17  Freelance Business Tools yang Penting untuk Mengatur Bisnis Freelance Anda

Bekerja paruh waktu, baik sendiri atau dalam tim, juga merupakan sebuah bisnis. Meski mudah untuk memulai, bukan berarti Anda tidak memerlukan freelance business tools yang tepat dan variatif agar bisnis tersebut tumbuh.

Business tools berikut ini bisa membantu Anda untuk sukses:

1. Wave Accounting atau Pembukuan untuk Bisnis Kecil

Wave Accounting atau Pembukuan untuk Bisnis Kecil

Pembukuan untuk Bisnis Kecil/ Ruang Freelance / movieeshare.blogspot.com

Wave  adalah aplikasi keuangan pribadi, faktur, akuntansi, pembayaran upah  berbasis Cloud untuk freelancer, enterprener atau bisnis kecil.

Penjelasan di situsnya sebagai berikut:

Sebagian besar software bisnis kecil dirancang bagi bisnis menengah, sehingga sangat kompleks. Jadi kami merancang Wave untuk bisnis dengan karyawan di bawah 9 orang, termasuk pemilik toko perorangan. Inilah alasan produk kami sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Manilla App – Aplikasi Keuangan Pribadi

Manilla App - Aplikasi Keuangan Pribadi

Aplikasi Keuangan Pribadi / Ruang Freelance / badappreviews.com

Fungsi aplikasi ini adalah untuk menyimpan seluruh transaksi keuangan, tagihan, program royalti dan kupon di satu tempat. Keamanan aplikasi ini sebaik keamanan yang ada di bank mana pun (menurut klaim mereka) dan bisa diunduh di smartphone Anda.

3. CX – Penyimpanan di Cloud

CX - Penyimpanan di Cloud

Penyimpanan di Cloud / Ruang Freelance / thetechscoop.net

Ini adalah aplikasi seperti Dropbox untuk berbagi file dengan klien terbatas. Bila Anda perlu tambahan kapasitas simpanan, Anda bisa mengupgrade ke layanan berbayarnya. Nah, CX mengisi celah ini dengan menawarkan kapasitas 10 GB.

4. Mozy – Solusi

Mozy - Solusi Backup

Solusi Backup / Ruang Freelance / geeky-gadgets.com


Back up
sangat penting sebagai salah satu freelancer business tools. Secara otomatis Mozy akan menyimpan dan  membuat data Anda jadi berbasis web. Anda bisa mengunggah aplikasinya di smartphone. Ada paket MozyHome bagi freelancer, namun ada juga paket  penyimpanan yang lebih besar untuk kebutuhan backup yang lebih banyak.

5. Wunderlist – Daftar Pekerjaan yang Harus Anda Lakukan

Wunderlist - Daftar Pekerjaan yang Harus Anda Lakukan

Daftar Pekerjaan yang Harus Anda Lakukan / Ruang Freelance / zachernuk.tumblr.com


Wunderlist
merupakan solusi bagi Anda yang menyukai Google Tasks tapi dengan kapasitas yang lebih besar. Anda juga bisa menambahkan teman, dan mendelegasikan tugas.

6. Google TasksManajemen Tugas

Google Tasks - Manajemen Tugas

Manajemen Tugas / Ruang Freelance / technologytell.com

Dengan Google Tasks, email dapat ditambahkan langsung ke file tugas Anda, hanya dengan mengeklik tab dan pilih “Tambahkan ke Tugas”. Setelah itu, Anda dapat dengan mudah menetapkan tanggal pada tugas tersebut.

Kelebihan Google Tasks adalah bisa disinkronkan dengan Google Calendar, sehingga aplikasi sangat ideal untuk mengatur daftar tugas (to-do list) dengan terorganisasi.

7. Trello – Kolaborasi Online

Trello - Kolaborasi Online

Kolaborasi Online / Ruang Freelance / android-apps-download.com


Trello
adalah kolaborasi online yang memakai boards, daftar, dan kartu. Layaknya papan tulis yang berisi nama proyek sebagai judulnya dan ada ‘kartu’ yang merupakan item di daftar Anda. Setiap entri dianggap sebagai sebuah ‘kartu’ yang bisa Anda seret. Kartu-kartu ini diatur di bawah daftar dengan judul ‘to-do’, ‘doing’, dan ‘done’.

Anda juga bisa melampirkan file, gambar pada tiap kartu dan menambah nama sebagai kolaborasi di board. Perubahan akan muncul secara waktu riil. Jadi Anda tak harus merefresh halaman tersebut.

8. SlideShare – Mengunggah dan Membagi Presentasi

SlideShare - Mengunggah dan Membagi Presentasi Online

Mengunggah dan Membagi Presentasi Online / Raung Freelance / slideshare.net

Presentasi merupakan salah satu cara luar biasa untuk mendapatkan pekerjaan. SlideShare ini mampu mengunggah dan membagikan presentasi secara online. Selain itu,  SlideShare juga dikunjungi 60 juta orang setiap bulan. Anda bahkan dapat menyematkan presentasi di website sebagai upaya marketing online.

9. Falcon – Kontak Profil Detail

Falcon - Kontak Profil Detail

Kontak Profil Detail / Ruang Freelance / androidpolice.com

Falcon adalah sebuah aplikasi browser yang menyediakan kontak profil di sebelah kanan email atau jejaring sosial, dan Anda dapat mengekliknya di sebelah nama orang tersebut.

10. Contactually – Manajemen Hubungan yang Lebih Baik

Contactually – Manajemen Hubungan yang Lebih Baik

Manajemen Hubungan yang Lebih Baik / Ruang Freelance / socialdriver.com

Sejauh ini, Contactually merupakan tool yang paling membantu untuk mengelola kontak serta mencari jejak kegiatan Anda,  konteks seperti perbaruan  media sosial, dan interaksi Anda sebelumnya. Tool ini penting jika Anda serius mengembangkan bisnis Anda, meski tidak gratis.

11. Mailstrom – Membersihkan Inbox Email Anda

Mailstrom - Membersihkan Inbox Email Anda

Membersihkan Inbox Email Anda / Ruang Freelance / technical.ly

Mailstrom membantu membersihkan inbox Anda hanya dengan beberapa klik saja. Selain membantu menyortir langganan newsletter, Mailstrom juga menunjukkan email yang paling tidak Anda minati, waktu paling sering Anda membaca email, serta jejaring sosial yang sering mengacaukan inbox Anda.

12. EchoSign – Tanda Tangan Digital

EchoSign – Tanda Tangan Digital

Tanda Tangan Digital / Ruang Freelance / app.grovo.com

EchoSign adalah layanan melalui Adobe yang membantu Anda secara digital menandatangani dokumen tanpa harus mengunggah, mencetak, atau mengirimkan apapun.

Yang dilakukan hanya melampirkan dokumen di EchoSign dan mengirimkan email tersebut. Tak perlu mengunggah software apapun.

13. Hootsuite – Manajemen Sosial Media

Hootsuite - Manajemen Sosial Media

Manajemen Sosial Media / Ruang Freelance / kapost.com

Dengan Hootsuite, Anda bisa berhubungan dengan jejaring sosial penting dalam satu akun, bisa mengupdate status pada satu atau beberapa jejaring sosial sekali kirim, dan bahkan menjadwalkan secara otomatis kapan Anda akan posting. Desain gratisnya sangat bagus untuk pemula.

14. Toggl – Time Tracking Sederhana yang Gila-gilaan

Toggl - Time Tracking Sederhana yang Gila-Gilaan

Time Tracking Sederhana yang Gila-Gilaan / Ruang Freelance / toggl.com

Toggl membantu Anda menyimpan rekam jejak waktu kerja Anda. Dengan sekali klik, Anda bisa mulai melacak waktu dan tugas mana yang paling banyak menyita waktu. Tool ini akan membantu, khususnyauntuk mengetahui jumlah waktu yang Anda butuhkan untuk mengerjakan sebuah pekerjaan.

Toggl bisa digunakan offline serta disinkronkan secara otomatis begitu Anda hubungkan dengan internet kembali.

15. MailChimp – Mengirim Email dengan Lebih Baik

MailChimp - Mengirim Email dengan Lebih Baik

Mengirim Email dengan Lebih Baik / Ruang Freelance / code-epicenter.com

Mailchimp, salah satu layanan newsletter terbaik dari sisi antarmuka yang ramah pengguna juga dengan desain gratis yang keren.

Email marketing newsletter ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan informasi terkait bisnis Anda,  sebagai sarana agar Anda bisa menghubungi klien kapan pun.

16. Bidsketch – Membuat Proposal Proyek dalam Semenit

Bidsketch - Membuat Proposal Proyek dalam Semenit

Membuat Proposal Proyek dalam Semenit / Ruang Freelance / problogdesign.com

Bidsketch  adalah tool untuk membuat proposal proyek yang terorganisasi dengan baik, sehingga bisa menghemat waktu Anda dengan pre-built template, landing pages, tanda tangan elektronik, dan personal branding.

BidSketch tidak gratis, namun biayanya masih sepadan bagi freelancer yang banyak mengirimkan proposal pada klien.

17. Dashlane – Password Manager

Dashlane - Password Manager

Password Manager / Ruang Freelance / tech.co

Dashlane adalah password manager, autofill, dan e-wallet. Menggunakan layanan ini berarti Anda akan memiliki setidaknya 16 nama pengguna dan kata kunci untuk melacak. Uniknya, Dashlane tidak menyimpan kata kunci master,  hanya Anda yang memilikinya. Jadi jangan sampai lupa.

Kesimpulan :
Apapun  freelance business tools yang Anda gunakan, Anda harus menggunakannya dengan benar. Telitilah tool yang Anda pakai sebelum membeli atau menggunakannya. Manfaatkan free trial untuk melihat kesesuaiannya. Selanjutnya, tetaplah bertahan dan buat sistem yang bisa membantu Anda menghemat waktu sekaligus mengesankan klien.

Sumber : http://www.hongkiat.com/blog/

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *