Freelancer Dilarang Begadang!

Pada umumnya, manusia dewasa pada usia 18-64 tahun membutuhkan waktu tidur selama 7-9 jam setiap malamnya. Namun, masih banyak yang mengabaikan jam tidur yang dianjurkan ini, terutama para freelancer.

Seorang freelancer atau pekerja paruh waktu, memang tidak memiliki jam kerja yang pasti, apalagi bagi mereka yang bekerja dari rumah. Sering kali, karena pekerjaan datang tidak menentu dan memiliki deadline yang mengikat, para freelancer menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cara begadang. Padahal, kurang tidur memiliki banyak kekurangan yang merugikan, seperti mematikan kreativitas dan konsentrasi. Selain itu, akan lebih sulit bagi seorang freelancer untuk menghadapi dan memenuhi keinginan klien jika berada pada kondisi tidak fokus.

Tidur Berkualitas Berdampak pada Produktivitas

Tidur Berkualitas Berdampak pada Produktivitas

Tidur Berkualitas Berdampak pada Produktivitas

Beberapa manfaat jika Anda memiliki waktu tidur yang cukup adalah:

1. Memiliki Memori yang Lebih Baik

Saat Anda tidur, otak ternyata tetap bekerja. Namun uniknya, otak seperti sedang “melatih” diri dan hal ini dapat membantu memperkuat daya ingat. Artinya, saat Anda bangun, otak akan lebih maksimal bekerja terutama jika digunakan untuk mempelajari sesuatu.

2. Meningkatkan Kreativitas

Selain memperkuat daya ingat, saat tidur otak ternyata juga mengatur dan menyusun ingatan-ingatan tersebut. Hasilnya, kreativitas pun meningkat. Sebuah penelitian di Universitas Harvard menemukan bahwa tidur menguatkan komponen emosi dari sebuah ingatan yang mampu mendorong proses kreativitas seseorang.

3. Konsentrasi yang lebih Tajam

Kurang tidur sudah pasti akan membuat kita mengantuk sepanjang hari dan ini sangat mempengaruhi konsentrasi. Dengan tidur yang cukup, tubuh tidak akan merasa lelah dan mengantuk di siang hari. Ini akan membantu Anda untuk menjadi lebih produktif dan fokus dalam bekerja.

4. Menurunkan Stres dan Mencegah Depresi

Stres sering dialami orang yang bekerja di bawah tekanan dan dengan cukup tidur hal ini dapat diatasi. Orang yang cukup tidur juga memiliki kadar tekanan darah yang lebih terkontrol, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, cukup tidur menjauhkan depresi karena membantu memperbaiki suasana hati, menjaga stabilitas emosi, dan menghilangkan perasaan cemas atau gelisah.

Keempat manfaat tidur di atas sangat dibutuhkan oleh seorang freelancer untuk menunjang pekerjaan mereka dan bekerja lebih produktif, efisien, dan memuaskan. Lalu, bagaimana cara mengatur waktu tidur yang sudah terlanjur berantakan?

Cara Mengatur Waktu Tidur

Cara Mengatur Waktu Tidur

Cara Mengatur Waktu Tidur

  • Kenali tubuhmu. Tubuh manusia mempunyai ritme atau pola alami yang menyesuaikan waktu. Misalnya, pada pagi hari tubuh berada pada posisi paling prima, sedangkan pada malam hari tubuh meminta istirahat. Ketahui ritme tubuhmu untuk mendapatkan tidur yang cukup.
  • Miliki jadwal tidur yang tetap setiap harinya, bahkan di akhir pekan sekalipun. Sering kali seorang freelancer memiliki jadwal tidur yang berbeda setiap harinya. Misalnya, hari ini dia bangun pukul 7 pagi kemudian di malam hari dia begadang dan baru tertidur pukul 3 pagi. Tentu dia dapat terbangun di siang hari atau malah memaksakan diri untuk tetap bangun di pagi hari karena harus bekerja. Ini akan sangat merusak pola tidur dan tubuh pun akan merasa sangat kelelahan.
  • Tidur siang. Tidur di siang hari merupakan hal alami yang sering diminta oleh tubuh. Biasanya kita akan merasa mengantuk sekitar pukul 1 siang sampai 3 sore. Luangkan waktu untuk tidur siang selama 20 menit saja. Usahakan untuk tidak tidur terlampau lama, karena bukan rasa segar yang akan didapat tubuh melainkan rasa lesu dan lemas.
  • Matikan telepon genggam. Umumnya, kita akan merasa tergelitik untuk mengecek telepon genggam, baik itu sosial media atau obrolan dengan teman. Hal ini dapat menganggu keinginan untuk tidur dan berakhir dengan melewati jam tidur yang seharusnya.

Menjadi seorang freelancer sebenarnya tidak mudah, karena dia bukan berjuang melawan atasan melainkan dirinya sendiri. Seorang freelancer harus berurusan langsung dengan klien dan keadaan tubuh yang prima dengan hasil kerja memuaskan selalu dituntut. Yuk, perbaiki pola tidurmu untuk kualitas kerja yang lebih baik.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *