Beberapa Cara untuk Fokus pada Pekerjaan

target

Fokus menjadi salah satu bagian penting bagi freelancer, jumlah pekerjaan yang, biasanya lebih dari satu, serta kendala yang ada di lingkungan kerja sebagai freelancer bisa membuat para freelance kehilangan fokus pekerjaan.

Padahal fokus adalah semacam kendaraan utama dalam usaha untuk menyelesaikan perkerjaan bagi para freelancer.

Berikut beberapa ide tentang fokus pada pekerjaan bagi anda para pembaca RuangFreelance, yang bisa dicoba untuk dijalankan, siapa tau bisa membantu teman-teman freelancer untuk menemukan tipe/sistem fokus masing-masing.

Tentang Rumus Fokus pada Tiga Hal

Salah satu artikel di Work Awesome ini, sangat menginspirasi saya dalam menentukan fokus dalam menyelesaikan pekerjaan yang saya lakukan. Di artikel itu disebutkan bahwa kalau anda bisa menyelesaikan hanya 3 pekerjaan dalam satu hari maka, ‘sekecil’ apapun pekerjaan itu, anda telah menjadi seorang freelancer yang produktif, jika ini dilakukan rutin maka pekerjaan yang banyak akan terselesaikan dengan sendirinya.

Yang terpenting tentang fokus pada 3 hal saja adalah, lakukan pekerjaan dan selesaikan pekerjaan secara bertahap, artinya satu pekerjaan mengarahkan pada pekerjaan lainnya. Jadi kalau anda menyelesaikan sebuah pekerjaan maka itu akan membantu anda untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Pecahkan Pekerjaan Jadi lingkup yang Lebih Kecil

Ketika besar menjadi terlalu berat, pecahkan menjadi bagian terkecil dan selesaikan secara bertahap. Menghadapi perkerjaan besar atau banyak, sering kali juga membutuhkan fokus serta usaha yang besar.

Pekerjaan yang dipecah menjadi beberapa bagian kecil bisa membuat fokus lebih terarah, dan konsentrasi akan penyelesaian bagian demi bagian pekerjaan bisa maksimal.

Istirahat

Well, gak ada cara yang lebih baik untuk mengembalikan fokus selain istirahat. Istirahat bisa lama atau bisa pula sebentar. Bagi sebagian orang, istirahat sebentar namun sering akan lebih baik dari pada istirahat lama.

Bagi freelancer seperti ini, fokus bisa balik dengan cepat, namun bisa juga pergi dengan cepat. Yang terpenting adalah tetap pada jalur pekerjaan, dan tidak keluar dari rencana awal dalam menyelesaikan pekerjaan.

Rencanakan Semuanya

Bersambung dari poin di atas, untuk menjaga fokus dalam bekerja, rencanakan semua pekerjaan yang akan dihadapi hari itu, minggu itu atau bulan itu. Ada juga freelancer yang menyusun jadwal sampai per jam, atau per tiga jam.

Pengaturan berfungsi untuk membuat semacam jalur khusus agar fokus dapat tetap terpelihara dan perkerjaan dilakukan dengan sistem ‘maju bertahap’.

Menemukan sistem fokus dan bagaimana cara untuk melakukan pekerjaan akan selalu berbeda bagi setiap freelancer, namun yang sama adalah bagaimana membuat kerja yang terarah, fokus yang konsisten serta pengaturan yang sesuai dengan karakter kerja freelancer itu sendiri.

Selamat mencoba dan selamat menemukan cara untuk fokus pada pekerjaan anda.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Nice Article, jujur kerja sebagai freelancer sangat susah untuk fokus (termasuk gw). byk interupsi sama tingkat kenyamanannya tinggi banget. Lebih enak ber leha2 sama keluarga di banding kerja. Tapi pas saatnya bayar2 akhir bulan, langsung bingung ngelihat tagihan. :p

  2. says

    Bener banget wik, simple nya bekerja harus dengan maping dan konsep sebagai kompas buat kerja kita, supaya terarah dan berada di “jalan yang benar ” dan ga buang banyak waktu.

    dan ketika banyak pekerjaan tentunya malas adalah musuh bagi kita semua 😀

  3. Ponidi says

    Yup memecah2 pekerjaan menjadi bagian2 kecil emang sangat membantu.

    biasanya saya set deadline per 1jam -> istirahat 15menit -> kerja 1jam -> setelah 3 jam istrahat 30menit + rekap hasil pekerjaan

    dengan begini pekerjaan sesusah apapun menjadi mudah ^__^

  4. says

    sip… bener banget tuh,
    di saat ada pekerjaan yang banyak, apalagi deadline juga mepet,
    membagi waktu dan membagi pekerjaan adalah tindakan tepat.
    tapi, kadang kalau saya rasa nggak bisa menyelesaikan, saya cari bantuan temen2. dan itu juga salah satu tindakan saya. 😀

  5. says

    keren ni artikelnya…terutama pada bagian memecah sesuatu yg besar menjadi kecil2….tapi klo aku sendiri lebih ‘nyaman’ melihat 1 pekerjaan besar daripada melihat 10 pekerjaan kecil2….aku klo tau jml kerjaan banyak itu malah jadinya ‘deg2an’ :)) ….tapi tetep mantep dah ni artikel 🙂

  6. says

    Mecah jadi beberapa subsub pekerjaan memang ide bagus banget yak… Jadi lbh simple dan tahaptahap pekerjaannya bs diliat secara jelas… Nice post gan….

  7. says

    nice article,,
    yang paling penting dalam menyelesaikn pekerjaan tu kita musti fokus, dan terencana, tetapi tetap usaha yg paling penting, lo kita mau berusaha pasti hasilnya memuaskan,..

  8. says

    Good article!
    Klo boleh nambahin, menurut saya kata kunci dari fokus adalah passion. Jadi, kalo kita udah nemuin passion kita masing2, kita akan menikmati pekerjaan kita dan secara otomatis kita akan fokus bekerja pada passion itu 💡

  9. says

    Yup, fokus sangat penting dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Sangat sulit untuk bisa fokus penuh terhadap pekerjaan kita, dan ini lah salah satu kekurangan dari newbie ato bahkan yg sdh senior jg sring mengalami nya. Musti harus banyak latihan fokus deh kayaknya.

    BTW, thx info nya. So helpful 🙂

  10. St. Ristani Fauziah says

    dulu… saat sma pernah diajarkan untk mendptkan titik fokus terhadp sstu yg ingin kt pahami dan kerjakan! tp… seiring byknya godaan yg dtng…
    cr pandang hidup dan kefokusan ku tuk bnr2 mnjadi yg terbaik di mana pun ku berpijak, agk langka rasanya.
    pa lagi semenjak makin dimanjakan dengan IT/ teknologi (fban di hp to games di fb dll) seru2 bgggt…..
    tergoda hingga mmbwtku mkin tdk fokus ih…
    sdgkn kerjaanku sndiri sll brhbgn dg Intrnet, bnr2 godaan terbesar ni. dlm hati kecilku berkata: jwban yg tpt untuk bs ttp fokus saat bekerja adalah berusaha untuk JUJUR tidak KORUPSI WAKTU SAAT BKERJA & Ingatlah Allah sll melihat perbuatan kita.
    ttpi… sayangnya,,, aku jg sering melupakan-Nya…
    Smoga hr2 kdpnnya kt semua bs lbih baik dgn menyadari bhwa kita sll di pantau olh Maha Melihat. Amin… krn tidak fokus bagiku adalah tidak jujur. so… dgn jujur & berniat baik mk sgl pekerjaan ap pun pasti akn mudah teratasi.
    Tidak ada yg tidak mungkin di dunia ini. semuanya mungkin sj terjadi, dengan seijin-Nya. Amin…
    Semangaaaaaaaaaaaat…

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *