimana dengan klien yang lama?

Bila Anda memiliki proyek yang masih berjalan dengan klien lama, Anda bisa bertanya secara sopan apakah mereka bersedia tetap memakai jasa Anda bila tarif dinaikkan. Anda perlu memahami klien dan memberikan penawaran menarik untuk kembali membicarakan harga. Contohnya menawarkan paket dan menjelaskan sejumlah keuntungan yang akan didapatkan dari tarif baru.

Di posisi ini Anda perlu yakin pada diri sendiri. Bila klien mengatakan tidak dan Anda menerima begitu saja, ini bisa jadi boomerang. Klien mungkin saja berpikir Anda tak memiliki harga diri dan bisa dibayar murah selamanya.

Cara lainnya ialah selesaikan proyek yang sudah disepakati sebelumnya. Bila ada perpanjangan proyek, Anda bisa membahas tentang kenaikan tarif ini. Bila klien tidak bersedia, jangan takut untuk menolak.

 

Baca juga:

Miliki Layanan Baru

Miliki Layanan Baru

Miliki Layanan Baru

Strategi menaikkan tarif secara efektif selaras dengan membuat inovasi baru dalam jasa freelance Anda. Misalnya Anda menawarkan jasa proyek lewat sejumlah pilihan paket. Tiap paket memiliki manfaat yang berbeda untuk klien, tergantung pada harga yang diberikan.

Sebelum menaikkan harga, sebaiknya Anda membekali diri dengan keterampilan baru atau meningkatkan kemampuan. Ini untuk menjaga kualitas tetap baik dan mempertahankan citra positif Anda di mata klien.

Bila perlu, Anda bisa menawarkan paket diskon harga sekian persen, untuk promosi paket baru. Ini bisa tolak ukur bagi klien tentang manfaat layanan baru yang Anda berikan. Jika masa promosi diskon sudah habis, Anda bisa kembali ke harga normal, sesuai yang Anda tetapkan sebelumnya.

Tinggalkan Klien Pelit dan Temukan Klien Baru

Tinggalkan Klien Pelit dan Temukan Klien Baru

Tinggalkan Klien Pelit dan Temukan Klien Baru

Tak ada untungnya bagi Anda bertahan menjalin kerjasama dengan klien pelit. Waktu, tenaga, dan pikiran terkuras untuk proyek, tapi Anda tak bisa merasakan hasil apa-apa. Ingat, harga kebutuhan pokok saja bisa naik, kenapa bayaran tidak?

Jika klien tetap bersikukuh tak mau membayar lebih, segera selesaikan proyek dan tolak perpanjangan proyek. Temukan klien baru yang bersedia menerima kebijakan tarif Anda. Yakinlah pada kemampuan dan pengalaman Anda.

Strategi Harga

Strategi Harga

Strategi Harga

Sebelum menerapkan langkah-langkah di atas, baiknya Anda menetapkan harga minimum. Lakukan perhitungan cermat dan rinci tentang produk jasa yang Anda tawarkan. Mulai dari tarif minimum, hingga tarif pilihan berdasarkan paket yang Anda buat.

Patokan harga ini menjadi tolak ukur Anda untuk tidak menerima job dibawah harga yang sudah Anda rinci dan sesuaikan dengan kebutuhan hidup.

Terakhir, cara meningkatkan tarif jasa pada dasarnya ialah soal bagaimana cara Anda menghargai diri sendiri. Klien yang paham dan menghargai Anda, tentu tahu bahwa tarif layanan mencerminkan mutu.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *