Apa Yang Menginspirasi Freelancer Dalam Bekerja?

Mengerjakan sebuah proyek penulisan membutuhkan komitmen, konsistensi dan juga kemampuan mengelola motivasi diri. Tak jarang para ghost writer dan beragam profesi freelancer lainnya mengkondisikan lingkungan sedemikian rupa agar mood bekerja tetap menyala. Hal apa saja yang bisa memacu kreatifitas para freelancer ketika bekerja?

 

image by aditya_gumay on flickr

 

Seseorang

Siapakah seseorang itu? Jawabnya bisa bermacam-macam tergantung status pernikahan freelancer yang bersangkutan. Bagi yang masih lajang, seseorang itu bisa jadi kedua orang tua, saudara, pacar atau bahkan teman. Sedangkan bagi freelancer yang sudah menikah, pemacu kreatifitas umumnya anggota keluarga, suami atau isteri dan anak.

 

Sebuah tempat

Jika Anda seorang online freelancer dan memimpikan bisa bepergian ke suatu tempat, misalnya ke kota suci Mekkah, tentu akan berusaha habis-habisan agar mimpi itu bisa tercapai. Dengan membayangkan situasi seolah-oleh telah berada disana, maka diharapkan semangat kita akan terlecut agar bisa menjadikannya sebagai sebuah kenyataan.

 

Waktu menulis

Menulis di malam hari dan siang hari memiliki kesan tersendiri bagi setiap ghost writer. Seperti halnya bidang freelancer lainnya, kebanyakan freelancer writer lebih suka menulis pada malam hari. Hal ini bisa dimungkinkan karena suasana sepi, otak tenang dan minim gangguan dari lingkungan.

 

Alunan musik

Sebagian teman-teman copywriter mengaku bahwa ide-ide kreatif mereka bisa muncul pada saat bekerja sambil mendengarkan musik yang lembut. Sebagian lagi bersemangat saat mendengarkan musik rock.

 

Mengapresiasi karya orang lain

Memang benar bahwa dunia freelancer itu tidak jauh dengan seni visual dan seni sastra. Saya sendiri merasa lebih terbakar pada saat menikmati karya fotografi teman-teman freelancer photographer.

 

Tagihan rekening bulan lalu

Saya yakin cara yang terakhir ini akan mampu meningkatkan kreatifitas para freelancer dalam bekerja. Pada saat menganalisa lonjakan tagihan rekening bulan lalu (entah itu rekening telepon, rekening listrik, rekening PDAM maupun kartu kredit) secara tidak langsung kita akan berguman, wah bulan ini harus lebih banyak dapat job.

 

Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Hal-hal apa saja yang bisa membakar semangat Anda agar lebih kreatif ketika bekerja sebagai freelancer?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    yang sangat menginspirasi saya adalah seseorang dan alunan musik yang melo atau ceria tergantung suasana dalam bekerja…
    nice post 🙂

  2. Evi SR says

    semua hal di atas menginspirasi saya. satu hal lagi adalah saya suka hidup di dunia fantasi, jadi ketika menulis merasa sangat hidup 🙂

  3. says

    Ni alasan yang terakhir memang telah membuat kita tidka memiliki pilihan kecuali bisa menghasilkan uang, yang tadinya santai dalam mencari uang dan sekarang telah termotivasi untuk menghasilkan uang dengan target capaian tertentu
    Terima kasih infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *