5 Strategi Jitu dalam Meningkatkan Penjualan

Merancang dan menerapkan strategi yang sesuai dengan produk yang dijual merupakan salah satu hal utama dalam dunia bisnis. Jika hal tersebut tidak dimiliki seorang pemilik usaha, maka risiko kerugian yang dapat merusak reputasi perusahaan tidak akan bisa dihindari. Strategi penjualan yang Anda terapkan terhadap produk Anda, baik itu barang maupun jasa, dapat memengaruhi keputusan konsumen apakah mereka akan membeli produk yang Anda tawarkan, atau malah beralih kepada kompetitor Anda. Beberapa cara jitu dalam meningkatkan penjualan yang akan kita bahasa berikut ini mungkin dapat menjadi inspirasi dalam menyiapkan strategi bisnis Anda.

1. Kenali Karakteristik Produk yang Akan Anda Pasarkan

Kenali Karakteristik Produk yang Akan Anda Pasarkan

Kenali Karakteristik Produk yang Akan Anda Pasarkan

Salah satu strategi jitu dalam memasarkan produk adalah dengan memahami karakteristik produk yang akan Anda tawarkan pada khalayak. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan tersebut, Anda tidak akan dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan calon konsumen. Untuk itu, Anda wajib mengetahui dengan pasti fitur dan manfaat apa saja yang ditawarkan produk Anda. Bila perlu, Anda dapat menguji produk tersebut dengan melibatkan orang-orang yang terlibat di dalam proses pembuatannya. Dengan mengetahui karakteristik produk, Anda akan mendapatkan gambaran pasti mengenai pasar yang tepat untuk mempromosikan produk tersebut.

2. Tunjukkan Keunggulan Produk yang Anda Tawarkan

Tunjukkan Keunggulan Produk yang Anda Tawarkan

Tunjukkan Keunggulan Produk yang Anda Tawarkan

Ada kalanya, para calon konsumen lebih suka atau mempraktikkan langsung kegunaan dan keunggulan produk daripada melihatnya melalui brosur atau iklan di media massa. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meyakinkan konsumen mengenai keunggulan produk, Anda dapat menawarkan sampel khusus yang dapat dicoba oleh konsumen atau klien Anda. Ketika konsumen dapat merasakan sendiri kualitas produk yang Anda tawarkan, maka kemungkinan untuk membeli produk atau menjalin kerjasama secara jangka panjang pun bisa saja terjadi.

3. Pahami Kebutuhan Konsumen Anda

Pahami Kebutuhan Konsumen Anda

Pahami Kebutuhan Konsumen Anda

Setiap konsumen memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Keadaan tersebut membuat mereka cenderung memilih produk, jasa, atau bahkan perusahaan tertentu yang mereka rasa dapat memenuhi kebutuhan mereka. Inilah alasan mengapa Anda wajib memahami kebutuhan target pasar Anda. Karakteristik khusus seperti daerah tempat tinggal, usia, jenis kelamin, pekerjaan, status pernikahan, serta latar belakang pendidikan konsumen dapat membantu Anda untuk menentukan wilayah pemasaran produk secara lebih spesifik.

 

Baca juga:

 

4. Pasang Harga yang Kompetitif

Pasang Harga yang Kompetitif

Pasang Harga yang Kompetitif

Tidak dapat dipungkiri jika harga memainkan peran penting dalam menentukan kesuksesan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Untuk itu, Anda perlu memasang harga atau tarif yang kompetitif untuk menarik pelanggan. Namun jangan salah, hal tersebut bukan berarti Anda harus memasang harga jauh di bawah harga pesaing bisnis Anda. Anda dapat memasang harga yang lebih tinggi dari harga pesaing, namun pastikan bahwa kualitas produk yang Anda tawarkan berbanding lurus dengan harga yang Anda pasang. Memberikan garansi produk atau bonus kepada pelanggan tetap juga bisa menjadi magnet yang dapat menggiring konsumen datang pada Anda.

5. Minta Konsumen untuk Memberikan Testimoni

Minta Konsumen untuk Memberikan Testimoni

Minta Konsumen untuk Memberikan Testimoni

Salah satu indikasi kesuksesan bisnis adalah kepuasan pelanggan. Untuk dapat meyakinkan calon klien dan konsumen, Anda harus merekam pernyataan setiap pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan dalam bentuk testimoni. Pelanggan yang merasa puas kemungkinan besar akan merekomendasikan produk yang Anda jual kepada rekannya yang lain. Dalam beberapa kasus, promosi dari mulut ke mulut cenderung lebih efektif untuk membuat produk Anda lebih dikenal masyarakat.

Sudahkan Anda menerapkan strategi di atas? Semoga sukses!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *