Salahkan Tubuh Bila Anda Suka Menunda-nunda

Jawabannya bukan karena malas. Bukan juga karena kita adalah “deadliner” (seperti yang biasa kita klaim sebagai justifikasi–omong-omong, alasan ini sudah super basi jadi lupakan saja lah).

shutterstock_122393329

Credit Image via Shutterstock

Bisa jadi, alasannya adalah karena manusia memiliki sistem tertentu yang tidak disadari sebelumnya (atau dianggap sebagai ‘hal lain’, seperti.. malas, misalnya).

Alex Honeysett, Communications and Promotions Director di Channel One News, menyadari bahwa ada saat-saat ia sedang dalam mood diam dan menikmati karya orang lain serta meresapinya sebisa mungkin, dan ada saat-saat ia sedang dalam mood menyelesaikan pekerjaan dan menciptakan suatu hal. Ia menyebutnya “curation mode” dan “creation mode“.

Saat Anda berada dalam curation mode, tubuh dan pikiran Anda lebih ingin berpikir dan bertanya dibandingkan melakukan dan menjawab. Anda lebih ingin membaca buku dibandingkan presentasi depan orang banyak, seperti yang Honeysett contohkan. Sedangkan dalam creation mode, Anda lebih ingin menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu daripada duduk diam dan mendengarkan orang lain menceramahi Anda. Anda tidak perlu memaksa diri Anda bangun–Anda sudah bangun dengan sendirinya dan bekerja otomatis dengan semangat.

Bila benar begitu, what should we do with it? Honeysett mengatakan bahwa dengan menyadari adanya proses atau sistem ini dalam cara bekerja Anda, Anda justru bisa lebih menyesuaikan diri demi mencapai produktivitas terbaik Anda. Bila selama ini Anda selalu semangat mengetik setelah membaca 1-2 buku motivasi, maka itulah yang harus Anda lakukan sekarang saat Anda memiliki tugas yang sudah lama Anda abaikan. Atau mungkin Anda harus bersenang-senang selama 5-6 jam dahulu sebelum serius menyelesaikan projek maket–lakukanlah. Hal tersebut dikatakan terbukti lebih efektif dan lebih menyenangkan dibandingkan Anda memaksakan diri Anda duduk depan komputer sambil menunggu kalimat pertama untuk keluar (yang tidak kunjung datang).

Jadi, kebiasaan Anda menunda-nunda kemungkinan besar bukan karena malas atau karena Anda terlahir sebagai–ehm–deadliner. Bisa jadi memang seperti itulah tubuh Anda terprogram–curation mode dan creation mode.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *