5 Pilar Sukses untuk Membuat Freelancer Dikenal Di Dunia Maya

Bagaimana membuat seorang freelancer dikenal di dunia maya? Bila Anda mengetikkan pertanyaan tersebut di search engine, maka yang banyak keluar ialah tentang personal branding. Di dalamnya termuat berbagai tips menjual diri, seperti membangun kepercayaan hingga strategi promosi.

Ya, personal branding adalah trik jitu untuk freelancer agar dikenal para netter di dumay (baca: dunia maya). Detailnya, banyak cara yang bisa dilakukan. Namun, pada dasarnya ada 5 pilar yang perlu diperhatikan, antara lain:

Buat Diri Mudah Ditemukan

Buat Diri Mudah Ditemukan

Buat Diri Mudah Ditemukan

Apa tujuan seorang freelancer dikenal di dunia maya? Utamanya tentu agar lebih mudah mendapatkan klien. Cara paling dasar ialah buatlah diri Anda mudah ditemukan di search engine (Google, Yahoo, dan sebagainya).

Untuk memulainya, Anda bisa membuat sebuah web, blog, bergabung dengan forum, membuat akun di marketplace khusus freelancer, dan masih banyak lagi. Jadilah pengguna internet yang aktif dan interaktif.

Keaktifan dan keterbukaan Anda memberikan banyak kesan. Contohnya, secara tak langsung menunjukkan minat dan keahlian Anda, membangun kepercayaan, dan sebagainya. Eksistensi ini membuat diri Anda menonjol sehingga dilirik oleh klien.

Untuk memaksimalkan eksistensi, baiknya Anda bisa berada di halaman terdepan search engine. Bagaimana caranya? Yang termudah ialah dengan menguasai Search Engine Optimization (SEO), lewat kata kunci yang tepat.

Kata Kunci yang Spesifik

Kata Kunci yang Spesifik

Kata Kunci yang Spesifik

Kata kunci umum “penulis freelance“, “freelance designer“, dan sebagainya, memang efektif membuat Anda jadi yang terdepan di search engine. Namun, itu saja tidak cukup membuat freelancer dikenal didunia maya.

Alasannya, karena Anda masih harus bersaing dengan banyak orang yang menawarkan jasa yang sama. Untuk itu, gunakanlah kata kunci yang spesifik. Misalnya, “penulis skenario freelance“, “fotografer freelance Jakarta”, dan lain-lain.

Spesifikasi yang Anda buat memudahkan Anda bertemu dengan klien sesuai keahlian. Hal serupa juga berlaku untuk klien, ketika mencari freelancer lewat dunia maya.

Pamerkan Portofolio dan Menulislah

Pamerkan Portofolio dan Menulislah

Pamerkan Portofolio dan Menulislah

Ketika Anda sudah mengenal karakteristik klien dan menemukan kata kunci spesifik yang tepat, kini saatnya untuk pamer portifolio. Ini bertujuan untuk menunjukkan keahlian dan kredibilitas Anda pada jasa yang ditawarkan.

Portofolio tersebut bisa Anda muat di blog, akun marketplace yang diikuti, jejaring sosial, dan media lainnya. Untuk memaksimalkannya, ada baiknya Anda membuat konten atau artikel yang relevan. Bila perlu, Anda bisa menjadi penulis tamu di sejumlah web ternama sesuai bidang yang Anda tawarkan. Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari melakukan dua langkah ini.

Beberapa di antaranya membangun koneksi, meningkatkan jumlah audiens, menambah traffic ke blog Anda, kesempatan belajar dari ahli, dan masih banyak lagi. Secara tak langsung, Anda pun memperkenalkan diri dan mempromosikan jasa freelance yang Anda tawarkan di dunia maya.

 

Baca juga:

 

Manfaatkan Jejaring Sosial

Manfaatkan Jejaring Sosial

Manfaatkan Jejaring Sosial

Kekuatan jejaring sosial membangun branding sudah jadi hal umum bagi pengguna internet. Produk bisa jadi populer dan laris manis dibeli karena mengoptimalkan jejaring sosial. Hal serupa juga berlaku pada jasa yang Anda tawarkan sebagai freelancer.

Menariknya, promosi lewat jejaring sosial tergolong hemat biaya. Anda bisa memublikasikan jasa freelance yang ditawarkan lewat Facebook, Twitter, Instagram, Kaskus, dan jejaring sosial lainnya.

Jadilah Unik

Jadilah Unik

Jadilah Unik

Katakanlah Anda sudah memenuhi empat pilar di atas untuk bisa dikenal di dunia maya. Namun, rasanya masih kurang karena pesaing Anda sesama freelancer masih banyak. Bila ini yang dialami, pilar terakhir yang baiknya Anda bangun ialah menjadi unik.

Keunikan tersebut banyak variasinya, seperti sering membuat postingan humor yang relevan dengan tawaran jasa freelance Anda di jejaring sosial. Atau turut serta dalam aksi sosial, membuat kuis, berbagi tips, dan masih banyak lagi.

Menerapkan 5 pilar di atas sangat mudah dan hemat biaya untuk membangun personal branding. Dengan kata lain, membuat freelancer dikenal di dunia maya tak harus menguras kantong dan memusingkan. Modal utama yang diperlukan ialah niat, keuletan, dan kesabaran.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *