Agar Kreatifitas dan Sensitifitas Menulis Tetap Terjaga

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara (Wikipedia). Sedangkan beberapa ahli mendefinisikan menulis sebagai berikut:

  1. Menurut Pranoto (2004: 9) menulis berarti menuangkan buah pikiran kedalam bentuk tulisan atau menceritakan sesutu kepada orang lain melalui tulisan.
  2. Menurut Eric Gould, Robert Diyanni, dan William Smith (1989: 18) menulis adalah perilaku kreatif, perilaku menulis kreatif karena membutuhkan pemahaman atau merasakan sesuatu: sebuah pengalaman, tulisan, peristiwa.
  3. Menurut Djuharie (2005: 120) menulis merupakan suatu keterampilan yang bisa dibina dan dilatih.

Dahulu kita menulis manual di atas kertas dengan pena atau pensil untuk berkirim surat dengan teman atau saudara yang jauh. Kini dengan membuka laptop atau komputer untuk mengetik isi surat, kemudian disambungkan dengan internet bisa langsung kita kirimkan. Teknologi itu bernama e-mail. Untuk kita yang hidup dan dewasa di abad ke-21 ini, tak bisa dipungkiri betapa pesatnya perkembangan yang terjadi.

shutterstock_173678780

Freelancer Image via Shutterstock

Dampak perkembangan yang terjadi kini membuat orang semakin mudah untuk belajar apapun dari internet. Tak terkecuali dalam bidang menulis. Kini semakin banyak orang dengan hobi menulis yang ingin menjadi freelance writer atau penulis lepas. Selain untuk menekuni hobi, mereka juga ingin mencoba mendapatkan penghasilan dari hobinya. Karena semakin banyak individu yang ingin menjadi freelance writer, maka kita perlu lebih kreatif dan sensitif dalam menyediakan tema artikel.

Berikut beberapa tips dariku agar kreatifitas dan sensitifitas dalam menulis tetap terjaga:

Ikuti Berita Terkini

Dengan mengikuti beberapa berita atau hal apa yang sedang tren, kita akan bisa menuliskan tema yang sama dengan memperbaiki kekurangan dari berita yang kita baca atau kita lihat. Sehingga tulisan akan tampak beda dan lebih menarik.

Lebih Sering Membaca

Bisa dalam bentuk buku segala genre, majalah, koran, tabloid, atau artikel-artikel. Karena petuah guru Bahasa Indonesiaku semasa SMA, bapak Sulaiman berkata “Setiap kita membaca, sedikit kepandaian si penulis akan terserap ke kita”. Dengan penambahan kepandaian kita ini, kita akan mampu membuat artikel baru yang lebih kreatif.

Bertemanlah dengan Semua Freelance Writer

Jadi anggapan yang mengatakan, “Semakin sedikit pesaing, semakin tinggi kesempatan menang,” tidak berlaku menurutku. Dengan jalinan pertemanan kita dengan freelance writer yang lain, setidaknya kita akan bisa saling berbagi banyak hal tentang bidang menulis ini. Jika kita tak berteman dengan mereka, bagimana mereka akan berbagi dengan kita? Jika mereka tak berbagi dengan kita, bagimana kita akan bisa memperbaiki tulisan kita?

Teratur menulis

Tak ada hal baik apapun yang terjadi secara instan. Sama untuk kreatif dan sensitif dalam menulis, kita perlu rutin menulis untuk melatihnya. Kalau aku minimal sehari satu artikel dengan panjang minimal satu halaman.

Jangan Lupa Hal Terakhir yang Terpenting: Refreshing

Jadi, kita jangan lupakan menyediakan waktu untuk bersantai. Bersantai itu sangat manjur untuk mengembalikan kesegaran badan dan pikiran, yang telah lelah melakukan tips-tips di atas.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk orang-orang yang suka bekerja keras. Tiada hal baik yang datang kepada kita tanpa melakukan usaha. Orang berbakat memiliki kelebihan dalam kemampuan, tapi sebagian orang yang berbakat akan kalah oleh orang yang kerja keras. Semoga kita termasuk dalam kelompok orang berbakat yang suka kerja keras.

Keep writing, guys!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Ane setuju sama poin-poin diatas gan, terutama lebih banyakin membaca, kata stephen king juga penulis yang baik sudah pasti pembaca yang baik jg.

    Saya juga lg belajar menulis gan, mudah2an bisa belajar disini lebih banyak lagi. thanks

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *