5 Tips Paling Berpengaruh bagi Strategi Pemasaran Anda

Strategi pemasaran adalah serangkaian teknik dan tindakan yang diambil dalam bisnis, yang membuat Anda fokus untuk mencapai tujuan bisnis. Strategi ini akan membantu mengidentifikasi apa yang harus Anda lakukan, bagaimana, dan pada siapa Anda melakukannya, agar Anda bisa meningkatkan penjualan. Untuk itu, Anda harus mengembangkannya sebelum memulai bisnis. Anda juga harus menyesuaikannya dengan kondisi, permintaan pasar, serta faktor lain dari kinerja bisnis Anda sepanjang waktu.

Nah, berikut ini adalah tips yang akan memengaruhi strategi pemasaran Anda. Mari kita lihat bersama!

Deskripsikan Unique Selling Proposition/USP (keunikan produk atau jasa yang Anda tawarkan)

Deskripsikan Unique Selling Proposition/USP

Deskripsikan Unique Selling Proposition/USP / Ruang Freelance / www.411.ca

Yaitu: Kenapa harus memakai produk/jasa Anda dan bukan yang lain? Apa yang membedakan produk/jasa Anda dari pesaing? Intinya, produk/jasa Anda harus memberikan manfaat khusus yang menarik bagi pelanggan potensial Anda. USP menjadi alat marketing yang krusial bagi persaingan dalam bisnis. Untuk membuatnya, pikirkanlah apa yang ditawarkan produk/jasa Anda yang tidak ditawarkan oleh pesaing. Lalu definisikan manfaat khususnya bagi pelanggan, buat slogan serta gunakan dalam iklan di website Anda. Contoh USP dari coklat M&M: “Cokelat susu yang meleleh di mulut, dan tidak di tangan Anda.”

Definisikan Target Market Anda

Definisikan Target Market Anda

Definisikan Target Market Anda / Ruang Freelance / www.mediakit.registerguard.com

Target market adalah sekelompok individu yang secara kolektif merupakan penerima pesan iklan yang Anda tuju. Kesuksesan Anda tergantung pada sejauh mana Anda memahami target market Anda, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana Anda bisa membujuk mereka untuk memakai jasa Anda. Riset pasar akan membantu memberikan gambaran lebih detail serta menentukan segmen target market Anda. Selain itu, Anda juga harus memahami bagaimana pasar bekerja. Strategi Anda harus bisa mengungkap bagaimana Anda mengukur tingkat persaingan dan tren pasar yang baru.

Tuliskan Manfaat Produk dan Jasa Anda

Tuliskan Manfaat Produk dan Jasa Anda

Tuliskan Manfaat Produk dan Jasa Anda / Ruang Freelance / www.marketingminds.info/

Pengetahuan produk menjadi penting karena dengan memahami ciri khas produk atau jasa, itu akan memudahkan Anda menyampaikan manfaatnya secara akurat dan persuasif. Anda bisa menggunakan sumber informasi yang kreatif untuk mengenal produk Anda, baik dari pengalaman Anda sendiri, forum online, umpan balik pelanggan, anggota tim, serta informasi pesaing. Lalu ubah fitur produk/jasa Anda menjadi manfaat yang bisa diterima pelanggan. Misalnya tujuan jasa Anda adalah memenuhi kebutuhan dan menghemat waktu serta uang pelanggan.

Deskripsikan Bagaimana Memosisikan Produk dan Jasa Anda

Deskripsikan Bagaimana Memosisikan Produk dan Jasa Anda

Deskripsikan Bagaimana Memosisikan Produk dan Jasa Anda / Ruang Freelance / www.media.ibisworld.com

Setelah mengetahui segmen target, Anda bisa memprioritaskan permintaan mereka serta melakukan cross-check dengan produk Anda. Apa yang paling mereka inginkan? Apa yang tak terlalu dipedulikan? Lalu prioritaskan permintaan pelanggan sehingga Anda dapat menentukan apa yang paling penting. Kemudian bandingkan produk/jasa Anda dengan pesaing. Bagaimana kesimpulannya? Jika produk Anda memiliki manfaat yang signifikan, tekankan hal ini. Namun jika tidak selaras dengan permintaan target pasar, pikirkan untuk menyesuaikan, mengubah produk, atau memperbaiki target Anda. Setelah itu, Anda bisa membuat pernyataan singkat posisi produk Anda yang menggambarkan kenapa produk/jasa Anda merupakan solusi terbaik bagi permintaan target segmen.

Definisikan Metode serta Rencana Pemasaran Anda

Definisikan Metode serta Rencana Pemasaran Anda

Definisikan Metode serta Rencana Pemasaran Anda / Ruang Freelance / www.mobile-cuisine.com

Metode pemasaran menjelaskan bagaimana Anda menjalankan strategi pemasaran dengan mengatur bujet dan tenggat waktu pemasaran. Bagaimana komunikasi Anda dengan pelanggan, apakah melalui iklan, networking, atau pemasaran langsung. Termasuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Karena selain menghemat biaya, cara ini juga bisa meningkatkan penjualan Anda. Sedangkan untuk rencana pemasaran, Anda harus bisa melihat ke depan, menguraikan bagaimana Anda menindaklanjuti penjualan, serta perkembangan apa yang Anda tawarkan. Anda juga harus selalu mengukur, menilai kemajuan, serta melihat sejauh mana keberhasilan rencana pemasaran ini, sehingga Anda bisa menetapkan target yang baru begitu pasar berubah.

Demikianlah 5 tips paling berpengaruh bagi strategi pemasaran Anda. Jangan pernah berhenti sebelum berhasil!

Source:
http://homebusiness.about.com/od/glossary/g/mrktg_strat.htm
http://www.marketingdonut.co.uk/marketing/marketing-strategy
http://marketing.about.com/cs/advertising/ht/5steps2strategy.htm

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *