Simpan & sharing file super mudah dengan Dropbox

Jika Anda..

  • Sering bertukar banyak file dengan teman / klien / rekan kerja.
  • Ingin berbagi file berukuran besar tapi kesulitan saat upload.
  • Sering gagal mengirim attachment di email dan harus mengulang dari awal.
  • Memiliki koneksi internet kurang stabil namun perlu sering mengirim file.
  • Butuh backup praktis untuk berbagai dokumen penting.
  • Ingin berbagi album foto dengan mudah.
  • Dan menginginkan berbagai kemudahan file sharing?

Dropbox adalah solusinya. Dropbox adalah fasilitas sharing file online yang bekerja di platform Windows, Mac dan Linux dengan 3 pilihan paket registrasi mulai dari Basic 2GB (FREE), Pro 50GB dan Pro 100GB yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saya pribadi menggunakan paket Basic, selain karena gratis juga karena kapasitas 2GB sudah sangat cukup bagi Saya saat ini. Untuk memulai menggunakan Dropbox Anda bisa langsung download dan ikuti petunjuk selanjutnya.

3 pilihan paket registrasi account Dropbox

Yang unik dari Dropbox adalah, ia bekerja melalui desktop Anda dalam bentuk folder seperti layaknya folder biasa dalam komputer Anda. Untuk mengupload file, Anda tinggal drag-and-drop atau copy-paste file ke folder Dropbox di komputer Anda dan otomatis akan tersinkronisasi dengan server Dropbox maupun komputer lain yang terhubung dengan akun Dropbox Anda. Praktis.

Karena Dropbox otomatis tersinkronisasi dengan akun Anda, apapun perubahan yang Anda lakukan dalam folder Dropbox di desktop Anda akan diaplikasikan juga pada akun online Anda dan pada semua komputer lain yang terhubung dengan akun Dropbox Anda. Perlu mengakses file dari komputer tanpa Dropbox? Tenang, Anda kan bisa login ke akun Dropbox Anda melalui web dan mengakses file manapun yang Anda inginkan, begitu juga sebaliknya jika Anda ingin mengupload file baru agar tersinkronisasi dengan komputer Anda yang lain.

Dropbox dapat mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada file Anda sehingga hanya akan menambahkan perubahan yang dilakukan tanpa harus menimpa ulang seluruh file. Efisiensi ini membuat akses upload lebih cepat dan tentunya hemat bandwith. Dropbox juga bekerja seperti space backup yang mencatat semua aktivitas yang terjadi, bahkan Anda bisa mengembalikan file yang telah terhapus. Untuk melakukan ini Anda harus login ke akun Dropbox Anda melalui web.

Ok, sudah install Dropbox dan upload file, lalu bagaimana sharingnya?? Jika Anda ingin berbagi ke non-pengguna Dropbox caranyapun mudah: klik kanan pada file di dalam folder Dropbox yang ingin dibagi, pilih menu Dropbox lalu ‘Copy public link‘ dan paste ke email atau kemanapun Anda ingin berbagi.

Ini bagian favorit Saya, jika Anda ingin berbagi dengan sesama pengguna Dropbox, Anda bisa membuat folder khusus dan berbagi dengan mengundang teman ataupun rekan kerja Anda melalui email Dropbox mereka. Orang-orang yang diundang disebut Collaborators, mereka tidak akan punya akses ke Dropbox Anda selain dari folder yang Anda bagi ke mereka. Folder yang dibagi akan muncul di semua komputer para Collaborators, dan Anda sendiri tentunya. Penambahan maupun perubahan lain dalam folder ini akan otomatis tersinkronisasi ke semua komputer collaborators-nya, oleh karena itu Dropbox juga cocok untuk pekerjaan kolaborasi dan tim.


Untuk berbagi album foto di Dropbox Anda tinggal bisa folder-folder di dalam folder Photos di Dropbox. Folder yang Anda tambahkan di dalam sini akan otomatis menjadi kelompok-kelompok galeri yang dapat Anda bagi dengan orang lain baik pengguna Dropbox maupun non-pengguna dengan custom url yang telah disediakan.


Jika Anda menginginkan tambahan space tapi tetap ingin gratis, paket Basic Dropbox juga menawarkan tambahan space gratis hingga 3GB (jadi total kapasitas Dropbox Anda bisa mencapai 5GB) denagn cara merekomendasikan Dropbox kepada orang lain. Tiap 1 user baru yang bergabung dan menginstall Dropbox akan otomatis menambahkan 250MB pada kalian berdua. Untuk mendapatkan tambahan space ini Anda bisa mengirimkan referral link atau mengundang melalui address book atau email. Lebih lengkapnya Anda bisa langsung menuju ke halaman referral setelah mendaftar.

Sekarang Anda bisa berbagi file super mudah dan tidak repot. Daftar Dropbox sekarang dan langsung dapatkan tambahan 250MB untuk kita berdua 😉

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. chandra hutagaol says

    artikel yg perlu dibaca semua freelancer. aku juga sudah merasakan manfaatnya.

  2. henry says

    gw pakenya yousendit.com sih. buat kirim file lbh cepet 25% dari hotmail katanya. free juga tp klo di atas 2Gb musti berbayar. Selama ini sih selalu di bawah 2Gb.

  3. says

    trims reviewnya momo.
    ngemeng2, apakah dropbox app yg terinstall itu selalu melalu-lintaskan file dengan internet? walaupun antar klien hanya LAN?

  4. says

    @Felix

    Setau gw iya, karena dia sistemnya storage online, gimana ceritanya kalo ngga pake internet ya kan? Apalagi buat uploadnya.

    1 account dropbox bisa diakses dari berbagai komputer, selama terinstall dropbox dan disambungkan ke akun yg sama. Ini bisa dimanfaatkan seperti sharing folder pada jaringan lokal, bedanya kita punya backup online dan aksesnya ngga terbatas di komputer yang sudah di share saja karena main storagenya bukan disitu.

    Kalo LAN mungkin bisa langsung sharing lewat jaringan aja, jadi tanpa internet pun bisa.

    *ini kok gw udah kaya marketingnya dropbox aja*

    😀

    • says

      maturtengkyu inponya…
      mo nanya.. iti berarti kompie kita harus online ya.. ketika kita mo akses data dari komputer lain…
      ato gimana? masih binun nechh.. soalnya nubie banget..

      • says

        pada saat mau upload atau terima update file dari komputer lain memang harus online, tapi setelah semua file ter-update kita bisa mengaksesnya seperti file biasa walaupun offline

  5. says

    bagus sih dropbox,..
    tp klo udah iseng2 ma temen, dropbox slalu download file yang dishare, jadi harus dimatikan dropboxnya lewat control panel bawah. Klo isengnya file kecil gpp, tp klo file gede,.. aarrrgghhh bikin lemot koneksi juga,.. heheheh

    saya sudah hubungan beberapa data di PC rumah ma laptop ini lewat dropbox,.. hihihi seru! 😀

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *