Tips Praktis Manajemen Waktu bagi Freelancer

Sebagai seorang freelancer, Anda mungkin sering memiliki masalah dalam manajemen waktu. Artikel ini akan membahas manajemen waktu dan memberikan solusi praktis, namun dari pengaturan yang berbeda. Manajemen waktu sebenarnya tidaklah terlalu sulit sebagai sebuah konsep, namun ternyata lebih sulit untuk menerapkannya dalam praktik. Oleh karenanya, alih-alih mengatur waktu Anda, Anda akan diarahkan untuk mengatur tugas Anda (task management), baik di saat-saat Anda sibuk maupun saat waktu luang.

Sistem Manajemen Tugas

Sistem Manajemen Tugas

Sistem Manajemen Tugas / Ruang Freelance / www.slideshare.net

Mengapa manajemen tugas? Bagi seorang freelancer, mengatur tugas menjadi hal yang sangat krusial, sehingga harus dilakukan secara efektif. Di saat awal memutuskan sebagai freelancer, Anda pasti menyadari memiliki waktu luang yang lebih sedikit. Oleh karenanya manajemen tugas akan dapat membantu Anda mengatur berbagai hal yang tersaji di meja Anda, menggunakan pendekatan berdasar tugas daripada berdasar waktu.

Manajemen Tugas Saat Sibuk

Manajemen Tugas Saat Sibuk

Manajemen Tugas Saat Sibuk / Ruang Freelance / www.blog.mindjet.com

Bedakan Antara ‘urgent’ dan ‘important’

Di saat sibuk Anda, Anda perlu membedakan konsep antara tugas mendesak (urgent) dan tugas penting (important). Tugas ‘urgent’ memerlukan perhatian Anda segera, namun jika Anda tidak mengerjakannya, tidak akan menimbulkan masalah. Sebaliknya dengan tugas ‘important’, jika Anda tidak mengerjakannya akan menimbulkan konsekuensi serius bagi Anda atau pihak lain. Selanjutnya gambar di bawah ini akan membantu Anda mengatasi masalah manajemen tugas saat Anda memiliki pekerjaan ganda dalam kurun waktu yang hampir bersamaan.

Ambil Momen Anda

Setiap dari kita pasti mengetahui kapan waktu terbaik untuk bisa bekerja maksimal. Nah, saat itulah Anda bisa mengerjakan tugas tersulit yang Anda miliki. Namun, Anda juga masih perlu membuat skedul tugas-tugas yang perlu diselesaikan dalam waktu khusus, seperti bertemu dengan klien. Selain itu, Anda juga bisa mengerjakan daftar tugas kecil ‘important’ tapi tidak ‘urgent’, yang bisa dilakukan dalam sepuluh menit saat menunggu bertemu klien, misalnya menjawab email masuk dan lain-lain.

Jangan Melakukan Banyak Pekerjaan (Multi-Task)

Umumnya orang tidak bisa maksimal bila mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, karena memaksa otak untuk fokus pada dua hal sekaligus. Akan lebih baik bila kita menyelesaikan satu pekerjaan sebelum pindah pada pekerjaan lain. Jika Anda harus melakukan banyak pekerjaan yang berbeda, cobalah kelompokkan, lalu kerjakan tugas yang sama secara berurutan.

Manajemen Tugas di Waktu Luang Anda

Manajemen Tugas di Waktu Luang Anda

Manajemen Tugas di Waktu Luang Anda / Ruang Freelance / www.abichiropracticsoftware.com

Nah, sebaliknya sebagai freelancer Anda pasti mengalami saat sepi dari pekerjaan dan memiliki banyak waktu luang. Di saat seperti ini, Anda bisa mengatur manajemen waktu dengan mengerjakan tugas-tugas yang tidak termasuk dalam ‘urgent’ dan ‘important’ tersebut. Tugas-tugas apa yang antara lain bisa Anda kerjakan di saat sepi ini?

Proyek Jangka Panjang

Di saat sepi pekerjaan, proyek jangka panjang bisa Anda kerjakan kembali agar nantinya bisa menghemat waktu. Bisa saja dalam beberapa hari ini Anda tidak ada pekerjaan, namun beberapa bulan berikutnya Anda akan sangat sibuk. Jadi kenapa harus menunggu saat-saat tenggat waktu tiba?

Proyek Pribadi

Banyak pekerjaan terkait logo, artikel dan lain-lain, yang merupakan proyek pribadi yang mungkin belum sempat Anda kerjakan. Dengan menyelesaikannya, Anda juga bisa menghasilkan uang dari hal yang Anda sukai.

Proyek Menulis di Internet

Manfaatkan waktu luang dengan menulis hal yang menarik, bisa menjadi blogger tamu atau menulis di website. Anda bisa menulis artikel dan mendapatkan bayaran dolar. Semakin banyak menulis di internet, semakin banyak pula kesempatan Anda untuk mendapatkan tambahan uang serta ide baru.

Software Sistem Manajemen Tugas

Software Sistem Manajemen Tugas

Software Sistem Manajemen Tugas / Ruang Freelance / www.kopykitab.com

Untuk memudahkan manajemen tugas Anda, sebagai freelancer Anda bisa menggunakan software yang diunduh secara gratis dari internet. Berikut 6 software sistem manajemen tugas terbaik untuk mengatur skedul freelancer, yang bisa Anda
pilih: Bambam, Producteev, Todo Cloud, Todoist, Trello serta Wrike. Anda juga bisa mengombinasikannya sesuai kebutuhan sebagai freelancer.

Nah, akhirnya dengan mengatur tugas-tugas Anda sesuai prioritas, manajemen waktu Anda secara otomatis terorganisasi dengan lebih baik bukan?

Source:
http://www.skillsyouneed.com/ps/time-management.html
http://blog.capterra.com/free-task-management-software/

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. Agus Mulyono says

    Salam kenal sy agus ingin ikut gabung sebagai frelancer mohon info & pentunjuknya

    Best Regards
    Agus mulyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *