Menjadi Freelancer yang Berkarakter

Seorang freelancer dituntut untuk terus kreatif dan berinovasi. Menghadirkan ide-ide segar dan tidak pasaran. Banyak freelancer yang hanya mengikuti arus. Terkesan monoton, tidak inovatif dan tidak berkarakter. Membangun karakter, seorang freelancer dituntut untuk terus belajar. Belajar dari freelancer-freelancer lain dan banyaklah membaca.

Kebiasaan sederhana yang dapat membangun karakter seorang freelancer:

Membaca

Seperti kata pepatah, “Buku adalah jendela ilmu” dan melalui membaca kita dapat mengetahui hal baru yang belum kita tahui. Penting bagi seorang freelancer untuk mengetahui hal baru untuk dipromosikan kepada klien. Klien akan tertarik pada freelancer yang idenya tidak pasaran.

Ngobrol

Sharing dengan teman Kebiasaan ini memang asyik dilakukan, ngobrol ngalor-ngidul sana sini memang kelihatannya kurang berarti, namun jangan salah sharingdengan teman itu menjadi terapi bersosialisasi paling sederhana. Ketika mengobrol secara tidak langsung kita akan bertukar pikiran, bertukar pendapat, bertukar ide, dari sinilah kadang kita menemukan ide-ide segar.

Browsing

Zaman sekarang mustahil tanpa internet. Hal yang kini paling strategis untuk dilakukan adalah mencari ilmu lewat internet, kadang internet justru memberi lebih dari apa yang kita minta. Tinggal ketik kata kunci yang ingin dicari, tekan Enter seolah sulap semua langsung ada.


Writing, blogging

Kebiasaan menulis itu sangat baik untuk melatih komunikasi verbal kita. Jika kita tidak mampu mengucapkannya secara oral, kita bisa menuliskannya secara verbal. Melatih berpikir kritis dan logis. Blogging, menulis di dunia maya, salah satu media tempat kita bisa belajar dan berbagi ilmu. Ketika kita menuliskan di blog lalu ada yang memberi saran dan kritik, di sinilah bentuk proses pembentukan karakter seorang freelancer. Belajar berpikir cerdas, berpikir dulu sebelum menyampaikan, menerima dan memperbaiki kekurangan.

Kunci menjadiyang berkarakter? Jangan mudah terbawa arus, jangan minder terhadap hal baru, berpikir kritis, independen, dan inovatif.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *