Seri Self Promotion: Self Promotion di Internet

internet-promotion


Ok, kita masuk pada tulisan kedua tentang seri self promotion, pada tulisan sebelumnya kita telah membahas beberapa cara atau persiapan yang dilakukan untuk melakukan self promotion di event. Kali ini mari kita mencoba untuk membicarakan beberapa hal yang berkaitan tentang self promotion secara online.

Tulisan ini memang tidak akan membahas bagaimana caranya melakukan promosi secara mandiri di Twitter atau Facebook atau media internet lainnya, tetapi akan lebih menitikberatkan pada apa yang mesti disiapkan sebelum pada freelancer terjun kebelantara self promotion di internet.

Pertama: Persiapkan Tujuan Untuk Promosi

Promosi mandiri bisa jadi sangat punya beberapa keterbatasan, baik dari modal maupun waktu, maka dari itu tentukan dulu dari awal apa yang ingin Anda capai, apakah Anda menggunakan Twitter untuk mempromoskan profil Anda, web Anda, atau situs karya Anda sendiri.

Apakah Anda menggunakan Facebook page hanya untuk coba-coba atau memang digunakan untuk mempromosikan diri Anda dengan keahlian yang Anda punya dalam rangka mendapatkan klien, mengembangkan karir sebagai freelance atau untuk mendapatkan order secara langsung.

Kedua: Pilih Alat yang Sesuai Penggunaan

Entah itu Facebook, entah itu Twitter atau aplikasi lain yang berhubungan dengan media sosial, satu hal yang pasti adalah memilih alat yang cocok untuk digunakan. Bisa jadi seorang freelancer tidak cocok menggunakan Facebook, tetapi lebih cocok menggunakan Twitter, atau freelancer yang lain lebih cocok hanya dengan menggunakan blog yang lain harus membuat situs sendiri dengan nama domain sendiri.

Pilih alat yang disesuaikan dengan karakter pribadi serta yang sesuai dengan pekerjaan yang dipilih oleh freelancer itu sendiri, misalnya seorang web designer akan lebih baik jika mempunyai situs sendiri yang berisi portofolio mereka, dan seorang fotografer mungkin cukup dengan membuat akun Tumblr dan sisanya menggunakan Flickr atau masuk ke situs pertemanan berbasis fotografi seperti Inifotoku.com dan freelancer bidang lain dengan pilihan alat promosi online mereka.

Ketiga: Fokus

Apapun yang dikerjakan dan bidang apapun pekerjaan freelance yang Anda kerjakan, fokus adalah โ€˜harga matiโ€™ yang harus selalu dibayar, demikian juga dengan melakukan self promotion. Jika Anda hanya akan memilih dua akun sosial sebagai sarana promosi, maka fokuslah pada dua saluran tersebut.

Fokus juga membuat Anda bisa melakukan eksplorasi atas saluran yang Anda pilih, dan mencoba semua fitur yang ada, entah itu situs pribadi, blog, jejaring sosial atau media apapun yang dipilh.

Keempat: Atur Sustainabilitas atau Update Secara Kontinyu

Selain Fokus, โ€˜harga matiโ€™ yang harus dibayar oleh para freelancer dalam self promotion secara online adalah sustainabilitas atau melakukan update secara kontinyu. Hasil promosi tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika Anda tidak meng-update blog, situs atau media lain yang Anda pilih.

Untuk blog paling minimal satu minggu sekali, akan lebih baik kalau Anda bisa melakukan update 2-3 kali dalam seminggu, untuk jejaring sosial tentu harus lebih aktif. Aktif disini juga bisa diarahkan sesuai dengan tujuan yang ingin dipilih, jika Anda memang mencari teman, mungkin Anda bisa berkomunikasi dengan lebih sering, tapi jika Anda menggunakannya hanya untuk mencari info terbaru atau mengarahkan aliran promosi pada situs pribadi Anda, update yang dilakukan mungkin bisa tidak terlalu sering.

Meskipun banyak contoh dalam tulisan ini menggunakan jejaring sosial, namun media promosi mandiri tentu saja tidak terbatas jejaring sosial, banyak saluran yang bisa dieksplorasi dan dipilih, tapi pada intinya, pemikiran dasarnya tetap sama.

Selamat berpromosi, semoga tulisan ini memberi inspirasi, tentu artikel ini bukanlah artikel lengkap yang sempurna, karena itu, saran, kritik serta pendapat bisa disampaikan pada kolom komentar.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

    • says

      linkedin menurut saya sangat berguna, namun memang untuk di Indonesia masih kalah dengan jejaring sosial lain, tetapi para heahunter setahu saya sudah mulai menggunakan linkedin, minimal untuk riset awal.

  1. says

    Betul, poin keempat sulit sekali..
    Apalagi kalau sedang malas-malasnya.
    Memang harus punya niat yang kuat juga nih sebagai modal awal ๐Ÿ˜€

  2. says

    Poin keempat susahh… tapi memang betul mau tidak mau harus dilakuin.

    @Dr.Acer
    linkedin di Indo kayanya skarang udah agak mulai dikenal deh, 2 taun lalu sih orang awam hampir gada yang “ngeh”.. blackberry agak ikut andil ngenalin “linkedin” nih kayanya ๐Ÿ˜›

  3. says

    mas minta saran ne,,,
    q paling ga suka mas yang namanya media sosial baik itu fb maupun twitter,makanya q g aktif d media sosial tsb,,
    da saran q selain self promotion lewat media tsb..
    thx,,

  4. dargombes says

    memaksimalkan FB dan twiiter saja untuk sementara percumah punya 2 akun dI FB dan TWITTER klo cuman baut gaul2 saja ๐Ÿ˜€

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *