5 Tips Menarik Klien Datang Pada Anda yang Masih Pemula di Dunia Freelance

Bagaimana cara mendapatkan klien? Ini biasanya jadi pertanyaan paling dasar yang dilontarkan freelancer pemula. Mereka merasa tak sabar ketika tidak juga mendapatkan pekerjaan sebagai seorang freelancer. Padahal sudah mengikuti sejumlah langkah, seperti bergabung dengan marketplace, membuat website, aktif promosi, dan sebagainya.

Jika Anda mengalami hal serupa, coba sejenak simak ulasan menarik di bawah ini. Usaha yang Anda lakukan sudah tepat dan hal paling penting sekarang ialah keuletan dan kesabaran. Sisakan waktu luang yang dimiliki untuk terus mengasah diri, membangun jaringan, dan membuat strategi. Untuk langkah konkretnya, Anda bisa mencoba menerapkan beberapa tips menarik klien berikut ini:

Tonjolkan Keunikan dan Jadilah Berbeda

Tonjolkan Keunikan dan Jadilah Berbeda

Tonjolkan Keunikan dan Jadilah Berbeda

Anda perlu jadi berbeda untuk memenangkan kompetisi. Saat ini, semakin banyak orang yang tertarik jadi freelancer. Dari banyaknya freelancer tersebut, setengahnya bisa jadi memiliki keahlian, pengalaman, dan kemampuan serupa dengan Anda. Lalu bagaimana caranya klien lebih memilih Anda?

Cara terbaik ialah meonjolkan keunikan Anda dan menjadi freelancer yang berbeda. Misalnya, Anda telah melakukan riset dan mengumpulkan banyak referensi tentang karakteristik klien. Dari data tersebut, Anda bisa merancang sejumlah strategi untuk jadi yang terdepan dan dilirik oleh klien. Strategi tersebut bisa dari segi harga, pelayanan, garansi, promosi, dan lain-lain.

Ketahui apa yang jadi kendala, keresahan, dan masalah sebagian besar klien di bidang freelance yang Anda geluti. Lalu berikan solusi lewat produk atau jasa freelance yang Anda tawarkan. Keunikan lain yang bisa Anda lakukan bisa lewat desain website yang menarik, galeri portofolio, dan masih banyak lagi.

Proaktif dan Jangan Hanya Menunggu

Proaktif dan Jangan Hanya Menunggu

Proaktif dan Jangan Hanya Menunggu

Jangan menunggu klien menemukan Anda , tapi buatlah klien datang pada Anda. Caranya bisa dengan aktif di jejaring sosial, menjadi penulis tamu di sejumlah website atau blog, hingga menawarkan langsung keahlian Anda pada perusahaan atau lembaga potensial.

Anda tak perlu menunggu dibukanya lowongan freelance. Cukup kenali perusahaan atau lembaga yang dituju, dan tahu ada posisi yang Anda incar. Lalu, ajukan proposal atau penawaran Anda pada yang bersangkutan. Tips menarik klien ini cukup efektif, karena klien tak perlu repot beriklan, menghabiskan waktu dan biaya untuk mencari pekerja.

Promosi dan Bangun Koneksi

Promosi dan Bangun Koneksi

Promosi dan Bangun Koneksi

Kedua hal ini baiknya dilakukan secara online dan offline. Di depan layar, Anda bisa memanfaatkan promosi lewat jejaring sosial, forum, marketplace, dan sebagainya. Kemas produk atau jasa freelance Anda semenarik mungkin, lalu terapkan strategi marketing online yang tepat.

Secara offline, Anda bisa aktif bergabung di konferensi atau pertemuan lain, tempat calon klien biasanya berbaur. Ini merupakan salah satu waktu terbaik mengenalkan diri, membangun kredibilitas, hingga akhirnya berjualan.

 

Baca juga:

Pelajari dan Terapkan SEO

Pelajari dan Terapkan SEO

Pelajari dan Terapkan SEO

Search Engine Optimization (SEO) hingga saat ini dinilai paling efektif meningkatkan traffic, menarik banyak klien, berjualan, dan lain-lain. Search engine membuat calon klien menjadi lebih terarah untuk bisa menemukan Anda.

Untuk itu, sangat baik bila Anda mempelajari dan menerapkannya secara optimal. Jadilah freelancer yang mudah dicari dan berada di halaman terdepan mesin pencari. Trik-triknya sudah banyak dibagikan di internet. Satu hal yang perlu dipahami, pencapaian ini butuh proses dan tidak bisa dilakukan semalaman.

Nikmati Waktu Anda

Nikmati Waktu Anda

Nikmati Waktu Anda

Jika usaha, kesabaran, keuletan telah dioptimalkan, tak ada salahnya menikmati waktu sejenak. Luangkan waktu untuk berlibur, jalan-jalan, atau sekadar melakukan sesuatu yang jadi kesukaan. Ini tampaknya sepele, tapi sangat efektif me-refresh otak, energi, dan tujuan Anda.

Bukan tak mungkin Anda menemukan ide-ide brilian yang bisa memaksimalkan tips menarik klien di atas. Terus asah kemampuan dan isi energi untuk mencapai tahap freelancer pro. Semangat mencoba!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *