Strategi Membangun Karier sebagai Penulis Freelance

Langkah penting yang harus dilakukan untuk bisa menjejakkan kaki di level yang lebih tinggi dan membangun karier sebagai penulis freelance yang profesional adalah dengan membuat gambaran yang jelas tentang kedudukan Anda saat ini, serta menentukan posisi mana yang ingin Anda capai di masa mendatang. Dengan begitu, Anda bisa menetapkan target yang baru dan menentukan strategi yang akan dipakai untuk mencapai target tersebut.

1. Tetapkan Tujuan

Tetapkan Tujuan

Tetapkan Tujuan / Ruang Freelance / www.indianexpress.com

Strategi awal untuk memacu peningkatan kualitas kerja Anda adalah dengan menetapkan sebuah tujuan baru yang nantinya bisa dijadikan acuan dalam menapaki karier sebagai penulis freelance yang lebih profesional.

2. Tujuan Finansial

Tujuan Finansial

Tujuan Finansial / Ruang Freelance / www.wikihow.com

Motivasi utama seseorang dalam meningkatkan karier biasanya adalah mendapatkan peningkatan income dan kepastian finansial lainnya. Tentukanlah target pendapatan Anda, dan hitunglah besaran tarif baru yang akan Anda kenakan kepada klien berdasarkan nilai kemampuan dan standar yang berlaku umum. (bisa di link ke artikel 7 langkah penting yang harus diketahui penulis freelance dalam menentukan tarif dan target pendapatan)

3. Tujuan Profesional

Tujuan Profesional

Tujuan Profesional / Ruang Freelance / www.hr.uits.uconn.edu

Tetapkan tujuan profesional Anda dengan membuat daftar topik-topik tulisan yang paling Anda kuasai, dan identifikasikan bagaimana dan di mana Anda dapat mengontribusikan kemampuan tersebut.

4. Tentukan Spesialisasi

Tentukan Spesialisasi

Tentukan Spesialisasi / Ruang Freelance / www.loansuae.com

Pada dasarnya seorang penulis dituntut untuk mampu menguasai berbagai tema untuk dituangkan ke dalam sebuah tulisan, namun untuk menapaki jenjang yang lebih profesional, cobalah untuk fokus pada satu bidang spesialisasi. Karena spesialisasi adalah langkah awal yang baik untuk membangun reputasi. Pertajam kemampuan Anda pada suatu bidang tertentu dan buatlah portofolionya. Jika sudah terpublikasi, calon klien akan langsung berpikir tentang Anda ketika subjek tersebut muncul.

5. Tingkatkan Profesionalitas

Tingkatkan Profesionalitas

Tingkatkan Profesionalitas / Ruang Freelance / www.gotocllas.com

Penerbit, editor, atau klien mana pun selalu ingin bekerja sama dengan penulis-penulis yang memiliki etos kerja yang baik, bersikap positif, serta mampu memenuhi deadline yang telah disepakati. Untuk itu, bersikaplah lebih profesional dan buatlah klien Anda senang bekerja sama dengan Anda.

6. Kembangkan Ide-Ide

Kembangkan Ide-Ide

Kembangkan Ide-Ide / Ruang Freelance / www.tepoconsultancy.co.uk

Menjadi profesional artinya kualitas tulisan Anda juga harus semakin bisa dipertanggungjawabkan. Poleslah gaya dan struktur penulisan, kembangkan ide-ide dengan mencari sebanyak mungkin referensi untuk memperkaya khasanah tulisan Anda. Manfaatkanlah buku-buku, riset, seminar ataupun workshop-workshop yang berkaitan dengan bidang spesialisasi Anda.

7. Manfaatkan Celah yang Ada

Manfaatkan Celah yang Ada

Manfaatkan Celah yang Ada / Ruang Freelance / www.kinbloggers.com

Tidak usah terlalu kaku dengan hanya berdiri di satu jalur. Kemampuan Anda bisa dimanfaatkan untuk mendulang income tambahan. Selain itu, eksistensi Anda sebagai penulis pun akan semakin diperhitungkan. Jika memungkinkan, ambilah beberapa job yang berkaitan dengan kemampuan Anda, seperti menjadi asisten editor, konsultan freelance, atau bahkan guru menulis paruh waktu. Kelolalah kesempatan tersebut sebaik mungkin. Dengan begitu, peluang peningkatan karier bisa semakin luas.

8. Jangan hanya Bersembunyi di Balik Meja

Jangan hanya Bersembunyi di Balik Meja

Jangan hanya Bersembunyi di Balik Meja / Ruang Freelance / www.channelweb.co.uk

Untuk semakin mengembangkan sayap, berelasilah dengan banyak pihak dan bangunlah hubungan yang baik dengan mereka. Hadirilah event-event, workshop atau konferensi-konferensi yang berkaitan dengan bidang spesialisasi Anda. Yang demikian bisa membuka jalan bagi Anda untuk terhubung dengan calon-calon klien yang potensial.

9. Cerdas Berinteraksi dengan Blog dan Media Sosial

Cerdas Berinteraksi dengan Blog dan Media Sosial

Cerdas Berinteraksi dengan Blog dan Media Sosial / Ruang Freelance / www.tumblr.com

Semakin hari, peran media sosial semakin diperhitungkan. Manfaatkanlah untuk berinteraksi dengan komunitas Anda dan bangunlah personal branding yang baik untuk mendukung Anda tampil lebih profesional.

Selain media sosial, blog adalah media yang sangat efektif untuk memperkenalkan serta memasarkan layanan Anda. Melalui blog, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan audiens serta berbagi pengetahuan dan solusi inovatif seputar bidang yang Anda tekuni.

Perlu diingat bahwa semampu apapun Anda mengatur strategi untuk membangun karier sebagai penulis freelance, standar tuntutan profesionalitas akan terus mengalami perubahan. Ikutlah bergerak bersama perubahan tersebut dan teruslah berkarya dan menebar manfaat lewat tulisan Anda. Semoga berhasil!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *