Lima Konten Blog Yang Akan Menarik (Calon) Klien

Mungkin selama ini Anda sudah sering mendengar doktrin betapa pentingnya bagi seorang freelancer untuk memiliki blog dengan tujuan self-marketing bla bla bla. Bicara memang mudah, masalahnya, konten blog seperti apa yang dapat menarik calon klien agar kesengsem untuk menyewa kita?

Berikut ini adalah beberapa jenis konten yang terbukti dapat menarik perhatian klien,

Studi Kasus

Studi kasus yang dimaksud di sini tentu bukanlah seperti yang Anda pernah selesaikan di bangku sekolah/perkuliahan dahulu. 😀 Artikel studi kasus yang dimaksud di sini adalah cerita tentang pengalaman Anda dalam menyelesaikan suatu proyek yang spesifik. Apa tujuan (goals) dari proyek tersebut? Strategi apa yang Anda terapkan? Bagaimana hasilnya?

Namun sebagai freelancer, tentu saja ada kode etik yang harus kita penuhi yaitu kerahasiaan identitas klien. Jangan lupa untuk menyamarkan identitas klien. Sebisa mungkin fokuskan pembahasan studi kasus pada langkah-langkah kongkrit yang Anda lakukan sehingga memberi nilai tambah tersendiri pada proyek tersebut, bukannya pada hal-hal yang menyangkut klien.

Alih-alih dikira narsis, konten studi kasus yang ditulis dengan rinci dan seobjektif mungkin dapat menjadi media promosi paling ampuh untuk karier freelancer Anda, lho.

Tutorial

Tunjukkan langkah-langkah untuk melakukan sesuatu dengan cara yang mudah dimengerti. Media yang paling ampuh untuk konten ini adalah video. O ya, pastikan tutorial yang Anda berikan berhubungan dengan bidang freelancing yang Anda geluti. Kalau Anda adalah fotografer freelance, buatlah video tutorial untuk mengaplikasikan efek tertentu pada hasil jepretan Anda menggunakan Adobe Photoshop.

Review Produk/Jasa

Konon, review adalah magnet paling kuat untuk traffic blog Anda. Sebagai manusia yang hidup di zaman Googlenisasi, saya pribadi 99,9% selalu googling setiap mau beli barang. Padahal yang dicari cuma tas atau sepatu, hehehe. Yang jelas, suatu review akan lebih diminati orang kalau kita adalah blogger independen, dalam hal ini berarti tidak menarik keuntungan atas barang tersebut.

Jangan lupa menyertakan deskripsi produk/jasa, foto, dan opini serta rekomendasi pribadi Anda.

Penawaran Khusus

Sedang sepi klien? Konten nomor empat ini akan sangat membantu. Sebab, trik-trik marketing seperti diskon, beli-1-dapat-2, atau bonus khusus ternyata bukan hanya sukses diterapkan di department store namun juga di dunia freelancing. Pintar-pintar aja memilih jenis dan timing promosi. 😉

Opini

Cobalah untuk aktif menanggapi isu terkini sehubungan dengan bidang freelancing yang Anda geluti. Bukan asal berkomentar, dong. Gunakan sudut pandang Anda sebagai freelancer yang kompeten, sekaligus jangan takut untuk mengeksplor ide-ide nyeleneh namun unik yang tak ada duplikatnya.

Tidak perlu menunggu kondisi sepi klien untuk aktif menyisipkan kelima konten di atas ke dalam blog. Ingat, waktu yang paling baik untuk memulai adalah hari ini, detik ini juga. Jangan tunda. 🙂

Artikel ini terinspirasi dari sini

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *