Newbie

25 Tips Menarik agar Sukses Menjadi Freelancer

Menjadi seorang freelancer dapat memberikan berbagai macam kemudahan. Modal utama agar sukses menjadi freelancer selain disiplin tentunya adalah profesionalitas. Meski Anda tidak terikat kontrak kerja dengan perusahaan, namun memberikan hasil yang terbaik untuk klien adalah suatu keharusan. Hal itulah yang dapat membuktikan keseriusan Anda terhadap komitmen dalam pekerjaan Anda. Berikut akan kita bahas 25 tips menarik agar sukses menjadi freelancer.

Buat Rencana Bisnis

Buat Rencana Bisnis
Buat Rencana Bisnis / Ruang Freelance / Shutterstock

Anda mungkin sudah sangat mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan untuk menyukseskan bisnis freelance Anda, namun menuliskannya ke dalam sebuah rencana terstruktur akan membantu Anda dalam merealisasikan rencana tersebut dengan lebih baik.

Rencanakan Kegiatan Kerja Anda

Rencanakan Kegiatan Kerja Anda
Rencanakan Kegiatan Kerja Anda / Ruang Freelance / Shutterstock

Selain membuat rencana bisnis yang matang, Anda juga dianjurkan untuk dapat merencanakan kegiatan kerja Anda tiap minggunya. Rencana kerja akan memudahkan Anda dalam mengelola waktu yang harus diluangkan demi memenuhi deadline yang Anda miliki.

Gunakan Software Pendukung Proyek

Gunakan Software Pendukung Proyek
Gunakan Software Pendukung Proyek / Ruang Freelance / Shutterstock

Memulai profesi sebagai freelancer bisa jadi dapat menguras kocek Anda cukup dalam, terutama jika pekerjaan Anda membutuhkan dukungan software tertentu. Anda tidak perlu khawatir sebab Anda bisa mendapatkan versi gratis dari software yang Anda butuhkan. Meskipun gratis, bukan berarti kegunaan dan kualitasnya diragukan.

Buat Logo Semenarik Mungkin

Buat Logo Semenarik Mungkin
Buat Logo Semenarik Mungkin / Ruang Freelance / Shutterstock

Jika ada satu hal yang dapat merepresentasikan perusahaan Anda, maka logolah yang paling berperan dalam mengenalkan perusahaan Anda ke khalayak ramai. Membuat logo yang menarik dapat membuat orang lain tertarik sekaligus menunjukan profesionalitas Anda.

Jangan Memaksakan Diri

Jangan Memaksakan Diri
Jangan Memaksakan Diri – / Ruang Freelance / Shutterstock

Menyelesaikan proyek sesuai dengan deadline yang diberikan merupakan salah satu aspek yang menentukan seberapa profesional Anda sebagai seorang freelancer. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk tidak memaksakan diri mengambil semua proyek yang ditawarkan. Sesekali mengatakan ‘tidak’ pada klien, tidak akan merusak reputasi Anda.

Buat Blog/Website

Membuat Blog
Membuat Blog / Ruang Freelance / Shutterstock

Di dunia freelance, blog/website, dan media sosial bisa menjadi sarana yang tepat dalam memasarkan produk Anda. Website yang menarik dan profesional bisa menjadi gerbang menuju klien-klien potensial.

Update Website Anda

Update Website Anda
Update Website Anda / Ruang Freelance / Shutterstock

Jika Anda sudah memiliki website, maka Anda wajib memperbaharui isi web Anda secara teratur. Memperbaharui website mungkin akan menghabiskan waktu cukup banyak namun hal tersebut akan mendatangkan klien-klien baru untuk Anda.

Beri ‘Souvenir’ untuk Pengunjung Web Anda

Beri ‘Souvenir’ untuk Pengunjung Web Anda
Beri ‘Souvenir’ untuk Pengunjung Web Anda / Ruang Freelance / Shutterstock

Memberikan sesuatu kepada pengunjung setia website Anda merupakan hal yang patut Anda coba. Jika Anda seorang freelancer yang bekerja di bidang web design, Anda bisa memberikan template gratis bagi pengunjung website Anda.

Aktif Menggunakan Media Sosial

Aktif Menggunakan Media Sosial
Aktif Menggunakan Media Sosial / Ruang Freelance / Shutterstock

Menggunakan media sosial sebagai sarana Anda dalam berbisnis bukanlah hal baru lagi saat ini. Anda bisa mempromosikan jasa Anda melalui Twitter, Facebook, serta beberapa forum lain yang dapat memasarkan produk Anda.

Perbanyak Mitra Kerja

Perbanyak Mitra Kerja
Perbanyak Mitra Kerja / Ruang Freelance / Shutterstock

Memperbanyak link atau mitra kerja dapat membantu mengembangkan bisnis freelance Anda. Mitra kerja yang dimaksud bisa dari keluarga, teman kuliah, atau rekan yang berminat untuk kerja sama. Semakin banyak pihak yang terlibat dalam memasarkan bisnis Anda, semakin tinggi pula peluang sukses Anda sebaagai freelancer.

Jangan Lupa Berhemat!

Jangan Lupa Berhemat
Jangan Lupa Berhemat / Ruang Freelance / Shutterstock

Jangan sampai Anda terlena akan lancarnya bisnis yang Anda miliki. Tetap rencanakan keuangan Anda dengan baik dan kontrol pengeluaran seminimal mungkin. Jangan sampai tagihan-tagihan Anda menghancurkan bisnis yang Anda rintis dengan susah payah.

 

Manfaatkan Sarana yang Ada

Manfaatkan Sarana yang Ada
Manfaatkan Sarana yang Ada / Ruang Freelance / Shutterstock

Jika Anda tidak mampu untuk membeli komputer baru untuk perusahaan Anda, tidak ada salahnya untuk mengupgrade komputer yang ada demi memaksimalkan kinerja perusahaan. Intinya, manfaatkanlah sarana yang Anda miliki dengan baik.

 

Beri Diskon untuk Konsumen Setia Anda

Beri Diskon untuk Konsumen Setia Anda
Beri Diskon untuk Konsumen Setia Anda / Ruang Freelance / Shutterstock

Memberi potongan harga pada si konsumen setia bisa meningkatkan kerja sama Anda berdua. Jangan lupa untuk memperlakukan konsumen dengan ramah agar mereka merasa betah bekerja sama dengan Anda.

Perlakukan Klien Bak Seorang Raja

Perlakukan Klien Bak Seorang Raja
Perlakukan Klien Bak Seorang Raja / Ruang Freelance / Shutterstock

Kunci hubungan kerja sama yang langgeng adalah customer service yang bersahabat. Jangan sungkan untuk bersikap bak seorang sahabat pada klien Anda. Gunakan bahasa yang positif dan ramah agar klien merasa tidak asing dengan Anda.

Disiplin dalam Bekerja

Disiplin dalam Bekerja
Disiplin dalam Bekerja / Ruang Freelance / Shutterstock

Satu lagi kunci kesuksesan menjadi freelancer adalah disiplin. Disiplin dalam mengerjakan proyek, dan disiplin dalam menepati deadline.

Tahu Kapan Harus Bekerja dan Istirahat

Tahu Kapan Harus Bekerja dan Istirahat
Tahu Kapan Harus Bekerja dan Istirahat / Ruang Freelance / Shutterstock

Bekerja saat waktu kerja dan istirahat pada waktu yang telah ditentukan dapat membantu Anda memaksimalkan kondisi fisik dan mental saat menyelesaikan proyek.

Atur Keuangan dengan Baik

Buat buku khusus keuangan bisnis Anda. Jika perlu, Anda bisa mempekerjakan seorang ahli yang dapat membantu Anda mengatur keuangan.

Jangan Lupa Istirahat!

Jangan Lupa Istirahat!
Jangan Lupa Istirahat! / Ruang Freelance / Shutterstock

Ingat, Anda bukan robot! Anda pun perlu memerhatikan diri Anda. Bagaimanapun, kondisi Anda adalah yang paling penting.

Jika Anda selalu bekerja dalam rumah, sesekali memindahkan tempat kerja Anda ke tempat yang lebih menarik seperti taman, coffee shop, atau restoran mungkin bisa menyegarkan mata dan pikiran Anda.

Ingatlah Hal-hal yang Memotivasi Anda

Ingatlah Hal-hal yang Memotivasi Anda
Ingatlah Hal-hal yang Memotivasi Anda / Ruang Freelance / Shutterstock

Cobalah untuk menaruh kata-kata motivasi, atau foto-foto orang yang Anda kasihi agar Anda selalu bersemangat ketika bekerja.

 

Tetap Rendah Hati

Tetap Rendah Hati
Tetap Rendah Hati / Ruang Freelance / Shutterstock

Saat Anda merasa telah memiliki segalanya, seperti kemudahan dalam berbisnis, tetaplah rendah hati karena itulah yang menentukan karakter Anda sesungguhnya.

Usahakan agar Selalu Terlihat Profesional

Terutama saat menemui klien. Pakaian yang rapi dan penampilan bersih serta meyakinkan saat meeting, serta website yang terlihat profesional akan menentukan keberhasilan Anda dalam menarik klien.

Minta Masukan dari Kustomer

Minta Masukan dari Customer
Minta Masukan dari Customer / Ruang Freelance / Shutterstock

Jangan sungkan untuk meminta kritik, masukan, serta testimoni dari pelanggan Anda agar Anda dapat memperbaiki kualitas pekerjaan Anda nantinya.

Catat Hal-hal Penting

Catat Hal-hal Penting
Catat Hal-hal Penting / Ruang Freelance / Shutterstock

Inspirasi serta hal-hal penting lain sering muncul tiba-tiba. Maka, tidak ada salahnya untuk membawa buku saku guna mencatat hal-hal yang sekiranya perlu Anda lakukan nanti.

Berikan yang Terbaik

Berikan yang Terbaik
Berikan yang Terbaik / Ruang Freelance / Shutterstock

Ketika Anda menerima proyek dari klien, artinya Anda telah berjanji untuk memberikan yang terbaik bagi klien Anda. Maksimalkan pekerjaan Anda dan jangan tergesa-gesa.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close