DesainNewbieTips dan Trik

Tutorial Desain Web: Sumber Pokok Belajar untuk Para Desainer Web Pemula

Sebagai desainer web dan freelancer pemula, langkah awal yang harus dilakukan adalah banyak belajar dari yang lebih profesional di bidang ini. Berikut adalah tutorial untuk menjadi desainer web, dari desainer konten terbaik di tahun 2015:

Bagaimana Caranya menjadi Seorang Freelancer Desain Web?

Untuk memulai menjadi seorang freelancer desain web, Anda tidak perlu menghabiskan uang ribuan dolar bersekolah di jurusan desain web. Cara terbaik untuk memulai adalah dengan belajar dan terus berlatih tentang basic coding, pewarnaan, keseimbangan, dan komposisi. Yang terpenting adalah keuletan dalam bekerja dengan klien dan menjanjikan inovasi-inovasi baru.

Tidak ada salahnya jika menjadikan web sebagai ladang bisnis. Namun, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan, yaitu bagaimana cara menciptakan bisnis web dan menawarkan jasa dengan benar, sehingga kerja keras Anda dapat terbayar dengan kepuasan dan penghasilan yang diinginkan.
Masih perlukah kuliah di bidang desain grafis untuk menjadi seorang desainer web?

Ada alternatif lain untuk memulai menjadi seorang desainer web selain bersekolah di jurusan desain grafis, yaitu dengan belajar otodidak dari sumber-sumber online. Banyak desainer tanpa pendidikan formal di jurusan desain grafis dapat bekerja di NASA, LA Magazine dan Pengadilan Texas. Semua hal bermula dari keingintahuan dan insting yang kuat.

Bagaimana caranya mendapatkan penghasilan online sebagai desainer web?
Cara yang paling sering dilakukan untuk mendapatkan penghasilan online sebagai desainer web adalah menjual jasa yang menawarkan desain grafis, desain web, dan coding kepada klien.
Adakah alasan mendasar menjadi desainer web?

Pertanyaan yang paling mendasar sebelum memutuskan untuk menjadi desainer web yaitu hal apakah yang ingin diraih dalam karir. Memiliki pekerjaan sebagai desainer harus lebih mengutamakan passion, bukan semata-mata karena tuntutan pekerjaan. Di samping mencintai dunia desain, Anda juga harus aktif mengikuti perkembangan dinamis yang terjadi. Menjadi seorang desainer freelancer juga harus memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi.

Kesuksesan bisa Anda dapatkan karena telah melalui tahapan-tahapan kegagalan, keinginan untuk mencoba lagi, melakukan pengorbanan, dan tidak ada rasa takut yang membayangi. Motivasi untuk pencapaian kesuksesan harus dimiliki, namun jangan sampai ada rasa sombong ketika Anda meraih sukses. Karena kesombongan akan melemahkan segalanya.

Cerita Inspiratif dari Desainer Web dan Pemilik Bisnis yang telah Sukses

Cerita inspiratif dari desainer web dan pemilik bisnis yang telah sukses
Cerita inspiratif dari desainer web dan pemilik bisnis yang telah sukses / Ruang Freelance / Shutterstock

Setelah mengetahui potensi dalam diri, mulailah untuk memiliki gaya hidup yang diimpikan. Apakah ingin berwisata keliling dunia dengan menjalankan bisnis online atau apakah ingin bekerja selama 3 hingga 4 jam per hari agar bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga? Mulailah untuk memikirkan hal tersebut dan menuliskannya di kertas. Passion dalam pekerjaan adalah kunci utama sukses para desainer dan pemilik bisnis.

Langkah Awal untuk Memulai

Jika Anda telah siap menjalani hidup sebagai seorang desainer web freelancer, maka mulailah dengan belajar.

Pahami apa itu desain grafis, di web yang memiliki beberapa elemen visual, seperti layout, poster, brosur, flyers atau iklan online sekaligus offline.

Teori dan Dasar Desain Grafis yang perlu Diketahui

Teori dan dasar desain grafis yang perlu diketahui
Teori dan dasar desain grafis yang perlu diketahui / Ruang Freelance / Shutterstock

Ada 6 elemen desain yang perlu dipahami, yaitu garis, bentuk, warna, tekstur, nilai, dan ruang. Yang membedakan desainer yang baik dan desainer yang istimewa terletak pada prinsip dasar desain yang mereka miliki, yaitu keseimbangan, dominasi, prioritas, proporsi, kontras, ritme, harmoni, serta kesatuan. Setelah memahami keseluruhan prinsip desain, selanjutnya adalah mempelajari komposisi dan elemennya, yang terdiri dari single visual, rasio emas, poin focal, grid desain, hukum Gestalt, dan layout “Z” dan “F”. Ketahui juga tentang ruang negatif dalam desain web.

Setelah menguasai prinsip-prinsip dasar desain web, langkah berikutnya adalah melakukan observasi dengan melihat desain pada website online, mobil, poster dan iklan di sekitar. Sebagai bahan latihan, desainer web freelancer dapat memotret lalu mempelajari komposisi, sisi simetris, dan latar belakang pada foto yang telah diambil.

Mempelajari tipografi

Mempelajari tipografi
Mempelajari tipografi / Ruang Freelance / Shutterstock

Tipografi adalah nyawa dari desain web dan berhubungan dengan penggunaan huruf dan style. Sebagai pemula, untuk menciptakan desain web yang menarik, Anda harus sering mempelajari tutorial yang menyertakan contoh-contoh nyata dan penjelasan. Swiss Style Typography adalah salah satu sumber yang sangat berguna untuk mempelajari desain web dan gaya yang unik serta efektif.

Mempelajari Warna dan bagaimana cara Menggunakannya dengan Benar

Mempelajari warna dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar
Mempelajari warna dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar / Ruang Freelance / Shutterstock

Gunakan warna utama dan warna kontras untuk link. Sebagai contoh, 1st Web Desainer menggunakan warna putih, latar belakang gelap di bagian header, lalu link berwarna oranye yang diambil dari logo. Hasilnya, desin web terlihat lebih rapi dan bersih.

Bagaimana Menggunakan Warna yang Efektif dalam Web

Bagaimana menggunakan warna yang efektif dalam web
Bagaimana menggunakan warna yang efektif dalam web / Ruang Freelance / Shutterstock

Warna dan kombinasinya sangat menentukan baik tidaknya rating sebuah website. Desain sederhana dan penggunaaan warna putih sangat disarankan untuk menciptakan tampilan yang profesional dan elegan. Ide penggunaan warna dapat ditentukan dari merek logo yang telah dimiliki oleh website, seperti halnya yang dilakukan 1st Web Desainer.

Menciptakan Desain Logo dan Branding

Menciptakan desain logo dan branding
Menciptakan desain logo dan branding / Ruang Freelance / Shutterstock

Logo yang bagus harus terlihat simpel, elegan dan memiliki makna yang tersembunyi dalam ruang negatif. Bagi pemula, logo bisa diciptakan dengan menggunakan permainan tipografi dan modifikasi teks. Buatlah sketsa berdasarkan contoh-contoh logo branding yang telah sukses, dapatkan inspirasi dari melihat contoh yang sudah ada.

Mendapatkan Inspirasi dari Grafis dan Desainer Web

Mendapatkan inspirasi dari grafis dan desainer web
Mendapatkan inspirasi dari grafis dan desainer web / Ruang Freelance / Shutterstock

Mulailah mendesain logo dengan Photoshop dan belajar dari desainer lainnya. Tidak ada salahnya jika Anda bergabung dalam komunitas desainer untuk saling berbagi ilmu dan cerita. Padukan hasil observasi dari awal hingga akhir yang didapat dari desain poster, iklan, foto, booklet dan lainnya. Lalu tentukan desain yang unik dan berkarakter milik pribadi.

Menjadi bagian dari komunitas desainer

Menjadi bagian dari komunitas desainer
Menjadi bagian dari komunitas desainer / Ruang Freelance / Shutterstock

Inspirasi berasal dari mana pun, termasuk dari komunitas desainer web. Mendapat teman baru, berpartisipasi dalam komunitas, follow desainer lain, dapat membantu mengembangkan ide-ide kreatif untuk membuat website.

Tutorial desain grafis – mempelajari Photoshop

Tutorial desain grafis – mempelajari Photoshop
Tutorial desain grafis – mempelajari Photoshop / Ruang Freelance / Shutterstock

Untuk mulai mengembangkan kreativitas dalam membuat website, ada beberapa program dasar desain grafis yang perlu Anda kuasai, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Adobe InDesign. Umumnya, Adobe Photoshop adalah program yang sering digunakan oleh desainer karena dapat menyimpan file dalam bentuk psd. Agar Adobe Photoshop dapat bekerja lebih cepat, sebaiknya Anda mengunduh program Photoshop Cheat Sheet. Mulailah berlatih menggunakan Adobe Photoshop dengan mendesain header Twitter, banner iklan, kalender yang elegan dan music player UI. Jika ingin mempelajari lebih dalam tentang Adobe Photoshop, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti tutorial online dalam bentuk video.

Mempelajari User Interface (UI) dan User Experience (UX)

Mempelajari User Interface (UI) dan User Experience (UX)
Mempelajari User Interface (UI) dan User Experience (UX) / Ruang Freelance / Shutterstock

UI atau User Interface adalah sebuah sistem yang menghubungkan user dengan mesin. Hardware dan software menjadi bagian dari UI. Sedangkan UX atau User Experience adalah penggunaan aplikasi, program, website, dan lainnya. Padukan UI dan UX untuk membuat website yang elegan dan memiliki rating yang bagus. Pelajari lagi beberapa tutorial lainnya mengenai UI dan UX.

Menggunakan tren desain flat web

Menggunakan tren desain flat web
Menggunakan tren desain flat web / Ruang Freelance / Shutterstock

Saat ini desain yang populer adalah desain minimalis. Desain minimalis lebih terlihat bersih dan sederhana. Program desain web yang mengusung tema desain minimalis adalah Web 1.0 dan Web 2.0. Desainer pemula yang ingin mengaplikasikan desain flat website dapat menggunakan premium WordPress theme. Lihat beberapa contoh desain flat website dan optimalkan pencarian inspirasi.

Mempelajari basis web desain

Mempelajari basis web desain
Mempelajari basis web desain/ Ruang Freelance / Shutterstock

Untuk menyiapkan proyek desain website yang potensial, Anda akan memerlukan beberapa persiapan, seperti wireframing, prototyping, dan lesson organizing. Mulai dengan blueprint desain web yang akan dikembangkan. Lalu lihatlah contoh-contoh web yang memiliki wireframe dan prototype yang bagus.

Basis koding – memulai karir di dunia pemrograman – cara membuat website

Basis coding – memulai karir di dunia pemrograman – membuat sebuah website
Basis coding – memulai karir di dunia pemrograman – membuat sebuah website/ Ruang Freelance / Shutterstock

Coding yang dibutuhkan untuk membuat sebuah web adalah HTML5, CSS3, JavaScript – JQuery dan PHP-WordPress. Dalam proses mengembangkan sebuah web terdapat beberapa hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Website yang bagus setidaknya harus memiliki navigasi yang jelas, setting yang telah dikenal khalayak umum, dan juga desain yang fleksibel untuk ditampilkan melalui handphone atau pun tablet.

Tutorial HTML

Tutorial HTML
Tutorial HTML / Ruang Freelance / Shutterstock

Standar kode yang memenuhi untuk web saat ini adalah html5. Penggunaan kode yang sederhana, seperti HTML atau CSS, dapat menghemat waktu. Selain itu, karena desainnya yang sederhana, maka biaya yang dikeluarkan juga relatif hemat dengan template premium. Beberapa hal yang perlu dipelajari ketika menggunakan HTML yaitu cara mengonversikan product landing page dalam format psd. ke html, membuat custom html5 audio dan video menggunakan elemen UI, membuat template email yang responsif yang hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk menyelesaikan pembuatannya.

Tutorial CSS

Tutorial CSS
Tutorial CSS / Ruang Freelance / Shutterstock

Dalam perkembangannya, konsep desain web yang responsif dapat menyesuaikan dengan perangkat apa pun seperti handphone, PC atau tablet. CSS adalah salah satu website dengan desain yang responsif. CSS digunakan untuk styling, padding, border, ukuran font dan warna. Versi yang paling standar dari CSS yaitu CSS3. Dalam penggunaan CSS3, ada beberapa elemen yang harus dipelajari, seperti Menu Pop-Out, Diamond Grid, Countdown Timer, bentuk SVG, dll.

Tutorial JavaScript

Tutorial JavaScript
Tutorial JavaScript / Ruang Freelance / Shutterstock

Ini merupakan dasar dari pengembangan Front-End jQuery, MooTools dan JavaScript. JavaScript memiliki banyak fungsi, seperti pembuatann game online, animasi dan penambahan efek bentuk Morphing.

Mempelajari WordPress

Mempelajari WordPress
Mempelajari WordPress / Ruang Freelance / Shutterstock

WordPress memiliki banyak keuntungan dalam pembuatan website. Pengaturan traffic yang rapi dapat dilakukan oleh WordPress. Selain itu, WordPress juga dapat menambahkan shopping chart dengan sangat mudah.

Training bisnis bagi freelancer

Training bisnis bagi freelancer
Training bisnis bagi freelancer / Ruang Freelance / Shutterstock

Membuat sebuah website berarti memulai bisnis baru. Training bisnis bagi freelancer pemula sangat diperlukan berkaitan dengan cara mengatur keuangan, deadline dan waktu untuk memelihara website.

Mempertimbangkan modal dan tips

Mempertimbangkan modal dan tips
Mempertimbangkan modal dan tips

Untuk urusan financial, beberapa freelancer profesional memercayakannya pada PayPal. Kemampuan bernegosiasi dengan harga dan kemampuan untuk memutuskan kesepakatan juga sangat diperlukan.

Bagaimana menemukan dan menambah klien

Bagaimana menemukan dan menambah klien
Bagaimana menemukan dan menambah klien / Ruang Freelance / Shutterstock

Memulai memang sulit, namun menambah jumlah klien bukanlah tidak mungkin. Hal yang perlu dilakukan untuk memperoleh banyak klien adalah memiliki reputasi yang baik, menemukan klien jangka panjang, dan memperbaiki kualitas diri. Sesuaikanlah kualitas diri dengan yang diinginkan oleh klien. Promosikan diri sendiri secara efektif kepada para calon klien.

Tips yang perlu diketahui untuk mempererat hubungan dengan klien

Tips yang perlu diketahui untuk mempererat hubungan dengan klien
Tips yang perlu diketahui untuk mempererat hubungan dengan klien / Ruang Freelance / Shutterstock

Setelah mendapatkan klien, Anda perlu menjaga hubungan jangka panjang. Bagaimana caranya? Perlakukan setiap klien dengan baik. Bangun hubungan lebih dekat dengan klien. Dengan ini klien merasa diperhatikan dan dihargai. Namun juga harus tetap waspada dengan klien yang sering menunda pembayaran saat deadline. Pelajari bagaimana cara menghadapi klien yang seperti itu.

Berkolaborasi dan fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan

Berkolaborasi dan fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan
Berkolaborasi dan fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan / Ruang Freelance / Shutterstock

Berkolaborasi dengan partner lain dapat membantu meningkatkan produktivitas dalam membangun sebuah website. Pekerjakanlah beberapa orang untuk menjadi pegawai full-time Anda. Ketika berkolaborasi dengan orang lain, penting juga untuk mempelajari manajemen konflik yang kemungkinan besar akan terjadi.
Mulailah berkomitmen untuk menjadi serang freelancer yang profesional dan mampu mengembangkan website yang bagus.
Itulah sekilas tutorial untuk desain web yang bisa Anda praktikkan. Selamat bekerja!

Tags
Show More

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close