Freelance juga (bisa) Mahal!

image by: 401 (K) 2012 on Flickr!

Banyak freelancer yang mengalami kesulitan mengatur pendapatan untuk menutupi atau membayar seluruh biaya hidup yang makin kompleks dan tinggi. Tentunya Anda setuju jika pekerjaan freelance akan lebih menjanjikan lagi jika pendapatan yang dihasilkan meningkat terus. Ya kan?

 

Keadaan ekonomi yang semakin carut-marut ditambah kenaikan bahan bakar juga bahan baku menjadi latar belakang mengapa seseorang ingin mendapatkan uang lebih banyak lagi. Ditambah lagi kebutuhan manusia yang tidak ada habisnya. Ingin beli ini, beli itu. Hei, freelancer juga manusia!

 

Lalu, bagaimana caranya? 😀

 

Tips pertama. Ketika Anda mendapatkan klien baru, naikkan tarif Anda dari sebelumnya. Ini cara paling mudah dilakukan. Tidak salah jual mahal sama klien baru. Iming-iming ‘sudah berpengalaman’ dengan proyek-proyek yang dilakukan sebelumnya bisa menjadi modal utama loh!

 

Tips kedua. Belum punya klien baru? Tapi masih punya kan klien yang lama. Jika kerjasama masih terjalin, coba untuk menanyakan klien Anda apakah ia bersedia jika tahun depan bayaran proyeknya dinaikkan. *hehehe 😀

 

Tips ketiga. Gunakan paket pembayaran. Layaknya berjualan menu paket hemat di restoran cepat saji, Anda juga bisa melakukannya. Misalnya, Anda dibayar untuk menulis blog Rp 100.000 setiap kali posting. Nah, tawarkan kepada klien jika ada paket Rp 3.000.000 untuk 35 posting. Lumayan untuk me-nye-ge-ra-kan terkumpulnya uang. *hahaha

 

Tips keempat. Putuskan hubungan dengan klien pelit! Harga bahan bakar dan bahan baku saja bisa naik, kenapa bayaran kita tidak?

 

Tips kelima. Hari Spesial Kita. Misalnya, agency  Anda sedang berulang tahun atau sedang dalam suasana hari besar (Idul Fitri, Natal, Imlek, dll). Memberi diskon namun menguntungkan bagi kita tidak ada salahnya. Siapa tahu malah banyak lagi klien yang berdatangan.

 

Sekian, tips nya. Semoga berguna ya. Good luck 😀

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Ditunggu penjabaran dan tips detail untuk langkah nomer 2. Supaya kita bisa generate more income tanpa klien males sama kita lantaran fee dinaikkan 🙂

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *