3 Tips Analisis Keuangan Sederhana Bagi Pribadi yang Cerdas

Rencana keuangan pribadi yang baik adalah kunci dari tercapainya impian-impian kita di masa depan, seperti mobil, rumah, sampai pendidikan anak. Langkah pertama membuat rencana keuangan yang baik adalah melakukan tips analisis keuangan sederhana yang akan diuraikan berikut.

1. Mendata Aset dan Utang

Mendata Aset dan Utang

Mendata Aset dan Utang

Aset adalah segala sesuatu yang kita miliki yang nilainya akan bertambah tinggi seiring berjalannya waktu. Contoh dari aset adalah emas, properti, surat berharga, tabungan, dan deposito. Jumlahkan semua data ini untuk mendapatkan total aset Anda.

Setelah melakukan pendataan aset, berikutnya yang perlu dilakukan adalah mendata nilai utang yang Anda punya. Semua bentuk pinjaman dikategorikan dalam utang, termasuk kartu kredit, kredit kendaraan, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jumlahkan untuk mendapatkan beban total utang Anda.

2. Menghitung Pemasukan dan Pengeluaran

Menghitung Pemasukan dan Pengeluaran

Menghitung Pemasukan dan Pengeluaran

Hitung arus pemasukan dan pengeluaran Anda per bulan. Biasanya pengeluaran per bulan dibagi menjadi beberapa pos, yaitu: cicilan bulanan, tabungan/investasi, pengeluaran rutin keluarga, dan pengeluaran pribadi.

Untuk pemasukan, jika Anda karyawan, umumnya pemasukan terbagi atas pemasukan bulanan dan tahunan. Jika Anda berpenghasilan tidak tetap, jumlah pemasukan akan naik-turun, maka buatlah rata-rata penghasilan bulanan Anda untuk menghitung arus pemasukan per bulan.

 

Baca juga:

 

3. Menilai Kondisi Keuangan dengan Financial Ratio

 Menilai Kondisi Keuangan dengan Financial Ratio

Menilai Kondisi Keuangan dengan Financial Ratio

Nah, setelah Anda mendapatkan semua fakta keuangan Anda tersebut, maka langkah selanjutnya dari tips analisis keuangan sederhana ini  adalah menilai kondisi keuangan Anda dengan rumus-rumus sederhana ini:

 

  • Rasio menabung

Rumus ini digunakan untuk melihat kebiasaan menabung Anda. Semakin besar angkanya, berarti semakin baik kondisi keuangan Anda.

 

Total tabungan + Investasi

Rasio Menabung=

Penghasilan bulanan

 

Contoh: Penghasilan bulanan Anda Rp 10 juta, total tabungan+ investasi per bulan Rp1.5.000.000,00

 

1.500.000

Rasio Menabung=

10.000.000

 

=    15 %

Rasio menabung yang baik, minimal adalah 10%. Jadi kalau rasio menabung Anda > 10%,    maka Anda mempunyai rasio kebiasaan menabung yang baik.

 

  • Rasio cicilan utang

Rumus ini dipakai untuk melihat perbandingan cicilan utang dengan penghasilan bulanan.     Semakin besar angkanya, berarti semakin jelek kondisi keuangan Anda.

Total cicilan utang per bulan

Rasio Cicilan Utang=

Penghasilan bulanan

 

Maksimal angka untuk rasio ini adalah 1/3 penghasilan bulanan atau sekitar 35% dari total penghasilan. Jadi kalau hasil perhitungannya < 35%, berarti kondisi keuangan Anda masih sehat.

 

  • Rasio utang

Ini untuk membandingkan jumlah utang dengan seluruh aset. Semakin besar angkanya, semakin jelek kondisi keuangan Anda.

Total utang

Rasio Utang     =

Total aset

Angka patokan maksimal dari rumus ini adalah 50%, jadi kalau hasil perhitungan Anda masih dibawah 50%, berarti kondisi keuangan Anda masih sehat.

 

  • Rasio dana darurat

Rumus ini dipakai untuk melihat kesiapan keuangan Anda saat keadaaan darurat menerpa. Semakin besar angkanya, semakin siap keuangan Anda. Angka patokan minimalnya 3x.

Total dana darurat yang Anda siapkan dari tabungan

Rasio Dana Darurat     =

Biaya bulanan keluarga

 

Bila angka yang dihasilkan < 3, maka kondisi keuangan Anda tidak mempunyai fondasi keuangan yang stabil.

 

  • Rasio investasi

Semakin besar angkanya, semakin baik kondisi keuangan Anda. Angka patokan minimalnya adalah 50%. Bila angkanya kurang dari ini, maka kondisi keuangan Anda belum terlalu sehat.

 

Total investasi

Rasio Investasi     =

Total Aset

 

Dengan tips analisis keuangan sederhana ini diharapkan Anda dapat mulai menyusun impian-impian Anda dengan lebih realistis dan terarah. Selamat menganalisis!

 

 

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *