Perjalanan freelanceku – bagian 1

fotoby monkeyc.net

fotoby monkeyc.net

Awalnya tulisan ini dibuat untuk menghibur diri sendiri, tatkala sedang semangat turun menghadapi rimba freelance yang penuh tantangan dan persaingan ini. Anda seorang pemula di dunia freelance? Terus baru juga bergabung dengan komunitas freelance indonesia? Wajar saja kalao Anda minder melihat segudang kemampuan yang dimiliki oleh para freelancer disini, sebut saja mas Anggi Krisna dengan Icreativelabsnya, mas Yogi dengan andrastudio.com nya, mas Aria Rajasa dengan Rajasa.com dan masih banyak contoh lainnya.

Apalagi kalo anda emang memutuskan untuk menerjuni bidang web development, apakah itu bidang design maupun bidang web programming, sementara saja Anda baru terjun kedunia ini, ilmu baru dikit..eh gak ada pula semua kemampuan standar yang harus dimiliki oleh web developer?
seperti tulisan pada 12 langkah menjadi developer. Jika Anda merasakan hal seperti itu Anda sama persis dengan saya! Namun saya akhirnya mendapatkan cara agar tidak terus menerus merasa takut karena kemampuan yang minim itu.

Sebenarnya kuncinya hanya satu, jangan takut bersaing.
saya dua tahun yang lalu juga sangat pemula di dunia Web dan berbekal kemampuan ber-komputer (bisa klik kanan, kiri, ngetik di keyboard) saya beranikan diri untuk membuat beberapa web dengan menggunakan CMS (Content Management System) WordPress, saat itu saya mencobanya dengan menggunakan local server. Mantap rasanya tatkala melihat web telah ter-publish di komputer, berangkat dari sini kemudian mencoba mencari ilmu CMS lainnya dan pilihan saya jatuh ke Mambo CMS karena rekomendasi dari seorang teman yang terlebih dahulu menggunakan CMS ini, saya bahkan membeli bukunya..anehnya tidak dipraktekkan karena kesibukan di main job saya. Sampai akhirnya oleh teman yang sama dikenalkan dengan CMS lain yaitu Joomla!.

Menggunakan CMS ini saya coba menekuni dunia website, langkah awal saya mendaftar pada beberapa komunitas online nya seperti joomla.org dan id-joomla. Dimulailah perburuan ilmu seorang newbie, sampe akhirnya bisa membuat sebuah portal jualan web bernama Kedaiwebs awalnya Bintanwebs, dalam jangka waktu hampir 4 bulan. Walaupun perjalanan web tempat saya berjualan jasa ini tidaklah mulus diawalnya, tapi akhirnya menghasilkan.

Namun kenapa seorang newbie seperti saya bisa mendapat job by job hingga saat ini?

karena ada contoh kasus, seorang teman berprofesi sama dengan kemampuan handal dan pengalaman yang lebih lama dalam dunia web progaramming bahkan saat ini belum bisa memperoleh pencapaian seperti ini.

Jawabannya secara general adalah berkat internet dan teknologi dunia menjadi rata, seorang newbie pun bisa mengalahkan penghasilan seorang dedengkot didunia maya, walaupun dalam hal ilmu mungkin masih jauh, tapi tatkala kita bicara penghasilan, yakinlah Anda mampu. Walau awalnya Anda tidak mahir di bidang

1. Web Programming (No Coding Science and experience)
2. Web Design, CSS, HTML
3. Bahasa Inggris

Anda tidak perlu berkecil hati, karena toh saya juga belum memiliki sepenuhnya kemampuan itu, lantas kenapa bisa mendapatkan job? Buat seorang freelance yang minim skill seperti kita, ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar bisa terus bersaing didalam dunia maya tentunya.

…bers

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Be the first..

    Menjadi seorang freelancer memang tidak mutlak membutuhkan skill tingkat tinggi. Justru yang lebih baik adalah skill marketing dan manajemen. Walaupun seorang freelance memiliki skill tingkat tinggi tapi dia tidak dapat menunjukkan siapa dia maka percuma saja karena klien tidak akan menemukan dirinya.

  2. says

    wah,kayaknya w banget nich,newbie freelance with nojob,little bit english,and never win for bidding and more ,….skills standar,trusin sambungannya donkz mas anggi di tunggu ye…thanks buat motivasinya rf.

  3. Fhai.. says

    iya…nih, saya juga newbie…dapat job buat website resto yang full flash, padahal gak punya skill sama sekali (modal nekat dan tekat) . tapi alhamdulillah cukupmemuaskan (menurut sang klien ).
    nih…..link website pertama saya http://www.theedieskitchen.co.cc

  4. says

    @wedhuz:sip mas…
    @yohan : sepakat dengan mas yohan, skill harus diimbangi dengan kemampuan manajemen dan marketing..
    @isran : hayoo..tetap semangat mas isran..

Trackbacks