Bosan jadi Freelancer?

Sebagai freelancer atau pekerja lepas, disiplin diri merupakan hal yang sangat penting untuk dibiasakan. Memang jadwal freelance Anda fleksibel, tapi justru bersikap tegas terhadap diri sendiri penting untuk mempertahankan karir. Menjaga motivasi diri menjadi prioritas paling utama. Ya, namanya juga manusia pasti ada saat-saat di mana kita merasa sedang unmood untuk bekerja. Natural saja. Sangat penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang bisa membuat Anda termotivasi lagi.

Mudah-mudahan hal-hal berikut bisa membuat Anda bersemangat lagi. Merdeka! ūüėÄ

sumber gambar di sini

Ingat Kembali Alasan Anda jadi Freelancer !

Jika Anda bisa mengingat lagi hal-hal apa saja yang membuat Anda memutuskan menjadi freelancer, Anda akan bersyukur bahwa jalan tersebut merupakan yang terbaik. Biasanya alasan ini karena Anda ingin merasa bebas dan jadwal yang lebih fleksibel. Selain itu, memiliki kebebasan dalam melaksanakan tugas/pekerjaan. Apakah akhir-akhir ini Anda kurang bisa mencapai target hasil pada waktu yang telah ditentukan? Selalu saja tidak tepat waktu. Bisa jadi masalahnya adalah manajemen waktu yang buruk atau Anda sedang tidak bergairah untuk bekerja. Jika memang alasan Anda adalah turunnya motivasi menjadi freelancer, Anda harus tanamkan bahwa alokasi waktu dan kerja keras yang Anda sediakan untuk pekerjaan merupakan jalan untuk menjadi freelancer sukses.

Ingat kembali kalau pekerjaan ini akan mempengaruhi pendapatan bahkan reputasi. Siapa yang tahu jika dari klien yang satu ini, akan mendapatkan klien lainnya.

Mencari Inspirasi!

Sangat mudah untuk tidak dapat berpikir jernih dan kreatif di saat kondisi pikiran Anda ada pada titik terendah. Apalagi jika¬†mengingat deadline yang mendesak, pekerjaan akan dilakukan apa adanya. Anda perlu penyegaran pikiran. Kunjungilah tempat-¬†tempat yang bisa Anda nikmati dan membuat Anda tenang. Misalnya taman kota atau museum juga gallery. Biasanya suasana tenang¬†tersebut malah membuat pikiran semakin kreatif. Cobalah untuk sedikit melupakan pekerjaan Anda sejenak. Anda pergi untuk¬†menjernihkan pikiran bukan untuk melakukan pekerjaan. Atau sekedar bercengkerama dari hati ke hati dengan freelancer lain juga bisa ūüėČ

Fleksibel terhadap Diri Sendiri

Hal paling indah dalam dunia freelance tidak lain tidak bukan adalah waktu kerja yang fleksibel. Bukan berarti pekerjaan Anda ditunda hingga mendekati waktu deadline. Cobalah untuk fleksibel dalam alokasi waktu pekerjaan. Misal waktu untuk bekerja 4 jam sehari tapi jangan tetapkan jam 10-14 saja. Sesuaikan dengan kegiatan lain yang mungkin bisa Anda eksplore di kemudian hari. Yang pasti harus konsisten jumlah jamnya. Bukan waktunya.

Mengulang Kembali Hobi Lama

Anda pasti dulu punya hobi atau kebiasaan yang sering Anda lakukan. Namun beranjak dewasa, dengan segala tuntutan pekerjaan,¬†sosial, dll hobi atau kebiasaan itu menjadi terbengkalai. Saya misalnya, senang sekali menggambar. Tapi karena jadwal kuliah,¬†pekerjaan dan kegiatan organisasi lainnya hobi tersebut menjadi terbengkalai. Jika sudah bosan, coba ‘memanggil’ kembali hobi¬†masa lalu tidak ada salahnya. Sekedar menguji skill lama yang sudah terpendam. Masih bisa gambar gak ya? ūüėÄ

Jadi, istirahatkan badan dan pikiran menjadi sangat penting untuk membuat pekerjaan tetap konsisten. Belajar mengontrol emosi sendiri dan manajemen waktu yang baik. Setiap orang pasti punya titik jenuh. Hanya berbeda-beda dalam mengatasinya. So, apa yang bisa memotivasi kamu, freelancer?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. Akhmad Sofwan says

    Yang bisa memotivasi saya sebagai Freelancer ?.
    Salah satu yang utama adalah …. Jumlah uang , apalagi kalau nilai nya besar yang akan di bayarkan client :-).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *