DiskusiKlien

Freelancer Online? Pekerjaan Menjanjikan di Masa Depan

Bosen kali yah, sudah terjun ke dunia online sebagai seorang pekerja lepas online yang sampai detik-detik ini juga tidak adanya order dari klien. Baik yang sudah pernah pakai jasa order kita, sampai yang belum pernah sama sekali. Ya, terkadang memang memuakkan jika menyadari pekerjaan lepas online tidaklah semanis pekerjaan didunia nyata. Disini saya sendiri akan membahas sedikit tentang “apa benar menjadi seorang pekerja lepas dunia online” itu menjanjikan? Terutama baik di masa sekarang dan dimasa depan?

image by theadmatrixindia on flickr

Semua Ingin Bergerak Online

Lihat saja berapa banyak startup digital yang bermunculan di dunia online? Semua butuh jasa freelancer online loh. Dan mereka berani bela-belain untuk keluar duit banyak agar startup mereka juga cepat dikenal, unik, banyak pengunjung, apalagi banyak pembeli onlinenya. Sebagai startup yang mengerti bisnis, pastilah mempekerjakan freelancer online ini. Karena dirinya ingin menghemat waktu untuk tidak melakukan semuanya sendiri. Hingga terdiri dari beberapa divisi pekerjaan seperti

  1. Programming. Seperti membuat themes, membuat CMS untuk portal berita, toko online, social media lokal.
  2. Desain Grafis. Seperti membuat header logo blog/website, membuat file PSD yang unik, membuat tampilan landing page.
  3. Content Writing. Seperti menulis artikel rutin di portal berita lokal. Rewrite artikel bahasa inggris.
  4. Marketing Online. Seperti menjawab pertanyaan di social media, Facebook dan Twitter. Atau promosi di forum-forum.

Karena semakin banyak juga UKM yang ingin bergerak online, tak ada yang salah jika freelance online akan menjanjikan dimasa depan. Apalagi banyak juga perusahan yang tidak lagi menjadi startup telah menjadi perusahaan online besar yang tetap membutuhkan freelancer online.

Gaji Rendah? Tidak masalah kan?

Gaji rendah tidak masalah kan? Ya, kalau anda merasa sekarang gaji masih rendah, terus apa yang perlu dirisaukan? Karena sekarang saja karya anda dibayar murah, dengan tetap berkontibusi dan bertahan hingga beberapa tahun kedepan, nama anda akan dikenal di dunia online dan menjadi rujukan bagi semua startup digital. Yang terpenting adalah sistem kerja anda berubah ke arah yang lebih baik. Tidak ada pekerjaan yang langsung bergaji tinggi tanpa ada kualitas dari diri kita sebelumnya. Jangan meminta harga tinggi jika anda masih berkutat dalam karya yang itu-itu saja. Freelancer online itu belajar dan bekerja. Jadi bekerja saja tidak cukup jika tidak diikuti dengan belajar bagaimana mendapatkan kesempatan menghasilkan gaji yang pantas.

Perusahaan tidak ingin repot soal hak karyawan

Ya, perusahaan baru, startup lokal tentunya, tidaklah ingin dipusingkan masalah karyawan. Perusahaan sekarang cerdas. Memilih freelancer yang memiliki kualitas sama dengan karyawan tetap tapi bergaji murah dan bersifat kontrak. Walau tidak semua begitu, tapi perusahaan digital online tentu berpikir seperti itu. Karena keuntungan dari online mereka pun tidaklah tentu, maka mereka selalu ingin adanya win-win solution. Perusahaan tidak ingin bangkrut hanya gara-gara membayar gaji karyawan bulanan, tapi mereka tidak mendapatkan keuntungan maksimal. Oleh karena itu freelancer online tetaplah akan menguntungkan dimasa depan.

Jangan khawatir, jangan cemas bagi anda yang sekarang masih lesu soal order klien anda. Anda tidaklah sendiri. Banyak freelancer online yang anda belum kenal, belum tahu namanya, yang juga berjuang demi masa depan mereka.

Tags
Show More

Related Articles

9 Comments

  1. yup, menjanjikan kalau dalam pelayanannya terhadap klien bagus, dan memiliki relasi yang banyak, serta cepat tanggap dengan peluang…
    tapi jangan lupa sama yang offline, ga’ kalah menjanjikan juga…
    hoho πŸ˜€

  2. Soal kebelasan memang freelance sangat bagus dan kita adalah boss bagi kita sendiri tapi kalau tak pandai dalam mengembangkan karirnya bisa berapa juga
    terima kasih infonya

  3. Masalah menjanjikan atau tidak, itu tergantung pada kemampuan dan keberuntungan pastinya.
    Kalo selama masih bisa mengikuti dan terus berkembang, kerja freelance bukan cuma menyenangkan, tapi “Mengkayakan” πŸ˜€
    DAN BEGITU JUGA SEBALIKNYA.

    Kalo mau gaji tetap (TETAP AJA SEGITU2 MULU, GAK NAIK KALO GAK DEMO/KORUS), ya jangan jadi freelancer πŸ˜€

    Terima kasih mas Anggi Krisna πŸ˜‰ dan yang nulis pastinya (yang nggak disebut jangan kesinggung)
    heehehehe
    Seneng deh baca2 disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close