5 Pertanyaan bagi Freelancer Sebelum ‘Terjun’ dalam Proyek

Anda serius dan berkomitmen dalam menjalankan setiap proyek yang datang? Anda siap mengatur waktu Anda? Jika Anda hanya berfantasi dan tidak mempersiapkannya dengan matang, kemungkinan membuang waktu dan uang Anda sangat besar. (lihat!)

 

Sebuah proyek biasanya terlihat sangat menggiurkan dan menguntungkan terutama bagi para freelancer. Akan tetapi, jangan terlalu terburu-buru mengajukan permohonan untuk proyek tersebut. Mengevaluasi hal-hal dasar wajib dilakukan karena satu keputusan akan sangat berpengaruh akhirnya.

 

Berikut pertanyaan sederhana yang harus Anda ajukan pada diri sendiri, sebagai seorang freelancer, sebelum menawarkan proposal proyek. *dengan pertanyaan kecil lain, tentunya.

Apakah kita layak?

Menganalisis dari segi strength, weakness, opportunity, dan threat (SWOT) akan sangat membantu freelancer. Kesiapan SDM, keuangan, waktu harus diperhatikan secara detail. Bertanyalah pada diri Anda:

  • Apakah kita mampu bekerja sendiri?
  • Apakah kita siap menghadapi masalah ketidakpastian keuangan?
  • Apakah kita memiliki cukup tabungan?
  • Apakah kita pernah menyelesaikan proyek sejenis dalam waktu yang sama?

Jika jawabannya TIDAK, lebih baik Anda berpikir lebih lagi untuk menawarkan proyek. Jika jawaban Anda YA, silahkan lanjutkan ke pertanyaan berikutnya. Pertimbangan waktu menjadi masalah krusial (lihat!)

 

Dapatkah kita memenangkannya?

Setelah pertanyaan pertama dipenuhi, selanjutnya yang harus dipikirkan adalah apakah kemampuan kita saat ini dapat memenangkan proyek tersebut? Yang harus dilakukan adalah Anda menganalisis perusahaan klien mengenai masalah apa yang dialaminya, lalu analisis pesaing dalam proyek. Bandingkanlah keduanya dengan kemampuan yang Anda punya.

 

Bisa untung tidak?

Setelah yakin Anda akan memenangkannya, yang harus dilakukan adalan mempertimbangkan cost-benefit yang akan diterima. Akan menjadi percuma ketika apa yang ditawarkan kepada klien sudah bagus, namun biaya yang Anda keluarkan ternyata lebih besar daripada apa yang diterima. Mau dapat untung darimana?

 

Punya jaringan yang luas?

Tentunya Anda tidak dapat bekerja sendiri. Mengingat permintaan klien dan waktu yang dijadwalkan akan sangat berpengaruh terhadap intensitas pekerjaan Anda. Akan lebih mudah jika Anda mempunyai jaringan yang luas sehingga mempermudah pekerjaan nantinya.

 

Siap menjadi leader?

Suatu proyek tentunya tidak akan dapat bergerak secara harmonis dan teratur jika tidak ada pemimpin di dalamnya. Berjalan sesuai dengan track yang telah disepakati akan sangat penting. Kebutuhan akan seseorang yang dapat mengarahkan menjadi hal utama yang harus diperhatikan.

 

Jadi, siapkah kamu para freelancer? 😀

*) sumber gambar: http://pemikiranislam.net/wp-content/uploads/2012/03/tanda-tanya.jpg

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *